×

Kelainan Pada Rahim Dengan Bentuk Jantung Hati

Bagikan Artikel :

Kelainan Pada Rahim Dengan Bentuk Jantung Hati

Uterus atau dalam bahasa masyarakat disebut dengan rahim adalah bagian organ reproduksi dalam yang berbentuk sperti pir terbalik. Tapi ada juga wanita yang memiliki rahim yang berbeda dari semestinya.

Salah satu rahim dengan kelainan bentuk yaitu rahim dengan lekukan atau disebut dengan rahim berbentuk jantung hati. Pada rahim berbentuk jantung hati, rongga utamanya tetap ada, tetapi dua tubanya berdekatan sehingga membentuk lekukan di bagian atas.

Apa Itu Rahim Berbentuk Jantung Hati ?

Dalam medis rahim berbentuk jantung hati ini disebut dengan bicornuate uterus. Pada kelainan ini, rahim wanita tidak berbentuk seperti buah pir, melainkan seperti bentuk hati dengan lekukan dalam di bagian atas. Karena bentuknya, kelainan ini selain disebut dengan rahim jantung hati disebut juga sebagai uterus dengan dua tanduk.

Rahim berbentuk jantung hati ini sebenarnya adalah anomali rahim bawaan lahir. Artinya, rahim ini terbentuk tidak normal sejak masih dalam kandungan. Karena merupakan bawaan lahir, sudah jelas bentuk rahim ini tidak disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan.

Rahim seperti ini tidak berdampak buruk pada siklus menstruasi. Sayangnya, rahim jantung hati ini meningkatkan risiko terjadinya keguguran, kelahiran prematur, kelahiran sungsang (bagian bawah bayi lahir lebih dulu, bukan diawali dari kepalanya), dan masalah kehamilan lainnya.

Sehingga wanita hamil yang dengan rahim yang berbentuk jantung hati ini perlu tindakan operasi sesar saat persalinan.

Penyebab Rahim Berbentuk Jantung Hati ?

Belum diketahui pasti mengapa rahim jantung hati ini menyebabkan masalah kehamilan dan kelahiran. Diperkirakan, bentuk yang tidak lazim ini menghalangi janin untuk berkembang.

Satu-satunya cara untuk mengetahui bentuk rahim adalah dengan USG atau MRI, Biasanya pemeriksaan ini dilakukan pada wanita yang berulang kali mengalami keguguran (biasanya lebih dari 3 kali), pernah mengalami masalah kesuburan, atau pernah melahirkan sungsang.

Jika wanita berulang kali mengalami keguguran, lekukan di bagian atas ‘jantung hati’ bisa dihilangkan lewat operasi.

Namun, jarang ada wanita yang memilih operasi. Sebagian besar kehamilan pada rahim ‘jantung hati’ yang selalu dimonitor tidak akan bermasalah.

Kebanyakan wanita bahkan tidak tahu rahimnya berbentuk jantung hati. Jika kita mengawasi kehamilannya dengan cermat, mereka tetap baik-baik saja,

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 22, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan

  • Oleh : Alex Alex
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Dok kmrn saya main dan saya keluar di dalam. Bagai mana cara mengatasinya agar tidak hamil

    Normalkah sering pipis saat hamil

  • Oleh : Putri Kintamani
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Bu bidan saya wanita usia 27 tahun, saat ini saya sedang mengandung usia 5 bulan. Yang mau saya tanyakan apakah normal jika saya sering pipis dan bagaimana cara mengatasinya?

    Pentingkah Pemeriksaan TORCH Pada Ibu Hamil ?

  • Oleh : Sherly davies
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Bu Bidan nama saya Adinda Laras dan sekarang ini saya sedang hamil untuk yang pertama kali jadi perasaan antara khawatir, takut dan cemas dan senang bercampur. Apa saya perlu melakukan tes torch bu ? Tapi saya tidak memiliki riwayat pelihari kucing dan kehamilan saya juga baik – baik saja tapi tetap saja saya merasa takut. Menurut bu bidan saya harus bagaimana ?

    Kehamilan Setelah KB

  • Oleh : Nelly Tampubolon
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan …

    Nama saya Disti Hanifa, saya sudah menikah sekitar 4 bulan ini dan kemarin saya mengaja menggunakan KB jenis suntik 1 bulan sekali untuk menunda kehamilan dan sudah 2 kali ini saya menggunakan KB suntik bu. Sekarang saya mau program hamil dan saya mau bertanya, untuk kembali mendapatkan kesuburan setelah KB berapa bulan bu ? Terus makanan apa aja yang harus saja hindari supaya program hamil saya lancar.

    Terima kasih.

    Haid tidak teratur

  • Oleh : Ria Nuarita
  • 2 bulan, 2 minggu yang lalu

    Selamat mlm dok . Nama sya Ria . Sya sudh brklwrga dan mmpunyai seorng ank. 1 thun lalu sya mngalami k guguran dan curet . Sya slalu cb promil tapi hsil ny slalu kurng memuaskn . Sudh 3 buln ini menstruasi sya tidak tratur . 3 bln lalu sya tlat haid 3 minggu sya cb tespek hsil ny negatif, lalu bsok ny haid. 2bln lalu sya jg tlat haid 15hri dan cb lg tespek hsil ny negatif jg, bsok ny haid . Dan skrng ini sya sudh tlat haid 3 minggu dok, smpe skrng pun sya blm haid. Sya cb tespek bbrp x hsil ny slalu negatif…. tapi akhir” ini sya suka ngrsa mual, pusing, gmpng cpe, ngntuk brlbihn, payudara mulai skit.
    Yg sya mau tnyakn adlh. Knp slma bbrp buln ini bsa sprty ini?? Mohn bantuan ny dok untk mnjawb …
    Trimakasih …

    Tanya Bidan