×

Benarkah Berat Badan Dapat Mempengaruhi Kesuburan Wanita

Bagikan Artikel :

curhatbidan.com – Berat Badan Mempengaruhi Kesuburan Wanita -, Percayakah Anda bahwa ternyata berat badan memiliki faktor yang cukup penting dalam hal kesuburan seorang wanita ? Dalam penelitian yang telah dilakukan menunjukan dimana wanita yang memiliki berat badan berlebih membutuhkan waktu dua kali lebih lama dibandingkan dengan mereka yang memliki berat badan normal. Dan, penelitian lainnya juga berlaku bagi wanita yang kurang berat badan atau kurus, mereka justru membutuhkan waktu empat kali lebih lama untuk dapat hamil dibandingkan dengan berat badan normal.

Apabila IBM atau Indeks Massa Tubuh Anda normal, maka tidak perlu khawatir jika berat badan akan berdampak kurang baik pada kesuburan Anda. Tapi, bukan berarti juga Anda akan cepat untuk mendapatkan kehamilan karena berat badan hanya salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan.

Jadi bagi Anda yang sedang menjalankan program kehamilan dan memiliki berat badan berlebih atau justru kurang berat badan, berusahalah untuk mendapatkan berat badan yang ideal atau normal.

Mulai sekarang bagi Anda yang kelebihan berat badan, mulailah dengan berolahraga secara teratur dan jangan terlalu berat dalam melakukan olahraga karena ini bisa membahayakan kesuburan Anda. Apabila Anda tidak mempunyai olahraga yang cukup mulai dengan melakukan aerobik setiap hari setidaknya setengah jam perhari dan jangan lupa menjaga pola makan Anda. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung mineral, antioksidan serta asam folat.

Dan bagi Anda yang kurang berat badan, mulailah dengan mengkonsumsi makanan yang dapat membantu berat badan Anda naik yaitu makanan yang bergizi, memiliki kalori tinggi dan kaya akan protein.

Kedua usaha di atas baik Anda yang kelebihan berat badan atau kekurangan membutuhkan waktu serta komitmen dan terus berusaha mendapatkan berat badan yang normal serta Anda akan memperoleh kesuburan yang lebih baik.

Berat badan hanya salah satu dari banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan wanita dan jadi jika Anda sedang menjalankan program hamil namun berlangsung lama maka Anda harus mempehatikan faktor lain yang bisa mengakibatkan peluang kehamilan Anda terhambat.

Sepasang suami istri yang ingin mendapatkan kehamilan tentunya harus bekerja sama dan berusaha serta berdoa yang terbaik untuk program yang sedang Anda jalankan. Jadi jangan lupa perhatikan faktor lain yang bisa membatu Anda dan suami mendapatkan buah hati dalam waktu dekat.

Artikel Terkait Lainnya :

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 5, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bersin Bersin

  • Oleh : Wanti
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok kenapa ya ko setiap kali bersin saya sering kali bukan 1 kali tapi malah lebih dari 8 atau 10 kali dalam satu waktu. Itu kira kira kepa ya? ko saya jadi khawatir dengan kesehatan saya ya dok.

    Ciri ciri ke guguran

  • Oleh : wildalaughlin5
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Dok apa bisa orng yg hamil baru 20 hari bisa keguguran.
    Dan apa saja ciri² keguguran tersebut dok .apa yg kluar pada saat keguguran hamil 20 hari apakah hanya drh yg kluar / sdh bentuk dok

    Kapan ita melakukan tespek yg akurat?

  • Oleh : Nenih Nurjanah
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Assalamualaikum dok selamat pagi ,saya ai nenih dok mau bertanya kapankah melakukan tespek agar hasil lebih akurat ?

    Sedikit cerita saya haid tnggl 29 desember nah pas masa subur setelah selesai haid saya rajin 2x sehari kadang 3xsehari melakukan HB ..
    Nah ini sudah satu minggu dan malam saya tiba tiba mual ntah saya masuk angin atau apa tpi tdi subuh saya iseng iseng tespeck tpi hasilnya agak samar banget garis kedua, dan d fto gak kelihatan bangt klw d fto hasilnya negatif tpi pas d terawang sma saya ada garis tipis bnggt yg satunya pekat.. apakah akurat klw ditespek seminggu setelah berhubungan atau ada baiknya nunggu sampe akhir bulan ? Gmna dok minta infonya trmkasih wasalam

    Hubungan intim

  • Oleh : Ilham Dwi
  • 3 minggu, 6 hari yang lalu

    Bidan mau tanya, teman saya sering melakukan hubungan intim dengan pacarnya, kadang sminggu sehari kadang bisa 4 kali hubungan intim, sring hubungan intim, penis teman saya tidak ereksi tapi keluarin sperma warna kuning dan agak tebal, itu kenapa ya

  • Oleh : Ilham Dwi
  • reproduksi

  • Oleh : fahmi firmansyah
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum wr wb. Maaf mau tanya penis saya bengkok apakah itu normal apa ada kelainan , mohon penjelasannya trimakasihh. Wassalamu,alaikum wr wb

    Tanya Bidan