×

Rebusan Daun Sirih Tidak Bisa Digunakan Terus Meneru Untuk Membersihkan Vagina

Bagikan Artikel :


Related Posts :

    Sebagai seorang wanita, mengalami keputihan yang terus menerus merupakan kondisi yang tidak nyaman. Hal ini disebabkan karena keputihan bisa menyebabkan daerah vagina lembab dan mudah gatal. Sehingga banyak wanita yang menggunakan rebusan daun sirih sebagai alternatif untuk menghindari keputihan. Mereka menilai bahwa daun sirih dapat menghilangkan keputihan dan menghilangkan rasa gatal pada vagina. Biasanya, mereka akan merebus daun sirih dan menggunakan air rebusannya itu di daerah vagina.

    Daun sirih memang mengandung antiseptik sehingga bisa membunuh bakteri di sekitar vagina. Namun di sisi lain, daun sirih yang dinilai dapat membersihkan justru membuat vagina jadi kering. Keringnya vagina akan mengubah kadar keasaman (ph). Perubahan ph justru dapat memicu tumbuhnya kuman di sekitar vagina.

    Penyebab Keputihan

    Keputihan terjadi karena rangsangan hormon, stress atau akibat aktivitas seksual dan biasanya datang saat masa subur wanita atau sebelum dan sesudah haid. Keputihan jenis ini ditandai dengan cairan yang dikeluarkan tidak berbau dan tidak gatal sedangkan keputihan patologis mengakibatkan gatal dan cairan yang dikeluarkan berbau serta berubah-ubah warna.

    Salah satu penyebab keputihan fatologis pada wanita adalah kebersihan area kewanitaan yang tidak terjaga dengan baik sehingga tumbuhlah bakteri dan jamur. Selain itu, kondisi organ intim yang lembab juga akan menyebabkan keputihan karena menjadi media yang baik untuk jamur dapat tumbuh.

    Cara Merawat Vagina

    Vagina merupakan salah satu bagian tubuh yang mampu membersihkan diri. Vagina yang sehat memproduksi cairan untuk menghanyutkan benda asing yang tidak diinginkan misalnya debu yang masuk ke vagina. Jadi vagina mirip dengan lubang hidung yang memelihara keseimbangan asam basa untuk menghancurkan mikroorganisme yang tidak diinginkan.
    Untuk menjaga vagina agar tetap sehat, dapat dilakukan dengan membersihkan vagina dari arah depan ke belakang dengan air biasa, mengganti pembalut sesering mungkin saat menstruasi. Vagina harus dikeringkan dengan tisu seusai buang air kecil atau buang air besar, mengganti celana dalam minimal 2 kali dalam sehari atau tiap kali terasa lembab, hindari celana dalam yang ketat dan tidak menggunakan pantyliner saat sedang keputihan.

    Pengaruh Penggunaan Rebusan Daun Sirih

    Sebaiknya membersihkan area vagina tidak terus menerus menggunakan rebusan daun sirih atau sabun. Hal ini karena sabun dan rebusan daun sirih bersifat basa dan bisa membunuh semua bakteri yang menguntungkan untuk vagina. Sehingga dapat menyebabkan vagina kering dan mudah iritasi.

    Lebih baik membersihkan vagina dengan air biasa atau menggunakan cairan khusus pembersih vagina dengan pH yang sesuai.
    Bakteri di sekitar vagina juga memiliki peran untuk turut menjaga keseimbangan vagina. Maka dalam penggunaanya tidak dapat dilakukan secara terus menerus melainkan hanya sesekali saja.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 17, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Masalah gigi bayi

  • Oleh : Reny Anggra
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat malem ..dok kenapa yah gigi anak saya tumbuhnya gak beraturan ..ada di bawah 1gigi lalu di atas udah nampak 1gigi yg keluar tapi ketiga gigi yg di atas nampak mau tumbuh tapu tidak beraturan ..dok saya khawatir kalau gigi anak saya tumbuh tidak rata..kira2 apa penyebab dan penanganan apa supaya anak syya giginya tumbub dengan rapih

    Keguguran

  • Oleh : Dewi
  • 5 bulan, 4 minggu yang lalu

    Pagi Dok. Kemarin saya kan keguguran, namun sampai saat ini saya belum memeriksakan nya dikarenakan banyak halangan, dan rencananya besok saya baru akan periksa. Dari kemarin sampai sekarang saya pendarahan terus, dan bahkan terasa ada seperti benjolan dibagian miss V ini yang memang sedikit mengganggu aktivitas saya. Sebenarnya, saya ingin sekali menarik daging yang keluar dari bagian miss V saya, namun saya merasakan takut ada hal yang bisa membahayakan kesehatan saya. Saya mau bertanya, bagai mana solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini?

    Menstruasi yang terlalu lama

  • Oleh : Dian Poenya Raizo
  • 10 bulan, 2 minggu yang lalu

    Selamat sore, bidan saya mau tanya lagi, mengapa saya menstruasi terlalu lama. biasanya saya mens hanya 5-7 hari, namun sehabis menjalani treatment bekam saya menjadi mens terlalu lama bisa sampai 14 hari lebih, dan biasanya darah yang keluar setelah 7 hari berwarna merah kehitaman. saya takut karena katanya kalau lebih dari 14 hari itu darah penyakit. padahal 2 bulan lalu saya bekam sebelum haid. mohon penjelasannya terimakasih

    Tidak haid

  • Oleh : Trisna Trisna
  • 5 hari, 18 jam yang lalu

    Tidak haid selama setahun lebih setelah kuret, dan bisa haid kalo minum obat hormon

  • Oleh : Trisna Trisna
  • Telat Haid Dan Hanya Bercak Merah Ketika Haid Datang

  • Oleh : Yuli Ani
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan,

    Saya seorang wanita berusia 22 tahun dan sudah menikah, akhir-akhir ini saya merasakan tidak enak badan seperti masuk angin, makan saya tidak selera, dan badan juga tidak enak rasanya. Masa haid saya juga terlambat 1 minggu lebih dan begitu dapat, sedikit sekali, seperti bercak berwarna merah kehitaman. Apakah kondisi itu dikarenakan saya sedang banyak pikiran dan stress? Atau ada gangguan penyakit lainnya? Sebelumnya, saya tunggu jawabannya ya bu.

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan