×

Penyebaran Tumor Pada Kanker Serviks Stadium 4

Bagikan Artikel :

Penyebaran Tumor Pada Kanker Serviks Stadium 4

Kanker serviks disebut sebagai penyakit pembunuh wanita nomor 1 di seluruh dunia. Resiko kematian pada penyakit kanker serviks akan meningkat pada stadium lanjut atau stadium 4. Harapan hidup 5 tahun pasien kanker serviks stadium 4 sekitar 14%.

Stadium pada kanker digunakan untuk mendeskripsikan penyebaran tumor pada jenis kanker seperti di mana letak kanker, lokasi penyebarannya, dan bagaimana pengaruhnya pada bagian tubuh pada saat diagnosis.

Related Posts :

    Kanker serviks stadium 4 umumnya terdeteksi dari pemeriksaan panggul yang abnormal atau gejala yang dihasilkan oleh pasien yang mengalami kanker. Setelah melakukan pemeriksaan, kanker stadium 4 dikatakan ada jika kanker telah menyebar ke dalam organ lain yang berdekatan dengan leher rahim ataupun meluas ke bagian tubuh lainnya.

    Tahap-tahap Kanker Serviks Stadium 4

    1. Tahap 4A : dalam keadaan ini kanker telah menyebar ke organ yang berdekatan dengan leher rahim seperti kandung kemih atau rektum, tetapi tidak ke kelenjar getah bening.

    2. Tahap 4B : dalam keadaan ini, kanker telah menyebar ke lokasi yang lebih jauh dalam tubuh seperti menyebar ke bagian tulang, paru-paru, atau hati.

    Gejala Kanker Serviks Stadium 4 yang Perlu Anda Ketahui

    1. Perubahan jadwal menstruasi

    2. Keputihan yang berbau busuk

    3. Nyeri saat berhubungan seksual

    4. Perdarahan dari vagina di luar siklus menstruasi, setelah melakukan hubungan seksual, atau setelah menopause.

    5. Nyeri punggung bawah, perut bagian bawah, atau pada tulang.

    6. Rasa lelah serta tidak bertenaga, kehilangan selera makan, dan penurunan berat badan.

    7. Pucat karena perdarahan abnormal dari vagina.

    8. Sesak napas karena anemia atau penyebaran kanker ke paru-paru.

    9. Penurunan jumlah urine, urine berdarah, atau inkontinensia urine.

    10. Kebocoran urine atau tinja ke dalam vagina, yang terjadi karena munculnya saluran abnormal (fistula) antara vagina, kandung kemih

    11. Konstipasi (kesulitan BAB)

    12. Pembengkakan pada salah satu tungkai.

    Pengobatan kanker serviks stadium 4

    Tujuan melakukan pengobatan kanker tentunya untuk mengurangi gejala dengan mengontrol perkembangan kanker, meningkatkan kesempatan pasien untuk sembuh, atau memperpanjang kelangsungan hidup pasien. Dalam melakukan pengobatan kanker, harus hati-hati karena potensi risiko dalam melakukan pengobatan kanker pun tidak bisa dibilang remeh.

    Pasien kanker serviks stadium 4 direkomendasikan untuk melakukan kombinasi terapi radiasi dan kemoterapi. Terapi radiasi adalah pengobatan dengan sinar-X yang memiliki kemampuan untuk membunuh sel kanker. Terapi radiasi dilakukan dengan cara menyinari tubuh menggunakan sinar-X atau dengan menyisipkan kapsul kecil yang mengandung bahan radioaktif langsung dekat leher rahim (internal radiasi atau implan).

    Kebanyakan pasien akan melakukan kedua jenis terapi radiasi ini selama pengobatan. Terapi radiasi untuk kanker serviks diberikan pada pasien rawat jalan selama 4 sampai 6 minggu.

    Pentingnya Deteksi Dini Secara Rutin

    Untuk mencegah terjadinya kanker rahim, Anda bisa rutin memeriksakan diri ke dokter melalui prosedur pap smear dan menghindari faktor pemicu kanker serviks. Selain itu, vaksin kanker serviks yang diperuntukkan bagi wanita usia 11 hingga 26 tahun juga berguna untuk membangun sistem kekebalan tubuh untuk melindungi diri dari human papillomavirus (HPV) penyebab kanker rahim.

    Selain mendektsi secara rutin, dianjurkan juga untuk mengonsumsi bersih wanita setiap hari. Ternyata bersih wanita ini ampuh mencegah kanker serviks hingga 10 tahun ke depan.

    Penyebaran Tumor Pada Kanker Serviks Stadium 4
    Untuk konsultasi dan pemesanan klik tombol WhatsApp di bawah ini

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 17, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Menstruasi pada remaja putri

  • Oleh : Nadhifa
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Kenapa saat menstruasi sering muntah muntah

  • Oleh : Nadhifa
  • apakah boleh ibu hamil pakai inhaler?

  • Oleh : Day
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    apakah tidak apa apa jika ibu hamil penderita asma menggunakan inhaler? apa pengaruhnya pada bayi di dalam kandungan?

    tumor FAM

  • Oleh : silvi ana azizah
  • 8 bulan, 4 minggu yang lalu

    halo dok, mau tanya sepertinya saya ada tumor FAM, Ciri-ciri nya payudara sebelah kiri atas ada benjolan ngga sakit bisa digeser, apakah bisa sembuh tanpa operasi dok? posisi saya lagi hamil 6bulan
    mohon bantuannya dok, terimakasih.

  • Oleh : silvi ana azizah
  • Masalah gigi bayi

  • Oleh : Reny Anggra
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat malem ..dok kenapa yah gigi anak saya tumbuhnya gak beraturan ..ada di bawah 1gigi lalu di atas udah nampak 1gigi yg keluar tapi ketiga gigi yg di atas nampak mau tumbuh tapu tidak beraturan ..dok saya khawatir kalau gigi anak saya tumbuh tidak rata..kira2 apa penyebab dan penanganan apa supaya anak syya giginya tumbub dengan rapih

    Kurang berat badan

  • Oleh : Dewi Okriyaningsih
  • 7 bulan, 3 minggu yang lalu

    Dok sy mau tanya sy kan dari gadis sdh kurus tapi sekarang sy sdh hamil knp ngk naik berat badan nya ya dan berat badan ideal hamil di semester 3 itu brapa takut baby nya kurang nutrisi

  • Oleh : Dewi Okriyaningsih
  • Tanya Bidan