×

Meskipun Tak Bertulang, Penis Juga Bisa Patah Lho!

Bagikan Artikel :

Meskipun Tak Bertulang, Penis Juga Bisa Patah Lho!

Sedikit aneh apabila mendengar penis patah, karena penis tidak bertulang. Sebutan penis patah ini adalah kondisi tertekuknya penis saat ereksi secara tiba-tiba. Paksaan tersebut mengakibatkan robekan pada tunika albuginea (lapisan pada tubuh penis yang ereksi). Hal ini menyebabkan hilangnya ereksi seketika.

Dalam kasus yang ekstrem, robeknya uretra bahkan bisa terjadi. Fraktur penis ini dianggap sebagai kedaruratan urologi, sehingga jika gejalanya ditemukan maka Anda memerlukan konsultasi sesegera mungkin. Kegagalan untuk memperbaiki cedera tunika albuginea dapat menyebabkan disfungsi ereksi. Untuk informasi selengkapnya, mari kita lihat penjelasan berikut.

Related Posts :

    Tanda Dan Gejala Penis Patah

    Seperti yang telah dijelaskan di atas, fraktur penis terjadi akibat robeknya tunika albuginea. Tunika tersebut mengelilingi corpora cavernosa, jaringan spons khusus dalam inti penis yang diisi dengan darah selama ereksi. Ketika ia terobek, darah yang biasanya berada pada ruang ini bocor keluar ke jaringan lain. Oleh karena itu, Anda akan mengalami memar dan bengkak. Biasanya akan ada suara yang muncul. Jika hal itu disertai dengan sakit parah pada penis, terutama berkaitan dengan memar, bengkak, dan hilangnya ereksi, maka Anda harus segera mencari perawatan darurat.

    Penyebab Penis Patah

    Hal ini dapat terjadi di setiap situasi selama berhubungan seksual ketika penis mendorong tidak pada tempat yang seharusnya, sehingga ia menabrak sesuatu yang solid (seperti perineum). Biasanya ini terjadi saat berhubungan seks vaginal dengan posisi wanita di atas. Dalam skenario ini, penis tidak sengaja keluar dari vagina dan wanita menumpukan seluruh berat badannya ke bawah pada penis. Tapi, hal ini bisa juga terjadi pada posisi misionaris atau akrobat seksual.
    Dalam mekanisme lain yang telah dijelaskan, hal ini mencakup hubungan penetratif anal, mastrubasi agresif, dan secara tidak sengaja berguling ke penis yang sedang ereksi saat tidur. Dalam etnis tertentu, praktik “Taqaandan” (dengan sengaja memaksakan penis ereksi membengkok selama masturbasi) juga dapat menjadi penyebabnya.

    Pengobatan Penis Patah

    Dokter akan memberi bius lokal pada pasien, lalu membuka kulit melalui satu atau lebih sayatan di penis. Kemudian dokter menemukan tepi robekan dan menutupnya dengan jahitan. Kadang-kadang robekan ini sangat luas, sekitar setengah lingkar penis, sehingga membutuhkan sekitar 10 jahitan. Kemudian dokter menutup semuanya. Operasi ini memakan waktu sekitar 1 jam, dan kebanyakan orang langsung bisa pulang setelahnya. Sebagian besar pria dapat kembali melakukan hubungan seksual dalam waktu kurang lebih satu bulan (setelah luka sembuh).

    Komplikasi Jika Tidak Ditangani

    Pada beberapa kasus, Anda mungkin dapat menghindari operasi, namun secara umum Anda akan memiliki komplikasi di masa depan. Robek parsial atau menyeluruh dari tunika albuginea dapat menyebabkan jaringan parut jangka panjang, dan penumpukan jaringan parut dapat menyebabkan disfungsi ereksi atau penyimpangan penis, seperti lengkungan kronis pada penis (menyebabkan ereksi yang membengkok ke samping dan terkadang pada sudut 45 derajat).

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 20, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Sulit makan MpAsi….,,

  • Oleh : THESSYA ULIANTRY
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Assalamualaikum,, bu bidan sya ibu aan dari kasturi,, yg waktu mw lahiran di ibu ga jadi krna ibu sakit,, bu saya mau konsul,, bayi sya udh berumur 6bln jalan mau 7 bln,, tpi ia ada keluhan dlm pencernaan makanan, semenjak makan MPAsi ia suka mual2 dan muntah gak cocok hingga sampai kekurangan cairan akibat dehidrasi dan wktu itu ibu ngasih obat mual,, sampai asi pun di muntah kan tpi dri obat ibu, asi bisa masuk lagi.
    Dan skrng sya bingung , anaknya sudah mau makan bngt,, lalu sya kasih alternatif lain yg alami,, yaitu ubi/ boled,, lalu ia pun suka dn ga muntah alhamdulillah,, tapi bu ia skrng bab terus dan ada darah sedikit hari ini saja,, mungkin karena ada dua hal, sya makan pedas wktu kemarin atau krna makan ubi,, mohon solusi dari ibu…..,,

    Bercak darah di vagina

  • Oleh : Shinta Romadona
  • 2 tahun yang lalu

    Pagi bu bidan, saya seorang pelajar berusia 23 tahun saya suka bercak darah, seperti keputihan dan ada darah gitu, biasanya itu terjadi kalo saya mengkonsumsi makanan pedas langsung terjadi, apakah itu bahaya?, dulu 4tahun belakang saya pernah periksa ke dokter kandungan dan di Usg, katanya saya mengalami iritasi rahim karna saya sering memakai pakaian ketat, yang ingin saya tau, itu penyakit apa, dan bagaimana solusi mengobati nya? Terimakasih bu bidan ☺️🙏

    Seputar vagina

  • Oleh : Qoyyumul Hikmah
  • 6 bulan, 3 minggu yang lalu

    “Setelah melahirkan sya sering kentut lewat vagina,tp gak berbau. Dan juga kenapa setelah melahirkan divagina saya kayak ada benjolan gitu. Rasanya juga kadang nyeri .Vagina juga agak kering,trus kalau buang air kecil sering gak tuntas . Dan kalau berhubungan intim nyeri kayak prawan lg gitu.
    Mau konsultasi sma bidan disini,rasa ya malu.
    Apakah berbahaya bu
    Maaf ya bu . Terimakasih

  • Oleh : Qoyyumul Hikmah
  • Keputihan

  • Oleh : Nela Nurlaela
  • 12 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan. Nama saya nela nurlaela umur saya 19th saya mau tanya bu. Saya sedang keputihan tetapi warna aga kuning keijoan sedikit bentuknya encer ga terlalu kental banget terasa gatal juga dan saya juga baru habis menstruasi sekitar semingguan dari tanggal 19-25 dan sekarang lagi keputihan. Gimana cara mengatasinya ya bu. Terimakasih mohon jawaban nya😊

    Amankah episiotomi saat persalinan?

  • Oleh : Muhammad Hanif Maulana
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saat ini saya sedang mengandung usia 8 bulan, dan setelah melakukan USG ternyata bayi saya mempunyai berat badan yang tergolong bayi besar. Kata dokter, saya lebih baik melakukan episiotomi. Tetapi saya ragu dan takut akan rasa sakitnya, dan apakah episiotomi itu amak dilakukan? Mohon penjelasannya, terimakasih

    Tanya Bidan