Manfaat Omega 3 Untuk Mendongrak Kesuburan Pria Wanita

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Manfaat Omega 3 Untuk Mendongrak Kesuburan Pria, WanitaBidan Online,- Tentunya banyak usaha yang dilakukan setiap pasangan agar cepat mempunyai keturunan. Ya tidak semua pasangan di anugrahi memiliki momongan dengan cepat, sebagian pasangan harus menunggu bertahun-tahun untuk mendapatkan anak. Tentunya kesulitan memiliki keturunan erat hubungannya dengan kesuburan baik pria maupun wanita. Tingkat kesuburan yang baik tentunya dapat membuka peluang besar agar cepat mempunyai anak.

    Jangan berkecil hati dan lantas bingung sendiri, banyak hal yang bisa anda lakukan dan pasangan untuk meningkatkan kesuburan. Meningkatkan kesuburan baik secara medis dengan mengkonsumsi obat-obatan tertentu, melakukan terapi, mengubah gaya hidup yang sehat, maupun dengan cara alami memang menjadi usaha yang sangat tepat. Selain dengan melakukan hal-hal tersebut yang sangat berpengaruh penting untuk meningkatkan kesuburan yaitu asupan makanan. Lalu asupan makanan seperti apakah yang bisa mendongkrak kesuburan?

    Pentingnya menjaga asupan makanan sehat memang tidak hanya berdampak pada kesehatan tubuh saja namun juga sangat memberikan manfaat bagi kesuburan anda. Jika anda tahu ada beberapa makanan yang dapat mendongkrak kesuburan salah satunya yaitu makanan yang mengandung omega 3.

    Omega 3 sendiri merupakan asam lemak tidak jenuh yang memiliki peranan penting bagi kesehatan, bahkan kandungan omega 3 ini sangat di perlukan oleh tubuh. Didalam kandungan omega itu sendiri terbentuk dari 3 zat yaitu DHA, EPA, juga LNA. Tentunya beberapa zat tersebut memiliki manfaat yang begitu baik untuk tubuh. Namun sayangnya kandungan omega 3 tidak di produksi secara alami di didalam tubuh, maka untuk mendapatkannya bisa melalui asupan makanan. Omega 3 sendiri sangat mudah di temukan pada ikan-ikanan seperti ikan salmon, tuna, makerel, sarden, tenggiri, hering, juga ikan air atawar. Tidak hanya pada jenis ikan-ikanan saja, omega 3 bisa anda dapatkan dari berbagai tumbuhan hijau seperti brokoli, bayam, buah alpukat, juga jenis kacang-kacangan seperti kacang walnuts, kenari, juga kacang kedelai.

    Para peneliti menyebutkan jika mengkonsumi ikan secara rutin dapat membantu meningkatkan kesuburan karena kandungan lemak yang terdapat pada ikan khususnya ikan salmon. Bahkan hal tersebut diperkuat dengan adanya penelitian yang dilakukan di University of Colorado yang menyebutkan jika kandungan lemak pada ikan dapat meningkatkan peluang untuk hamil. Meskipun penelitian tersebut dilakukan melalui beberapa tikus namun tentunya hal tersebut membawa kabar baik bukan.

    Meskipun harus dilakukan lagi beberapa penelitian lanjutan apakah omega 3 dapat mengatasi infertilitas, namun tetap saja seorang dokter ahli kandungan Dr. Dr. Malgorzata Skaznik-Wikiel melakukan riset pada tikus yang memiliki rasioa asam lemak omega 3 yang baik. Didapatkan hasil jika tikus dengan kadar asam lemak omega 3 yang lebih tinggi memiliki prekursor lebih banyak yang sangat berpengaruh pada sel-sel telur. Sel telur yang lebih besar juga sehat akan sangat berkemabnag baik jika terjadi pembuahan dan akan memperbesar kemungkinan untuk berkembang menjadi janin. Bahkan ditemukan jika tikus dengan kadar asam omega 3 yang tinggi membuat ovarium lebih berkualitas. Tentunya hal tersebut sangat berbanding terbalik dengan tikus yang memiliki kadar asam lemak omega 3 yang rendah. Bisa di simpulkan dalam sebuah penelitian tersebut jika omega 3 dapat berpotensi meningkatkan kesuburan. Ya meskipun masih diperlukan penelitian yang di aplikasikan pada manusia namun tidak ada salahnya bukan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan omega 3. Para ahli gizi menyarankan untuk memenuhi asupan omega 3 setiap harinya yaitu 300 mg. Jangan lupa juga imbangi dengan olahraga yang rutin baca jenis olahraga untuk meningkatkan kesuburan

    Tidak hanya itu mengkonsumsi ikan juga sangat bermanfaat bagi kesehatan mulai dari melancarkan sirkulasi darah, menjaga kesehatan jantung, juga mengurangi peradangan. Tidak hanya itu kandungan asam lemak omega 3 juga sangat berperan penting bagi perkembangan otak janin di dalam kandungan. 

    Baca juga:

    Cara Merangsang Kehamilan Yang Efektif

    Daftar Makanan Yang Dapat Menurunkan Kesuburan

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - November 5, 2016
    Diskusi Dari:
    ALif AL Maun Yoyox

    Assalamualaikum Bu Bidan, Melakukan hubungan pasangan suami istri sebelum masa menstruasi itu apakah termasuk pada masa subur ? Tapi kalau setelah berhubungan intim lalu terdapat darah haid bagaimana, apa kemungkinan bulan besoknya saya bisa hamil atau harus melakan hubungan pasangan suami istri lagi bu ? Terima kasih sebelumnya.

    Perlu Jawaban

    Selamat pagi Bu Bidan,

    Saya aneu, 25 tahun. Saat ini saya sedang hamil usia kandungan 2 bulan, tapi tidak ada tanda-tanda seperti payudara sakit dan membengkak, mual-mual di pagi hari seperti contoh tanda kehamilan umumnya. Apakah kehamilan saya normal?

    Dijawab Oleh : Ribka Veronika Tatengkeng
    Diskusi Dari:
    frenni franita

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya, saya siska umur 26 tahun sudah beberapa bulan ini saya mengalami mentsruasi dua kali dalam sebulan apakah itu normal. Dan apa penyebab menstruasi terjadi dua kali dalam sebulan? mohon penjelasannya trims

    Dijawab Oleh : frenni franita
    Diskusi Dari:
    danilobecnel

    Selamat siang Bu Bidan,
    Bayi saya umur 4 bulan sudah seminggu ini tidak BAB. Sebelumnya setiap hari selalu BAB bisa 2 sampai 3 kali sehari. Apakah kondisi bayi saya normal ? Apa tindakan yang harus saya lakukan ?

    Dijawab Oleh : danilobecnel
    Diskusi Dari:
    Muhammad Hanif Maulana

    Selamat sore bu bidan, saat ini saya sedang mengandung usia 8 bulan, dan setelah melakukan USG ternyata bayi saya mempunyai berat badan yang tergolong bayi besar. Kata dokter, saya lebih baik melakukan episiotomi. Tetapi saya ragu dan takut akan rasa sakitnya, dan apakah episiotomi itu amak dilakukan? Mohon penjelasannya, terimakasih

    Dijawab Oleh : Muhammad Hanif Maulana