×

Seorang Transgender Masih Bisa Hamil Dan Mempunyai Keturunan Lho!

Bagikan Artikel :

Seorang Transgender Masih Bisa Hamil Dan Mempunyai Keturunan Lho!

Lagi booming nih mengenai transgender, setelah artis Lucinta Luna di tahan karena kasus narkoba dan polisi kebingunan menempatkan Lucinta Luna. Apakah di sel pria atau wanita. Tapi di balik itu semua ngomong-ngomong transgender bisa hamil gak sih?. Oke bidan Citra jelaskan ya, kalau pria Transgender, yakni wanita yang berubah menjadi pria, masih dapat mengalami Kehamilan. Pria Transgender seringkali melakukan terapi testosteron untuk mendorong pertumbuhan rambut tubuh seperti kumis atau jenggot dan mengubah bentuk tubuh mereka. Tapi apabila dari pria ke wanita tentu tidak bisa dong karena tidak punya rahim dan sel telur.

Terapi testosterone mengurangi berapa banyak hormon estrogen wanita, namun para ilmuwan menyatakan bahwa indung telur masih dapat berfungsi hingga satu tahun setelah menjalani terapi.

Para ilmuwan mengatakan mereka bahkan dapat bekerja pada tingkat yang memungkinkan reproduksi tetapi tidak menunjukkan berapa lama ovarium akan tertutup.

Para peneliti dari Tel Aviv-Sourasky Medical Center di Israel meneliti 52 pria Transgender yang mendapat suntikan testosteron. Hasil menunjukkan 32 dari mereka yang usianya berkisar antara 17 sampai 40 tahun masih menyimpan hormon wanita pada tingkat yang memungkinkan reproduksi.

Penelitian ini menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa setelah satu tahun terapi testosteron, fungsi ovarium dipertahankan hingga tingkat yang memungkinkan reproduksi.

Suntikan testosteron mengurangi tingkat Hormon Anti-Mullerian (AMH) peserta, yang menandakan berapa banyak telur yang dimiliki seorang wanita. Tetapi untuk tahun pertama, pria Transgender masih memiliki cukup hormon untuk menandakan mereka cukup subur untuk hamil.

Hanya pria yang tidak menjalani operasi ganti kelamin yang masih bisa hamil, dan mereka harus hamil dengan cara normal, melalui hubungan seks dengan pria biologis.

Di sisi lain, pria yang berubah menjadi wanita mengalami kesulitan untuk mengendalikan hormon mereka menggunakan obat saja. Ilmuwan Universitas Boston menemukan sebagian besar wanita Transgender tidak dapat mengurangi testosteron mereka ke level wanita dengan obat-obatan.

Sebuah penelitian terhadap 98 wanita trans, yang diterbitkan dalam jurnal Endocrine Practice, menemukan hanya seperempat yang berhasil memasukkan tingkat testosteron mereka ke level wanita.

Related Posts :

    Apakah Seseorang transgender Akan Mengalami Infertilitas?

    Hal ini tergantung dari seberapa lama ia melakukan suntik hormone, dan bagaiman respon tubuhnya. Jika sudah bertahun-tahun maka akan sulit mendapatkan kesuburannya kembali. Selain itu kondisi tubuh yang kurang baik dan faktor usia juga bisa mempengaruhi infertilitas.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : March 3, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Menstruasi

  • Oleh : Pebri Dianti
  • 8 bulan yang lalu

    Dok saya mau nanya, dari awal pertama saya haid mengapa volume darah yg keluar itu sedikit kadang bercak bercak saja dan masa haid nya cuman berlangsung 3 hari itu sudah bersih. Itu bagaimana dok apakah memang sel darah saya yg sedikit atau apa dok? Berbahaya atau tidak?Terimakasih.

    Alasan kenapa ibu bisa meninggal saat melahirkan

  • Oleh : Ai Ni
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Sore bu, saya mau nanya nih.
    Saat ini saya mengandung usia kehamilan 8 bulan, menjelang melahirkan saya menjadi banyak ketakutan sekali. Takut terjadi apa-apa saat persalinan yang nantinya bisa meibuhayakan saya maupun bayi saya. Apalagi setelah saya meibuca beberapa artikel yang menyebutkan bahwa angka kematian ibu saat melahirkan lumayan tinggi. Nah yang mau saya tanyakan ialah, sebenarnya apa sih penyebabnya kematian ibu melahirkan tersebut? Mohon infonya ya. Terimakasih

  • Oleh : Ai Ni
  • Hamil bagi penderita diabetes

  • Oleh : uye (wanita)
  • 3 tahun, 6 bulan yang lalu

    Saudara saya saat ini berusia 34 tahun dan dia kini tengah hamil yang baru memasuki trimester 1, namun dia sering khawatir karena saudara saya memiliki riwayat diabetes saat ia masih muda. Hal yang ingin saya tanyakan yaitu amankah bagi diabetesi untuk hamil? dan apakah ada cara untuk mengatasi atau solusi baik bagi ibu dan janin? Mohon jawabannya.

    Aisyah Putri Setiawan

  • Oleh : Bunga Handayani
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Siang Dok, Saya wanita berusia 22 Tahun mau bertanya tentang flek yang keluar seperti menstrulasi. Saat ini, saya sering kali haid yang tidak teratur yang sering kali mundur dan maju setidaknya 6 bahkan 10 hari dari tanggal bulan kemarin. Saat ini tubuh saya sering merasakan gejala gejala akan datangnya haid, namun tidak kunjung datang juga bahkan hanya keluar flek hitam sedikit saat cebok setelah buang air kecil. Sampai saat ini saya mersakan nyeri di bagian punggung dan kram dibagian perut seperti haid namun tak kunjung juga. Apakah ini kondisi yang normal dirasakan?

    Bagaimana cara merawat kehamilan di trimester 1

  • Oleh : Hafis Alfarozi STm
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Maaf dok, saya mau tanya.
    Saat ini saya tengah hamil dan baru menginjak usia 3 minggu. Kehamilan ini menjadi kehamilan pertama saya dan saya masih belum mengetahui bagaimana cara merawat kehamilan. Karena banyak orang yang bilang, kehamilan usia muda masih sangat rentan dan saya takut mengalami keguguran. Oleh karena itu, gimana yah dok supaya kehamilan saya tetap sehat dan kuat? Mohon di jawab yah.

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan