×

10 Fakta Sel Sperma Yang Wajib Diketahui Pasutri

Bagikan Artikel :

10 Fakta Sel Sperma Yang Wajib Diketahui Pasutri

Yang banyak orang tahu tentang sperma adalah cairan berwarna putih yang keluar saat ejakulasi. Sperma juga tak akan lepas dari kesuburan atau salah satu bagian agar terjadinya kehamilan. Selama ini sperma selalu dikaitkan dengan keturunan. Namun tahukah Anda jika masih banyak fakta sperma yang mengejutkan dan unik? ada enam fakta unik sperma yang belum banyak diketahui dan seringkali dispelekan, yuk simak di bawah ini!

Related Posts :
    1. Kalori
      Sperma tak hanya sebagai sel yang membuahi sel telur, karena di dalamnya juga ada lemak dan kalori. Dalam takaran satu sendok makan sperma mengandung 20 kalori.
    2. Durasi tubuh memproduksi sel sperma
      Studi menunjukkan pria membutuhkan waktu 42 hingga 76 hari atau sekitar dua bulan untuk memproduksi sperma, pematangan, hingga ejakulasi. Untungnya, proses ini akan berjalan secara terus-menerus dalam tubuh pria, berbeda dengan sel telur pada tubuh wanita.
    3. Nutrisi
      Sperma adalah sel yang mengandung banyak protein dan karbohidrat. Selain itu, sperma juga mengandung kalsium yang dapat mencegah pengeroposan gigi.
    4. Kanker payudara
      Fakta ini mungkin terdengar aneh. Menurut sebuah penelitian sperma dan semen mengandung anti kanker. Anti kanker inilah yang dipercayai dapat menangkal virus kanker ketika seseorang meminum sperma.
    5. Kesehatan kulit
      Terdapat spermidine dalam sperma, senyawa yang bertanggung jawab memperlambat penuaan.
    6. Total sperma
      Satu kali ejakulasi sperma yang keluar setidaknya ada 200 juta, Namun masih saja banyak pasangan yang sulit untuk mendapatkan keturunan, mungkin hal ini bukan dikarenakan total sperma tapi kualitas sperma.
    7. Bentuk sperma
      Sperma dikenal dengan bentuk oval dan ekor yang panjang, sekilas seperti kecebong. Namun faktanya bentuk setiap sperma berbeda-beda, ada yang memiliki dua kepala, ekor bengkok atau ekor banyak.
    8. Jenis kromosom sperma
      Terdapat 2 jenis kromosom pada sperma yang menentukan jenis kelamin. Apabila sperma yang membawa kromosom X mebuahi sel telur, maka keturunan yang dihasilkan adalah perempuan (XX). Sebaliknya, bila yang membuahi sel telur adalah sperma dengan kromosom Y, keturunan yang dihasilkan adalah laki-laki (XY).
    9. Ketahanan sel sperma
      Sel sperma tidak dapat bertahan lama setelah terpapar udara di luar tubuh. Berapa lama tepatnya sperma bertahan hidup di luar juga tergantung pada lingkungan dan seberapa cepat air mani mengering. Ada yang mengatakan bahwa masa hidup sperma di luar tubuh adalah sekitar 20 hingga 60 menit. Tapi jika di dalam Rahim sel sperma bisa bertahan hingga 5 hari.
    10. Sperma perenang ulung
      Banyak wanita yang langsung mencuci vagina saat setelah hubungan seksual untuk mencegah kehamilan. Padahal sel sperma adalah perenang yang ulung yang bisa masuk ke Rahim mencari sel telur dalam hitungan detik. Maka mencuci vagina sehabis hubungan seksual bukanlah salah satu cara mencegah kehamilan

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : April 22, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Cara mengatasi bau pada kemaluan anak

  • Oleh : herry sinaga
  • 3 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan saya mau bertanya bagaimana cara untuk mengatasi bau pada kelamin anak, anak saya perempuan umur 5 tahun mohon jawabannya

    Bisa hamil atau tidak

  • Oleh : Trisna Yunita sari
  • 9 bulan, 3 minggu yang lalu

    Selamat malam bu saya mau tanya usia saya 22 tahun saya belum menikah saya mau tanya apakah bisa kehamilan bisa terjadi jika tidak pernah berhubungan badan (intim) makasih 🙏

  • Oleh : Trisna Yunita sari
  • Haid

  • Oleh : Nurlialah Alawiyah
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dok saya umur 19 tahun,udah dua bulan saya tidak haid,bagaimana ya caranya? Solusinya,smga d jawab ya,,makasih dok sebelumnya

  • Oleh : Nurlialah Alawiyah
  • ???

  • Oleh : Putri 428
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Assalamualaikum wr.wb. Nama saya Putri saya mempunyai adik berumur 14 tahun. Kemarin adik saya cerita ke saya bahwa di bibir vagina dalamnya ada sesuatu bentuknya kecil seperti jerawat di wajah, warnanya merah, rasanya gatal, ujungnya berwarna putih. Terus dia nangis karena takut kena kista/kanker. Itu apakah penyakit yg mematikan? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Oleh : Putri 428
  • Masa subur

  • Oleh : Yul
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Siang dok. Mau tanya dok jika melakukan hubungan di akhir masa haid apakah terjadi kehamilan? Saya haid tgl 5 maret tgl 10 maret saya melakukan hubungan. Siklus haid saya selama 6bln selama 26-30 hari

  • Oleh : Yul
  • Tanya Bidan