×

Mitos Kacang Kedelai Dapat Menurunkan Kesuburan Pria

Bagikan Artikel :

Bidan Online-, Mitos Kacang Kedelai Dapat Menurunkan Kesuburan Pria-, Dalam beberapa penelitian mengungkap bahwa ternyata mengkonsumsi kacang kedelai kurang membantu bagi pasangan suami istri yang ingin segera mendapatkan buah hati. Ada banyak jenis makanan yang terbuat dari bahan dasar kacang kedelai diantaranya tempe, susu kedelai, tahun dan produk lainnya.

Kedelai adalah satu satu sumber protein hewani dan dikenal mengandung banyak manfaat yaitu mengurangi kadar kolesterol, mengurangi risiko jantung, osteoporosis, gejala menopause dan kanker payudara.

Jadi kaitannya kacang kedelai dengan kesuburan pria ? Kedelai memiliki salah satu jenis fitoestrogen atau dikenal dengan nama isoflavon dan isoflavon inilah yang berkaitan dengan kesuburan atau masa subur pria karena akan memberikan dampak terhadap produksi sperma dan hormon reproduksinya. Seperti penelitian yang dilakukan di Kings’s College London pada tahun 2005 menunjukan sperma kehilangan akrosomnya atau bagian yang untuk sperma bisa menembus sel telur meningkat hingga tiga kali lipat setelah terpapar oleh genistein isoflavon yang ditemukan dalam kedelai.

Related Posts :

    Para pria yang mengkonsumsi banyak produk kedelai mempunyai konsentrasi sperma yang rendah dibandingkan dengan pria yang tidak mengkonsumsi kedelai sama sekali. Dan penelitian mengenai hal ini lebih jelas terlihat hasilnya pada pria obesitas atau overweight.

    Studi mengenai mengkonsumsi kedelai bisa menurunkan konstrentrasi sperma tidak bisa dipastikan secara jelas karena konsentrasi sperma yang rendah justru terletak pada pria yang mengalami overweight atau obesitas dan faktor lainnya.

    Begitu juga dengan penelitian yang dilakukan di negara barat mengakui asupan kedelai pada pria Asia menunjukan dapat mengurangi kesuburan pria dan mitos mengenai kedelai dengan kesuburan pria belum terbukti benar. Oleh karena itu bagi pria yang senang dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan dasar kedelai tidak perlu khawatir.

    Setelah mengetahui kebenaran yang belum dipastikan 100% sebaiknya jika Anda ingin memakan makanan dengan bahan kedelai tidak perlu ragu dan takut makanlah makan yang sehat serta bergizi dengan jumlah yang normal. Ada banyak manfaat dari kedelai untuk kesehatan tubuh dan berikut manfaat kacang kedelai bagi pria :

    • Mencegah Kanker Prostat, kandungan zat fitokimia yang mampu menurunkan resiko kanker prostat pada pria bisa jadi membantu menyembuhkan penyakit ini. Penelitian mengenai zat genistein isoflavon di dalam kedelai bisa mencegah kanker prostat serta penelitian lainnya menunjukan pria mempunyai kemungkinan yang lebih lebih kecil.
    • Mencegah Jantung Koroner, kedelai mempunyai banyak zat – zat di dalam tubuhnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kandungan lemak jenuh yang rendah serta tinggi akan lemak tak jenuh seperti asam lemak omega-3 dan asam lemak omega-6 dan ini bisa membantu mengurangi kadar kolesterol di dalam darah. Mengkonsumsi kedelai secara langsung bisa menurunkan kolesterol di dalam darah dan mengkonsumsi makanan yang mengandung kedeal mengurangi penyakit jantung koroner.

    Baca Juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 10, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    virus toksoplasma pada kehamilan

  • Oleh : debbyaprilyulia
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    apakah bahaya dari ibu hamil yang baru terdeteksi virus toksoplasma?

    Menghadapi anak yang sulit diatur

  • Oleh : Cantika Rahayu
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, maaf sebelumnya saya tidak menanyakan bahasan kesehatan. Saya memiliki anak usia 8 tahun. Ia sekarang baru masuk kelas 3 SD. Sewaktu kecil anak saya itu nurut sama saya, tapi semakin besar kok dia malah sulit untuk diatur. Apa yang salah dengannya atau saya sendiri yang salah mendidiknya selama ini ? Mohon penjelasannya bu bidan. Terimakasih

  • Oleh : Cantika Rahayu
  • Bagaimana Cara Menghadapi Anak yang Super Aktif dan Ngga Mau Diam

  • Oleh : leticiabauer1
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Anak saya umurnya 5 tahun, dia tipe anak engga bisa di suruh diam atau bahkan malah ngga dengerin apa yang orang tua bilang. Saya sebagai orang tua kadang merasa kesal karena susah diatur dan bingung mesti ngapain. Apakah menurut bu bidan, tipe anak seperti ini bagus dalam tumbuh kembangnya? dan bagaimana sikap orang tua sebaiknya dalam menghadapi anak yang seperti ini?

    Ingin Hamil Setelah Melepas KB

  • Oleh : Cheriesa Maradeka Kusuma
  • 2 tahun, 9 bulan yang lalu

    Siang dok, saya mau bertanya. 2 tahun lalu kami menikah, dan kami belum begitu menginginkan keturunan sehingga memutuskan untuk menggunakan KB. Saya menggunakan KB selama 1 tahun, dan kini sudah tidak menggunakan KB 1 tahun. Pertanyaan nya, kenapa saya tidak bisa hamil juga sampai saat ini, padahal saya sudah melepas KB tersebut 1 tahun yang lalu. Mohon penjelasannya dok

  • Oleh : Cheriesa Maradeka Kusuma
  • Bercak Darah atau Flek Saat Hamil Usia 7 Minggu

  • Oleh : Asti Anisa
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    Sore dok, saat ini saya sedang hamil 7 minggu. Tapi kemarin, saya menemukan ada bercak darah atau flek pada celana dalam. Itu pertanda apa yah dok ? saya takut, apa itu menjadi tanda keguguran atau bagaimana ? Mohon penjelasannya yah dok. Terimakasih.

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan