×

Bagaimana Bisa Minum Es Saat Menstruasi Menyebabkan Kista ?

Bagikan Artikel :

Bagaimana Bisa Minum Es Bisa Menyebabkan Kista?

Larangan minum air es atau air dingin ketika menstruasi tidaklah benar. Isu di masyarakat mengatakan bahwa mengonsumsi air es saat menstruasi dapat menyebabkan tersumbatnya pengeluaran darah menstruasi dan memicu adanya kista. Padalah siklus menstruasi wanita diatur dan dipengaruhi oleh keseimbangan hormon estrogen dan progesteron. Keseimbangan hormon ini sangat dipengaruhi oleh kesehatan fisik dan psikologis. Minuman dingin tidak mempengaruhi keseimbangan hormon pada wanita dan tidak sama sekali memicu tumbuhnya miom, kista atau tumor.

Kabar mengenai minuman dan makanan dingin bisa membuat darah mengendap di dalam rahim dan lambat laun berubah menjadi kista perlu diluruskan karena kista maupun kanker rahim merupakan pertumbuhan yang tidak normal, bukan karena konsumsi minuman es, termasuk saat haid. Selain itu saluran pencernaan dan saluran reproduksi manusia berbeda, sehingga minuman es yang dikonsumsi tidak berpengaruh terhadap darah haid yang dikatakan tersisa di dinding rahim sebagai penyebab kista.

Minuman Yang Mempengaruhi Kesehatan Reproduksi

Beda hal dengan minuman alkohol. Minuman alkohol akan sangat buruk untuk sistem reproduksi dan merubah sistem yang normal dalam tubuh termasuk merusak keseimbangan hormon yang mengatur siklus menstruasi.

Penyebab Adanya Kista

kista, tumor dan kanker rahim dapat terjadi pada seseorang karena faktor genetik. Tapi selain itu, ada juga pengaruh gaya hidup yang tidak sehat, misalnya jarang olahraga, merokok dan mengonsumsi alkohol.

Respon Tubuh Ketika Minum Es Saat Menstruasi

Pada dasarnya, es sama seperti minuman pada umumnya, dan tidak akan menyebabkan kemunculan kista dan juga kanker. konsumsi dari es itu sendiri pada saat haid hanya akan menimbulkan efek samping berupa rasa mual. Rasa mual ini muncul karena ketegangan organ pencernaan yang merupakan respon alami tubuh disertai nyeri menstruasi. Hal ini mungkin juga akan meningkatkan rasa sakit yang anda alami selama masa haid. Namun demikian tentu saja tidak perlu khawatir dengan hal ini, karena selain merupakan respon tubuh yang normal, es tidak akan menyebabkan munculnya gangguan kesehatan yang berbahaya bagi tubuh anda, apalagi sampai menyebabkan kista.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Minum Es

1. Pastikan es yang anda konsumsi benar-benar bersih dan juga higienis

2. Jangan mengkonsumsi es langsung setelah mengkonsumsi makanan yang panas

3. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi es, karena dapat menyebabkan kembung

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 21, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Wasir (Ambeyen)

  • Oleh : Intan Cahyaning Palupi
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan.. Maaf mengganggu waktunya. Bu, saya ingin bertanya.. Ini kehamilan pertama saya dan dari sebelum menikah saya sudah ada ambeyen eksternal yg nggak bisa masuk lagi. Posisi ambeyen ini dibagian atas dekat dengan perineum, tapi selama ini belum pernah sampai berdarah, hanya bengkak saja setelah bab tp akan kembali k ukuran semula dalam beberapa jam. Usia kehamilan saya sekarang 31minggu bu. Apa saya tetap bisa melahirkan secara normal yaa bu?
    Terima kasih sebelumnya bu

  • Oleh : Intan Cahyaning Palupi
  • Pemberian susu formula pada bayi prematur

  • Oleh : eureeka
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan. Anak saya lahir prematur dengan berat 1,7 kg dan dirawat di ruang perinatologi selama 9 hari. Sekarang usianya 2 bulan dan beratnya sudah naik menjadi 3,4 kg. Apa boleh saya beri susu formula hanya siang hari saja karena saya harus bekerja dan malam hari saya beri ASI ?

    Masalah Haid

  • Oleh : saharani nur
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Bu,maaf saya mau tanya! saya berusia 19thn terakhir haid itu sebelun Ramadan kemarin trus sampai Sekarang blm haid juga. itu gimana ya bu?

  • Oleh : saharani nur
  • Nyeri Setelah Buang Air Kecil

  • Oleh : Bang Andre
  • 6 tahun, 1 bulan yang lalu

    Di usia saya yang baru menginjak 19 tahun, saya sering kali merasakan perih setelah buang air kecil, padahal saya belum menikah. Apakah hal ini berbahaya bagi kesehatan saya? Dan apa biasanya yang menyebabkan rasa perih itu sering muncul setelah buang air kecil ini?

  • Oleh : Bang Andre
  • Menstruasi

  • Oleh : Eka Lestari
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Bu bidan umur saya 18 tahun dan saya menstruasi sudah 24 hari apakah itu berbahaya?

  • Oleh : Eka Lestari
  • Tanya Bidan