×

Ciri-ciri Orang Yang Mengidap Demiseksual, Ketertarikan Seksual Berdasarkan Hubungan Emosi Yang Kuat

Bagikan Artikel :

Ciri-ciri Orang Yang Mengidap Demiseksual, Ketertarikan Seksual Berdasarkan Hubungan Emosi Yang Kuat

Salah satu orientasi seksual yang jarang orang ketahui adalah demiseksual. Demiseksual adalah orientasi seksual ketika seseorang merasakan ketertarikan terhadap orang yang memiliki ikatan emosional yang kuat dengannya. Demisexual berarti tidak bisa jatuh cinta pada padangan pertama. Namun, ada juga yang mengira seorang demiseksual tidak memiliki hasrat seksual alias aseksual. Nah, mana yang benar, ya? Simak penjelasan di bawah ini!

Definisi Demiseksual

Demiseksual (demisexual) adalah orientasi seksual ketika seseorang tertarik pada orang lain yang telah memiliki kedekatan emosional dengan dirinya. Dengan kata lain, hasrat atau dorongan seksual hanya bisa muncul setelah ikatan emosional sudah terbentuk dalam suatu hubungan.

Mungkin Anda bertanya-tanya: bukankah hal ini terjadi pada setiap orang? Sekilas, demiseksual memang terkesan umum dialami siapa saja. Faktanya, banyak orang melakukan hubungan seksual dengan orang yang telah dikenal dekat dan memiliki ikatan emosional kuat. Ambil contohnya, pasangan suami istri yang sebelumnya menjalin hubungan dan berkomitmen cukup lama. Akan tetapi, demisexual sebenarnya bukanlah tentang seks atau dengan siapa Anda seharusnya melakukan hubungan intim. Ada juga yang mengatakan demiseksual artinya tidak bisa jatuh cinta pada pandangan pertama. Ungkapan ini juga kurang tepat karena hal ini bukan persoalan kepada siapa Anda bisa jatuh cinta. Lebih tepatnya, demiseksual adalah orientasi seksual yang merujuk pada munculnya hasrat seksual.

Melansir dari Demisexuality Resource Center, demisexual memenggambarkan ketertarikan seksual yang ditandai dengan munculnya dorongan atau gairah seks jika telah terbangun ikatan emosional yang kuat. Sementara orientasi seksual lain, seperti heteroseksual atau homoseksual, bisa memiliki dorongan seksual terhadap orang lain tanpa perlu mengenal orang tersebut secara dekat dan intim.

Ciri-ciri Orang Mengalami Demiseksual

  1. Jarang merasakan ketertarikan secara seksual dengan orang asing yang ditemui di jalan atau di tempat umum.
  2. Jarang tertarik dengan publik figur, orang yang baru dikenal, atau orang yang tidak sengaja ditemui.
  3. Tidak merasakan gairah seksual atau tidak tertarik melakukan hubungan seks dengan orang yang tidak dikenal dekat, meskipun mereka memiliki rupa yang menawan atau kepribadian yang menarik.
  4. Sering memiliki ketertarikan secara seksual dengan teman dekat atau pasangan.
  5. Hubungan yang intim dan terbangun dari ikatan emosional yang kuat dengan seseorang memengaruhi munculnya dorongan seksual dalam diri terhadap orang tersebut
  6. Kurang Tertarik dengan Sentuhan Fisik

Perbedaan Demiseksual Dengan Aseksual

Demiseksual seringkali dikaitkan atau bahkan disamakan dengan berbagai jenis orientasi seksual lainnya, seperti aseksual. Hal ini sering kali menjadi perdebatan di antara komunitas aseksual dan demiseksual sendiri.

Sebagai gambaran, seorang aseksual umumnya punya sedikit atau tidak memiliki ketertarikan sama sekali untuk melakukan hubungan seksual dengan orang lain, terlepas dari adanya kedekatan emosional maupun tidak. Pada aseksual, ketertarikan seksual diukur dari intensitas dorongan seksual dan seberapa besar ada gairah untuk berhubungan seksual.

Jika Anda tidak pernah merasakan dorongan seksual terhadap orang lain dan belum pernah memiliki hubungan dekat dengan seseorang, Anda mungkin akan salah bahwa mengira orientasi seksual Anda adalah aseksual.

Padahal, dorongan seksual dalam diri Anda akan muncul ketika tercipta ikatan emosional. Hal ini karena demiseksual (demisexual) tergantung kedekatan dengan seseorang, sedangkan aseksual berhubungan dengan keinginan seksual.

Pada akhirnya, siapa yang benar dan salah dalam pengelompokan orientasi seksual ini tidak begitu penting. Anda yang paling mengenal diri sendiri sehingga Anda yang lebih tahu apa orientasi seksual Anda. Sebagian orang bisa merasa terkucilkan atau menganggap dirinya tidak normal ketika ia tidak memiliki ketertarikan seksual yang sama dengan kebanyakan orang. Padahal, orientasi seksual bisa sangat beragam. Mengenal lebih banyak orientasi seksual, seperti demiseksual, dapat membantu Anda mengenal diri sendiri maupun orang lain dengan lebih baik.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 23, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Batuk dan sesak

  • Oleh : Risky nur
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Malem dok, say hamil berusia 1bulan, saya ada asma, tapi semua tes lebih dan ronsen nya bagus semua, tidak menandakan penyakit paru-paru, saat asma mau kambuh pasti selalu batuk terlebih dahulu, pertanyaan saya bahayakah untuk janin saya dok

    Payudara kecil

  • Oleh : Hairatul Hasanah
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Dok mau tanya nih aku udah hampir beumur 20th, cuma kenapa ya payudara aku seperti kurang besar dari normalnya gitu, mohon penjelasannya dok?

    Vagina

  • Oleh : Ninda Wakidi
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Saya punya kyk benjolan di pinggir vagina, saya kurang tau itu knp.. kira kira bisa saran gk itu pnyakit apa

  • Oleh : Ninda Wakidi
  • Kehamilan

  • Oleh : Novia Vidiyana
  • 3 tahun yang lalu

    Sya terakir haid tgl 28 juni 2019 , dan skrang saya mengalami tanda” , mual” , perut kram , payudara sakit apakah bisa di katakan sya hamil… tpi tgl menstruasi blum tiba …

    Promil

  • Oleh : Pipit rahayu Pipit rahayu
  • 1 bulan, 4 minggu yang lalu

    Dok mau nanya kenapa ya setahun setelah lepas kb mensnya gak teratur

  • Oleh : Pipit rahayu Pipit rahayu
  • Tanya Bidan