×

Benarkah Pelumas Buatan Bisa Mempengaruhi Kesuburan ?

Bagikan Artikel :

Benarkah Pelumas Buatan Bisa Mempengaruhi Kesuburan ?

Pelumas memang bisa membuat hubungan seksual lebih nyaman, tapi beda hal dengan pasangan yang sedang merencanakan kehamilan. Pelumas yang biasanya dipakai saat berhubungan seks ternyata bisa berdampak buruk pada peluang kehamilan. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pelumas vagina berisiko membunuh dan menurunkan kualitas sel sperma.

Pelumas vagina juga dikenal sebagai lubrikan. Pelumas buatan pabrik ini bentuknya bermacam-macam, bisa berupa gel atau seperti lotion. Fungsinya adalah mengurangi gesekan atau risiko luka ketika penis berpenetrasi ke dalam vagina. Dengan menggunakan pelumas, penetrasi bisa dilakukan dengan lebih lancar tanpa rasa sakit, baik bagi pria atau wanita.

Wanita Bisa Menghasilkan Pelumas Alami

Wanita bisa menghasilkan pelumas yang alami. Pelumas tersebut adalah cairan vagina. Cairan vagina bisa diproduksi ketika wanita merasa bergairah dan menerima rangsangan seksual. Akan tetapi, kadang cairan yang dihasilkan tak cukup banyak sehingga penetrasi penis masih terasa menyakitkan. Inilah yang disebut dengan kondisi vagina kering. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya proses penuaan, perubahan hormon, muncul kecemasan dan stres, atau efek samping obat-obatan tertentu.

Dampak Pelumas Buatan Bagi Pasangan Yang Sedang Promil

Pelumas buatan tidak seperti cairan vagina alami yang diproduksi wanita, tingkat keasaman (pH) pelumas vagina yang diproduksi di pabrik lebih tinggi. Karena keasaman ini, kualitas sel sperma pun akan menurun. Akibatnya, sel sperma tak akan bisa mencapai rahim dan membuahi sel telur. Bahkan beberapa produk pelumas wanita kadar keasamannya begitu tinggi sampai-sampai bisa membunuh sel sperma.

Kebanyakan pelumas bisa menghentikan atau memperlambat laju sel sperma menuju sel telur dan merusak DNA sel sperma laki-laki. Selain itu, pelumas wanita yang Anda beli di toko-toko juga lebih kental dan pekat daripada cairan vagina. Ketika dioleskan pada area di sekitar vagina, lubrikan ini justru akan menghalangi sel sperma masuk dan melakukan pembuahan.

Related Posts :

    Pengganti Pelumas Saat Merencanakan Kehamilan

    Apabila vagina kering saat penetrasi dan membuat vagina dan penis terasa nyeri maka salah satu caranya adalah dengan melakukan pemanasan atau foreplay yang lebih lama bersama pasangan. Tak perlu buru-buru langsung penetrasi kalau wanita belum benar-benar basah karena gairah.

    Jika Anda merasa vagina tetap kering meskipun mencoba foreplay, coba gunakan air hangat sebagai pelumas. Air tidak beracun bagi sperma dan tidak akan mengganggu kemampuan sperma untuk mencapai serviks.

    Jika Anda masih merasa perlu menggunakan pelumas saat merencanakan kehamilan, sebaiknya pilih salah satu produk yang dalam uji klinis telah terbukti aman dan efektif untuk kesuburan wanita dan pembuahan.

    Pelumas Buatan Yang Tidak Mempengaruhi Kesuburan

    Pelumas yang tepat untuk pasangan yang sedang merencanakan kehamilan adalah yang memiliki bahan dasar air. Selain pelumas ini lembut, Anda juga akan terhindar dari risiko iritasi. Pelumas ini bisa Anda temukan dalam kemasan botol atau pun tube, namun ada juga kondom yang berkandungan pelumas tinggi. Anda bisa bertanya pada apoteker atau asisten apoteker mengenai produk pelumas terbaik untuk ibu hamil. Dan satu hal yang perlu diketahui juga, Anda jangan khawatir memakainya karena pelumas ini tidak akan mengenai janin Anda.

    Pelumas Yang Harus Dihindari

    Lebih jauh Loralei mengungkapkan, ada lubrikan atau pelumas yang sebaiknya Anda hindari saat hamil. Misalnya pelumas yang memiliki rasa atau wangi tertentu dan ada kandungan paraben maupun gliserin karena bisa menyebabkan iritasi, meskipun bahan dasarnya memang air. Pelumas seperti ini bisa memberikan efek yang tidak enak pada vagina Anda, Mamas to be. Jadi perhatikan dengan seksama ya label yang ada dalam pelumas untuk mengetahui bahan atau kandungan apa saja yang ada di dalamnya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 17, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Rambut Anak Susah Tumbuh

  • Oleh : Dwickadeck Doen
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Saya mau tanya nih bu bidan seputar rambut bayi, anak saya berumur 1,5 tahun tapi pertumbuhan rambut nya kok sedikit sekali yah. Kira-kira penyeba nya apa saja yah ? saya lihat teman sebayanya rambutnya bagus semua bu bidan. saya khawatir sekali terlebih anak saya itu perempuan.

    Sakit Dada Tiba Tiba

  • Oleh : Atha
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Pagi dok, saya mau bertanya, 3 bulan yang lalu saya melakukan operasi pengangkatan penyakit tumor payudara. Saat ini sudah 2 hari saya sering kali merasakan nyeri dibagian dada yang bisa datang secara tiba tiba. Biasanya saat bergerak saya merasakan sakit dan menghambat aktivitas saya. Saya mau bertanya, apa yang menyebabkan hal ini terjadi? apakah mungkin ini efek samping dari operasi tersebut?

    masa subur

  • Oleh : Nila nila
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Saya dapat menstruasi tanggal 23 agustus. Tanggal berapakah masa paling subur saya dan makanan apa yg harus saya konsumsi selama masa subur? Terimakasih

    Menstruasi

  • Oleh : Evi Safitri
  • 6 bulan, 2 minggu yang lalu

    Dokter, sejak februari saya mengalami menstruasi yg tidak wajar, saya menstruasi berkepanjangan, jarak berhentinya keluar darah hanya sekitar 5-7 hari. Apakah itu normal?

    Cara Membuat Anak Mau Belajar di Rumah

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih. Saya punya anak laki-laki yang baru masuk SD kelas 1. Waktu di TK dulu ia rajin belajar dan selalu nurut sama orang tua. Tapi sekarang beda bu bidan, ia jadi malas belajar di rumah, pengennya main terus. Saya jadi sedikit frustasi juga.

    Bagaimana yah bu caranya supaya anak saya mau belajar kembali di rumah ? kasihan juga guru les nya udah dateng ke rumah, dia nya gak mau belajar. Mohon solusinya bu bidan, Terimakasih

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan