×

Mitos Kacang Kedelai Dapat Menurunkan Kesuburan Pria

Bagikan Artikel :

Bidan Online-, Mitos Kacang Kedelai Dapat Menurunkan Kesuburan Pria-, Dalam beberapa penelitian mengungkap bahwa ternyata mengkonsumsi kacang kedelai kurang membantu bagi pasangan suami istri yang ingin segera mendapatkan buah hati. Ada banyak jenis makanan yang terbuat dari bahan dasar kacang kedelai diantaranya tempe, susu kedelai, tahun dan produk lainnya.

Kedelai adalah satu satu sumber protein hewani dan dikenal mengandung banyak manfaat yaitu mengurangi kadar kolesterol, mengurangi risiko jantung, osteoporosis, gejala menopause dan kanker payudara.

Jadi kaitannya kacang kedelai dengan kesuburan pria ? Kedelai memiliki salah satu jenis fitoestrogen atau dikenal dengan nama isoflavon dan isoflavon inilah yang berkaitan dengan kesuburan atau masa subur pria karena akan memberikan dampak terhadap produksi sperma dan hormon reproduksinya. Seperti penelitian yang dilakukan di Kings’s College London pada tahun 2005 menunjukan sperma kehilangan akrosomnya atau bagian yang untuk sperma bisa menembus sel telur meningkat hingga tiga kali lipat setelah terpapar oleh genistein isoflavon yang ditemukan dalam kedelai.

Para pria yang mengkonsumsi banyak produk kedelai mempunyai konsentrasi sperma yang rendah dibandingkan dengan pria yang tidak mengkonsumsi kedelai sama sekali. Dan penelitian mengenai hal ini lebih jelas terlihat hasilnya pada pria obesitas atau overweight.

Studi mengenai mengkonsumsi kedelai bisa menurunkan konstrentrasi sperma tidak bisa dipastikan secara jelas karena konsentrasi sperma yang rendah justru terletak pada pria yang mengalami overweight atau obesitas dan faktor lainnya.

Begitu juga dengan penelitian yang dilakukan di negara barat mengakui asupan kedelai pada pria Asia menunjukan dapat mengurangi kesuburan pria dan mitos mengenai kedelai dengan kesuburan pria belum terbukti benar. Oleh karena itu bagi pria yang senang dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan dasar kedelai tidak perlu khawatir.

Setelah mengetahui kebenaran yang belum dipastikan 100% sebaiknya jika Anda ingin memakan makanan dengan bahan kedelai tidak perlu ragu dan takut makanlah makan yang sehat serta bergizi dengan jumlah yang normal. Ada banyak manfaat dari kedelai untuk kesehatan tubuh dan berikut manfaat kacang kedelai bagi pria :

  • Mencegah Kanker Prostat, kandungan zat fitokimia yang mampu menurunkan resiko kanker prostat pada pria bisa jadi membantu menyembuhkan penyakit ini. Penelitian mengenai zat genistein isoflavon di dalam kedelai bisa mencegah kanker prostat serta penelitian lainnya menunjukan pria mempunyai kemungkinan yang lebih lebih kecil.
  • Mencegah Jantung Koroner, kedelai mempunyai banyak zat – zat di dalam tubuhnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kandungan lemak jenuh yang rendah serta tinggi akan lemak tak jenuh seperti asam lemak omega-3 dan asam lemak omega-6 dan ini bisa membantu mengurangi kadar kolesterol di dalam darah. Mengkonsumsi kedelai secara langsung bisa menurunkan kolesterol di dalam darah dan mengkonsumsi makanan yang mengandung kedeal mengurangi penyakit jantung koroner.

Baca Juga :

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 10, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Menstruasi yang terlalu lama

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat sore, bidan saya mau tanya lagi, mengapa saya menstruasi terlalu lama. biasanya saya mens hanya 5-7 hari, namun sehabis menjalani treatment bekam saya menjadi mens terlalu lama bisa sampai 14 hari lebih, dan biasanya darah yang keluar setelah 7 hari berwarna merah kehitaman. saya takut karena katanya kalau lebih dari 14 hari itu darah penyakit. padahal 2 bulan lalu saya bekam sebelum haid. mohon penjelasannya terimakasih

    Mens berkepanjangan

  • Oleh : Wiwin Anand
  • 2 tahun, 5 bulan yang lalu

    Mf bu saya sudah menikah 4 thn tapi blum dpat keturunan.. saya klo mens berhentinya lama hampir sebulan kadang sebulan lebih.. mens kaya gini udah 7 tahunan

    Saya mau nanya

  • Oleh : Deshinta Dodyanti
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Asalamualaikkum

    Pendarahan setelah melakukan hubungan badan

  • Oleh : Reni Ristiani
  • 10 bulan yang lalu
  • Oleh : Reni Ristiani
  • Benjolan payudara

  • Oleh : Eva Rahmawati
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Saya mau tanya untuk menghilangkan benjolan payudara gimana ya dok? Payudara sebelah kiri saya ada benjolan tp tidak sakit, kalo kata dokter yg periksa saya waktu itu. Katanya itu kelebihan hormon

    Tanya Bidan