17 Alasan Jangan Merokok Di Dekat Anak dan Ibu Hamil

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Curhat Bidan – Larangan tidak boleh merokok dan bahaya merokok sering kita dengar sejak lama, namun sering sekali para perokok aktif mengacuhkan dan mengabaikan himbauan tersebut. Merokok tak hanya merugikan diri sendiri tetapi juga merugikan orang-orang disekitar kita terutama bagi si kecil dan wanita hamil. Bahkan baru-baru ini survei yang dikutip dari Boldsky.com lebih dari 1000 perokok pasif meninggal dunia setiap tahunnya karena sering terpapar asap rokok di lingkungan sekitar mereka.

    Sekitar 85% asap rokok yang dikeluarkan dihirup oleh orang sekitar (perokok pasif), sisanya sekitar 15% dihirup oleh perokok tersebut (perokok aktif), tentu sangat tidak adil mengingat bahaya merokok lebih besar resiko nya pada mereka yang tidak merokok sama sekali atau karena menghirup asap rokok dari orang lain. WHO memperkirakan hampir sekitar 700 juta anak termasuk bayi yang masih menyusui terpaksa harus mengisap udara yang terkena asap rokok dari ayah bunda atau orang sekitar mereka.

    Bahaya Yang Muncul Bila Anak & Ibu Hamil Sering Terpapar Asap Rokok

    Bayi, balita, anak-anak, ibu hamil dan menyusui beresiko lebih besar terkena dampak buruk asap rokok bila dibandingkan dengan orang dewasa lainnya, mengingat saluran pernafasan mereka yang masih kecil dan sistem imun yang belum berkembang sepenuhnya jadi lebih rentan terhadap penyakit. Macam-macam Imunisasi Anak

    Adapun beberapa bahaya yang mengintai si kecil bila terpapar asap rokok, yaitu :

        1. Si kecil lebih rentan terhadap penebalan, iritasi dan inflamasi di saluran pernafasan
        2. Beresiko mengalami penyakit gangguan pernafasan
        3. Beresiko menderita leukimia, infeksi telinga, meningitis
        4. Bisa menyebabkan gangguan penciuman, pneumonia dan tosilitis
        5. Gangguan perilaku dan kesulitan berkonsentrasi
        6. Detak jantung menjadi lebih tidak teratur
        7. Bisa mengalami SID (Sudden Infant Death Syndrome) kematian mendadak untuk anak di bawah 1 tahunnya
        8. Terjadi masalah pada paru-paru sehingga rentan menderita asma, batuk rejan dan bronkitis
        9. Masalah pernafasan ketika dewasa
        10. Anak menjadi perokok juga nantinya

    Sedangkan bahaya asap rokok bagi ibu hamil, yaitu :
        11. Asap rokok dapat menyebabkan bayi lahir sebelum waktunya (prematur)
        12. Bayi lahir dengan berat badan rendah akibat nutrisi yang harusnya masuk terhambat akibat racun dalam rokok
        13. Dapat menyebabkan perubahan struktur DNA yang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuhnya
        14. Menganggu pertumbuhan otak janin
        15. Bayi lahir dengan perkembangan organ yang belum sempurna
        16. Resiko bayi lahir memiliki penyakit asma
        17. Beresiko bayi mengalami penyakit jantung bawaan bahkan keguguran

    Bagaimana masih sayang dengan keluarga ? Satu-satunya cara untuk melindungi anak, istri dan orang-orang di sekitar kita yaitu dengan memberi contoh yang baik dengan cara tidak merokok. Asap rokok dapat bertaham sampai 5 jam di udara dan menempel pada karpet, perabotan atau pakaian dan bisa saja sewaktu-waktu anak-anak dan ibu hamil menghirup sisa-sisa asap rokok yang berbahaya.

    Walaupun gejala/dampak nya belum dirasakan saat ini, namun di masa depan dampak tersebut akan muncul dengan sendirinya. Oleh karena itu sebaiknya anda berhenti merokok mulai sekarang tidak ada kata terlambat, terutama bagi kalian yang mencintai keluarga dan diri sendiri. Ingatkan orang-orang sekitar mengenai bahaya merokok terutama bahaya yang mengintai seperti yang di uraikan di atas.

    Bunda juga harus menegur orang yang merokok di tempat umum dengan halus, sehingga anak kita tetap menghirup udara yang bersih dan sehat. Semoga artikel di atas dapat menambah inspirasi dan wawasan anda, nantikan artikel bidan online lainnya. SEMOGA BERMANFAAT

    | 17 Alasan Jangan Merokok Di Dekat Anak dan Ibu Hamil

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - August 30, 2016
    Diskusi Dari:
    Princess mikha

    Halo Bu Bidan, saya mau tanya, apakah tidak apa-apa jika bayi diberi susu formula untuk beberapa hari saja ? Apa ada efek sampingnya ?

    Dijawab Oleh : Princess mikha
    Diskusi Dari:
    Jenni

    Selamat siang dok, saya mau bertanya. Saat ini usia pernikahan saya menginjak 2 minggu. Saat saya melakukan hubungan intim dengan suami saya pertama kalinya, tiba tiba saya merasakan gatal di bagian vagina yang tidak tertahankan. Selain itu, dari bagian vagina saya juga keluar cairan putih yang di sertai dengan kepingan putih seperti susu. Selain itu, saya juga sering merasakan gatal, perih dan juga sakit yang begitu dasyat ketika melakukan hubungan. Apakah ini merupakan hal yang serius bagi kesehatan?

    Dijawab Oleh : Jenni
    Diskusi Dari:
    debbyaprilyulia

    selamat siang bu bidan, saya mau menanyakan tentang keputihan yang terkadang menggumpal, saya belum menikah, apakah ini berbahaya? dan bagaimana cara mengatasinya, ditunggu jawabannya ya bu

    Dijawab Oleh : debbyaprilyulia
    Diskusi Dari:
    beau8469306441

    Selamat siang,
    Saya Nandini dan saat ini saya tengah hamil memasuki minggu ke 6. Bagi seorang ibu yang menginginkan kehamilannya tetap sehat, terhindar dari berbagai masalah kesehatan pada janin. Apa yang seharusnya saya konsumsi. Mohon jawabannya.

    Dijawab Oleh : beau8469306441
    Diskusi Dari:
    hanis

    Selamat siang bu bidan saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi alergi dingin pada anak. Anaks aya berusia 10 tahun dan sering batuk berdahak bahkan sudah 2 minggu. Saya pernah bawa anak saya periksa ke dokter spesialis anak dan katanya batuk yang anak saya derita akibat dari cuaca dingin. mohon penjelasannya apakah anak saya harus bergantung terus pada obat

    Dijawab Oleh : hanis