×

3 Gangguan Abnormal Yang Terjadi Pada Kehamilan

Bagikan Artikel :

Halo Bunda, bagaimana kabarnya hari ini? Semoga senantiasa baik dan sehat berikut kehamilannya ya!

Informasi yang akan saya berikan kali ini masih seputar kebidanan dalam gangguan yang terjadi pada wanita hamil, yang semoga bisa menjadi manfaat dan menambah pengetahuan Anda. Pembahasan yang cukup menarik kali ini adalah mengenai beberapa gangguan abnormal yang terjadi saat kehamilan. Kami sudah merangkum sedikitnya 3 Gangguan Abnormal Yang Terjadi Pada Kehamilan, apa saja? Ini dia penjelasannya.

Dalam masa kehamilan, bunda sudah pasti akan merasakan berbagai macam perubahan yang terjadi, entah secara fisik karena hal ini sudah pasti, juga secara emosional. Dari semua perubahan yang terjadi, tidak jarang diantaranya adalah gangguan abnormal yang terasa aneh, apalagi jika kehamilan ini adalah pengalaman kehamilan pertama kali.

Berikut ini adalah ulasan singkat mengenai efek kehamilan yang terasa abnormal jika Anda baru saja mengalami kehamilan, antara lain :

1. Keluarnya cairan dari organ genital.

Ketika dalam masa kehamilan, adalah hal yang wajar jika Anda mengeluarkan cairan berwana bening putih atau kekuningan yang keluar dari area genital Anda. Cairan tersebut bahkan bisa muncul kembali setelah melewati proses persalinan. Tidak perlu khawatir selama cairan tersebut tidak menimbulkan bau yang mengengat dan tidak menyebabkan gatal dan sensasi panas terbakar.

Keluarnya cairan ini terjadi akibat perubahan hormon pada ibu hamil yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Untuk mengatasinya mudah saja, Anda bisa menggunakan pembalut tipis untuk melapisi cela dalam yang Anda pakai. Sebaiknya hindari pemakaian sabun pembasuh kewanitaan ketika Anda mengalami kondisi tersebut guna mencegah terjadinya iritasi.

2. Secara tidak sengaja mengompol disaat tertawa keras dan bersin.

Gangguan yang cukup aneh terjadi saat kehamilan lainnya, yaitu secara tidak sengaja tiba-tiba mengompol hanya karena tertawa terlalu keras atau bersin. Hal ini terjadi dikarenakan posisi kandung kemih yang lebih tertekan dikarenakan semakin membesarnya janin di dalam kandungan. Alhasil, ibu hamil seringkali tidak sengaja mengompol saat tertawa dan bersin.

Untuk mengatasi hal tersebit setiap kali Anda ingin pergi buang air kecil kekamar mandi, harus disegerakan dan tidak ditahan. Karena jika ditahan satu kali saja, berpotensi untuk mengalami kejadian seperti yang dikatakan poin nomor 2 ini. Nah, Anda juga sebaiknya mengenakan pembalut yang agar tebal atau membawa celana cadangan kemanapun Anda pergi untuk mengantisipasi kondisi ini. Cara lain mencegah kejadian tersebut, Anda bisa mulai melakukan latihan senam kegel untuk kehamilan. Manfaatnya bisa membantu melatih otot vagina Anda.

3. Mengeluarkan keringat dalam jumlah banyak.

Dalam masa kehamilan, sebagian besar wanita hamil juga mengalami kondisi berkeringat berlebih. Dalam hal normal, keringat berlebih bisa muncul ketika dalam akrifitas tinggi. Nah, jika dalam kehamilan, walaupun tidak melakukan aktifitas berat juga tetap akan berkeringat lebih banyak dari biasanya. Mengapa demikian?

Hal ini terjadi karena krtika hamil metabolisme di dalam tubuh akan meningkat dengan sendirinya. Terlebih dengan kondisi hami, peredaran darah di dalam tubuh akan jauh lebih besar sehingga membuat tubuh di bagian dalam panas, dan menghangat di bagian luar. Untuk mengatasi hal tersebut, secara alami tubuh mengeluarkan keringat, namun dalam jumlah yang cukup banyak.

Related Posts :

    Mengatasi keringat yang berlebih saat hamil, Anda bisa menggunakan deodoran atau bedak yang ditempatkan di bawah ketiak. Pastikan juga untuk mengenakan pakaian yang nyaman, serta dapat menyerap keringat dengan baik.

    Semoga dapat bermanfaat, salam sehat selalu untuk Bunda dimanapun berada 🙂

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 5, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bercak Darah atau Flek Saat Hamil Usia 7 Minggu

  • Oleh : Asti Anisa
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Sore dok, saat ini saya sedang hamil 7 minggu. Tapi kemarin, saya menemukan ada bercak darah atau flek pada celana dalam. Itu pertanda apa yah dok ? saya takut, apa itu menjadi tanda keguguran atau bagaimana ? Mohon penjelasannya yah dok. Terimakasih.

    Haid tidak teratur

  • Oleh : Fitri Fitri
  • 3 bulan, 3 minggu yang lalu

    Dok apakah haid tidak teratur bisa hamil

  • Oleh : Fitri Fitri
  • Apakah Ada Cara Untuk Meringankan Rasa Sakit Saat Bersalin?

  • Oleh : Fitriyan Tng
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Sore bu bidan, alhamdulillah bulan ini menginjak usia kehamilan 9 bulan. Dan ini adalah kehamilan kedua saya. Biasanya saat menuju proses lahiran ada beberapa rasa sakit, apakah ada beberapa tips untuk meringankannya? Saya khawatir, karena kelahiran anak saya yang pertama itu rasa sakitnya parah sekali bu bidan.
    Saya tunggu jawabannya ya, terimakasih 🙂

    Penyakit Azoospermia akibat Leukosit Tinggi

  • Oleh : Hilman Suhilman
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Pagi bu bidan, nama saya Saddam usia 26 tahun dan saya sudah menikah hampir dua tahun tapi belum memiliki anak. Setelah diperiksa, menurut dokter saya mengidap penyakit azoospermia karena leukosit tinggi. Saya masih mengkonsumsi obat dari dokter tapi ada cara lain kah bu bidan yang lebih alami ? Terima kasih mohon dijawab bu bidan.

    Haid tidak teratur

  • Oleh : Selvi Anggereni
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Mau nanya, tiap bulan saya selalu haid. Tapi durasi waktuna suka beda2. Sperti bulan 8,9,10 29 hari, kemudian bulan 11 menjadi 35 hari. Setelah itu bulan 12 menjadi 27 hari, dan bulan berikutnya 26 hari. Sudah hampir setahun saya menikah dan belum hamil juga. Apakah ini tanda2 bahwa saya kena PCO, dan haid saya termasuk haid yg tidak teratur..? Terima kasih sebelumnya

    Tanya Bidan