Masalah Kesehatan Bisa Sebabkan Jumlah Sperma Pria Sedikit

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Faktor Penyebab Jumlah Sperma Pria Sedikit Yang Wajib DiketahuiBidan Online,- Diketahui 30% kasus infertilitas atau kemandulan di temukan pada pria. Salah satu penyebab infertilitas pada pria yaitu karena jumlah sperma yang sedikit. Namun jumlah sperma sedikit bukan menjadi penyebab anda sulit untuk mendapatkaan keturunan. Pasalnya meskipun jumlah sperma sedikit namun jika spermanya sehat dan kualitasnya baik maka akan terjadi pembuahan . Jumlah sperma memang menjadi salah satu yang dapat mempengaruhi dalam proses pembuahan. Hal tersebut memang benar adanya, menurut WHO, standar kesuburan pria telah di tetapkan setiap militer cairan air mani yang di ejakulasikan pria memiliki 20 juta ekor sperma. Jika jumlah sperma pria kurang dari angka tersebut do pastikan pria tersebut memiliki masalah dengan kesuburan. Bukan tanpa alasan beberapa penyebab jumlah sperma pria yang sedikit di pengaruhi oleh tiga faktor penyebab salah satunya faktor masalah kesehatan.

    Melakukan konsultasi dengan dokter spesialis menjadi langkah yang tepat untuk mengatasi jumlah sperma sedikit pada pria. Namun apakah yang menjadi faktor penyebab jumlah sperma pria sedikit? Beberapa pria tentunya ingin dapat mencegah jika hal ini terjadi, mengetahui dengan jelas apakah penyebab utama dari volume sperma yang sedikit sebagai langkah awal dari antisipasi. Terdapat 3 faktor penyebab jumlah sperma sedikit pada pria diantaranya karena faktor kesehatan, lingkungan, dan gaya hidup.

    Faktor penyebab jumlah sperma sedikit bisa di sebabkan karena adanya masalah kesehatan. Kondisi kesehatan seorang pria secara langsung dan tidak langsung dapat menyebabkan jumlah sperma yang di hasilkan sedikit. Dan berikut ini beberapa masalah kesehatan yang dapat mempengaruhi jumlah sperma:

    Varikokel

    Kondisi dimana terjadinya pembengkakan pada pembuluh darah di bagian vena dalam skrotum. Kondisi ini menyebabkan testis tidak mengalami pendinginan dan volume sperma menjadi lebih sedikit.

    Infeksi
    Infeksi yang menyebabkan jumlah sperma sedikit bisa di akibatkan dari beberapa penyakit seperti gonore, penyakit menular seksual, infeksi saluran kemih, dan prostatitis. Beberapa penyakit tersebut dapat menyumbat saluran sperma maka dari itu jumlah sperma menjadi lebih sedkit.

    Ejakulasi

    Masalah ejakulasi juga menjadi salah satu faktor penyebab dari jumlah sperma sedikit. Masalah kesehatan ini merupakan kondisi dimana cairan semen atau air mani tidak keluar melalui penis saat terjadi orgasme. Melainkan masuk ke dalam saluran kandung kemih kondisi ini disebut ejakulasi retrograd. Beberapa penyakit yang dapat menyebabkan terjadinya ejakulasi retrograd yaitu diabetes, operasi prostat, dan cedera tulang belakang. Tidak hanya itu mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan terjadinya ejakulasi retrograd seperti obat hipertensi alpha blocker.

    Antibody
    Hal ini memang terajdi secara alami dimana tubuh salah mengidentifikasi sperma yang masuk. Dan tentunya tubuh salah mengartikan jika sperma yang masuk mekrupakan penyerbu yang membahayakan. Maka dari itu sistem antibody akan menghambat hingga menghancurkan sel sperma yang kdi produksi sehingga menyebabkan jumlah sperma menjadi lebih sedikit dan tidak berkualitas.

    Tumor
    Tumor ataupun kanker secara langsung dapat mempengauruhi reproduksi kaim pria. Kedua penyakit tersebut dapat mempengaruhi kelenjar hipofisis yang beperan aktif dalam menghasilkan hormon yang berpengaruh pada sistem reproduksi. Pengobatan tumor dan kanker yaitu dengan kemoterapi juga dapat berpengaruh pada kualitas sperma dan kesuburan pria.

    Hormon yang tidak seimbang

    Tentunya bukan hal yang baru ketidakseimbangan memang dapat mempengaruhi kesehatan seseorang. Salah satunya yaitu dapat mempengaruhi jumlah sperma menjadi lebih sedikit. Terjadinya perubahan pada hormon  ataupun terjadinya perubahan pada sistem tiroid dan adrenal dapat merusak produktifitas sperma.

    Obat
    Sudah di sebutkan sebelumnya jika penggunaan obat-obatan tertentu dapat menyebabkan produksi sperma terganggu. Pengobatan untuk beberapa penyakit tertentu memang menjadi pengaruh pada kualitas sperma pria. Beberapa obat yang berpengaruh pada kualitas dan produktifitas sperma yaitu obat kanker, obat anti jamur, juga mengkonsumsi steroid anabolik dalam kurun wakktu yang lama.

    baca juga artikel lainnya:

    Manfaat Telur Bebek Untuk Kesuburan

    Manfaat Vitamin D Untuk Kesuburan

    Tips Berhenti Merokok Untuk Kesuburan

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - September 10, 2016
    Diskusi Dari:
    hayleyfrench7

    Selamat pagi bu bidan saya mau bertanya saat ini saya sedang hamil memasuki trimester kedua akhir-akhir ini saya sering kali marah-marah dan mood saya pun gampang berubah-ubah. Apakah saat ini saya stres dan apakah ada dampaknya bagi janin dalam kandungan saya. Jika iya bagaimana cara mengatasinya mohon jawabannya

    Dijawab Oleh : hayleyfrench7
    Diskusi Dari:
    Princess mikha

    Halo Bu Bidan, saya mau tanya, apakah tidak apa-apa jika bayi diberi susu formula untuk beberapa hari saja ? Apa ada efek sampingnya ?

    Dijawab Oleh : Princess mikha
    Diskusi Dari:
    Cantika Rahayu

    Selamat pagi bu bidan, maaf sebelumnya saya tidak menanyakan bahasan kesehatan. Saya memiliki anak usia 8 tahun. Ia sekarang baru masuk kelas 3 SD. Sewaktu kecil anak saya itu nurut sama saya, tapi semakin besar kok dia malah sulit untuk diatur. Apa yang salah dengannya atau saya sendiri yang salah mendidiknya selama ini ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih

    Perlu Jawaban
    Diskusi Dari:
    Hilman Suhilman

    Selamat siang bu bidan , Pada saat hamil 24 minggu dokter baru memberirahukan ke saya bahwa janin yang dikandung mengalami gangguan perkembangan. setelah saya kontrol 2 minggu kemudian dan dilakukan USG, dokter menyatakan janin saya tidak bernafas lagi, dan sepertinya sudah tidak ada sekitar 1 minggu. Yang ingin saya tanyakan apa penyebab gangguan pertumbuhan pada janin dan apakah bisa diketahui dari awal kehamilan?

    Dijawab Oleh : Hilman Suhilman
    Diskusi Dari:
    Muhammad Hanif Maulana

    Selamat sore bu bidan, saat ini saya sedang mengandung usia 8 bulan, dan setelah melakukan USG ternyata bayi saya mempunyai berat badan yang tergolong bayi besar. Kata dokter, saya lebih baik melakukan episiotomi. Tetapi saya ragu dan takut akan rasa sakitnya, dan apakah episiotomi itu amak dilakukan? Mohon penjelasannya, terimakasih

    Dijawab Oleh : Muhammad Hanif Maulana