×

Cara Agar Menjaga Prostat Tetap Sehat

Bagikan Artikel :

Cara Agar Menjaga Prostat Tetap Sehat

Kanker prostat adalah jenis kanker kedua yang paling banyak menyebabkan kematian di Inggris. Menjalani diet tertentu dan mengonsumsi makanan-makanan bergizi, yang akan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan akan mengurangi risiko Anda menderita kanker prostat di masa depan. Namun, ada beberapa cara terbaik yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan prostat.

Tips Menjaga Prostat Agar Tetap Sehat

  1. Konsumsi buah berwarna merah. Banyak yang meyakini bahwa lycopene di dalam buah-buahan berwarna merah dan tomat membantu melindungi sel-sel prostat. Asupan lycopene tinggi, setidaknya 10 miligram per hari (misalnya enam buah tomat plum matang) dapat memberikan paling banyak manfaat.
  2. Batasi asupan produk olahan susu. Asupan protein dan kalsium susu yang tinggi terkait dengan risiko kanker prostat yang lebih tinggi. Anda harus membatasi diri untuk mengonsumsi tidak lebih dari tiga porsi produk susu dalam sehari. Jumlah tersebut cukup untuk melindungi tulang dan gigi.
  3. Alternatif produk olahan susu seperti kedelai, yang diperkaya dengan vitamin dan mineral memiliki manfaat tambahan karena kandungan isoflavon.
  4. Ganti lemak hewani dengan minyak nabati atau minyak sayur. Lemak jenuh, yang banyak ditemukan di dalam sumber makanan hewani, dapat meningkatkan risiko kanker prostat. Minyak nabati seperti zaitun, kacang dan canola lebih baik digunakan dibandingkan mentega dan lemak hewani.
  5. Konsumsi buah delima secara rutin karena baik untuk kesehatan prostat. Ini diyakini karena polifenol yang terkandung di dalamnya memberikan manfaat-manfaat kesehatan yang luar biasa. Untuk itu, konsumsi sekitar empat buah delima setiap hari.
  6. Minum teh hijau juga diyakini dapat meminimalisir risiko kanker prostat. Namun, jika Anda tidak bisa minum beberapa cangkir teh hijau dalam sehari, Anda bisa mengonsumsi ekstraknya saja yang kini sudah tersedia di pasaran.
  7. Hindari mengonsumsi lebih dari 500 gram daging merah matang per minggu. Pastikan pula daging tidak dimasak terlalu matang. Daging merah juga kaya akan lemak jenuh sehingga harus dikonsumsi dalam porsi yang lebih sedikit, tanpa lemaknya.
  8. Perbanyak mengonsumsi sayuran yang masuk ke dalam keluarga cruciferous, seperti brokoli, kubis dan kembang kol. Itu karena mereka mengandung senyawa yang mampu melawan kanker prostat.
  9. Jaga bobot tubuh agar tidak masuk ke dalam kategori obesitas (Indeks Massa Tubuh lebih dari 30). Obesitas mampu meningkatkan risiko kanker prostat.
  10. Jangan lupa berolahraga secara rutin yakni hampir setiap hari seminggu. Setiap sesi olahraga harus dilakukan setidaknya selama 30 menit.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : February 25, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Testpack positif apakah saya hamil

  • Oleh : Vita Putri Anggraeni
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Assalamualaikum dok
    Saya vita, ingin bertanya sudah satu bulan ini saya belum haid kemudian saya testpack dan ternyata positif apakah benar saya hamil

    Mohon dijawab ya dok
    Terima kasih

  • Oleh : Vita Putri Anggraeni
  • Impotensi

  • Oleh : Eko Priono
  • 3 tahun yang lalu

    Dok saya mau tanya, saya kalo pagi hari ereksi, tp kalo kalo udah sore ereksi tp cuma sebentar, untuk obat yang aman menyembuhkan impoten apa dok

    diare pada bayi 2 bulan

  • Oleh : Luluk mukarromah
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    halo bu . saya mau tanya cara mengatasi diare pada bayi yang baru 2 bulan itu bgaimana.

    terima kasih

    Keluar darah di vagina

  • Oleh : Mia Ilmiyah agus pratiwi
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Bu saya tadi habis cuci baju keluar darah bu sedikit . Apa faktor kecapean atau gimana ya.

    Bisakah Setelah Melakukan Kuret Hamil Lagi ?

  • Oleh : Nenk Marsya
  • 5 tahun, 8 bulan yang lalu

    Bu bidan, kakak saya kemarin habis kuret padahal dikehamilannya yang pertama dia melahirkan secara normal dan sekarang baru hamil muda sudah keguguran. Tapi anehnya kakak saya gak kapok bu dan katanya ingin cepat hamil lagi, tapi yang pernah saya denger katanya orang yang sudah melakukan kuret itu susah hamil itu benar gak ya bu bidan ? Terima kasih.

  • Oleh : Nenk Marsya
  • Tanya Bidan