×

Hubungan Antara Senam Lansia dengan Terpenuhinya Aktivitas Sekual pada Lansia

Bagikan Artikel :


Proses penuaan adalah suatu proses alamiah yang pasti akan dialami oleh setiap orang. Sejalan dengan peningkatan usia harapan hidup, semakin kompleks pula masalah kesehatan yang dihadapi. Secara alamiah, sel-sel tubuh mengalami penurunan dalam fungsinya akibat proses penuaan.

Penurunan fungsi sel juga terjadi pada penyakit degeneratif. Penyakit degeneratif adalah jenis penyakit tidak menular yang muncul akibat proses kemunduran fungsi sel tubuh, yaitu dari keadaan normal menjadi lebih buruk. Proses menjadi tua berlangsung secara alamiah, terus-menerus dan berkesinambungan, yang selanjutnya akan menyebabkan perubahan anatomis, fisiologis dan biokemis pada jaringan tubuh dan akhirnya akan mempengaruhi fungsi dan kemampuan badan secara keseluruhan termasuk hubungan seksual.

Lanjut usia (lansia) adalah seseorang yang berumur > 60 tahun ke atas. Kondisi kebugaran pada lansia adalah salah satu indikator yang dapat digunakan untuk menentukan tingkat kesehatan. Senam lansia merupakan salah satu olah raga yang dapat dilakukan secara rutin agar kebugaran lansia semakin meningkat. Selain itu, hubungan seksual juga bisa terpenuhi tanpa adanya kendala dari penurunan kesehatan.

Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa hubungan seksual sudah tidak diperlukan lagi ketika seseorang memasuki usia tua. Tapi ternyata, hubungan seksual justru memberikan manfaat yang baik jika dilakukan oleh pasang lanjut usia, walaupun memang frekuensi hubungan seksualnya sudah tidak sesering ketika pasangan tersebut masih muda.

Pengaruh Senam Lansia Terhadap Aktivitas Seksual

Olah raga terbukti memperbaiki kualitas hidup pada lansia. Dengan berolah raga,diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Salah satu jenis olah raga yang bisa dilakukan pada lansia adalah senam lansia. Senam lansia merupakan bentuk peran serta masyarakat lansia dalam upaya bidang kesehatan untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal serta kondisi menua yang sehat dan mandiri. Dengan kondisi yang sehat ini, aktivitas seksual pada masa lansia bisa terpenuhi sesuai dengan derajat kesehatan yang baik.

Latihan fisik senam lansia sebagai upaya melindungi dan menjaga dalam kesehatan lansia, yang mempunyai pengaruh besar terhadap status fungsional lansia dalam melakukan kehidupan sehari-hari terutama kebutuhan seksual. Kehidupan pada lansia akan tetap mampu melaksanakan aktivitas seksual tanpa hambatan jika ditunjang latihan fisik atau olah raga yang teratur.

Manfaat-manfaat Senam Lansia

1) Memperlancar proses degenerasi karena perubahan usia

2) Mempermudah untuk menyesuaikan kesehatan jasmani dalam kehidupan (adaptasi)

3) Fungsi melindungi, yaitu memperbaiki tenaga cadangan dalam fungsinya terhadap bertambahnya tuntutan, misalnya sakit.

4) Mempengaruhi kesehatan fisiologis yang dapat menambah kemampuan partisipasi dalam aktivitas sehari-hari, contoh kesehatan jantung, paru, peredaran darah, kekuatan otot dan kelenturan sendi.

5) Terjaganya kesehatan organ-organ tubuh maka aktivitas seksual tidak akan mengalami
hambatan pada masa lansia.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 19, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Mengenai Masalah Gangguan Kesehetan Baby Blues

  • Oleh : Tivaa Rachmawati Putri
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Siang bu bidan, saya sedang hamil muda anak pertama bu bidan. Katanya ada salah satu gangguan mental yang bisa terjadi pada ibu hamil muda yang dinamakan dengan “Baby Blues”. yang ingi saya tanyakan apa sih itu baby blues? benarkah sering menyerang ibu hamil muda? jika benar bagaimana cara saya untuk menghindarinya? lalu seperti apa gejala baby blues tersebut? saya khawatir bu, mohon untuk dijawab bu bidan. Terimakasih

  • Oleh : Tivaa Rachmawati Putri
  • Ambeyen

  • Oleh : Santi Meilani
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Dok saya sudah menikah 3tahun saya pernah keguguran dok 2kali pas waktu itu saya pernah di test via test terus pas di periksa kata bu bidan di miss v saya kaya ada yang keluar kayak ambeyen gitu gmana cara mengatasinya nya dok biar bisa ke dalam lagi biar bisa normal lagi

    reproduksi

  • Oleh : fahmi firmansyah
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum wr wb. Maaf mau tanya penis saya bengkok apakah itu normal apa ada kelainan , mohon penjelasannya trimakasihh. Wassalamu,alaikum wr wb

    Mencret dan perut kembung

  • Oleh : Ratu
  • 1 tahun, 12 bulan yang lalu

    Selamat malam bu bidan,
    Bu saya mempunyai balita perempuan dan sekarang ini sudah berumur 6 bulan. Sudah 4 hari ini BAB bayi saya hanya mengeluarkan air dan 2jam sekali bayi saya BAB bu, perutnya juga kembung dan saya raba perut bayi saya hangat bu,, mohon petunjuknya bu, apa yg harus saya lakukan bu, sudah 4 hai ini bayi saya opname di RSU SEMBIRING DELITUA MEDAN BU.

    Tips cara menjemur bayi yang benar

  • Oleh : reinaldo9976
  • 3 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya destian saya saat ini mempunyai bayi yang berumur 1 bulan setengah, katanya sinar matahari memiliki manfaat yang baik ya bagi bayi. Namun ada juga yang mengatakan saat bayi di jemur jangan langsung terkena sinar matahari. Yang sanya mau tanyakan bagaimana cara menjemur bayi yang benar ya mohon jawabannya

    Tanya Bidan