×

Makanan Dan Minuman Manis Ternyata Bisa Menyebabkan Impotensi Lho!

Bagikan Artikel :

Makanan Dan Minuman Manis Ternyata Bisa Menyebabkan Impotensi Lho!

Salah satu mimpi buruk bagi kaum pria jika mengalami impotensi. Rasanya hilang rasa percaya diri di depan pasangan. Untuk menghindari impotensi ini maka harus dihindari penyebabnya. Ternyata penyebab impotensi bukan hanya dari kebiasaan merokok saja. Menurut penelitian, makanan atau minuman manis yang dikonsumsi terlalu banyak juga bisa menjadi penyebab impotensi. Bagaimana bisa begitu, ya? Agar lebih jelas, simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Impotensi

Impotensi atau disfungsi ereksi adalah kegagalan penis untuk mencapai ereksi yang normal saat berhubungan seks. Ereksi sendiri ditandai dengan menegangnya penis ketika mendapat rangsangan seksual seperti ciuman, pelukan, sentuhan, dan ketika berfantasi atau melihat sesuatu yang bisa meningkatkan birahinya.

Ketika seorang pria merasa terangsang, otot-otot pada penis akan menjadi rileks sehingga aliran darah yang melalui arteri penis akan meningkat. Darah tersebut mengisi ruang penis yang disebut corpova cavernosa sehingga penis akan menegak, menegang, dan menjadi lebih besar. Ereksi itu akan berakhir ketika otot yang berkontraksi dan darah yang terkumpul dapat mengalir keluar melalui pembuluh vena penis.

Pria impoten biasanya akan kesulitan untuk mencapai ereksi atau mempertahankan ereksi saat berhubungan intim atau bermasturbasi. Selain faktor usia, ada banyak hal yang menjadi penyebab impotensi, baik itu akibat gangguan emosional maupun fisik.

Related Posts :

    Penyebab Impotensi

    1. Hipertensi (tekanan darah tinggi)
    2. Hiperlipidemia (kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi)
    3. Cedera
    4. Obesitas
    5. Depresi
    6. Kebiasaan merokok
    7. Penggunaan obat tertentu dan alkohol
    8. Penyakit jantung
    9. Diabetes tipe 2

    Apakah makanan dan minuman manis bisa jadi penyebab impotensi?

    Dilansir Cleveland Clinic, ahli urologi dari Amerika Serikat dr. Edmund Sabanegh mengatakan bahwa gaya hidup yang tidak sehat, terutama pola makan yang buruk bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk impotensi pada pria.
    Mengonsumsi makanan atau minuman manis secara berlebihan tanpa olahraga bisa menyebabkan obesitas dan meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 2. Dua kondisi ini berkaitan dengan impotensi pada pria, walaupun tidak secara langsung. Pada beberapa pria, impotensi merupakan salah satu gejala diabetes tipe 2. Mengapa demikian?
    Seperti dijelaskan oleh dr. Mark Hyman, gula dapat memengaruhi gairah seks dan fungsi seksual seseorang. Nah, kebanyakan gula bisa menurunkan kadar testosteron pada tubuh sehingga massa otot berkurang dan lemak di perut pun menumpuk. Selain itu, berkurangnya testosteron menjadi tidak seimbang sehingga kadar hormon estrogen lebih tinggi. Kondisi ini berpotensi menyebabkan turunnya gairah seksual dan kesulitan untuk melakukan ereksi.
    Saat ereksi, akan terjadi pelepasan oksida nitrat (NO) di penis. Namun pada pasien diabetes, kadar gula dalam darah pada pasien menghambat produksi enzim dan pelepasan NO. Kondisi ini menyebabkan penis tidak mempu untuk melakukan ereksi lebih lama dan lebih kuat.
    Bagaimana cara mencegah impotensi?

    Sebenarnya sah-sah saja bila Anda menyukai makanan manis asal Anda tahu batasannya. Begitu pula dengan makanan berlemak. Lemak dan gula yang berlebihan di tubuh bisa membuat berat badan Anda naik, apalagi jika Anda malas berolahraga. Bila Anda biasa dengan pola hidup seperti ini, risiko terkena obesitas, penyakit jantung, atau diabetes menjadi lebih besar dan potensi Anda mengalami impotensi juga lebih besar.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 16, 2022

    Pertanyaan Pengunjung :

    Merasa tidak nyaman di MissV

  • Oleh : azizah Rahmani putri
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Assallamualaikum bu bidan,
    Saya umur 19 tahun dan belum sama sekali melakukan hubungan seksual. sudah 2 minggu an saya merasakan tidak nyaman di lubang vagina saya, seperti ada yang mengganjal atau merasa ada gelembung di dalam lubang vagina,kadang kalo di buat duduk itu terjadi Queefing (tidak berbau). Setelah Queefing tetap saja terasa gelembung di lubang vagina dan sangat tidak nyaman. Kejadian itu terjadi setiap malam,di jam tidur. apakah itu termasuk ke dalam penyakit yg berhubungan dengan kandungan atau semacam nya? Tindakan apa yang harus saya lakukan?

    tanda hamil yang berangsur hilang

  • Oleh : rahayu latifa
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    dok,saya telat haid 11 hari. saya sering mengkonsumsi makanan instan&minuman berkafein.
    saat saya test , menunjukan positif hamil. tetapi rasa nyeri di payudara saya berangsur menghilang. mual berlebihan, lemas, ada tanda tanda anemia di tubuh saya, perut sangat kram pada satu sisi,sulit tidur

    apakah ini normal dok? atau ada hal lain yg menyebabkan tanda tanda itu muncul?
    atau karena pola hidup saya yang tidak sehat? apakah membahayakan janin?.

    terimakasih.

  • Oleh : rahayu latifa
  • Mual Dan Muntah Di Awal Kehamilan

  • Oleh : Putri Kintamani
  • 6 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat siang bu Dokter, saya mau bertanya. Saat ini saya sedang mengandung, dan usia kandungan saya baru meningjak 2 bulan. Saat ini saya sering sekali merasakan mual dan rasanya ingin muntah. Yang saya mau tanyakan apakah hal ini berbahaya dan bagai mana cara mengatasi masalah ini agar tidak berkepanjangan hingga kehamilan tua?

    Masalah Payudara

  • Oleh : Imi Yanti
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Bismillah

    Akak, saya Imi dari Bandung, umur saya 23 dan belum menikah
    Saya dapat wabsite ini dari youtube Curhat Bidan TV,,
    Maaf kak mau tanya, kalau payudara sebelah kiri bawah saya terdapat benjolan kecil disertai rasa sakit, itu kenapa yah? Dan saya coba tekan rasanya nyeri gt, tapi gak ada cairan yang keluar, itu kenapa yah dok?

  • Oleh : Imi Yanti
  • Istri hamil 4 bulan sering merasakan sakit di perut

  • Oleh : Marini Sjola Manoppo
  • 6 tahun, 4 bulan yang lalu

    Maaf bu bidan saya mau tanya. istri saya hamil 5 bulan dan sering merasakan rasa sakit pada perut, apakah itu tanda gejala penyakit ataukah itu hanya reaksi sang bayi di dalam kandungan ?

    Tanya Bidan