×

Jenis Buah-buahan Yang Baik Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Bagikan Artikel :

Bidan Online ~ Pada saat hamil biasanya para bunda lebih berhati-hati dan lebih selektif dalam memilih makanan. Demi Kesehatan bayi yang dikandung dan tumbuh kembangnya, seorang ibu hamil memang tidak bisa sembarangan mengkonsumsi semua jenis makanan dan minuman.

Makanan sehat untuk ibu hamil haruslah kaya akan gizi dan nutrisi seperti bayam, brokoli, yogurt, paprika merah, telur, kacang-kacangan, dan oatmel sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Tapi bagaimana jika bunda mudah eneug atau mual dengan jenis makanan tertentu? Yapss jawabannya ialah dengan mengkonsumsi Buah.

Tapi ingat yah bunda, buah-buahan yang dikonsumsi selama masa kehamilan pun tidak sembarangan. Dan jika bunda belum tahu buah apa saja yang baik dikonsumsi untuk kesehatan ibu hamil, simak selengkapnya dibawah ini…

Related Posts :

    1. Alpukat
    Buah yang merupakan salah satu jenis buah yang kaya asam folat yang dibutuhkan oleh ibu hamil. kandungan yang ada dalam buah alpukat sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak janis dan tulang belakang janin. Buah alpukat juga bisa mengurangi rasa mual dan muntah pada kehamilan periode pertama.

    2. Mangga
    Buah segar dan manis yang mengandung vitamin A dan C yang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil.

    3. Anggur
    Banyak mitos yang beredar bahwa ibu hamil tidak boleh makan anggur. Faktanya buah anggur kaya akan vitamin A yang bisa menstabilkan laju metabolisme tubuh. Dan mengandung folat, kalium, fosfor, magnesium dan sodium yang baik untuk kesehatan ibu hamil. Anggur ini sangat berguna bagi ibu hamil karena kaya anti oksida yang bisa mencegah kanker.

    4. Jeruk lemon
    Jika bunda sedang hamil dan sering mual-mual, muntah atau mengalami morning sick? solusinya ialahndengan minum segelas air yang dicampur dengan perasan jeruk lemon. Buah lemon kaya anti oksidan yang baik untuk tumbuh kembang bayi dalam kandungan.

    5. Pisang
    Masalah yang sering dialami oleh ibu hamil ialah konstipasi. tapi bunda jangan khawatir, malasah tersebut bisa diatasi dengan mengkonsumsi buah pisang saat hamil.

    6. Buah berry
    Buah berry seperti strawberry, blueberry dan jenis berry lainnya juga baik dikonsumsi untuk kesehatan ibu hamil. Fungsi buah berry bagi ibu hamil ialah melancarkan pencernaan, membantu kulit bayi sehat dan putih, merangsang nafsu makan, membakar lemak makanan dalam tubuh, mencegah cacat prematur pada bayi dan janin.

    7. Jeruk manis
    Buah yang satu ini memang termasuk buah favorit para ibu hamil. Selain rasanya yang manis-manis asam, buah jeruk ini kaya akan vitamin dan nutrisi dan bisa membantu meredakkan mual.

    8. Apel
    Buah apel juga termasuk buah yang baik dikonsumsi untuk kesehatan ibu hamil karena kaya akan vitamin yang baik untuk kesehatan. Buah apel bermanfaat untuk ibu hamil untuk mengatasi sembelit atau diare dan baik untuk perkembangan janin. Dengan mengkonsumsi buah apel setiap hari bisa menjaga berat badan tetap idela bagi ibu hamil.

    9. Leci
    Buah leci yang manis dan segar baik dikonsumsi tapi tidak terlalu berlebihan dan cukup aman untuk ibu hamil.

    10. Melon
    dan yang terkahir melon, buah yang berair dengan rasa manis dan segar yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Memiliki sumber nutrisi dan vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan bunda selama masa kehamilan. Melon ini bermanfaat bagi ibu hamil untuk Mengatasi rasa mual yang berlebihan, mencegah dehidrasi, mengatasi sembelit, dan menormalkan tekanan darah.

    Nah bunda itulah buah-buahan yang baik dikonsumsi untuk kesahatan ibu hamil. Tetaplah untuk berhati-hati ya bunda. Konsumsilah buah-buahan tersebut seceukupnya dan jangan terlalu berlebihan. Semoga Bermanfaat :))

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 30, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Menstruasi

  • Oleh : Pebri Dianti
  • 10 bulan, 2 minggu yang lalu

    Dok saya mau nanya, dari awal pertama saya haid mengapa volume darah yg keluar itu sedikit kadang bercak bercak saja dan masa haid nya cuman berlangsung 3 hari itu sudah bersih. Itu bagaimana dok apakah memang sel darah saya yg sedikit atau apa dok? Berbahaya atau tidak?Terimakasih.

    Hamil Dengan Haid Yang Tak Normal

  • Oleh : Sahputri Ramadhani
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Saya mau menanyakan tentang cara menghitung kehamilan wanita yang memiliki haid tidak teratur. bUlan lalu saya masih haid dan terakhir nya pada tanggal 29 Agustus. Pada minggu ke 2 setelah terakhir menstrulasi, tepatnya apda tanggal 18 Oktober saya merasakan mual mual dan saya cek ternyata positif hamil. Sebelumnya saya sering kali memiliki masalah dengan mestrulasi yakni waktu yang tidak teratur yang bahkan bisa saja telat hingga 3 bulan lamanya. Yang mau saya tanyakan, bagai mana cara menghitung kehamilan pada orang yang memiliki masalah dengan haid yang tak lancar ini, apakah bisa dihitung sama dengan orang yang memiliki siklus haid yang normal?

    Jerawat di vagina

  • Oleh : Agustina Effendi
  • 5 bulan, 1 minggu yang lalu

    Selamat malam dok. Mau bertanya, kmrn di vagina saya daerah tumbuhnya rambut ada satu jerawat, jerawat ini muncul beberapa hari setelah saya mencukur bulu, dan berbarengan jg dgn kemunculan jerawat di wajah.
    Jerawat yg di vagina td seperti pecah dan mengeluarkan darah. Kira2 berbahaya atau tidak ya?

    Frekuensi BAB Pada Bayi

  • Oleh : juwita
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Siang Bu Bidan, saya mau tanya, pada bayi usia 7 bulan berapa kali frekuensi BAB yang normal ?

    Apa efek samping vitamin E dan susu pra kehamilan

  • Oleh : dawnagagnon511
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita usia 25 tahun dan suami saya usia 26 tahun. Sudah 6 bulan kami menikah dan saat ini sedang melakukan program kehamilan. Saat ini saya mengkonsumsi susu pra kehamilan dan natur E, apakah keduanya dapat membantu mempercepat kehamilan dan apakah ada efek sampingnya?? mohon jawbannya

    Tanya Bidan