×

Bagaimana Bisa Minum Es Saat Menstruasi Menyebabkan Kista ?

Bagikan Artikel :

Bagaimana Bisa Minum Es Bisa Menyebabkan Kista?

Larangan minum air es atau air dingin ketika menstruasi tidaklah benar. Isu di masyarakat mengatakan bahwa mengonsumsi air es saat menstruasi dapat menyebabkan tersumbatnya pengeluaran darah menstruasi dan memicu adanya kista. Padalah siklus menstruasi wanita diatur dan dipengaruhi oleh keseimbangan hormon estrogen dan progesteron. Keseimbangan hormon ini sangat dipengaruhi oleh kesehatan fisik dan psikologis. Minuman dingin tidak mempengaruhi keseimbangan hormon pada wanita dan tidak sama sekali memicu tumbuhnya miom, kista atau tumor.

Kabar mengenai minuman dan makanan dingin bisa membuat darah mengendap di dalam rahim dan lambat laun berubah menjadi kista perlu diluruskan karena kista maupun kanker rahim merupakan pertumbuhan yang tidak normal, bukan karena konsumsi minuman es, termasuk saat haid. Selain itu saluran pencernaan dan saluran reproduksi manusia berbeda, sehingga minuman es yang dikonsumsi tidak berpengaruh terhadap darah haid yang dikatakan tersisa di dinding rahim sebagai penyebab kista.

Minuman Yang Mempengaruhi Kesehatan Reproduksi

Beda hal dengan minuman alkohol. Minuman alkohol akan sangat buruk untuk sistem reproduksi dan merubah sistem yang normal dalam tubuh termasuk merusak keseimbangan hormon yang mengatur siklus menstruasi.

Penyebab Adanya Kista

kista, tumor dan kanker rahim dapat terjadi pada seseorang karena faktor genetik. Tapi selain itu, ada juga pengaruh gaya hidup yang tidak sehat, misalnya jarang olahraga, merokok dan mengonsumsi alkohol.

Respon Tubuh Ketika Minum Es Saat Menstruasi

Pada dasarnya, es sama seperti minuman pada umumnya, dan tidak akan menyebabkan kemunculan kista dan juga kanker. konsumsi dari es itu sendiri pada saat haid hanya akan menimbulkan efek samping berupa rasa mual. Rasa mual ini muncul karena ketegangan organ pencernaan yang merupakan respon alami tubuh disertai nyeri menstruasi. Hal ini mungkin juga akan meningkatkan rasa sakit yang anda alami selama masa haid. Namun demikian tentu saja tidak perlu khawatir dengan hal ini, karena selain merupakan respon tubuh yang normal, es tidak akan menyebabkan munculnya gangguan kesehatan yang berbahaya bagi tubuh anda, apalagi sampai menyebabkan kista.

Related Posts :

    Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Minum Es

    1. Pastikan es yang anda konsumsi benar-benar bersih dan juga higienis

    2. Jangan mengkonsumsi es langsung setelah mengkonsumsi makanan yang panas

    3. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi es, karena dapat menyebabkan kembung

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 21, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Anak usia 2 tahun tidak mau makan sayur

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya. Saya mempunyai anak usia dua tahun kurang saat ini memang sedang aktif-aktifnya kesana kemari. Namun anak saya itu tidak mau makan sayur, setiap hari anak saya selalu makan dengan daging. Apakah jika anak saya tidak mau makan sayur akan berdampak pada perkembangan juga kesehatannya? dan bagaimana cara agar anak saya mau makan sayur? Mohon jawabannya Terimakasih

    hamil pasca operasi kehamilan ektopik

  • Oleh : Lusi
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat sore buk,,
    saya mau tanya seputar kehamilan pasca operasi kehamilan ektopik di saluran tuba….pada bulan maret saya mengalami kehamilan ektopik,umur janin sudah 2 bulan,kemudian dokter menyarankan agar saya melakukan operasi karena KE sudah hampir pecah…jadi saya dan suami memutuskan untuk melakukan operasi pada bulan maret lalu…dokter menyarankan pasca operasi 3 bulan untuk melakukan hidrotubasi…tapi saya belum melakukannya meskipun sekarang sudah 3 bulan pasca operasi…yang ingin saya tanyakan,apakah saya bisa langsung program hamil aja tanpa hidrotubasi???mengingat keadaan keuangan dan rasa ketakutan saya terhadap efek samping dari hidrotubasi…mohon pencerahannya

    Apakah ibu hamil yang punya kista harus menjalani persalinan dengan operasi caesar?

  • Oleh : KaiSsyakurria Beih Tayyeh
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Apakah ibu hamil yang punya kista harus menjalani persalinan dengan operasi caesar? Masalahnya usia kandunganku kini sudah 9 bulan tapi bayinya belum turun juga, tolong solusinya ya ibu bidan? terima kasih.

  • Oleh : KaiSsyakurria Beih Tayyeh
  • Tenggorokan terasa tidak enak seperti mau muntah setiap pagi

  • Oleh : septiihandayani
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat pagi saya Jalil umur 25 tahun saya mau konsultasi setiap pagi tenggorokan saya terasa tidak enak bahkan serasa mau muntah-muntah hal tersebut sudah berlangsung selama 4 tahun. Dulunya setiap pagi saya mengalami batuk namun tidak berdahak beberapa tahun kemudian batuknya hilang namun rasa tidak enak di tenggorokan juga rasa ingin muntah malah semakin menjadi-jadi mohon pencerahannya dok trims

    menderita tifus saat hamil

  • Oleh : puji
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    selamat siang, saya mau bertanya bu, apa bahaya penyakit tifus saat hamil? terima kasih, saya sangat tunggu jawabannya

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan