×

Kenali Bahaya Dari Sabun Mandi Untuk Kesehatan Organ Kewanitaan

Bagikan Artikel :

Bidan Online | Organ intim wanita merupakan salah satu bagian terpenting bagi seorang wanita. Menjaga kesehatan dan kebersihan organ intim wanita perlu mendapat perhatian ekstra bagi semua kaum wanita karena daerah atau lokasinya yang cukup rumit, tidak terlihat dan juga sulit untuk dijangkau. Jika tidak terjaga kebersihan dan kesehatan nya tentu bisa menyebabkan tumbuhnya bakteri dan jamur sehingga akan berdampak buruk bagi kesehatan kewanitaan.

Untuk menghindari hal-hal buruk yang berhubungan dengan kesehatan kewanitaan, maka semua kaum wanita dianjurkan untuk selalu memperhatikan kebersihan nya untuk tetap kering, sering mengganti pakaian dalam, dan hindari membasuh organ intim wanita dengan sabun mandi. Mungkin masih banyak wanita yang selalu membasuh organ intim nya dengan menggunakan sabun mandi. Padahal itu akan membahayakan kesehatannya. Sudah tau apa bahayanya? simak selengkap nya…

Bahaya Sabun Mandi Bagi Kesehatan Organ Intim Wanita

Daerah kewanitaan yang lembab akibat dari menstruasi atau keringat, tidak jarang akan membuat kaum wanita ingin membasuhnya sampai bersih. Namun ternyata bagi anda yang suka membersihkan organ intim wanita dengan sabun mandi sebaiknya hindari dari mulai sekarang. Karena, beberapa penelitian menunjukkan bahwa membersihkan organ intim wanita dengan menggunakan sabun mandi dan tanpa memperhatikan kandungan apa saja yang ada di dalamnya malah bisa membuat seorang wanita berpotensi untuk terkena infeksi bahkan menyebabkan penyakit seksual yang menular.

Hal ini dikarenakan sabun mandi bisa merusak tingkat pH alami pada daerah kewanitaan. pH alami pada organ intim wanita ini berfungsi untuk menjaga kelembapan organ intim wanita sehingga bisa mencegah perkembangbiakkan bakteri dan jamur. Apabila pH alami pada daerah organ intim wanita tersebut terganggu maka akan sangat menguntungkan bagi para bakteri dan jamur patogen untuk berkembangbiak.

Perkembangbiakan itulah (bakteri dan jamur) yang nantinya akan berdampak pada masalah organ intim kewanitaan, sampai tak jarang akan menyebabkan penyakit herpes yang bisa menginfeksi organ intim wanita, menyebabkan bau tidak sedap pada organ intim wanita, dan juga bisa menyebabkan masalah keputihan patologis yang berbahaya. Selain menggunakan sabun mandi, para peneliti juga menyarankan bagi kaum wanita untuk tidak menggunakan produk kewanitaan yang berbahan kimia yang juga bisa merusak pH alami kewanitaan.

Related Posts :

    Nah akan lebih baik lagi jika para wanita menggunakan bahan-bahan alami dari alam untuk membersihkan organ intim wanitanya agar terhindar dari masalah kesehatan wanita. Seperti daun sirih, daun kemangi atau bahan alami lainnya yang aman untuk daerah kewanitaan.

    Jika anda memutuskan untuk tetap menggunakan produk kewanitaan, sebaiknya gunakan untuk bagian luarnya saja dan jangan sampai produk tersebut masuk ke bagian dalam organ intim wanita, karena akan membuat organ intim menjadi kering dan membunuh bakteri baik yang ada dalam organ intim wanita.

    Baca Juga : Faktor Penyebab Cacat Kandungan yang Harus Diwaspadai

    Selain memberikan informasi mengenai Bahaya Sabun Mandi Untuk Organ Intim Wanita, Curhat Bidan juga memberi Tips Dan Cara Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita. Memang untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kewanitaan memerlukan perhatian lebih agar tidak akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan wanita itu sendiri. Semoga Bermanfaat:))

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 13, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Berhubungan Seks

  • Oleh : Sherly davies
  • 9 bulan, 2 minggu yang lalu

    Selamat Siang Dok, Saya mau bertanya, saat ini saya sedang menunda kehamilan. Saya sering kali melakukan hubungan intim bahkan hingga 3 sampai 4 kali seharinya. Namun karena saya menunda kehamilan, saya selalu mengeluarkan sperma di luar. Yang saya mau tanyakan apakah dengan kondisi dan kebiasaan ini saya bisa hamil? dan apa dampak bahaya dan manfaat melakukan hubungan intim yang sering ini?

    Ada Kontraksi Tapi Tidak Melahirkan

  • Oleh : Salma Syarifah Latipah
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat pagi mba bidan,

    Saat ini saya tengah mengandung usia kehamilan 8 bulan 1 minggu. Akhir akhir ini saya sering merasa sakit seperti orang yang mau melahirkan, dan kemarin rasa sakitnya sangat kuat seperti kontraksi yang biasanya datang ketika mau lahiran. Tapi kemarin saya cek ke dokter kandungan, katanya hal itu wajar saja dan kemungkinan bayi saya akan lahir sekitar 2-3 minggu lagi. Yang mau saya tanyakan, apakah hal tersebut wajar? Saya takut terjadi apa apa dengan bayi saya. Terimakasih, saya tunggu jawaban Anda.

    Benjolan payudara

  • Oleh : Eva Rahmawati
  • 1 bulan, 4 minggu yang lalu

    Saya mau tanya untuk menghilangkan benjolan payudara gimana ya dok? Payudara sebelah kiri saya ada benjolan tp tidak sakit, kalo kata dokter yg periksa saya waktu itu. Katanya itu kelebihan hormon

    Berapa lama bisa hamil lagi setelah lepas KB suntik?

  • Oleh : Yuli Ani
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saya ingin bertanya berapa lama waktu saya bisa hamil lagi setelah lepas KB suntik? Apakah benar bisa sampai satu tahun? Mohon kejelasannya, terima kasih.

  • Oleh : Yuli Ani
  • Normalkah Kentut Melalui Vagina?

  • Oleh : Salma Syarifah Latipah
  • 8 bulan, 1 minggu yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya mau tanya nih usia saya sekarang mau menginjak 20 tahun. Keluhan saya ini selalu kentut atau buang gas lewat vagina, apakah itu normal-normal saja untuk saya yang belum pernah melakukan hubungan suami istri? jika itu bahaya, apa yang harus saya lakukan bu? Terimakasih ditunggu jawabannya.

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan