×

Benarkah Penggunaan Pembalut Bisa Memicu Kemandulan ?

Bagikan Artikel :

benarkah penggunaan pembalut memicu kemandulan
Menggunakan pembalut bisa menyebabkan masalah kesuburan tidak benar adanya. Sesungguhnya, selama pembalut yang Anda gunakan tidak menggunakan zat berbahaya, seperti klorin berlebih atau pewangi, umumnya pembalut tersebut aman digunakan dan tidak menyebabkan gangguan pada kesuburan..

Selain itu jika pembalut digunakan dengan benar, pembalut yang digunakan juga bersih, maka penggunaan pembalut tidak akan menyebabkan sulit untuk punya anak.

Tips Saat mengalami menstruasi

1. selalu rutin mengganti pembalut jika sudah terasa tidak nyaman atau penuh minimal 2 kali dalam sehari

2. Saat darah menstruasi keluar dalam jumlah yang sangat banyak, gantilah pembalut setiap 3 hingga 4 jam sekali.

Related Posts :

    3. Jika darah sedang tidak terlalu banyak, maka kita bisa menggantinya setiap 5 jam.

    Penggunaan Pembalut Yang Memicu Masalah Kesuburan

    Jika kita menggunakan pembalut dalam waktu yang terlalu lama, maka area kewanitaan dan pembalut akan mengalami pertumbuhan bakteri yang sangat banyak. Ditambah dengan minimnya sirkulasi udara, maka dikhawatirkan bakteri-bakteri ini bisa memasuki organ vital wanita, menyebabkan infeksi, dan akhirnya bisa memicu gangguan kesehatan pada organ reproduksi wanita. Hal inilah yang bisa memicu masalah kesuburan.

    Jenis Pembalut Yang Memicu Masalah Kesuburan

    penggunaan pembalut yang mengandung klorin berlebih diduga bisa memicu iritasi pada kulit kelamin dan organ reproduksi lainnya. Sedangkan, pembalut yang mengandung pewangi berisiko menyebabkan perubahan tingkat keasaman (pH) vagina. Jika dibiarkan berkepanjangan, perubahan pH vagina ini bisa menyebabkan mikroorganisme patogen (penyebab penyakit) lebih mudah untuk tumbuh subur dan menginfeksi organ reproduksi. Akibatnya, bisa muncul berbagai masam keluhan, seperti vagina gatal, perih, kulitnya mengelupas, bau vagina tidak sedap, keputihan yang abnormal (berlebihan, berwarna selain putih atau kuning), mengeluarkan bau tidak sedap, atau menyebabkan gatal dan perih), masalah kesuburan dan sebagainya. Karenanya, sebaiknya Anda lebih cermat dalam memilih pembalut yang tepat.

    Penggunaan Pembalut Yang Tepat

    1. Perhatikan, apakah pembalut yang Anda gunakan memuat informasi izin edar dari kementrian kesehatan

    2. Hindari penggunaan pembalut yang mengandung klorin atau pewangi berlebihan

    3. Ganti pembalut secara teratur setiap 3 – 4 jam sekali, atau setiap kali terasa penuh

    4. Pilih pembalut yang dikemas satuan di dalam kemasan besarnya agar kebersihannya lebih terjaga

    5. Gunakan pembalut dengan ukuran dan jenis yang sesuai dengan kebutuhan Anda

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : November 9, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Haid berhenti tapi haid lagi

  • Oleh : Syafni Shafitry
  • 6 bulan, 3 minggu yang lalu

    Dok saya mau tanya 4bln yg lalu kan saya pakai kb suntik dan baru pertama kali .. sebelum kb suntik normal2 saja gitu dok mens paling lama 6-7hri satu bulan sekali.. dan teratur pd tanggal haid nya tdk pernah rubah.. setelah kb suntik haid saya ga normal dok berhenti haid itu paling 5hri lalu haid lagi sampe skrg saya pernah konsumsi juga pil kb krn saya berobat ke bidan dikasih tau harus ganti.. bbrapa kali saya ke dokter katanya itu normal .. tp saya takut sendiri gitu dok soalnya saya belum pernah kyk gni .. saya udh berentikan smua kb selama 1bln tp ttp aja saya haid .. kira2 itu kenapa ya dok dan obat apa biar bisa cepat mengatasi nya.. trimakasih dok

  • Oleh : Syafni Shafitry
  • Bayi diberi MPASI sebelum 6 bulan

  • Oleh : Hani fahrunnisa
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Hi Bu Bidan, bayi saya belum berusia 6 bulan tapi sudah terlanjur saya beri MPASI seminggu ini, apa saya harus menghentikan pemberian MPASI atau dilanjutkan saja ?

    vagina

  • Oleh : bintang kafah
  • 10 bulan, 1 minggu yang lalu

    assalamualaikum. saya mau nanya. sudah 3 hari ini ada benjolan sedang dan keras, letakny di area vagina tapi agak mendekati selangkangan. itu penyakit apa ya? apakah kista juga?

  • Oleh : bintang kafah
  • Takut hamil

  • Oleh : Husna Alf
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Terakhir haid saya
    tgl 6 bulan juli, sampai sekarang saya belum haid lagi. Banyak keluhan kesehatan yang saya rasakan, seperti mual, muntah, nafsu makan turun, demam, perut kembung, kadang nyeri sebelah kanan bawah & apabila ditekan terasa sakit & terasa ada yang mengganjal. Saya iseng uji tes pack hasilnya positif, tapi tidak ada tanda-tanda kehamilan yang saya alami. Saya juga susah bab & susah buang angin. Apakah ini gejala suatu penyakit atau memang hamil?

    Kehamilan

  • Oleh : dimas syahputra
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Dan jika penis tidak berejakulasi apakah bisa hamil?(penis dan vagina bertemu 1 sama lain)

    Tanya Bidan