×

Kurang Tidur Sebabkan Kualitas Sperma Menurun

Bagikan Artikel :

Kurang Tidur Sebabkan Kualitas Sperma MenurunBidan Online -, Banyak orang yang mengetahui kalau kurang tidur buruk untuk kesehatan tubuh termasuk menurunkan kualitas sperma dan kadar sperma serta pada wanita kurang tidur bisa mengganggu siklus haid wanita.

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan oleh American Journal Of Epidemiology mengungkap bahwa kurang tidur sangat berkaitan dengan kesuburan baik pada wanita maupun pria. Hormon testosteron yang ada pada pria menjadi rendah karena waktu istirahat yang tidak cukup.

Sedangkan menurut penelitian yang dilakukan oleh University Of Southern Denmark telah menyurvei 953 pria sehat di Denmark pada rentang antara bulan Januari 2008 dan Juni tahun 2011, menyatakan mereka para pria yang kekurangan waktu tidurnya memiliki 29% sperma lebih rendah konsentrasinya daripada air mani mereka.

Related Posts :

    Maka dari itu tidur yang berkualitas sangat penting untuk masa subur pria karena sperma dengan kurangnya waktu tidur mempunyai morfologi spermatozoa yang abnormal. Dan hal ini sangat memiliki pengaruh terhadap kesehatan kesuburan pria.

    Kurang tidur juga dapat menurunkan keinginan dan kemampuan seksual, kekurangan energi, merasa malas melakukan aktifitas dan merasa lelah. Oleh karena itu gangguan tidur seperti ini harus segera diatasi jika suami lebih memilih tidur dibanding melakukan hubungan suami istri.

    Menurunnya kualitas sperma juga tidak hanya dipengaruhi oleh kurangnya waktu tidur, ada beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi kualitas sperma berikut informasi selengkapnya di bawah ini:

    • Stress

      Pria yang sering merasakan stress dapat menurunkan kadar spermanya secara drastis karena hal ini menghambat produksi hormon testoteron.

    • Makanan Kaleng

      Mengkonsumsi makanan kaleng sebenarnya tidak baik untuk kesehatan tubuh karena ada banyak macam pengawet dan jumlah garam yang cukup tinggi di dalamnya serta makanan kaleng merupakan sumber utama dari Bisphenol A atau BPA dan ini bisa menurunkan kadar dan gerak sperma.

    • Minuman Yang Mengandung Alkohol

      Sebenarnya mengkonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah yang sedikit baik untuk menurunkan tekanan darah tapi jika diminum dalam jumlah yang banyak dan setiap hari buruk untu kesehatan tubuh dan dapat menghambat produksi sperma.

    • Ikan Yang Tercemar

      Ada beberapa jenis ikan yang mengandung PCBs atau Polychlorinated Biphenyls yaitu kelompok bahan kimia yang mengandung racun, biasanya ditemukan pada jenis ikan predator dan bottom feeder atau ikan yang mencari makan di dasar air jika bahan ini masuk ke dalam tubuh dapat menurunkan jumlah dan integritas sperma.

    Maka dari itu mulai sekarang sebaiknya baik Anda para pria maupun wanita menjaga kualitas tidur Anda agar tidak menurunkan kesuburan terlebih jika Anda merupakan pasangan suami istri yang sedang berencana untuk memiliki buah hati.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 8, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Telat datang bulan

  • Oleh : richamayati
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat siang, saya mau menanyakan perihal menstruasi saya.

    Bulan November saya haid tanggal 18 namun di hari pertama cuman dikit dan itu pun berwarna coklat. Namun pas bulan desember hingga sekarang saya belum haid lagi. Apakah ini merupakan tanda kehamilan atau gejala telat datang bulan? Mengingat pas remaja saya juga pernah tidak haid selama 3 bulan. Mohon jawabannya.

    Merencanakan program hamil dengan siklus menstruasi tidak teratur

  • Oleh : frenni franita
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya wanita berusia 25 tahun dan saya sudah menikah bulan Maret lalu. Kemudian 5 minggu kemudian saya hamil namun mengalami keguguran pada minggu ke 3 kehamilan saya. Saya sudah berkonsultasi dengan dokter, dan dokter menyarankan untuk menunda terlebih dahulu kehamilan selama 2 bulan. Setelah melawati masa precubation namun saya belum hamil juga. Yang menjadi masalahnya apakah siklus mentruasi saya yang tidak teratur saat ini berpengaruh? Karena setelah saya melakukan kuret pada awal Mei sampain saat ini saya belum mentruasi. Memang beberapa bulan terakhir pasca keguguran itu, saya jadi lebih aktif dan sibuk sekali. Apakah kesibukan saya mempengaruhi siklus haid saya, bu bidan? Kalau iya, adakah obat untuk melancarkan menstruasi saya?

    Pingin punya anak

  • Oleh : Rudi Hermawan
  • 4 minggu yang lalu

    Dok apakah ejakulasi dini mempengaruhi kehamilan

    Keputihan Yang Tak Normal

  • Oleh : Muhammad Hanif Maulana
  • 2 tahun, 3 bulan yang lalu

    Siang dok, saya baru saja menikah 1 minggu lalu. Sebelum menikah, memang saya memiliki masalah dengan seputar kesehatan keputihan yang sedikit berwarna hijau dengan jumlah yang memang cukup lumayan banyak. Namun, setelah saya menikah, sering kali saya merasakan rasa gatal setelah melakukan hubungan intim, dan bahkan pada pertama kalinya berhubungan keputihan ini semakin banyak dan bahkan membuat saya risih dan takut suami berpaling. Saya mau bertanya, apaklah hal ini merupakan salah satu hal yang normal pada awal berhubungan seks atau bahkan ini berbahaya? Terus bagai mana cara mengatasi masalah kesehatan yang satu ini agar keputihan hilang dari bagian vagina ini.

  • Oleh : Muhammad Hanif Maulana
  • Mual Saat Minum Susu Pada Masa Hamil

  • Oleh : Khansa Adeline
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya istri saya sedang hamil 4 bulan dan di haruskan untuk minum susu oleh dokter. Namun istri saya selalu mengeluhkan rasa mual setelah mengkonsumsi susu, bahkan sekarang istri saya enggan untuk minum susu karena rasa mual yang sangat mengganggu. Apakah ada tips untuk mengatasi masalah istri saya bu bidan. Mohon jawabannya

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan