×

Kenali Bahaya Dari Sabun Mandi Untuk Kesehatan Organ Kewanitaan

Bagikan Artikel :

Bidan Online | Organ intim wanita merupakan salah satu bagian terpenting bagi seorang wanita. Menjaga kesehatan dan kebersihan organ intim wanita perlu mendapat perhatian ekstra bagi semua kaum wanita karena daerah atau lokasinya yang cukup rumit, tidak terlihat dan juga sulit untuk dijangkau. Jika tidak terjaga kebersihan dan kesehatan nya tentu bisa menyebabkan tumbuhnya bakteri dan jamur sehingga akan berdampak buruk bagi kesehatan kewanitaan.

Untuk menghindari hal-hal buruk yang berhubungan dengan kesehatan kewanitaan, maka semua kaum wanita dianjurkan untuk selalu memperhatikan kebersihan nya untuk tetap kering, sering mengganti pakaian dalam, dan hindari membasuh organ intim wanita dengan sabun mandi. Mungkin masih banyak wanita yang selalu membasuh organ intim nya dengan menggunakan sabun mandi. Padahal itu akan membahayakan kesehatannya. Sudah tau apa bahayanya? simak selengkap nya…

Bahaya Sabun Mandi Bagi Kesehatan Organ Intim Wanita

Daerah kewanitaan yang lembab akibat dari menstruasi atau keringat, tidak jarang akan membuat kaum wanita ingin membasuhnya sampai bersih. Namun ternyata bagi anda yang suka membersihkan organ intim wanita dengan sabun mandi sebaiknya hindari dari mulai sekarang. Karena, beberapa penelitian menunjukkan bahwa membersihkan organ intim wanita dengan menggunakan sabun mandi dan tanpa memperhatikan kandungan apa saja yang ada di dalamnya malah bisa membuat seorang wanita berpotensi untuk terkena infeksi bahkan menyebabkan penyakit seksual yang menular.

Hal ini dikarenakan sabun mandi bisa merusak tingkat pH alami pada daerah kewanitaan. pH alami pada organ intim wanita ini berfungsi untuk menjaga kelembapan organ intim wanita sehingga bisa mencegah perkembangbiakkan bakteri dan jamur. Apabila pH alami pada daerah organ intim wanita tersebut terganggu maka akan sangat menguntungkan bagi para bakteri dan jamur patogen untuk berkembangbiak.

Perkembangbiakan itulah (bakteri dan jamur) yang nantinya akan berdampak pada masalah organ intim kewanitaan, sampai tak jarang akan menyebabkan penyakit herpes yang bisa menginfeksi organ intim wanita, menyebabkan bau tidak sedap pada organ intim wanita, dan juga bisa menyebabkan masalah keputihan patologis yang berbahaya. Selain menggunakan sabun mandi, para peneliti juga menyarankan bagi kaum wanita untuk tidak menggunakan produk kewanitaan yang berbahan kimia yang juga bisa merusak pH alami kewanitaan.

Related Posts :

    Nah akan lebih baik lagi jika para wanita menggunakan bahan-bahan alami dari alam untuk membersihkan organ intim wanitanya agar terhindar dari masalah kesehatan wanita. Seperti daun sirih, daun kemangi atau bahan alami lainnya yang aman untuk daerah kewanitaan.

    Jika anda memutuskan untuk tetap menggunakan produk kewanitaan, sebaiknya gunakan untuk bagian luarnya saja dan jangan sampai produk tersebut masuk ke bagian dalam organ intim wanita, karena akan membuat organ intim menjadi kering dan membunuh bakteri baik yang ada dalam organ intim wanita.

    Baca Juga : Faktor Penyebab Cacat Kandungan yang Harus Diwaspadai

    Selain memberikan informasi mengenai Bahaya Sabun Mandi Untuk Organ Intim Wanita, Curhat Bidan juga memberi Tips Dan Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita. Memang untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kewanitaan memerlukan perhatian lebih agar tidak akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan wanita itu sendiri. Semoga Bermanfaat:))

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 13, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Infertilitas sekunder

  • Oleh : Aisyah Putri Setiawan
  • 6 bulan, 1 minggu yang lalu

    Hallo bu bidan.. usia saya 35 thn dan sudah memiliki anak berusia 10 tahun yang lahir di tahun 2006, pada tahun 2008 saya hamil kembali tapi janin tidak berkembang dan harus kuret. Setelah kuret saya langsung pakai KB spiral selma 6 tahun. Dan sudah 2 tahun berjalan saya sudah lepas KB nya. Pertanyaan saya bu bidan, apakah saya termasuk kategori infertilitas sekunder karna sampai saat ini kehamilan belum terjadi kembali bu bidan. Terima kasih

    Cara Membuat Anak Mau Belajar di Rumah

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih. Saya punya anak laki-laki yang baru masuk SD kelas 1. Waktu di TK dulu ia rajin belajar dan selalu nurut sama orang tua. Tapi sekarang beda bu bidan, ia jadi malas belajar di rumah, pengennya main terus. Saya jadi sedikit frustasi juga.

    Bagaimana yah bu caranya supaya anak saya mau belajar kembali di rumah ? kasihan juga guru les nya udah dateng ke rumah, dia nya gak mau belajar. Mohon solusinya bu bidan, Terimakasih

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • Kesehatn laki2

  • Oleh : M Sholej
  • 2 bulan, 2 minggu yang lalu

    Selamt malam,m’f saya mau tanya apakah penyebah ejakulasi dini pada laki2,dan apa obatnya,trima ksih??

    Pusar bayi yang bernanah

  • Oleh : audrycolunga4
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Pagi bu bidan saya mau bertanya nih bayi saya baru 3 hari tali pusarnya udah putus namun hingga saat ini pusarnya bernanah sudah di periksa ke bidan namun bidan hanya membersihkannya dengan kain kasa yang di basahi alkohol. Dan saat ini pusar bayi saya masih bernanah dan berair. Apakah ini infeksi ya bu bidan dan bagaimana cara mengobatinya. Mohon jawabannya bu trims

    apakah benar kontraksi palsu?

  • Oleh : Indri Ekawaty
  • 6 bulan, 3 minggu yang lalu

    Selamat pagi ibu bidan, saya sedang hamil usia 7 bulan, kok saya sering merasa perut saya tegang dan debaynya bergerak tapi saat debaynya gerak di vagina saya terasa ngilu, apakah itu bisa dbilang kontraksi palsu? Mohon penjelasannya?

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan