Harapan Hidup Kanker Serviks Stadium 3

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Harapan Hidup Kanker Serviks Stadium #
    Kanker serviks stadium 3 ditandai dengan terbentuknya kanker dengan area mencakup serviks berikut dengan area pelvis hingga mendekati panggul. Invasi bisa mencapai area vagina bawah, ligamen panggul hingga rahim dan saluran kencing. Kanker juga mungkin menyerang kelenjar limfa dan memudahkan kanker untuk menyebar ke organ lain atau bermetastasis. Karena cairan limfa yang sudah terkontaminasi sel kanker sangat mudah menyebarkan kanker ke seluruh bagian tubuh.

    Tingkat kelangsungan hidup 5 tahun untuk kanker serviks stadium IIIA sekitar 35 persen. Untuk kanker stadium IIIB, tingkat kelangsungan hidup 5 tahun adalah sekitar 32 persen. Sedangkan kesembuhan kanker stadium 3 tergantung serangkaian pengobatan dan kondisi tubuh individu.

    Jenis-jenis kanker serviks stadium 3

    1. Kanker serviks stadium 3A: Persebaran kanker yang mencapai area pelvis dan vagina. Ukuran yang cukup kentara terlihat pada area serviks dan mengakar hingga menembus otot penyangga serviks.

    2. Kanker serviks stadium 3B: Invasi kanker pada stadium ini relatif serius, hingga menembus ligamen pelvis cukup dalam. Juga mungkin mulai menyentuh area saluran kencing dan rahim tengah. Kadang sel kanker membentuk massa yang menyumbat aliran air kencing.

    Gejala Kanker Serviks Stadium 3

    Mencapai stadium 3 bisa dikatakan pasien sudah berada pada fase yang sangat serius. Kemungkinan pasien selamat dari kematian juga relatif kecil, bahkan di bawah 60%. Serangan bisa mencapai ligamen (penyangga rahim) dan jaringan saraf pada area panggul dan pelvis. Ini kerap kali menyebabkan sumbatan pada area selangkangan dan perut. Beberapa pasien mulai mengeluhkan nyeri dalam pada perut bawah, kadang menjalar ke sisi kanan dan kiri perut. Pasien juga biasanya memiliki bentuk perut yang besar.

    Tekanan juga menyebabkan aliran darah menuju kaki tersumbat dan memicu pembengkakan serta rasa nyeri yang dalam. Pasien juga bisa mengalami kesulitan berjalan. Kadang massa kanker justru menutup jalan aliran kencing dan menyebabkan pasien kesulitan untuk buang air kecil. Ini juga akan memicu gangguan pada ginjal.
    Sedang pada kondisi yang lain perkembangan kanker bisa menyerang usus besar. Ini memicu masalah kesulitan BAB. Kanker pada usus bisa menjadi krusial karena usus memiliki peran pada fungsi seluruh tubuh.

    Langkah Pengobatan Kanker Serviks Stadium 3

    Terapi akan menyinergikan antara kemoterapi, radioterapi dan terapi radiasi jarak dekat. Komposisi yang tepat dari sinergi ketiga prosedur ini membantu melemahkan dan mematikan sel-sel kanker dengan optimal. Bila sel kanker lemah, kemampuan invasi dan efek inflamasi yang dihasilkan bisa berkurang.

    Pada beberapa kondisi, memang pasien kanker serviks stadium 3 lebih fokus pada pelemahan dan mengurangi agresivitas sel kanker untuk menginvasi dan merusak sel sehat. Untuk itu kadang terapi radiasi jarak dekat yang diberikan bukan lagi dengan metode Brachyterapy tetapi dengan kapsul radiasi yang dimasukan khusus pada area perkembangan kanker. Metode yang dikenal dengan sebutan internal implant radiation akan menyerang secara lokal dan langsung pada titik perkembangan kanker tanpa efek samping yang meluas.

    Pilihan lain adalah Loop Electrosurgical Excision Procedure atau LEEP. Prosedur dengan terapi listrik bertegangan khusus bekerja untuk melemahkan dan mematikan sel kanker. Biasa diberikan untuk kasus kanker serviks stadium 3A atau untuk penanganan pasca pembedahan atau pengangkatan jaringan.

    Karena pengangkatan jaringan selalu menjadi solusi yang siap ditawarkan. Pada stadium 3 pasien kanker serviks masih mungkin untuk melalui prosedur cyroterapi, terutama bila bentuk sel kanker lebih solid dan tidak melebar. Tetapi bila sel kanker melebar dengan persebaran yang lebih luas, pilihan histerektomi bisa jadi akan ditempuh. Histerektomi bisa jadi akan mengangkat area rahim, sejumlah bagian ureter dan uretra dan sebagian otot vagina. Ini membuat pasien juga harus membuat saluran kencing alternatif sebagai pengganti saluran kencing lama yang diangkat.

    Untuk memaksimalkan hasil terapi, pasien sangat disarankan merubah gaya hidup. Ini penting untuk kembali memaksimalkan peran sel-sel limfosit dalam tubuh. Pasien bisa membantu memerangi serangan kanker dengan kemampuan sel-sel limfosit dalam tubuh. Tubuh Anda membutuhkan asupan nutrisi yang lengkap. Vitamin C, vitamin E, vitamin D, magnesium, flavonoid dan komponen fitokimia lain. Ini akan menguatkan sel-sel limfosit dan membantunya lebih maksimal dalam melawan serangan kanker.

    Beberapa asupan buah, sayuran dan herbal bisa membantu Anda mencukupi kebutuhan nutrisi tersebut. Dan salah satu jenis herbal yang baik untuk anti kanker adalah Sarang Semut Papua.
    Ingatlah bahwa vonis kanker bukanlah akhir segalanya, justru itu adalah awal dari perjuangan Anda mengalahkan kanker. Langkah pertama yang perlu dilakukan sekarang adalah berusaha meyakinkan diri untuk tidak menyerah. Kemudian lakukan langkah selanjutnya dengan mencari pengobatan yang paling cocok dengan keadaan Anda.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - September 15, 2018
    Diskusi Dari:
    Vita Ratnasari

    Halo bu bidan, nama saya Alena. Katanya kalau berhubungan intim ketika kita sedang masa subur itu bisa lebih cepat untuk mendatangkan kehamilan. Karena saya sedang menunda kehamilan dan melakukan hubungan intim saat sedang tidak subur bisa terjadi kehamilan atau tidak ya ? Terima kasih sebelumnya.

    Dijawab Oleh : Vita Ratnasari
    Diskusi Dari:
    Alfiyah

    Selamat siang bu bidan saya mau bertanya. Apakah penggunaan Kb itu aman untuk wanita yang baru menikah? Soalnya saya sering mendengar jika wanita yang baru menikah sebaiknya tidak menggunakamn KB karena dapat membuat rahim kering dan sulit hamil nantinya. Apakah itu benar mohon penjelasannya

    Dijawab Oleh : Alfiyah
    Diskusi Dari:
    septiihandayani

    Selamat pagi saya Jalil umur 25 tahun saya mau konsultasi setiap pagi tenggorokan saya terasa tidak enak bahkan serasa mau muntah-muntah hal tersebut sudah berlangsung selama 4 tahun. Dulunya setiap pagi saya mengalami batuk namun tidak berdahak beberapa tahun kemudian batuknya hilang namun rasa tidak enak di tenggorokan juga rasa ingin muntah malah semakin menjadi-jadi mohon pencerahannya dok trims

    Dijawab Oleh : septiihandayani
    Diskusi Dari:
    Muhammad Hanif Maulana

    Selamat sore bu bidan, saat ini saya sedang mengandung usia 8 bulan, dan setelah melakukan USG ternyata bayi saya mempunyai berat badan yang tergolong bayi besar. Kata dokter, saya lebih baik melakukan episiotomi. Tetapi saya ragu dan takut akan rasa sakitnya, dan apakah episiotomi itu amak dilakukan? Mohon penjelasannya, terimakasih

    Dijawab Oleh : Muhammad Hanif Maulana
    Diskusi Dari:
    Sahputri Ramadhani

    Saya mau menanyakan tentang cara menghitung kehamilan wanita yang memiliki haid tidak teratur. bUlan lalu saya masih haid dan terakhir nya pada tanggal 29 Agustus. Pada minggu ke 2 setelah terakhir menstrulasi, tepatnya apda tanggal 18 Oktober saya merasakan mual mual dan saya cek ternyata positif hamil. Sebelumnya saya sering kali memiliki masalah dengan mestrulasi yakni waktu yang tidak teratur yang bahkan bisa saja telat hingga 3 bulan lamanya. Yang mau saya tanyakan, bagai mana cara menghitung kehamilan pada orang yang memiliki masalah dengan haid yang tak lancar ini, apakah bisa dihitung sama dengan orang yang memiliki siklus haid yang normal?

    Dijawab Oleh : Sahputri Ramadhani