×

Kurang Tidur Sebabkan Kualitas Sperma Menurun

Bagikan Artikel :

Kurang Tidur Sebabkan Kualitas Sperma MenurunBidan Online -, Banyak orang yang mengetahui kalau kurang tidur buruk untuk kesehatan tubuh termasuk menurunkan kualitas sperma dan kadar sperma serta pada wanita kurang tidur bisa mengganggu siklus haid wanita.

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan oleh American Journal Of Epidemiology mengungkap bahwa kurang tidur sangat berkaitan dengan kesuburan baik pada wanita maupun pria. Hormon testosteron yang ada pada pria menjadi rendah karena waktu istirahat yang tidak cukup.

Sedangkan menurut penelitian yang dilakukan oleh University Of Southern Denmark telah menyurvei 953 pria sehat di Denmark pada rentang antara bulan Januari 2008 dan Juni tahun 2011, menyatakan mereka para pria yang kekurangan waktu tidurnya memiliki 29% sperma lebih rendah konsentrasinya daripada air mani mereka.

Maka dari itu tidur yang berkualitas sangat penting untuk masa subur pria karena sperma dengan kurangnya waktu tidur mempunyai morfologi spermatozoa yang abnormal. Dan hal ini sangat memiliki pengaruh terhadap kesehatan kesuburan pria.

Related Posts :

    Kurang tidur juga dapat menurunkan keinginan dan kemampuan seksual, kekurangan energi, merasa malas melakukan aktifitas dan merasa lelah. Oleh karena itu gangguan tidur seperti ini harus segera diatasi jika suami lebih memilih tidur dibanding melakukan hubungan suami istri.

    Menurunnya kualitas sperma juga tidak hanya dipengaruhi oleh kurangnya waktu tidur, ada beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi kualitas sperma berikut informasi selengkapnya di bawah ini:

    • Stress

      Pria yang sering merasakan stress dapat menurunkan kadar spermanya secara drastis karena hal ini menghambat produksi hormon testoteron.

    • Makanan Kaleng

      Mengkonsumsi makanan kaleng sebenarnya tidak baik untuk kesehatan tubuh karena ada banyak macam pengawet dan jumlah garam yang cukup tinggi di dalamnya serta makanan kaleng merupakan sumber utama dari Bisphenol A atau BPA dan ini bisa menurunkan kadar dan gerak sperma.

    • Minuman Yang Mengandung Alkohol

      Sebenarnya mengkonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah yang sedikit baik untuk menurunkan tekanan darah tapi jika diminum dalam jumlah yang banyak dan setiap hari buruk untu kesehatan tubuh dan dapat menghambat produksi sperma.

    • Ikan Yang Tercemar

      Ada beberapa jenis ikan yang mengandung PCBs atau Polychlorinated Biphenyls yaitu kelompok bahan kimia yang mengandung racun, biasanya ditemukan pada jenis ikan predator dan bottom feeder atau ikan yang mencari makan di dasar air jika bahan ini masuk ke dalam tubuh dapat menurunkan jumlah dan integritas sperma.

    Maka dari itu mulai sekarang sebaiknya baik Anda para pria maupun wanita menjaga kualitas tidur Anda agar tidak menurunkan kesuburan terlebih jika Anda merupakan pasangan suami istri yang sedang berencana untuk memiliki buah hati.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 8, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Program Hamil

  • Oleh : Fajar
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Saya sudah menikah kira kira 5 bulanan. Saat ini saya sedang melakukan program hamil. Saya dan suami berharap segera memiliki keturunan. Namun sayang, suami saya merupakan perokok aktif dan sangat susah untuk berhenti merokok. Yang saya mau tanyakan apakah program hamil saya akan terjadi meski sang suami merupakan perokok aktif?

    Bercak darah di vagina

  • Oleh : Shinta Romadona
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Pagi bu bidan, saya seorang pelajar berusia 23 tahun saya suka bercak darah, seperti keputihan dan ada darah gitu, biasanya itu terjadi kalo saya mengkonsumsi makanan pedas langsung terjadi, apakah itu bahaya?, dulu 4tahun belakang saya pernah periksa ke dokter kandungan dan di Usg, katanya saya mengalami iritasi rahim karna saya sering memakai pakaian ketat, yang ingin saya tau, itu penyakit apa, dan bagaimana solusi mengobati nya? Terimakasih bu bidan ☺️🙏

    Cara menunda kehamilan

  • Oleh : Sumarni
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Assalamu allaikum…bu bidan.sy mau tanya.sya sdah 8 blan hbis mlahirkan.tpi suami dan ibu mertua sya kurang stuju dngan KB.tpi sya ragu tkut hamil lgi.agar sya tdak hmil lgi,bgaimana caranya dok?terimakasi

    Tekanan mental

  • Oleh : Faldi pratama Faldi pratana
  • 8 bulan, 2 minggu yang lalu

    Apakah orang yg terkena tekanan mental orang tua dan keluarga bisa bahagia?

  • Oleh : Faldi pratama Faldi pratana
  • IUD yang Masih Terpasang Saat Hamil, Bahayakah ?

  • Oleh : Jenni
  • 4 tahun, 11 bulan yang lalu

    Bu bidan saya sekarang sedang mengandung anak k 2, dan saat ini usia kandungan saya 4 bulan. Namun dikehamilan saat ini saya khawatir karena ternyata IUD yang sebelumnya masih terpasang. Bagaimana langkah yang seharusnya saya lakukan, saya takut mempengaruhi janin saya. Karena ada yang menyebutkan bila dilepas akan mengakibatkan keguguran. Mohon penjelasanan bu bidan.

    Terimakasih

    Tanya Bidan