×

Benarkah Berat Badan Dapat Mempengaruhi Kesuburan Wanita

Bagikan Artikel :

curhatbidan.com – Berat Badan Mempengaruhi Kesuburan Wanita -, Percayakah Anda bahwa ternyata berat badan memiliki faktor yang cukup penting dalam hal kesuburan seorang wanita ? Dalam penelitian yang telah dilakukan menunjukan dimana wanita yang memiliki berat badan berlebih membutuhkan waktu dua kali lebih lama dibandingkan dengan mereka yang memliki berat badan normal. Dan, penelitian lainnya juga berlaku bagi wanita yang kurang berat badan atau kurus, mereka justru membutuhkan waktu empat kali lebih lama untuk dapat hamil dibandingkan dengan berat badan normal.

Apabila IBM atau Indeks Massa Tubuh Anda normal, maka tidak perlu khawatir jika berat badan akan berdampak kurang baik pada kesuburan Anda. Tapi, bukan berarti juga Anda akan cepat untuk mendapatkan kehamilan karena berat badan hanya salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan.

Jadi bagi Anda yang sedang menjalankan program kehamilan dan memiliki berat badan berlebih atau justru kurang berat badan, berusahalah untuk mendapatkan berat badan yang ideal atau normal.

Mulai sekarang bagi Anda yang kelebihan berat badan, mulailah dengan berolahraga secara teratur dan jangan terlalu berat dalam melakukan olahraga karena ini bisa membahayakan kesuburan Anda. Apabila Anda tidak mempunyai olahraga yang cukup mulai dengan melakukan aerobik setiap hari setidaknya setengah jam perhari dan jangan lupa menjaga pola makan Anda. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung mineral, antioksidan serta asam folat.

Dan bagi Anda yang kurang berat badan, mulailah dengan mengkonsumsi makanan yang dapat membantu berat badan Anda naik yaitu makanan yang bergizi, memiliki kalori tinggi dan kaya akan protein.

Kedua usaha di atas baik Anda yang kelebihan berat badan atau kekurangan membutuhkan waktu serta komitmen dan terus berusaha mendapatkan berat badan yang normal serta Anda akan memperoleh kesuburan yang lebih baik.

Berat badan hanya salah satu dari banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan wanita dan jadi jika Anda sedang menjalankan program hamil namun berlangsung lama maka Anda harus mempehatikan faktor lain yang bisa mengakibatkan peluang kehamilan Anda terhambat.

Sepasang suami istri yang ingin mendapatkan kehamilan tentunya harus bekerja sama dan berusaha serta berdoa yang terbaik untuk program yang sedang Anda jalankan. Jadi jangan lupa perhatikan faktor lain yang bisa membatu Anda dan suami mendapatkan buah hati dalam waktu dekat.

Artikel Terkait Lainnya :

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 5, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Pemberian susu formula pada bayi prematur

  • Oleh : eureeka
  • 10 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan. Anak saya lahir prematur dengan berat 1,7 kg dan dirawat di ruang perinatologi selama 9 hari. Sekarang usianya 2 bulan dan beratnya sudah naik menjadi 3,4 kg. Apa boleh saya beri susu formula hanya siang hari saja karena saya harus bekerja dan malam hari saya beri ASI ?

    Penyebab menstruasi dua kali dalam sebulan

  • Oleh : frenni franita
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya, saya siska umur 26 tahun sudah beberapa bulan ini saya mengalami mentsruasi dua kali dalam sebulan apakah itu normal. Dan apa penyebab menstruasi terjadi dua kali dalam sebulan? mohon penjelasannya trims

    Infertilitas sekunder

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 9 bulan yang lalu

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    apakah boleh ibu hamil pakai inhaler?

  • Oleh : Day
  • 9 bulan, 4 minggu yang lalu

    apakah tidak apa apa jika ibu hamil penderita asma menggunakan inhaler? apa pengaruhnya pada bayi di dalam kandungan?

    pengen cepat hamil

  • Oleh : albertag59
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Mw tnya dok ,knpa ea sya sampai saat in blm jga mempunyai keturunan,brobat udah tp blm jga ad hasil a

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan