×

Hubungan Antara Senam Lansia dengan Terpenuhinya Aktivitas Sekual pada Lansia

Bagikan Artikel :


Proses penuaan adalah suatu proses alamiah yang pasti akan dialami oleh setiap orang. Sejalan dengan peningkatan usia harapan hidup, semakin kompleks pula masalah kesehatan yang dihadapi. Secara alamiah, sel-sel tubuh mengalami penurunan dalam fungsinya akibat proses penuaan.

Penurunan fungsi sel juga terjadi pada penyakit degeneratif. Penyakit degeneratif adalah jenis penyakit tidak menular yang muncul akibat proses kemunduran fungsi sel tubuh, yaitu dari keadaan normal menjadi lebih buruk. Proses menjadi tua berlangsung secara alamiah, terus-menerus dan berkesinambungan, yang selanjutnya akan menyebabkan perubahan anatomis, fisiologis dan biokemis pada jaringan tubuh dan akhirnya akan mempengaruhi fungsi dan kemampuan badan secara keseluruhan termasuk hubungan seksual.

Lanjut usia (lansia) adalah seseorang yang berumur > 60 tahun ke atas. Kondisi kebugaran pada lansia adalah salah satu indikator yang dapat digunakan untuk menentukan tingkat kesehatan. Senam lansia merupakan salah satu olah raga yang dapat dilakukan secara rutin agar kebugaran lansia semakin meningkat. Selain itu, hubungan seksual juga bisa terpenuhi tanpa adanya kendala dari penurunan kesehatan.

Sebagian besar masyarakat menganggap bahwa hubungan seksual sudah tidak diperlukan lagi ketika seseorang memasuki usia tua. Tapi ternyata, hubungan seksual justru memberikan manfaat yang baik jika dilakukan oleh pasang lanjut usia, walaupun memang frekuensi hubungan seksualnya sudah tidak sesering ketika pasangan tersebut masih muda.

Pengaruh Senam Lansia Terhadap Aktivitas Seksual

Olah raga terbukti memperbaiki kualitas hidup pada lansia. Dengan berolah raga,diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Salah satu jenis olah raga yang bisa dilakukan pada lansia adalah senam lansia. Senam lansia merupakan bentuk peran serta masyarakat lansia dalam upaya bidang kesehatan untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal serta kondisi menua yang sehat dan mandiri. Dengan kondisi yang sehat ini, aktivitas seksual pada masa lansia bisa terpenuhi sesuai dengan derajat kesehatan yang baik.

Latihan fisik senam lansia sebagai upaya melindungi dan menjaga dalam kesehatan lansia, yang mempunyai pengaruh besar terhadap status fungsional lansia dalam melakukan kehidupan sehari-hari terutama kebutuhan seksual. Kehidupan pada lansia akan tetap mampu melaksanakan aktivitas seksual tanpa hambatan jika ditunjang latihan fisik atau olah raga yang teratur.

Manfaat-manfaat Senam Lansia

1) Memperlancar proses degenerasi karena perubahan usia

2) Mempermudah untuk menyesuaikan kesehatan jasmani dalam kehidupan (adaptasi)

3) Fungsi melindungi, yaitu memperbaiki tenaga cadangan dalam fungsinya terhadap bertambahnya tuntutan, misalnya sakit.

4) Mempengaruhi kesehatan fisiologis yang dapat menambah kemampuan partisipasi dalam aktivitas sehari-hari, contoh kesehatan jantung, paru, peredaran darah, kekuatan otot dan kelenturan sendi.

5) Terjaganya kesehatan organ-organ tubuh maka aktivitas seksual tidak akan mengalami
hambatan pada masa lansia.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 19, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Alasan Kenapa Berat Badan Turun Saat Hamil

  • Oleh : Winda
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat siang,
    Saat ini istri saya tengah mengandung dan sering sekali mengalami mual dan muntah. Selain itu, saya lihat berat badannya malah sedikit menurun. Apa ini berbahaya? dan apa yang menjadi penyebab turunnya berat badan istri saya, apa mungkin ada hubungannya dengan gejala mual muntah yang dialami oleh istri saya?

    Apakah kehamilan saya normal?

  • Oleh : Ribka Veronika Tatengkeng
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat pagi Bu Bidan,

    Saya aneu, 25 tahun. Saat ini saya sedang hamil usia kandungan 2 bulan, tapi tidak ada tanda-tanda seperti payudara sakit dan membengkak, mual-mual di pagi hari seperti contoh tanda kehamilan umumnya. Apakah kehamilan saya normal?

    Rahang Sakit

  • Oleh : Riza
  • 6 bulan, 1 minggu yang lalu

    Dok saya mau bertanya, kenapa ya ko rahang saya terasa sangat sakit sekali ketika membuka mulut atau menguap? Hal ini sudah saya rasakan lumayan cukup lama

    hamil tapi masih perawan

  • Oleh : NIATMAWATI MENDROFA
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    maaf mau tanya..saya dan suami nikah sudah 7 bulan…dan saya alhamdulillah sudah hamil 5 bulan…masalahnya hymen saya masih utuh (intact) sampai sekarang,dokter menyarankan untuk operasi pembukaan hymen tapi saya takut…apakah apabila tidak dioperasi, hymen saya bisa sobek dengan sendirinya ataukah malah akan menutupi/mengganggu proses kelahiran anak saya nanti?

    Cara mengatasi PMS

  • Oleh : Nelly Tampubolon
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, kenapa yah setiap menjelang menstruasi saya jadi mudah marah dan lebih sensitif? bagaimana sih cara mengatasi PMS itu bu bidan? Terimakasih:)

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan