×

Sering Mengalami Pengeluaran Flek Cokelat Sebelum Fase Menstruasi, Normalkah ?

Bagikan Artikel :

Pengeluaran Flek Cokelat Sebelum Fase Menstruasi

Ada beberapa wanita yang mengalami flek coklat atau bercak darah sebelum fase menstruasi. Pada kebanyakan kasus, flek coklat yang muncul sebelum haid merupakan hal yang normal dan tidak berbahaya. Namun tetap harus memastikan bahwa darah tersebut keluar dari vagina dan bukan dari saluran urine atau anus.

Selain terjadi beberapa hari sebelum haid, flek coklat juga bisa muncul pada pertengahan siklus menstruasi. Bagi Anda yang ingin cepat hamil, kehadiran bercak darah dapat Anda manfaatkan untuk berhubungan intim karena ini bisa menjadi pertanda bahwa Anda sedang mengalami ovulasi.

Penyebab Pengeluaran Flek Sebelum Fase Menstruasi

1. Stres dan kelelahan

Kondisi ini bisa menyebabkan otak untuk tidak memulai siklus haid sehingga vagina mungkin akan mengeluarkan flek coklat sebelum haid.

2. Cairan menstruasi

Cairan menstruasi terdiri dari darah kotor, nutrisi dan lapisan endometrium. Dalam beberapa kasus, ada kalanya hanya lapisan endometrium yang akan dikeluarkan dari vagina, yang berwarna coklat. Ini adalah salah satu alasan beberapa wanita mengalami keluarnya lendir kecoklatan sebelum masa menstruasi.

3. Efek samping alat kontrasepsi

Kondisi ini mungkin dapat terjadi pada 2-3 bulan pertama Anda mengonsumsi pil kontrasepsi. Selain pil KB, alat kontrasepsi yang bisa memicu flek coklat adalah IUD dan suntik.

4. Perimenopause

Saat usia transisi menuju menopause, biasanya terjadi sekitar usia 40-an, Anda akan mengalami flek coklat sebelum haid. Itu terjadi karena tubuh sedang bertransisi menuju menopause, yaitu kondisi ketika Anda tidak lagi mengalami ovulasi dan menstruasi.

5. Infeksi

Related Posts :

    Infeksi pada organ kewanitaan dapat menyebabkan munculnya flek sebelum haid. Infeksi seperti penyakit menular seksual, infeksi jamur, hingga kanker serviks akibat infeksi HPV, bisa menyebabkan flek coklat sebelum haid disertai gejala lain seperti gatal atau nyeri pada vagina, nyeri setelah berhubungan seksual, dan muncul bau tidak sedap dari vagina.

    Cara Mengurangi Keluarnya Flek Coklat Sebelum Menstruasi

    a) Menjaga berat badan.

    b) Menghindari stres.

    c) Rutin melakukan pemeriksaan pap smear

    d) Menjaga vulva hygine

    Hal Yang Perlu Diwaspadai

    Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda mencatat tiap kali mendapat flek coklat sebelum haid. Apakah flek selalu rutin terjadi tiap bulan atau hanya sesekali. Perhatikan gejala lain yang mengiringi kehadiran flek tersebut atau apakah ada perubahan warna dari flek. Pemantauan tersebut dapat membantu dokter mendiagnosis kondisi tubuh Anda.

    Pengeluaran flek coklat memang membuat wanita panik. Nah sebetulnya hal ini bisa di tangani dengan mengonsumsi bersih wanita setiap hari. Ternyata bersih wanita ini ampuh mengatasi dan mencegah segala masalah organ reproduksi wanita termasuk pengeluaran flek di luar siklus menstruasi.

    bersih wanita
    Untuk konsultasi dan pemesanan klik tombol WhatsApp di bawah ini

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 27, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Sperma Kosong, Apakah Normal ?

  • Oleh : Santana jaya
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Bu Bidan, saya Melia Rasya. Saya dan suami saya sudah menikah hampir satu tahun dan kami juga belum memiliki anak atau saya bahkan belum mengandung. Saya sudah di cek ke dokter dan hasilnya baik, tapi suami saya tidak mau di cek ke dokter dan setiap kami melakukan hubungan, sperma suami saya kosong bu bidan, apa itu wajar ?

    Berhubungan Seks

  • Oleh : Sherly davies
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat Siang Dok, Saya mau bertanya, saat ini saya sedang menunda kehamilan. Saya sering kali melakukan hubungan intim bahkan hingga 3 sampai 4 kali seharinya. Namun karena saya menunda kehamilan, saya selalu mengeluarkan sperma di luar. Yang saya mau tanyakan apakah dengan kondisi dan kebiasaan ini saya bisa hamil? dan apa dampak bahaya dan manfaat melakukan hubungan intim yang sering ini?

    Sperma Keluar Saat Sedang Cemas

  • Oleh : ANGGUN
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Halo Selamat Pagi Bu Bidan, saya Edhy Prayoga. Begini, saya sering mengalami kalau sperma saya itu keluar dengan sendirinya setiap saya sedang merasa cemas dan hal itu terjadi baik saat saya dalam keadaan sadar atau bahkan ketika sedang bermimpi. Bagaimana cara menyembuhkannya bu ? Saya merasa terganggu dengan kondisi seperti ini dan tolong segera dijawab ya. Terima kasih bu bidan.

    Sembelit Saat Hamil Usia 3 Bulan

  • Oleh : Sahputri Ramadhani
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, saat ini saya sedang hamil usia 3 bulan dan ini merupakan kehamilan pertama saya. Sudah lebih dari seminggu saya mengalami sembelit, susah sekali buang air besar. Apakah ini hal yang wajar? Dan bagaimana cara mengatasinya?. Mohon penjelasannya, terimakasih.

    Lidah Bermasalah

  • Oleh : Karmila
  • 1 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat siang Dok, dok saat ini saya sedang panas dalam, dan ada 3 titik dan terus membesar. Saat ini sayah merasakan risih saat mengkonsumsi makanan pedas dan juga asin dan bahkan jika saya menelan makanan saya merasakan sakit, itu kenapa ya dok?

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan