×

Jenis Olahraga Yang Baik Untuk Meningkatkan Kesuburan

Bagikan Artikel :

Jenis Olahraga Yang Baik Untuk Meningkatkan KesuburanBidan Online,- Tentunya banyak manfaat yang didapatkan dari melakukan olahraga secara rutin mulai dari tubuh menjadi lebih segar, sehat, hingga membuat kulit terlihat lebih kencang dan cantik. Tidak hanya itu ternyata olahraga juga sangat berpengaruh pada kesuburan. Ya bahkan para ahli menyebutkan jika olahraga yang dilakukan secara rutin minimal dua bulan sebelum konsepsi maka akan meningkatkan metabolisme tubuh dan menjadi solusi yang ampuh untuk anda yang ingin mendapatkan momongan.

Tidak hanya hubungan suami istri saja yang menjadi faktor penentu yang harus anda perhatikan. Kesehatan tubuh dengan metabolisme tubuh yang dijaga pun ikut andil dalam memperlebar kesempatan anda mempunyai momongan. Bisa dikatakan jika olahraga menjadi faktor pendukung terjadinya kehamilan. Olahraga yang dilakukan secara rutin akan membuat tubuh siap beradaptasi dengan kehamilan, juga mmengurangi resiko keguguran, juga masalah saat persalinan.

Dan berikut ini beberapa jenis olahraga sebbagai pendukung kesuburan. Tentunya jenis olahraga ini dapat anda lakukan bareng suami agar sama-sama dapat mendapatkan manfaatnya.

Aerobik
Aerobik merupakan salah satu jenis olahraga dengan tingkat intensitas sedang. kegiatan fisik ini memang sangat di sukai kaum wanita dengan gerakan yang
cukup mudah namun manfaatnya dapat membakar lemak juga gula di dalam tubuh. Jenis olahraga aerobik ini bisa mulai anda lakukan secara rutin dan teratur. Anda dapat melakukan jalan santai, joging, bersepeda, ataupun berenang. Untuk menbcegah rasa bosan anda dapat mengkombinasikan olahraga tersebut.

Strengthening
Strengthening merupakan olahraga yang bertujuan untuk memperkuat otot. Jenis olahraga satu ini merupakan olahraga yang sangat cocok untuk pasangan suami istri dalam masa prakonsepsi. Strengthening memiliki manfaat untuk menguatkan otot perut, punggung atas, punggung bawah, tungkai atas, juga tungkai bawah. Untuk anda pasangan yang sedang program hamil di anjurkan untuk melakukan Strengthening secara rutin 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Jenis gerakan Strengthening yang bisa anda pilih yang pertama adalah sit up yang dapat memperkuat otot perut hingga menghilangkan lemak di bagian perut. Yang kedua yaitu senam kegel, senam kegel ini menajiadi olahraga yang dapat di lakukan oleh pria dan wanita. Manfaatnya sangat banyak untuk wanita dapat memperkuat otot vagina, membuat orgasme lebih optimal karena otot uterus dan rektum lebih kuat. Sedangkan untuk pria senam kegel ini dapat memperkuat otot penis, meningkatkan pengontrolan dan mengatasi ejakulasi dini.

Flexibility
Flexibility atau kelenturan ini dapat melatih otot tubub lebih rileks. Olahraga Flexibility misalnya yoga ini dapat dilakukan sebagai olahraga selingan aerobik. Selain dapat mengurangi resiko cedera juga berpengaruh pada kesuburan. Selain itu yoga yang dilakukan secara rutin dapat membuat pikiran anda lebih rileks dan dapat mengatasi stres salah satu penyebab sulit mendapatkan keturunan. Anda dapat mencoba gerakan yoga yang berpusat pada area panggul, pinggang, tulang belakang, juga perut. Gearakan yoga pada area tersebut dipercaya bermanfaat meningkatkan aliran darah pada organ reproduksi juga mengontrol keseimbangan hormon dan mencegah stres.

Tentunya beberapa hal ini wajib anda perhatikan sebelum memilih salah satu jenis olahraga diatas. Konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan olahraga. Buat jadwal olahraga setiap hari agar menjadi kebiasaan yang harus di lakukan. Lakukan olahraga secara santai jangan terburu-buru dan kurangi intensitas olahraga jika mengalami kram ataupun lelah Jangan terlalu memaksakan jika terasa nyeri sebaiknya berhenti.

Khusus untuk calon ayah hindari melakukan olahraga berlebih karena dapat berpengaruh pada kualitas dan kuantitas sperma. HIndari penggunaan hormon steroid jika ingin dalam program hamil. Tidak hanya itu untuk anda yang hobi bersepeda sebaiknya kurangi intensitasnya karena terlalu lama bersepeda akan mengakibatkan penekanan terlalu lama pada kelamin yang berpengaruh pada ereksi.

Baca juga:

Gejala Infertilitas Pada Wanita

Masalah Menstruasi Yang Mengganggu Kesuburan

Tips Tepat Merawat Vagina Untuk Menghindari Infertilitas

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 29, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Saki Kaki Dan Tangan

  • Oleh : Mohammad ikhsan
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Saya mau bertanya, kok akhir akhir ini saya sering sekali merasakan sakit pada bagian kaki dan tangan saya ya dok? Rasanya itu cenat cenut, muncul tiba tiba dan bahkan hilang secar tiba tiba. Ini sakit apa ya dok? Terus bagian mana agar ini tidak terjadi terus menerus?

    Tanda2keperawanan

  • Oleh : Abdul Ghofar
  • 1 bulan, 2 minggu yang lalu

    Buk dokter saya mau tanyak
    ketika puting buah dada seseorang menonjol besar dan pinggang agak membesar pula apakah itu tanda seseorang yg sudah pernah melakukan hubungan intim

    Letak janin

  • Oleh : Aprilia Indrawati
  • 1 bulan, 2 minggu yang lalu

    Selamat siang.. Maaf mau tanya,saya hamil 18 week,terus di bagian kolom letak janin,di isi TEGANG,itu maksudnya gmna yah ..

  • Oleh : Aprilia Indrawati
  • Keputihan Yang Tak Normal

  • Oleh : Muhammad Hanif Maulana
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Siang dok, saya baru saja menikah 1 minggu lalu. Sebelum menikah, memang saya memiliki masalah dengan seputar kesehatan keputihan yang sedikit berwarna hijau dengan jumlah yang memang cukup lumayan banyak. Namun, setelah saya menikah, sering kali saya merasakan rasa gatal setelah melakukan hubungan intim, dan bahkan pada pertama kalinya berhubungan keputihan ini semakin banyak dan bahkan membuat saya risih dan takut suami berpaling. Saya mau bertanya, apaklah hal ini merupakan salah satu hal yang normal pada awal berhubungan seks atau bahkan ini berbahaya? Terus bagai mana cara mengatasi masalah kesehatan yang satu ini agar keputihan hilang dari bagian vagina ini.

  • Oleh : Muhammad Hanif Maulana
  • Bayi Berkeringat Saat Udara Dingin

  • Oleh : erin dianawati
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Halo Bu Bidan,
    Saya ingin bertanya, anak saya usia 8 bulan ketika tidur malam hari sering berkeringat padahal udaranya dingin. Apa ada masalah dengan anak saya saya ? Terimakasih sebelumnya

    Tanya Bidan