×

Jenis Olahraga Yang Baik Untuk Meningkatkan Kesuburan

Bagikan Artikel :

Jenis Olahraga Yang Baik Untuk Meningkatkan KesuburanBidan Online,- Tentunya banyak manfaat yang didapatkan dari melakukan olahraga secara rutin mulai dari tubuh menjadi lebih segar, sehat, hingga membuat kulit terlihat lebih kencang dan cantik. Tidak hanya itu ternyata olahraga juga sangat berpengaruh pada kesuburan. Ya bahkan para ahli menyebutkan jika olahraga yang dilakukan secara rutin minimal dua bulan sebelum konsepsi maka akan meningkatkan metabolisme tubuh dan menjadi solusi yang ampuh untuk anda yang ingin mendapatkan momongan.

Tidak hanya hubungan suami istri saja yang menjadi faktor penentu yang harus anda perhatikan. Kesehatan tubuh dengan metabolisme tubuh yang dijaga pun ikut andil dalam memperlebar kesempatan anda mempunyai momongan. Bisa dikatakan jika olahraga menjadi faktor pendukung terjadinya kehamilan. Olahraga yang dilakukan secara rutin akan membuat tubuh siap beradaptasi dengan kehamilan, juga mmengurangi resiko keguguran, juga masalah saat persalinan.

Dan berikut ini beberapa jenis olahraga sebbagai pendukung kesuburan. Tentunya jenis olahraga ini dapat anda lakukan bareng suami agar sama-sama dapat mendapatkan manfaatnya.

Aerobik
Aerobik merupakan salah satu jenis olahraga dengan tingkat intensitas sedang. kegiatan fisik ini memang sangat di sukai kaum wanita dengan gerakan yang
cukup mudah namun manfaatnya dapat membakar lemak juga gula di dalam tubuh. Jenis olahraga aerobik ini bisa mulai anda lakukan secara rutin dan teratur. Anda dapat melakukan jalan santai, joging, bersepeda, ataupun berenang. Untuk menbcegah rasa bosan anda dapat mengkombinasikan olahraga tersebut.

Strengthening
Strengthening merupakan olahraga yang bertujuan untuk memperkuat otot. Jenis olahraga satu ini merupakan olahraga yang sangat cocok untuk pasangan suami istri dalam masa prakonsepsi. Strengthening memiliki manfaat untuk menguatkan otot perut, punggung atas, punggung bawah, tungkai atas, juga tungkai bawah. Untuk anda pasangan yang sedang program hamil di anjurkan untuk melakukan Strengthening secara rutin 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Jenis gerakan Strengthening yang bisa anda pilih yang pertama adalah sit up yang dapat memperkuat otot perut hingga menghilangkan lemak di bagian perut. Yang kedua yaitu senam kegel, senam kegel ini menajiadi olahraga yang dapat di lakukan oleh pria dan wanita. Manfaatnya sangat banyak untuk wanita dapat memperkuat otot vagina, membuat orgasme lebih optimal karena otot uterus dan rektum lebih kuat. Sedangkan untuk pria senam kegel ini dapat memperkuat otot penis, meningkatkan pengontrolan dan mengatasi ejakulasi dini.

Flexibility
Flexibility atau kelenturan ini dapat melatih otot tubub lebih rileks. Olahraga Flexibility misalnya yoga ini dapat dilakukan sebagai olahraga selingan aerobik. Selain dapat mengurangi resiko cedera juga berpengaruh pada kesuburan. Selain itu yoga yang dilakukan secara rutin dapat membuat pikiran anda lebih rileks dan dapat mengatasi stres salah satu penyebab sulit mendapatkan keturunan. Anda dapat mencoba gerakan yoga yang berpusat pada area panggul, pinggang, tulang belakang, juga perut. Gearakan yoga pada area tersebut dipercaya bermanfaat meningkatkan aliran darah pada organ reproduksi juga mengontrol keseimbangan hormon dan mencegah stres.

Tentunya beberapa hal ini wajib anda perhatikan sebelum memilih salah satu jenis olahraga diatas. Konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum melakukan olahraga. Buat jadwal olahraga setiap hari agar menjadi kebiasaan yang harus di lakukan. Lakukan olahraga secara santai jangan terburu-buru dan kurangi intensitas olahraga jika mengalami kram ataupun lelah Jangan terlalu memaksakan jika terasa nyeri sebaiknya berhenti.

Khusus untuk calon ayah hindari melakukan olahraga berlebih karena dapat berpengaruh pada kualitas dan kuantitas sperma. HIndari penggunaan hormon steroid jika ingin dalam program hamil. Tidak hanya itu untuk anda yang hobi bersepeda sebaiknya kurangi intensitasnya karena terlalu lama bersepeda akan mengakibatkan penekanan terlalu lama pada kelamin yang berpengaruh pada ereksi.

Related Posts :

    Baca juga:

    Gejala Infertilitas Pada Wanita

    Masalah Menstruasi Yang Mengganggu Kesuburan

    Tips Tepat Merawat Vagina Untuk Menghindari Infertilitas

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 29, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Anak Batuk

  • Oleh : Lutfi Maharani
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selama pagi Dok. Saya mau bertanya, kan akhir akhir ini anak saya sering kali merasakan batuk di mana saat batuk ini pasti dia merasakan nafas yang tak menentu dan bahkan sering kali terlihat seperti yang susah sekali untuk bernafas. Yang saya mau tanyakan, kira kira ini jenis masalah kesehatan apa? Dan bagian mana solusi yang tepat untuk mengatasinya?

    Cara Membuat Anak Mau Belajar di Rumah

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih. Saya punya anak laki-laki yang baru masuk SD kelas 1. Waktu di TK dulu ia rajin belajar dan selalu nurut sama orang tua. Tapi sekarang beda bu bidan, ia jadi malas belajar di rumah, pengennya main terus. Saya jadi sedikit frustasi juga.

    Bagaimana yah bu caranya supaya anak saya mau belajar kembali di rumah ? kasihan juga guru les nya udah dateng ke rumah, dia nya gak mau belajar. Mohon solusinya bu bidan, Terimakasih

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • Telat haid

  • Oleh : Sri Handayani
  • 7 bulan yang lalu

    Slamat siang,
    Saya Sri dari bekasi, mau bertanya saya sudah telat haid 12 hari dan sebelumnya menstruasi selalu tepat waktu, baru ini saja telatnya dan paling lama, apakah ini menjadi salah satu tanda kehamilan? tapi saya tidak merasakan ada tanda-tanda kehamilan yg lainnya?

    Kehamilan

  • Oleh : Diah Kusuma
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum…
    saya mau tanya. hari mens pertama saya tgl 13 maret, dan tgl 15 maret harusnya suntik kb 1 bulan. tapi sampai sekarang saya blum kb lagi dan sudah berhubungan. sekarang apa saya hamil ya, dan kapan bisa mulai di testpack nya, trmakasih.

    Merencanakan program hamil dengan siklus menstruasi tidak teratur

  • Oleh : frenni franita
  • 3 tahun, 12 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita berusia 25 tahun dan saya sudah menikah bulan Maret lalu. Kemudian 5 minggu kemudian saya hamil namun mengalami keguguran pada minggu ke 3 kehamilan saya. Saya sudah berkonsultasi dengan dokter, dan dokter menyarankan untuk menunda terlebih dahulu kehamilan selama 2 bulan. Setelah melawati masa precubation namun saya belum hamil juga. Yang menjadi masalahnya apakah siklus mentruasi saya yang tidak teratur saat ini berpengaruh? Karena setelah saya melakukan kuret pada awal Mei sampain saat ini saya belum mentruasi. Memang beberapa bulan terakhir pasca keguguran itu, saya jadi lebih aktif dan sibuk sekali. Apakah kesibukan saya mempengaruhi siklus haid saya, bu bidan? Kalau iya, adakah obat untuk melancarkan menstruasi saya?

    Tanya Bidan