×

Cara Membersihkan Vagina Yang Benar Setelah Melakukan Hubungan Seksual

Bagikan Artikel :

Cara Membersihkan Vagina Yang Benar Setelah Melakukan Hubungan Seksual

Pada zaman milenial ini hubungan seksual banyak sekali variasinya. Mulai dari posisi, penggunaan gel dan seks toys. Oleh karena itu setelah hubungan seksual ada baiknya segera membersihkan kelamin Anda ya baik pria maupun wanita. Jika tidak dibersihkan maka akan meningkatkan risiko vagina terkena jamur atau bakteri berbahaya lainnya.

Related Posts :

    Cara Membersihkan Vagina

    1. Gunakan air hangat
      Anda bisa membersihkan area luar vagina dengan menggunakan air hangat, dan handuk lembut untuk mengeringkannya. Dr. Ross juga memperbolehkan wanita menggunakan pembersih kewanitaan asalkan tak mengandung wewangian.
      Anda bisa menggunakan antiseptik kewanitaan yang mengandung Povidone-iodine yang bisa mencegah berkembangnya bakteri, virus dan jamur penyebab infeksi vagina.
    2. Bagian dalam lubang vagina tidak perlu dibersihkan, cukup luarnya saja
      Saat vagina dibersihkan, Anda tidak perlu douching, memasukkan jari, air, sabun atau benda lain untuk membersihkannya. Cukup dibersihkan di bagian labia atau luar vagina saja.
      Pada dasarnya, vagina bagian dalam bisa membersihkan organ mereka sendiri. Vagina memiliki kemampuan untuk membersihkan organnya sendiri, untuk menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam vagina.
    3. Bersihkan saluran dalam vagina dengan buang air kecil sehabis berhubungan seks
      Keharusan untuk buang air kecil setelah bercinta memang selalu ditekankan, khususnya bagi wanita. Ini karena anatomi tubuh perempuan berbeda dengan laki-laki.
      Pada perempuan, letak vagina dan anus dengan uretra sangat berdekatan. Jaraknya hanya sekitar 5 sentimeter. Maka, bakteri dan kuman lebih cepat menyebar dan pindah dari satu bagian tubuh ke bagian tubuh lainnya. Dan hal ini adalah sebagai salah satu upaya sederhana namun wajib dilakukan untuk menjaga kebersihan vagina
    4. Makan makanan probiotik
      Anda juga bisa menjaga kesehatan dan kebersihan vagina dengan rutin mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti tempe, yogurt, kimchi, dan makanan fermentasi lainnya. Makanan-makanan ini perlu Anda bagus untuk dikonsumsi wanita, guna membantu membersihkan vagina dari dalam.
      Sesuai dengan fungsinya, probiotik diperlukan untuk menggantikan dan meningkatkan jumlah bakteri baik dalam tubuh. Menurut Kelly Kasper, seorang dokter kandungan di Indiana University Health, bakteri baik yang ditemukan dalam makanan fermentasi sama dengan bakteri baik yang ditemukan di area sekitar vagina. Dengan mengonsumsi probiotik yang ditemukan dalam makanan fermentasi, Anda turut membantu diri Anda terhindar dari infeksi bakteri dan menjaga kesehatan vagina dari dalam juga.

    Jangan Hanya Dilap Tissue

    Membersihkan vagina harus betul-betul bersih dengan air dan sabun ya. Jika hanya menggunakan tisuue hal ini akanmengundang tumbuhnya jamur. Sehingga akan menyebabkan keputihan yang tidak normal dan bau yang tidak sedap. Selain itu jika hanya menggunakan tissue akan meningkatkan resiko gatal-gatal di sekitar vagina.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 31, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Telat Menstrulasi

  • Oleh : Pipit Winartii
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat siang dok…
    Saya mau bertanya. Saat ini saya sudah berusia 33 tahun dan sudah telat menstrulasi selama 2 bulan, dan sering merasakan mual layaknya orang hamil, khusunya di pagi dan malam hari. Namun ketika saya mengecek dengan menggunakan test pack hasilnya justru negatif. Yang saya mau tanyakan apakan ada kemungkinan saya hamil sedangkan hasil test peck menunjukan negatif?

  • Oleh : Pipit Winartii
  • tumbuh gigi saat lahir

  • Oleh : Jasmine Putri Mustofah
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Anak saya lahir sdh memilki dua gigi bawah, dan pada saat usia 5 bulan gigi nya patah dan sampai sekarang usia anak saya 11 bulan sisa gigi itu masih ada. Pertanyaan saya tidak masalah kah sisa gigi tersebut dan apakah dengan sendiriny gigi tersebut bisa tanggal sendiri.

    Lidah Bermasalah

  • Oleh : Karmila
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat siang Dok, dok saat ini saya sedang panas dalam, dan ada 3 titik dan terus membesar. Saat ini sayah merasakan risih saat mengkonsumsi makanan pedas dan juga asin dan bahkan jika saya menelan makanan saya merasakan sakit, itu kenapa ya dok?

    Wasir (Ambeyen)

  • Oleh : Intan Cahyaning Palupi
  • 6 hari, 13 jam yang lalu

    Selamat siang bu bidan.. Maaf mengganggu waktunya. Bu, saya ingin bertanya.. Ini kehamilan pertama saya dan dari sebelum menikah saya sudah ada ambeyen eksternal yg nggak bisa masuk lagi. Posisi ambeyen ini dibagian atas dekat dengan perineum, tapi selama ini belum pernah sampai berdarah, hanya bengkak saja setelah bab tp akan kembali k ukuran semula dalam beberapa jam. Usia kehamilan saya sekarang 31minggu bu. Apa saya tetap bisa melahirkan secara normal yaa bu?
    Terima kasih sebelumnya bu

  • Oleh : Intan Cahyaning Palupi
  • Amankah episiotomi saat persalinan?

  • Oleh : Muhammad Hanif Maulana
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saat ini saya sedang mengandung usia 8 bulan, dan setelah melakukan USG ternyata bayi saya mempunyai berat badan yang tergolong bayi besar. Kata dokter, saya lebih baik melakukan episiotomi. Tetapi saya ragu dan takut akan rasa sakitnya, dan apakah episiotomi itu amak dilakukan? Mohon penjelasannya, terimakasih

    Tanya Bidan