×

Pengaruh Operasi Vaginoplasty Terhadap Tercapainya Kepuasan Seksual

Bagikan Artikel :


Vaginoplasty adalah operasi yang dilakukan untuk mengencangkan dan menyempitkan lubang vagina. Peminat operasi ini terus meningkat sebagai operasi kosmetik. Biasanya wanita melakukan operasi ini dengan alasan agar bisa memberikan kepuasan yang maksimal saat melakukan hubungan seksual.  Wanita yang melakukan operasi vaginoplasty lebih banyak pada wanita yang telah melahirkan, menopause, obesitas dll. Sebagian besar wanita yang akan melakukan operasi vaginoplasty mengatakan bahwa pasanganya mengeluh longgar, tidak menggigit, tidak ada sensasi, kurang menggairahkan, dan tidak menyenangkan lagi.

Riwayat persalinan (terutama lebih dari 4), penuaan, dan faktor genetik seringkali menyebabkan otot vagina meregang, robek dan melemah. Diameter vagina membesar dan biasanya pasien merasa kehilangan sensasi dan kesenangan saat melakukanm hubungan seksual. Operasi vaginoplasty dapat mengembalikan kondisi vagina seperti saat sebelum kehamilan, meningkatkan kontrol otot untuk berkontraksi dan meregang, yang pada akhirnya akann mendatangkan kesenangan seksual untuk pasien dan pasanganya.
Operasi vaginoplasty seringkali ditemani dengan labioplasty, disebut sebagai vaginal rejuvenation (peremajaan kembali pada vagina). Operasi ini dilakukan untuk memperindah penampilan bibir vagina yang awalnya panjang bergelambir menjadi kecil dan kencang.

Alasan Wanita Melakukan Operasi Vaginoplasti

• Melahirkan

Adanya pertumbuhan ganas atau abses pada vagina

• Gangguan turunan yang memengaruhi vagina, uretra atau rektum

Prolaps uterin (rahim turun ke lubang vagina)

• Trauma pada area kelamin yang memengaruhi strukturnya. Prosedur ini juga biasanya dilakukan sebagai bagian dari operasi penggantian kelamin.

• Pembesaran diameter vagina

• Sobeknya vagina akibat trauma, perkosaan, danlain-lain

• Pembentukan vagina tidak sempurna

Related Posts :

    • Keruntuhan rahim, usus, kandung kemih, sebagian dinding vagina.

    • Sukar menahan buang air kecil saat batuk

    Teknik dan Prosedur Vaginoplasty

    Operasi vaginoplasty dilakukan bisa dengan melakukan pembiusan umum atau pembiusan lokal. Tindakan berlangsung dalam satu hingga dua jam.
    Tindakan vaginoplasty dilakukan dengan membuang jaringan yang berlebih, merapatkan/menyatukan jaringan penyokong dan otot dinding vagina
    serta perineum (daerah antara vulva dan anus). Setelah itu jaringan dikencangkan dengan jahitan yang kuat dan mukosa dijahit tertutup sehingga vagina tampak kencang kembali.

    Proses Pemulihan Tindakan Vaginoplasty

    Dalam kurun waktu tersebut, lapisan mukosa akan pulih lebih dulu, dengan waktu kurang dari 1 minggu. Selanjutnya, disusul pemulihan jaringan otot dalam waktu kurang dari 3 minggu. Pemulihan terakhir adalah pada jaringan saraf, yang membutuhkan waktu hingga 6 minggu.

    Ketidaknyaman saat melakukan operasi ini akan membuat wanita tidak bisa beraktivitas seperti biasanya selama beberapa hari. Setelah 2-4 hari, Anda mulai bisa beraktivitas seperti biasanya dan kembali berolahraga setelah 4 minggu. Penyembuhan sempurna baru dicapai setelah 6 minggu dan dapat kembali aktif secara seksual. Kadang pasien mengeluhkan adanya perdarahan ringan atau nyeri akibat pembengkakan pada daerah operasi. Namun biasanya akan hilang dalam waktu satu atau dua hari. Selama proses penyembuhan pasien dilarang untuk berhubungan seksual dalam waktu 6 minggu setelah operasi

    Efek Operasi Vaginoplasty Terhadap Respon Seksual

    Meskipun jaringan vagina dapat meregang, operasi mengencangkan jaringan vagina (vaginoplasty) tidak dapat menjamin respon seksual yang tinggi, karena keinginan, gairah, dan orgasme akan timbul pada tubuh seseorang secara alami.

    Syarat dilakukanya Operasi Vaginoplasty

    Operasi ini sebaiknya dilakukan pada wanita yang tidak ingin lagi memiliki anak. Jika masih ingin memiliki anak maka hasil operasi akan kembali dibuka saat ibu akan melahirkan untuk menghindari robekan yang tidak beraturan saat proses persalinan. Maka hasil operasi dengan biaya yang cukup tinggi ini menjadi sia-sia. Kecuali jika Anda melakukan persalinan yang telah direncanakan sejak awal dengan operasi caesar. Terlepas dari hal tersebut, jangan lupa untuk konsultasi terlebih dulu sebelum operasi dan lakukan tindak perawatan sesuai peunjuk dokter.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 19, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Jerawat di vagina

  • Oleh : Agustina Effendi
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat malam dok. Mau bertanya, kmrn di vagina saya daerah tumbuhnya rambut ada satu jerawat, jerawat ini muncul beberapa hari setelah saya mencukur bulu, dan berbarengan jg dgn kemunculan jerawat di wajah.
    Jerawat yg di vagina td seperti pecah dan mengeluarkan darah. Kira2 berbahaya atau tidak ya?

    Tentang keguguran

  • Oleh : Dewi Utary
  • 5 bulan yang lalu

    Assalamualaikum
    Ka,saya habis keguguran sebulan yg lalu keluar daging kaya ati terus keluar darahnya sedikit udh gitu ga keluar lagi darah, sesudah itu saya sering merasa badan lemes suka mual gituu kemungkinan hamilnyaa udh 2 mingguan gmn bu apa rahim saya ga bersih?

  • Oleh : Dewi Utary
  • Haid tidak teratur

  • Oleh : Fitri Fitri
  • 9 bulan, 3 minggu yang lalu

    Dok apakah haid tidak teratur bisa hamil

  • Oleh : Fitri Fitri
  • pre-eklampsia

  • Oleh : rina
  • 2 tahun, 11 bulan yang lalu

    pre-eklampsia pada ibu hamil itu berbahaya ga ya bu bidan?

    Tentang payudara

  • Oleh : Monica Sindi
  • 10 bulan, 2 minggu yang lalu

    Bidan..
    Saya mau bertanya…
    Gini baru2 ini saya baru mengetahui ada benjolan di payudara saya .
    Namun tidak terasa sakit
    Saya pernah search digoogle bahwa kanker payudara itu jika puting dipencet akan keluar air .
    Nah ini gak ..
    Hanya ada benjolan namun tidak terasa sakit…
    Itu kenapa ya?
    Mohon bantuannya 🙏🏻🙏🏻

    Tanya Bidan