Benarkah Berat Badan Dapat Mempengaruhi Kesuburan Wanita

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • curhatbidan.com – Berat Badan Mempengaruhi Kesuburan Wanita -, Percayakah Anda bahwa ternyata berat badan memiliki faktor yang cukup penting dalam hal kesuburan seorang wanita ? Dalam penelitian yang telah dilakukan menunjukan dimana wanita yang memiliki berat badan berlebih membutuhkan waktu dua kali lebih lama dibandingkan dengan mereka yang memliki berat badan normal. Dan, penelitian lainnya juga berlaku bagi wanita yang kurang berat badan atau kurus, mereka justru membutuhkan waktu empat kali lebih lama untuk dapat hamil dibandingkan dengan berat badan normal.

    Apabila IBM atau Indeks Massa Tubuh Anda normal, maka tidak perlu khawatir jika berat badan akan berdampak kurang baik pada kesuburan Anda. Tapi, bukan berarti juga Anda akan cepat untuk mendapatkan kehamilan karena berat badan hanya salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan.

    Jadi bagi Anda yang sedang menjalankan program kehamilan dan memiliki berat badan berlebih atau justru kurang berat badan, berusahalah untuk mendapatkan berat badan yang ideal atau normal.

    Mulai sekarang bagi Anda yang kelebihan berat badan, mulailah dengan berolahraga secara teratur dan jangan terlalu berat dalam melakukan olahraga karena ini bisa membahayakan kesuburan Anda. Apabila Anda tidak mempunyai olahraga yang cukup mulai dengan melakukan aerobik setiap hari setidaknya setengah jam perhari dan jangan lupa menjaga pola makan Anda. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung mineral, antioksidan serta asam folat.

    Dan bagi Anda yang kurang berat badan, mulailah dengan mengkonsumsi makanan yang dapat membantu berat badan Anda naik yaitu makanan yang bergizi, memiliki kalori tinggi dan kaya akan protein.

    Kedua usaha di atas baik Anda yang kelebihan berat badan atau kekurangan membutuhkan waktu serta komitmen dan terus berusaha mendapatkan berat badan yang normal serta Anda akan memperoleh kesuburan yang lebih baik.

    Berat badan hanya salah satu dari banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan wanita dan jadi jika Anda sedang menjalankan program hamil namun berlangsung lama maka Anda harus mempehatikan faktor lain yang bisa mengakibatkan peluang kehamilan Anda terhambat.

    Sepasang suami istri yang ingin mendapatkan kehamilan tentunya harus bekerja sama dan berusaha serta berdoa yang terbaik untuk program yang sedang Anda jalankan. Jadi jangan lupa perhatikan faktor lain yang bisa membatu Anda dan suami mendapatkan buah hati dalam waktu dekat.

    Artikel Terkait Lainnya :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - November 5, 2016
    Diskusi Dari:
    Siti Rohmah

    Bu saya mau bertanya, Sudah 3 tahun menikah saya belum diberikan keturunan, padahal dulu istri saya pernah hamil, tapi sayangnya keguguran saat usia kandungan 6 bulan. Tapi istri saya sampai saat ini masih belum memeriksakan diri ke dokter ahli. Apakah hal ini disebabkan karena adanya penyakit pada istri saya??

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Putri Kintamani

    Selamat sore, saya mau tanya bu bidan. Apa yang bisa menjadi menu paling tepat sebagai makanan pengganti ASI untuk si kecil ? Mohon dijawab, Terimakasih

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Sahputri Ramadhani

    Saya mau menanyakan tentang cara menghitung kehamilan wanita yang memiliki haid tidak teratur. bUlan lalu saya masih haid dan terakhir nya pada tanggal 29 Agustus. Pada minggu ke 2 setelah terakhir menstrulasi, tepatnya apda tanggal 18 Oktober saya merasakan mual mual dan saya cek ternyata positif hamil. Sebelumnya saya sering kali memiliki masalah dengan mestrulasi yakni waktu yang tidak teratur yang bahkan bisa saja telat hingga 3 bulan lamanya. Yang mau saya tanyakan, bagai mana cara menghitung kehamilan pada orang yang memiliki masalah dengan haid yang tak lancar ini, apakah bisa dihitung sama dengan orang yang memiliki siklus haid yang normal?

    Dijawab Oleh : Sahputri Ramadhani
    Diskusi Dari:
    Diranan

    Halo Bu Bidan, saya mau tanya
    Bayi saya umur 4 bulan setiap mau pipis gelisah dan kadang menangis dulu, baru setelah itu dia pipis, tapi tidak diserta demam. Apa kondisi ini normal ?

    Dijawab Oleh : Diranan
    Diskusi Dari:
    Nani Mulyaningsih

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita usia 25 tahun dan sudah menikah. Saya mau bertanya bu bidan sudah beberapa minggu ini menstruasi saya hanya berlangsung selama 2 hari saja. Bulan-bulan kemaren biasanya saya menstruasi 4 sampai 5 harian. Apakah siklus menstruasi yang singkat ini berpengaruh pada kesehatan saya? Mohon jawabannya bu bidan trims

    Dijawab Oleh : Nani Mulyaningsih