Anda Mengalami Darah Menstruasi Yang Menggumpal ? Ini Lho Penyebabnya!

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Anda Mengalami Darah Menstruasi Yang Menggumpal ? Ini Lho Penyebabnya!

    Pada saat  menstruasi tiba, lapisan dinding rahim mengalami penebalan untuk mempersiapkan kehamilan. Namun, jika kehamilan tidak terjadi maka akan ada hormon yang memberi sinyal pada lapisan rahim untuk meluruh menjadi darah menstruasi.
    Warna darah menstruasi bermacam-macam mulai dari merah muda, merah terang, merah tua hingga coklat tua dengan konsistensi encer atau kental, tapi selain itu darah menstruasi juga bisa menggumpal. Darah menstruasi yang menggumpal biasanya terjadi karena ketidak seimbangan hormon di awal siklus hari pertama pertama, karena saat itu aliran darah yang keluar dalam kondisi deras.

    Darah Mestruasi menggumpal Yang Normal

    Gumpalan yang keluar pada darah menstruasi kadang memiliki tekstur dan warna yang berbeda. Jika teksturnya tipis dan tidak menggumpal dalam bentuk besar, itu normal adanya. Keluarnya gumpalan darah berwarna merah gelap juga tidak perlu dikhawatirkan, itu menandakan bahwa darah sudah lama disimpan di dalam rahim dan menunggu untuk segera dikeluarkan.

    Penyebab Darah Menstruasi Menggumpal

    Tidak semua wanita mengalami darah menstruasi yang menggumpal. Gumpalan darah saat haid umumnya disebabkan pelepasan senyawa antikoagulan yang bertugas mengencerkan darah, tidak punya cukup waktu untuk menjalankan fungsinya. Terutama saat haid cukup banyak.

    Bentuk dari gumpalan darah saat haid umumnya menyerupai gel, dengan warna merah hingga merah tua kecokelatan. Darah menggumpal dianggap normal bila gumpalan berukuran kecil dan hanya terjadi sesekali.

    Ciri-ciri Gumpalan Darah Menstruasi Yang Tidak Normal

    Kondisi tidak normal dari darah yang menggumpal saat menstruasi yaitu ketika gumpalan darah tampak lebih besar dan sering muncul, atau tidak kunjung berkurang disertai dengan keluhan seperti nyeri perut bagian bawah/vagina. Terutama jika Anda harus mengganti pembalut tiap dua jam atau kurang dari itu.

    Kondisi yang Perlu Diwaspadai

    1. Miom

    Miom atau fibroid adalah suatu tumor non-kanker yang tumbuh di dinding Rahim. Kondisi ini dapat menyebabkan haid lebih banyak, sehingga meningkatkan risiko keluar darah haid menggumpal secara terus menerus.

    2. Endometriosis

    Endometriosis terjadi ketika jaringan rahim yang disebut endometrium tumbuh di luar rahim. Penyebab pasti endometriosis tidak diketahui, namun beberapa faktor seperti keturunan, hormon dan operasi panggul ikut memengaruhi. Endometriosis kerap ditandai dengan perdarahan abnormal (tidak normal) dari vagina yang dapat disertai dengan gumpalan.

    3. Adenomyosis

    Adenomysis terjadi ketika lapisan rahim tumbuh ke dalam dinding rahim tanpa sebab yang jelas. Hal ini menyebabkan rahim menebal dan membesar hingga 2-3 kali ukuran normal. Selain itu juga menyebabkan perdarahan dalam jumlah cukup banyak disertai gumpalan.

    4. Keguguran

    Saat keguguran terjadi, terutama di usia awal kehamilan, jaringan yang keluar dapat terlihat seperti gumpalan darah. Biasanya akan diikuti dengan perdarahan hebat.

    5. Kanker

    Kanker rahim dan kanker serviks dapat ditandai dengan perdarahan hebat, disertai dengan gumpalan. Perdarahan bisa timbul di luar dari siklus menstruasi, atau setelah berhubungan seksual.

    Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Mengalami Pengeluaran Darah Menstruasi Yang Menggumpal

    1. Beristirahat cukup dan tidur yang cukup

    2. Jangan terlalu lelah, batasi aktivitas fisik yang berat

    3. Makan secara teratur dengan pola gizi seimbang

    4. Mempertahankan berat badan ideal

    5. Hindari diet ketat

    6.Berolahraga ringan secara rutin

    7. Meminimalisir stres

    8. Jika pengeluaran darah menstruasi dengan gumpalan yang besar, banyak dan terus menerus disertai keluhan segera hubungi dokter kandungan

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - August 25, 2018
    Diskusi Dari:
    Dian Poenya Raizo

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih. Saya punya anak laki-laki yang baru masuk SD kelas 1. Waktu di TK dulu ia rajin belajar dan selalu nurut sama orang tua. Tapi sekarang beda bu bidan, ia jadi malas belajar di rumah, pengennya main terus. Saya jadi sedikit frustasi juga.

    Bagaimana yah bu caranya supaya anak saya mau belajar kembali di rumah ? kasihan juga guru les nya udah dateng ke rumah, dia nya gak mau belajar. Mohon solusinya bu bidan, Terimakasih

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    uye (wanita)

    Saya mau tanya bu,saya haid terakhir bulan desember tahun lalu awal haid tgl 11 selesai tgl 17 lalu bulan januari saya tidak haid tp saya ga lgsg testpack karna saya kira cuma telat haid,bulan februari tgl 14 saya ngerasain mual meriang pusing lemes,pas pulang kerja baru saya testpack dan hasilnya positif.
    Kira-kira usia janin saya berapa bulan ya bu?
    Tapi perut saya masih kecil kata keluarga saya.

    Dijawab Oleh : uye (wanita)
    Diskusi Dari:
    richamayati

    Selamat siang, saya mau menanyakan perihal menstruasi saya.

    Bulan November saya haid tanggal 18 namun di hari pertama cuman dikit dan itu pun berwarna coklat. Namun pas bulan desember hingga sekarang saya belum haid lagi. Apakah ini merupakan tanda kehamilan atau gejala telat datang bulan? Mengingat pas remaja saya juga pernah tidak haid selama 3 bulan. Mohon jawabannya.

    Dijawab Oleh : richamayati
    Diskusi Dari:
    Jasmine Putri Mustofah

    Anak saya lahir sdh memilki dua gigi bawah, dan pada saat usia 5 bulan gigi nya patah dan sampai sekarang usia anak saya 11 bulan sisa gigi itu masih ada. Pertanyaan saya tidak masalah kah sisa gigi tersebut dan apakah dengan sendiriny gigi tersebut bisa tanggal sendiri.

    Dijawab Oleh : Jasmine Putri Mustofah
    Diskusi Dari:
    Dayat Ya Hidayat

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya. Bagaimana caranya supaya anak mau minum obat tanpa paksaan ? Anak saya sudah berusia 6 tahun masih saja menolak minum obat ketika ia sakit. Metode mencekoki obat ke mulutnya tak mempan, yang ada obat keluar lagi. Mohon solusinya bu. Terimakasih

    Perlu Jawaban