×

Kelainan Pada Rahim Dengan Bentuk Jantung Hati

Bagikan Artikel :

Kelainan Pada Rahim Dengan Bentuk Jantung Hati

Uterus atau dalam bahasa masyarakat disebut dengan rahim adalah bagian organ reproduksi dalam yang berbentuk sperti pir terbalik. Tapi ada juga wanita yang memiliki rahim yang berbeda dari semestinya.

Salah satu rahim dengan kelainan bentuk yaitu rahim dengan lekukan atau disebut dengan rahim berbentuk jantung hati. Pada rahim berbentuk jantung hati, rongga utamanya tetap ada, tetapi dua tubanya berdekatan sehingga membentuk lekukan di bagian atas.

Apa Itu Rahim Berbentuk Jantung Hati ?

Dalam medis rahim berbentuk jantung hati ini disebut dengan bicornuate uterus. Pada kelainan ini, rahim wanita tidak berbentuk seperti buah pir, melainkan seperti bentuk hati dengan lekukan dalam di bagian atas. Karena bentuknya, kelainan ini selain disebut dengan rahim jantung hati disebut juga sebagai uterus dengan dua tanduk.

Rahim berbentuk jantung hati ini sebenarnya adalah anomali rahim bawaan lahir. Artinya, rahim ini terbentuk tidak normal sejak masih dalam kandungan. Karena merupakan bawaan lahir, sudah jelas bentuk rahim ini tidak disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan.

Rahim seperti ini tidak berdampak buruk pada siklus menstruasi. Sayangnya, rahim jantung hati ini meningkatkan risiko terjadinya keguguran, kelahiran prematur, kelahiran sungsang (bagian bawah bayi lahir lebih dulu, bukan diawali dari kepalanya), dan masalah kehamilan lainnya.

Sehingga wanita hamil yang dengan rahim yang berbentuk jantung hati ini perlu tindakan operasi sesar saat persalinan.

Penyebab Rahim Berbentuk Jantung Hati ?

Belum diketahui pasti mengapa rahim jantung hati ini menyebabkan masalah kehamilan dan kelahiran. Diperkirakan, bentuk yang tidak lazim ini menghalangi janin untuk berkembang.

Satu-satunya cara untuk mengetahui bentuk rahim adalah dengan USG atau MRI, Biasanya pemeriksaan ini dilakukan pada wanita yang berulang kali mengalami keguguran (biasanya lebih dari 3 kali), pernah mengalami masalah kesuburan, atau pernah melahirkan sungsang.

Jika wanita berulang kali mengalami keguguran, lekukan di bagian atas ‘jantung hati’ bisa dihilangkan lewat operasi.

Related Posts :

    Namun, jarang ada wanita yang memilih operasi. Sebagian besar kehamilan pada rahim ‘jantung hati’ yang selalu dimonitor tidak akan bermasalah.

    Kebanyakan wanita bahkan tidak tahu rahimnya berbentuk jantung hati. Jika kita mengawasi kehamilannya dengan cermat, mereka tetap baik-baik saja,

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 22, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Sperma Kosong, Apakah Normal ?

  • Oleh : Santana jaya
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Bu Bidan, saya Melia Rasya. Saya dan suami saya sudah menikah hampir satu tahun dan kami juga belum memiliki anak atau saya bahkan belum mengandung. Saya sudah di cek ke dokter dan hasilnya baik, tapi suami saya tidak mau di cek ke dokter dan setiap kami melakukan hubungan, sperma suami saya kosong bu bidan, apa itu wajar ?

    Disentri

  • Oleh : Mocil Ngocol
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Cara mengatasi disentri dok

    Bercak Darah atau Flek Saat Hamil Usia 7 Minggu

  • Oleh : Asti Anisa
  • 4 tahun, 2 bulan yang lalu

    Sore dok, saat ini saya sedang hamil 7 minggu. Tapi kemarin, saya menemukan ada bercak darah atau flek pada celana dalam. Itu pertanda apa yah dok ? saya takut, apa itu menjadi tanda keguguran atau bagaimana ? Mohon penjelasannya yah dok. Terimakasih.

    Mengatasi Kaki Bengkak saat Hamil

  • Oleh : Asti Anisa
  • 1 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat pagi, saya mau bertanya, bagaimana cara mengatasi kaki bengkak saat hamil? Terima kasih

    Tidak haid

  • Oleh : Trisna Trisna
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Tidak haid selama setahun lebih setelah kuret, dan bisa haid kalo minum obat hormon

    Tanya Bidan