Cara Mengetahui Siapa Yang Tidak Subur Dari Pasangan

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Setiap pasangan yang telah menikah tentunya akan semakin berbahagia jika kemudian mereka bisa mendapatkan malaikat kecil sebagai pelengkap kehidupan pasangan yang berbahagia. Namun sayangnya, tidak semua orang dikaruniai buah hati dengan cepat. Masalah seperti ketidaksuburan yang terjadi (infertilitas) menjadi suatu mimpi buruk yang tidak ingin terjadi pada setiap pasangan suami istri, terlebih bagi mereka yang sangat ingin segera memiliki buah hati. 

    Baik pada pihak laki-laki ataupun perempuan, mereka memiliki risiko yang sama terhadap kemungkinan tidak subur. Mau tidak mau hal inilah yang menjadi kemungkinan terburuk untuk sulit mendapatkan kehamilan.

    Sangat penting untuk setiap pasangan yang telah menikah  untuk segera mengupayakan kehamilan. Melalui pemeriksaan dengan dokter adalah hal yang tepat guna memantau kondisi kesehatan masing-masing antara istri dan juga suami. Dengan begitu, penanganan lebih awal dengan kasus seperti ini dapa diatasi dengan lebih baik.

    Tidak subur sama dengan mandul?

    Sebaiknya jangan dulu beranggapan jika tidak subur dengan mandul adalah hal yang sama. Keduanya jelas memiliki perbedaan. Kemandulan terjadi setelah pasangan suami istri mengupayakan dengan melakukan hubungan pasangan yang teratur tanpa alat kontrasepsi selama 6 bulan atau 1 tahun namun tidak kunjung membuahkan hasil. Sementara tidak subur adalah pasangan suami istri masih memiliki kesempatan untuk mengandung dan melahirkan.

    Berikut ini adalah Cara Mengetahui Siapa Yang Tidak Subur Dari Pasangan, baik dari istri maupun suami. 


    1. Tanda-tanda Ketidak Suburan Pada Pria.

    • Daya tahan tubuh terganggu.

    Gangguan pada daya tahan tubuh atau sistem imun pada pria bisa menjadi salah satu hal yang dapat mempengaruhi ketidak suburan. Saat sistem kekebalan tubuh melemah dan Anda seringkali terserang dengan penyakit, maka kondisi ini berpotensi besar untuk membuat seorang pria mengalami gangguan kesuburan. Hal ini terjadi dikarenakan motilitas sperma yang rendah sehingga kondisi ini membuat pembuahan menjadi sulit dilakukan. Antibodi pada tubuh pun beresiko keliru dan malah membunuh sperma karena dianggap sebagai sebuah ancaman.

    • Gangguan fungsi seksual.

    Perhatikan jika Anda mengalami masalah fungsi seksual seperti  hilang gairah seksual, sulit ereksi atau masalah ejakulasi, dan juga jumlah sperma yang sedikit. Gangguan-gangguan tersebut dapat menjadi pertanda masalah kesuburan yang menghambat sulitnya mendapatkan keturunan.

    • Masalah berat badan.

    Obesitas dan berat badan berlebih ternyata juga dapat mempengaruhi kesuburan seorang pria. Hal ini berarti nutrisi didalam tubuh tidak seimbang sehingga kualitas sperma yang dihasilkan bukanlah kualitas yang terbaik. Langkah yang tepat untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan menjalani gaya hidup sehat. Selalu upayakan masalah berat badan bisa diatasi dengan lebih baik. Sehingga ukuran berat badan anda bisa kembali pada ukuran yang normal.

    • Usia diatas 35 tahun.

    Faktor usia juga berperan dalam kesuburan pria. Saat pria mulai berusia 35 tahun lebih maka kondisi ini akan menyebabkan jumlah sperma menjadi semakin menurun. Hal ini menandakan peluang pembuahan pun akan semakin menurun pula. Akan tetapi demikian, hal ini bukan berarti kesempatan anda untuk mengusahakan kehamilan akan tertutup rapat. Anda masih bisa mengupayakan kehamilan dengan sedikit usaha yang lebih keras.

    2. Tanda-tanda Ketidak Suburan Pada Wanita.

    • Siklus menstruasi yang tidak teratur.

    Tanda atau gejala pertama yang dapat dilihat dari wanita kurang subur adalah dari siklus menstruasi bulanan. Untuk itu, ada baiknya jika Anda selalu menghitung dan catat baik-baik siklus menstruasi Anda. Hal ini dikarenakan siklis yang tidak teratur akan dapat menandakan jika Anda termasuk tidak subur. Perlu waspadai saat mendapati menstruasi Anda terjadi dalam periode yang terlalu lama. Misalkan lebih dari 35 hari atau datang dengan waktu terlalu pendek yakni dengan rentan hanya 21 hari. Atau mungkin pada kondisi ketika anda tidak mengalami haid dalam beberapa bulan. Untuk mengatasinya, sebaiknya segera konsultasikan masalah ini dengan dokter. Agar penanganan yang dilakukan menjadi lebih efektif bisa diberikan dengan lebih cepat. Hal ini pun akan dapat menghindari kemungkinan buruk dari kondisi ini.

    • Menstruasi yang tidak sewajarnya.

    Tidak hanya menghitung periode menstruasi, sangat penting bagi Anda dalam memperhatikan sifat menstruasi Anda dengan baik. Terlebih jika darah menstruasi menjadi lebih deras atau bahkan lebih sedikit daripada kondisi biasanya. Hal ini bisa saja mempengaruhi ketidak suburan Anda. Perhatikan pula apakah saat periode menstruasi Anda berlangsung ada gejala yang menyertai kondisi ini, seperti misalkan sakit punggung, sakit bagian tulang ekor, sakit bagian panggung atau mungkin sakit pada bagian perut.

    • Keluar cairan layaknya ASI dari payudara, padahal tidak sedang menyusui.

    Kondisi lain  yang akan dapat mempengaruhi ketidak suburan seorang wanita adalah saat kondisi keluarnya cairan serupa ASI keluar dari payudara terlebih Anda sedang tidak dalam masa menyusui. Kondisi ini bisa saja mengindikasikan jika Anda mengalami kelainan hormon yang berpengaruh terhadap kesuburan maka dari itu konsultasikan masalah ini dengan dokter.

    • Sakit di bagian perut saat berhubungan intim dengan suami.

    Jangan pernah mengabaikan rasa sakit yang muncul pada saat berhubungan intim bersama dengan pasangan/suami Anda. Sebab, hal tersebut bisa jadi tanda dari gangguan kesuburan pada wanita. Bisa saja kondisi ini terkait dengan beberapa gejala penyakit berbahaya seperti radang panggul, fibroid rahim atau penyakit lainnya. Memang benar, ada beberapa jenis penyakit yang berpotensi menyebabkan ketidak suburan pada seseorang. Jika demikian, sebaiknya konsultasikan segera masalah ini dengan dokter kandungan.

    Semoga artikel diatas dapat bermanfaat, ingat untuk selalu menjaga pola hidup kita menjadi lebih sehat dan rutin cek kesehatan pada dokter. Salam, Bidan Anda.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - January 17, 2018
    Diskusi Dari:
    THESSYA ULIANTRY

    Assalamualaikum,, bu bidan sya ibu aan dari kasturi,, yg waktu mw lahiran di ibu ga jadi krna ibu sakit,, bu saya mau konsul,, bayi sya udh berumur 6bln jalan mau 7 bln,, tpi ia ada keluhan dlm pencernaan makanan, semenjak makan MPAsi ia suka mual2 dan muntah gak cocok hingga sampai kekurangan cairan akibat dehidrasi dan wktu itu ibu ngasih obat mual,, sampai asi pun di muntah kan tpi dri obat ibu, asi bisa masuk lagi.
    Dan skrng sya bingung , anaknya sudah mau makan bngt,, lalu sya kasih alternatif lain yg alami,, yaitu ubi/ boled,, lalu ia pun suka dn ga muntah alhamdulillah,, tapi bu ia skrng bab terus dan ada darah sedikit hari ini saja,, mungkin karena ada dua hal, sya makan pedas wktu kemarin atau krna makan ubi,, mohon solusi dari ibu…..,,

    Dijawab Oleh : THESSYA ULIANTRY
    Diskusi Dari:
    uye (wanita)

    Saudara saya saat ini berusia 34 tahun dan dia kini tengah hamil yang baru memasuki trimester 1, namun dia sering khawatir karena saudara saya memiliki riwayat diabetes saat ia masih muda. Hal yang ingin saya tanyakan yaitu amankah bagi diabetesi untuk hamil? dan apakah ada cara untuk mengatasi atau solusi baik bagi ibu dan janin? Mohon jawabannya.

    Dijawab Oleh : uye (wanita)
    Diskusi Dari:
    Santana jaya

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

    Dijawab Oleh : Santana jaya

    Selamat Pagi Ibu Bidan 🙂

    Saya mau bertanya seputar persalinan di dalam air, apakah persalinan itu aman di lakukan? Dan apa saja manfaat manfaat serta bahaya dari persalinan tersebut bagi kesehatan ibu dan anak yang akan di lahirkan?

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Winda

    Selamat siang,
    Saat ini istri saya tengah mengandung dan sering sekali mengalami mual dan muntah. Selain itu, saya lihat berat badannya malah sedikit menurun. Apa ini berbahaya? dan apa yang menjadi penyebab turunnya berat badan istri saya, apa mungkin ada hubungannya dengan gejala mual muntah yang dialami oleh istri saya?

    Dijawab Oleh : Winda