Kenali Penyebab Sperma Encer Dan Cara Mengatasinya

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Bidan Online | Hai, calon ayah! Apakah Anda pernah mengalami sperma encer ? Jika jawabannya iya maka Anda adalah pria dengan tingkat kesuburan menurun. Pertanyaan ini bukan sekedar pendapat dan opini. Sperma yang encer akan menurunkan jumlah sperma, bentuk sperma juga kurang baik untuk pembuahan. Di samping itu juga, motilitas sperma akan jauh menurun maka sebaliknya produksi sperma yang abnormal malah meningkat.

    Dalam kondisi yang normal, sperma yang keluar dengan air mani saat ejakulasi berwarna putih agak keabu – abuan. Teksturnya kental dan lengkat, berbeda dengan sperma yang encer. Akan terasa lebih being dan tidak lengkat serta kurang kental. Informasi selengkapnya mengenai Penyebab Sperma Encer Dan Cara Mengatasinya, simak di bawah ini.

    Penyebab Sperma Encer

    • Intensitas Ejakulasi Tinggi

      Melakukan ejakulasi yang sering baik dengan melakukan hubungan seksual dan onani bisa mengencerkan sperma. Dalam proses produksinya, sperma membutuhkan wakrtu setidaknya 48 jam agar siap pakai untuk pembuahan. Dan jika Anda melakukan ejakulasi secara berulang – ulang dalam satu hari maka akan mengencerkan sperma Anda.

    • Berat Badan Kurang Sehat

      Sudah bukan menjadi satu rahasia lagi kalau berat badan sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan Anda juga berat badan berlebih bisa menyulitkan Anda yang ingin cepat hamil. Dan prinsip ini berlaku bagi para pria, teradapatnya lemak yang banyak dalam tubuh bisa mempengaruhi cara kerja hormon reproduksi dan berujung dengan produksi sel sperma. Bukan hanya itu saja, motilitas sperma juga akan berkurang.

      Tapi ini bukan berarti Anda yang memiliki berat badan kurun akan memiliki sperma yang baik dan bagus. Tubuh yang terlalu kurus juga kurang baik untuk perkembangan sperma. Maka dari itu mecapai tubuh yang sehat menjadi kunci untuk memiliki kualitas sperma yang baik. Tidak perlu sampai tubuh menjadi seperti seorang atlet atau model sixpacks. Anda hanya harus memenuhi berat badan ideal.

    • Gaya Hidup Buruk

      Mengkonsumsi alkohol, merokok, mencandu ganja dan mengkonsumsi obat – obatan terlarang merupakan gaya hidup yang sama sekali tidak sehat. Semuanya bisa merusak kualitas dan kuantitas produksi sperma. Anda yang sudah terbiasa mengkonsumsi fast food dan junk food serta tidak mengkonsumsi sayur – sayuran dan jarang berolahraga dan senang mengkonsumsi kopi. Zat zat yang terdapat pada alkohol, kafein dan nikotin bisa mempengaruhi organ reproduksi dan berujung pada sperma encer.

    • Faktor Usia

      Sistem reproduksi pria tidak seperti wanita, saat wanita yang berusia 35 tahun mulai menurun kualitas kesuburannya berbeda dengan pria yang akan terus maju. Namun penurunan sperma dan sistem pendukung lainnya juga menurun sama halnya dengan usia 40 tahun karena pada usia itu sperma pria mungkin encer dan kualitas sperma tidak seperti masa muda.

    Cara Mengatasi Sperma Encer

    • Hindari Onani

      Melakukan onani terlalu sering bisa mengakibatkan infeksi dan bakteri dari benda – benda yang tidak steril akan masuk ke dalam tubuh melalui penis lalu mencemari organ reproduksi Anda. Bukan tidak mungkin jika masalah kesuburan akan menghampiri karena masalah ini.

    • Mengatur Jadwal Berhubungan

      Salah satu penyebab sperma encer merupakan intensitas ejakulasi yang tinggi jadi salah satu cara untuk menghindari sperma agar tidak encer adalah dengan mengatur jadwa berhubungan dengan istri. Anda bisa bercinta 2/3 hari sekali mengingat produksi sperma siap pakai memerlukan waktu 48 jam. Terapkan ini selama 4 bulan secara rutin.

    Cara lainnya adalah dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. Gaya hidup yang buruk tentu akan merubah kualitas sperma Anda baik dalam jangka waktu lama atau cepat. Dengan mengkonsumsi makanan sehat, makanan yang mengandung vitamin D, tidak mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol, mengandung kafein, merokok dan sering berolahraga bisa membuahkan hasil yang baik untuk kualitas sperma Anda.

    Artikel Terkait :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - October 22, 2016
    Diskusi Dari:
    Lia Rachma

    Pagi Dok. Saya wanita beru,ur 21 Tahun, mau bertanya kenapa ya kalau saya telat makan atau makan pedas perut saya sering panas dan juga keras dibagian perut sebelah kanan dan juga pusar. Apakah ini merupakan salah satu jenis masalah kesehatan yang berbahaya?

    Dijawab Oleh : Lia Rachma
    Diskusi Dari:
    Claudia harapankita

    Selamat sore.Dok kalau bulan ini melakukan hubungan lalu haid dan bulan depan tidak melakukan hubungan sama sekali apakah bisa hamil?

    Dijawab Oleh : Claudia harapankita
    Diskusi Dari:
    ALif AL Maun Yoyox

    Siang, dok mau nanya kenapa bayi saya kalo minum sufor langsung BAB apa alergi sufor selama 4bulan anak saya g apa2 usia anak saya skrg 5bln udah dibawa ke puskesmas di ksih zinc&oralit pancet bab trmkch

    Dijawab Oleh : ALif AL Maun Yoyox
    Diskusi Dari:
    Mohammad ikhsan

    Saya mau bertanya, kok akhir akhir ini saya sering sekali merasakan sakit pada bagian kaki dan tangan saya ya dok? Rasanya itu cenat cenut, muncul tiba tiba dan bahkan hilang secar tiba tiba. Ini sakit apa ya dok? Terus bagian mana agar ini tidak terjadi terus menerus?

    Dijawab Oleh : Mohammad ikhsan
    Diskusi Dari:
    Mocil Ngocol

    Selamat pagi bu bidan. Saya mau tanya nih apakah miom dan kista termasuk penyakit kanker? dan apakah keduanya merupakan penyakit yang sama atau berbeda? jika berbeda, apa perbedaannya?
    Terimakasih bu bidan, mohon di jawab yah:)

    Perlu Jawaban