Benarkah Penggunaan Pembalut Bisa Memicu Kemandulan ?

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • benarkah penggunaan pembalut memicu kemandulan
    Menggunakan pembalut bisa menyebabkan masalah kesuburan tidak benar adanya. Sesungguhnya, selama pembalut yang Anda gunakan tidak menggunakan zat berbahaya, seperti klorin berlebih atau pewangi, umumnya pembalut tersebut aman digunakan dan tidak menyebabkan gangguan pada kesuburan..

    Selain itu jika pembalut digunakan dengan benar, pembalut yang digunakan juga bersih, maka penggunaan pembalut tidak akan menyebabkan sulit untuk punya anak.

    Tips Saat mengalami menstruasi

    1. selalu rutin mengganti pembalut jika sudah terasa tidak nyaman atau penuh minimal 2 kali dalam sehari

    2. Saat darah menstruasi keluar dalam jumlah yang sangat banyak, gantilah pembalut setiap 3 hingga 4 jam sekali.

    3. Jika darah sedang tidak terlalu banyak, maka kita bisa menggantinya setiap 5 jam.

    Penggunaan Pembalut Yang Memicu Masalah Kesuburan

    Jika kita menggunakan pembalut dalam waktu yang terlalu lama, maka area kewanitaan dan pembalut akan mengalami pertumbuhan bakteri yang sangat banyak. Ditambah dengan minimnya sirkulasi udara, maka dikhawatirkan bakteri-bakteri ini bisa memasuki organ vital wanita, menyebabkan infeksi, dan akhirnya bisa memicu gangguan kesehatan pada organ reproduksi wanita. Hal inilah yang bisa memicu masalah kesuburan.

    Jenis Pembalut Yang Memicu Masalah Kesuburan

    penggunaan pembalut yang mengandung klorin berlebih diduga bisa memicu iritasi pada kulit kelamin dan organ reproduksi lainnya. Sedangkan, pembalut yang mengandung pewangi berisiko menyebabkan perubahan tingkat keasaman (pH) vagina. Jika dibiarkan berkepanjangan, perubahan pH vagina ini bisa menyebabkan mikroorganisme patogen (penyebab penyakit) lebih mudah untuk tumbuh subur dan menginfeksi organ reproduksi. Akibatnya, bisa muncul berbagai masam keluhan, seperti vagina gatal, perih, kulitnya mengelupas, bau vagina tidak sedap, keputihan yang abnormal (berlebihan, berwarna selain putih atau kuning), mengeluarkan bau tidak sedap, atau menyebabkan gatal dan perih), masalah kesuburan dan sebagainya. Karenanya, sebaiknya Anda lebih cermat dalam memilih pembalut yang tepat.

    Penggunaan Pembalut Yang Tepat

    1. Perhatikan, apakah pembalut yang Anda gunakan memuat informasi izin edar dari kementrian kesehatan

    2. Hindari penggunaan pembalut yang mengandung klorin atau pewangi berlebihan

    3. Ganti pembalut secara teratur setiap 3 – 4 jam sekali, atau setiap kali terasa penuh

    4. Pilih pembalut yang dikemas satuan di dalam kemasan besarnya agar kebersihannya lebih terjaga

    5. Gunakan pembalut dengan ukuran dan jenis yang sesuai dengan kebutuhan Anda

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - November 9, 2018
    Diskusi Dari:
    beau8469306441

    Selamat siang,
    Saya Nandini dan saat ini saya tengah hamil memasuki minggu ke 6. Bagi seorang ibu yang menginginkan kehamilannya tetap sehat, terhindar dari berbagai masalah kesehatan pada janin. Apa yang seharusnya saya konsumsi. Mohon jawabannya.

    Dijawab Oleh : beau8469306441
    Diskusi Dari:
    Gita Febian

    bagi saya pasangan suami istri muda sangat susah menemukan gspot pada istri saya, takutnya tidak memuaskan. Bagaimana cara kita menemukan g spot pada pasangan kita ?

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Tutut Kartikasari

    Saya mau tanya bu bidan, apa boleh ibu hamil mengikuti olahraga? dan sebaiknya olahraga apa yang harus dipilih saat hamil?

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Yuli Ani

    Sore dok, adik saya usia 3 tahun sekarang ini sedang mengalami masalah pencernaan. Sering buang air besar, sudah diobati tapi belum juga sembuh. Kira – kira obat yang aman untuk mengobati diare pada anak usia 3 tahun apa dok ? Terima kasih dok sebelumnya.

    Dijawab Oleh : Yuli Ani
    Diskusi Dari:
    Cantika Rahayu

    Selamat pagi bu bidan, maaf sebelumnya saya tidak menanyakan bahasan kesehatan. Saya memiliki anak usia 8 tahun. Ia sekarang baru masuk kelas 3 SD. Sewaktu kecil anak saya itu nurut sama saya, tapi semakin besar kok dia malah sulit untuk diatur. Apa yang salah dengannya atau saya sendiri yang salah mendidiknya selama ini ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih

    Perlu Jawaban