×

Mitos Kacang Kedelai Dapat Menurunkan Kesuburan Pria

Bagikan Artikel :

Bidan Online-, Mitos Kacang Kedelai Dapat Menurunkan Kesuburan Pria-, Dalam beberapa penelitian mengungkap bahwa ternyata mengkonsumsi kacang kedelai kurang membantu bagi pasangan suami istri yang ingin segera mendapatkan buah hati. Ada banyak jenis makanan yang terbuat dari bahan dasar kacang kedelai diantaranya tempe, susu kedelai, tahun dan produk lainnya.

Kedelai adalah satu satu sumber protein hewani dan dikenal mengandung banyak manfaat yaitu mengurangi kadar kolesterol, mengurangi risiko jantung, osteoporosis, gejala menopause dan kanker payudara.

Jadi kaitannya kacang kedelai dengan kesuburan pria ? Kedelai memiliki salah satu jenis fitoestrogen atau dikenal dengan nama isoflavon dan isoflavon inilah yang berkaitan dengan kesuburan atau masa subur pria karena akan memberikan dampak terhadap produksi sperma dan hormon reproduksinya. Seperti penelitian yang dilakukan di Kings’s College London pada tahun 2005 menunjukan sperma kehilangan akrosomnya atau bagian yang untuk sperma bisa menembus sel telur meningkat hingga tiga kali lipat setelah terpapar oleh genistein isoflavon yang ditemukan dalam kedelai.

Para pria yang mengkonsumsi banyak produk kedelai mempunyai konsentrasi sperma yang rendah dibandingkan dengan pria yang tidak mengkonsumsi kedelai sama sekali. Dan penelitian mengenai hal ini lebih jelas terlihat hasilnya pada pria obesitas atau overweight.

Studi mengenai mengkonsumsi kedelai bisa menurunkan konstrentrasi sperma tidak bisa dipastikan secara jelas karena konsentrasi sperma yang rendah justru terletak pada pria yang mengalami overweight atau obesitas dan faktor lainnya.

Related Posts :

    Begitu juga dengan penelitian yang dilakukan di negara barat mengakui asupan kedelai pada pria Asia menunjukan dapat mengurangi kesuburan pria dan mitos mengenai kedelai dengan kesuburan pria belum terbukti benar. Oleh karena itu bagi pria yang senang dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan dasar kedelai tidak perlu khawatir.

    Setelah mengetahui kebenaran yang belum dipastikan 100% sebaiknya jika Anda ingin memakan makanan dengan bahan kedelai tidak perlu ragu dan takut makanlah makan yang sehat serta bergizi dengan jumlah yang normal. Ada banyak manfaat dari kedelai untuk kesehatan tubuh dan berikut manfaat kacang kedelai bagi pria :

    • Mencegah Kanker Prostat, kandungan zat fitokimia yang mampu menurunkan resiko kanker prostat pada pria bisa jadi membantu menyembuhkan penyakit ini. Penelitian mengenai zat genistein isoflavon di dalam kedelai bisa mencegah kanker prostat serta penelitian lainnya menunjukan pria mempunyai kemungkinan yang lebih lebih kecil.
    • Mencegah Jantung Koroner, kedelai mempunyai banyak zat – zat di dalam tubuhnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kandungan lemak jenuh yang rendah serta tinggi akan lemak tak jenuh seperti asam lemak omega-3 dan asam lemak omega-6 dan ini bisa membantu mengurangi kadar kolesterol di dalam darah. Mengkonsumsi kedelai secara langsung bisa menurunkan kolesterol di dalam darah dan mengkonsumsi makanan yang mengandung kedeal mengurangi penyakit jantung koroner.

    Baca Juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 10, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kehamilan Setelah KB

  • Oleh : Nelly Tampubolon
  • 5 bulan, 3 minggu yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan …

    Nama saya Disti Hanifa, saya sudah menikah sekitar 4 bulan ini dan kemarin saya mengaja menggunakan KB jenis suntik 1 bulan sekali untuk menunda kehamilan dan sudah 2 kali ini saya menggunakan KB suntik bu. Sekarang saya mau program hamil dan saya mau bertanya, untuk kembali mendapatkan kesuburan setelah KB berapa bulan bu ? Terus makanan apa aja yang harus saja hindari supaya program hamil saya lancar.

    Terima kasih.

    Aisyah Putri Setiawan

  • Oleh : Bunga Handayani
  • 5 bulan, 3 minggu yang lalu

    Siang Dok, Saya wanita berusia 22 Tahun mau bertanya tentang flek yang keluar seperti menstrulasi. Saat ini, saya sering kali haid yang tidak teratur yang sering kali mundur dan maju setidaknya 6 bahkan 10 hari dari tanggal bulan kemarin. Saat ini tubuh saya sering merasakan gejala gejala akan datangnya haid, namun tidak kunjung datang juga bahkan hanya keluar flek hitam sedikit saat cebok setelah buang air kecil. Sampai saat ini saya mersakan nyeri di bagian punggung dan kram dibagian perut seperti haid namun tak kunjung juga. Apakah ini kondisi yang normal dirasakan?

    Makanan Sehat Untuk Wanita

  • Oleh : Uchi Susilawati
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Selamat pagi bu bidan, saya mau tanya kita sebagai wanita kan akan mengalami fase fase sulit seperti menstruasi, hamil, pasca melahirkan dan lain sebagainya. Nah makanan seperti apa yang dianjurkan untuk kita (wanita) agar kesehatan kita tetap terjaga dan seimbang? agar kita tidak rentan lelah atau terserang penyakit. Terimkasih bu bidan Wassalam…

  • Oleh : Uchi Susilawati
  • Alasan Kenapa Berat Badan Turun Saat Hamil

  • Oleh : Winda
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat siang,
    Saat ini istri saya tengah mengandung dan sering sekali mengalami mual dan muntah. Selain itu, saya lihat berat badannya malah sedikit menurun. Apa ini berbahaya? dan apa yang menjadi penyebab turunnya berat badan istri saya, apa mungkin ada hubungannya dengan gejala mual muntah yang dialami oleh istri saya?

    Tentang pra subur

  • Oleh : Ahmad Dun
  • 4 minggu, 1 hari yang lalu

    Kpd bidan yg terhormat:
    Setelah menstruasi/ sudah suci, trus brhubungan badan.. Apakah bisa terjadi hamil?

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan