×

Jenis Buah-buahan Yang Baik Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Bidan Online ~ Pada saat hamil biasanya para bunda lebih berhati-hati dan lebih selektif dalam memilih makanan. Demi Kesehatan bayi yang dikandung dan tumbuh kembangnya, seorang ibu hamil memang tidak bisa sembarangan mengkonsumsi semua jenis makanan dan minuman.

Related Posts :

    Makanan sehat untuk ibu hamil haruslah kaya akan gizi dan nutrisi seperti bayam, brokoli, yogurt, paprika merah, telur, kacang-kacangan, dan oatmel sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Tapi bagaimana jika bunda mudah eneug atau mual dengan jenis makanan tertentu? Yapss jawabannya ialah dengan mengkonsumsi Buah.

    Tapi ingat yah bunda, buah-buahan yang dikonsumsi selama masa kehamilan pun tidak sembarangan. Dan jika bunda belum tahu buah apa saja yang baik dikonsumsi untuk kesehatan ibu hamil, simak selengkapnya dibawah ini…

    1. Alpukat
    Buah yang merupakan salah satu jenis buah yang kaya asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil. kandungan yang ada dalam buah alpukat sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak janis dan tulang belakang janin. Buah alpukat juga bisa mengurangi rasa mual dan muntah pada kehamilan periode pertama.

    2. Mangga
    Buah segar dan manis yang mengandung vitamin A dan C yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil.

    3. Anggur
    Banyak mitos yang beredar bahwa ibu hamil tidak boleh makan anggur. Faktanya buah anggur kaya akan vitamin A yang bisa menstabilkan laju metabolisme tubuh. Dan mengandung folat, kalium, fosfor, magnesium dan sodium yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Anggur ini sangat berguna bagi ibu hamil karena kaya anti oksida yang bisa mencegah kanker.

    4. Jeruk lemon
    Jika bunda sedang hamil dan sering mual-mual, muntah atau mengalami morning sick? solusinya ialahndengan minum segelas air yang dicampur dengan perasan jeruk lemon. Buah lemon kaya anti oksidan yang baik untuk tumbuh kembang bayi dalam kandungan.

    5. Pisang
    Masalah yang sering dialami oleh ibu hamil ialah konstipasi. tapi bunda jangan khawatir, malasah tersebut bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah pisang saat hamil.

    6. Buah berry
    Buah berry seperti strawberry, blueberry dan jenis berry lainnya juga baik dikonsumsi untuk kesehatan ibu hamil. Fungsi buah berry bagi ibu hamil ialah melancarkan pencernaan, membantu kulit bayi sehat dan putih, merangsang nafsu makan, membakar lemak makanan dalam tubuh, mencegah cacat prematur pada bayi dan janin.

    7. Jeruk manis
    Buah yang satu ini memang termasuk buah favorit para ibu hamil. Selain rasanya yang manis-manis asam, buah jeruk ini kaya akan vitamin dan nutrisi dan bisa membantu meredakkan mual.

    8. Apel
    Buah apel juga termasuk buah yang baik dikonsumsi untuk kesehatan ibu hamil karena kaya akan vitamin yang baik untuk kesehatan. Buah apel bermanfaat untuk ibu hamil untuk mengatasi sembelit atau diare dan baik untuk perkembangan janin. Dengan mengkonsumsi buah apel setiap hari bisa menjaga berat badan tetap idela bagi ibu hamil.

    9. Leci
    Buah leci yang manis dan segar baik dikonsumsi tapi tidak terlalu berlebihan dan cukup aman untuk ibu hamil.

    10. Melon
    dan yang terkahir melon, buah yang berair dengan rasa manis dan segar yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Memiliki sumber nutrisi dan vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan bunda selama masa kehamilan. Melon ini bermanfaat bagi ibu hamil untuk Mengatasi rasa mual yang berlebihan, mencegah dehidrasi, mengatasi sembelit, dan menormalkan tekanan darah.

    Nah bunda itulah buah-buahan yang baik dikonsumsi untuk kesahatan ibu hamil. Tetaplah untuk berhati-hati ya bunda. Konsumsilah buah-buahan tersebut seceukupnya dan jangan terlalu berlebihan. Semoga Bermanfaat :))

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 30, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Alex Alex
  • 2 tahun yang lalu

    Dok kmrn saya main dan saya keluar di dalam. Bagai mana cara mengatasinya agar tidak hamil

    Kehamilan

  • Oleh : Laurencia
  • 5 bulan, 2 minggu yang lalu

    malam saya ingin bertanya apakah pada saat pertama kali berhubungan intim tetapi keluar diluar dan mr.p tidak seluruhnya masuk akan tetap memiliki resiko kehamilan ? dan apakah sperma yang menempel pada mulut vagina juga bisa masuk sendiri kedalam vagina ? lalu apakah resiko hamil cukup besar ? Terimakasih

  • Oleh : Laurencia
  • Tentang telat menstruasi

  • Oleh : Syntia Intan
  • 2 bulan, 3 minggu yang lalu

    Selamat malam Bu bidan, maaf saya mau brtnya saya kn shrusnya menstruasi tgl 20. Dan otomatis saya udh telat 8 hari. Hari ini saya sempat berhubungan intim dngn suami ttpi ps berhubungan vagina saya kluar bercak darah dn stelah itu perut saya lngsung kram bgian bwh. Ga lm bbrp jam kemudian saya pipis tp kluar aliran darah seperti darah menstruasi itu knpa ya dok. Saya kira saya telat haid saya akan hamil tapi stelah berhubungan mlh sya menstruasi.. tolong kenapa ya dok🙏

  • Oleh : Syntia Intan
  • Seputar payudarah

  • Oleh : Risma Syifa
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum. Malam bu bidan, saya mau tanya sempat beberapa kali puting saya mengeluarkan bercah putih sehabis mandi tapi alhamdulillah sudah lama tidak. Tapi kalo sama melakukan sadari alhamdulillah tidak ada keluar cairan seperti yang bu bidan katakan diyoutube. Itu kenapa ya bu?

    Anak usia 2 tahun tidak mau makan sayur

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 5 tahun, 4 bulan yang lalu

    selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya. Saya mempunyai anak usia dua tahun kurang saat ini memang sedang aktif-aktifnya kesana kemari. Namun anak saya itu tidak mau makan sayur, setiap hari anak saya selalu makan dengan daging. Apakah jika anak saya tidak mau makan sayur akan berdampak pada perkembangan juga kesehatannya? dan bagaimana cara agar anak saya mau makan sayur? Mohon jawabannya Terimakasih

    Tanya Bidan