×

Ketahui Pengaruh Kuret Terhadap Kesuburan Wanita

Bagikan Artikel :

Kuret merupakan tindakan medis yang dilakukan untuk membersihkan dinding rahim, mengeluarkan sisa atau jaringan dalam rahim dengan fungsi terapetik atau diagnostik. Jaringan yang dikeluarkan ini bisa berupa janin yang mengalami endomestriosis, abortus, keguguran serta sisa plasentar yang masih tertinggal saat proses persalinan.

Tujuan lain melakukan kuret adalah agar rahim bersih dari berbagai jaring yang seharusnya tidak tumbuh dan berkembang di dalam karena jika dibiarkan tanpa membersihkannya bisa menimbulkan gangguan nyeri serta pendarahan pada wanita.

Pengaruh kuret terhadap kesuburan wanita ini berdampak pada siklus menstruasi meskipun efek samping dari kuret pada setiap wanita berbeda-beda dan pada beberapa kasus wanita yang telah melakukan kuret biasanya hanya akan mengalami gangguan menstruasi. Setelah melakukan kuret umumnya tubuh wanita akan mengalami produksi hormon esterogen serta progesteron dan ini akan kembali menjadi normal setelah kurun waktu sekitar dua minggu.

Jika proses kuret yang dilakukan tidak dengan menerapkan prosedur yang tepat bisa menyebabkan dampak yang buruk salah satunya gangguan siklus menstruasi yang berkepanjangan dan ini akan menyebabakan terjadinya asherman’s syndrome dimana akan terbentuk adhesi intrauterine yang umumnya sering disebabkan karena luka yang berkembang setelah operasi rahim.

Related Posts :

    Wanita yang mengalami hal ini sering merasakan penurunan siklus menstruasi, kejang perut, tidak mendapatkan menstruasi, peningkatan rahim, kemandulan serta infertilitas atau masalah kesuburan lainnya.

    Namun jika wanita yang telah melakukan kuret dan tidak mendapatkan menstruasi maka dokter akan memberikan hormon dengan proses pemeriksaan terlebih dahulu. Dan untuk mengetahui rahim normal atau tidak setelah kuret dilakukan dengan menggunakan pemeriksaan USG. Wanita yang tidak mendapatkan siklus menstruasi  bukan berarti terdapat gangguan hormon tapi alangkah lebih baiknya jika dilakukan pemeriksaan dengan test pack.

    Dan untuk mendapatkan kembali masa kesuburan setelah menjalani kuret Anda bisa melakukan hal – hal kecil yang normal namun berdampak besar seperti memperbaiki asupan pola makan gizi, menghindari stress serta menenangkan pikiran dan ini akan memicu adanya hormon pengatur siklus menstruasi menjadi normal kembali.

    Maka dari itu jika Anda ingin segera melakukan program kehamilan lagi setelah kuret harus menunggu hingga tubuh kembali normal dan turun atau tidaknya kesuburan tergantung dari kondisi tubuh Anda sendiri dan masa subur pria yang harus tepat jika ingin mendapatkan buah hati lagi dalam jangka waktu yang cepat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 27, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Haid Lama, Tapi Hanya Flek

  • Oleh : Yayu Yu
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Bu Bidan, izin bertanya. Usia saya 19 tahun, sudah sekitar satu tahun lebiy saya haid selalu 15 hari, tapi hanya keluar flek saja, tidak pernah keluar darah. Waktu saya usia 17 tahun kemaluan saya mengeluarkan darah segar setiap saat sampai beberapa hari, tapi setelah pergi ke dokter pendarahannya berhenti. Bagiamana ya bu bidan? Saya sudah pergi ke dokter hingga ke bidan untuk mengonsultasikan hal ini, tapi ujung-ujungnya hanya diberi obat saja, dan tidak kunjung sembuh. Apa sangat di perlukan untuk pergi ke spesialis bu bidan, mohon jawabannya bu bidan. Terima kasih banyak.

    Terkait KB IUD

  • Oleh : Musiroh Roh
  • 6 bulan, 2 minggu yang lalu

    Assalamu’alaikum bu bian, saya mau bertanya apakah normal jika keputihan berwarna coklat dan terkadang nyeri di panggul. Dan bercampur darah lengket berbau amis. Dulu saya tidak pernah seperti ini namun setelah memakai KB IUD organ vagina saya tidak nyaman, tolong dijawab yaa bu bidan
    Wassalamu’alaikum

  • Oleh : Musiroh Roh
  • Jenis persalinan apa yang baik untuk saya?

  • Oleh : Milda
  • 5 tahun yang lalu

    Selamat siang, mohon sarannya ya bu bidan untuk jenis persalinan apa yang baik untuk saya nanti. Saat ini saya mengandung usia 5 bulan. Saya mempunyai riwayat penyakit asma, namun memang sejak saya mengandung penyakit saya tidak pernah kambuh lagi. Sebaiknya saya menjalani persalinan normal atau harus operasi caesar ya? Saya juga baru pertama kali hamil dan ada sedikit rasa takut akan rasa sakit nanti saat persalinan. Terimakasih sebelumnya.

    Kenapa tidak haid

  • Oleh : Gita lepia Ningsih
  • 10 bulan yang lalu

    Permisi Bu.
    Saya mau tanya kan saya melahirkan bulan Juni 2019 nah trus pas anak saya umur 1 bulan saya disuruh KB sama orang tua saya dan saya pakai KB 3 bulan nah itu cuma 2x terus pas anak saya umur 5 bulan saya langsung lepas KB tapi sampe skrg anak saya umur 1 tahun setengah saya belum juga haid knpa ya? Apakah aman? Terimakasih.

  • Oleh : Gita lepia Ningsih
  • Telat haid

  • Oleh : Sri Handayani
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Slamat siang,
    Saya Sri dari bekasi, mau bertanya saya sudah telat haid 12 hari dan sebelumnya menstruasi selalu tepat waktu, baru ini saja telatnya dan paling lama, apakah ini menjadi salah satu tanda kehamilan? tapi saya tidak merasakan ada tanda-tanda kehamilan yg lainnya?

    Tanya Bidan