×

Setiap Kali Menstruasi Hanya Mengeluarkan Flek Saja, Normalkah ?

Bagikan Artikel :

Setiap Kali Menstruasi Hanya Mengalami Flek Saja, Normalkah ?

Gangguan menstruasi dapat menimbulkan stres dan menurunkan kualitas hidup wanita. Sebagian wanita mungkin pernah mengalami menstruasi dengan volume darah sedikit berupa flek coklat dan waktu yang singkat selama 1-2 hari (hypomenorrhea). Hal ini dikarenakan menstruasi diregulasi oleh hormon reproduksi, dan kadar hormon reproduksi dalam tubuh tidak selalu stabil, tergantung kondisi kesehatan dan faktor psikologis.

Dalam periode menstruasi dapat timbul pengeluaran flek/darah yang berwarna coklat atau kehitaman. Darah haid yang berwarna kehitaman disebabkan oleh darah haid sudah berusia lebih lama tidak dikeluarkan dari tubuh dengan cepat. Selain itu komposisi darah yang mengandung lebih banyak lendir menyebabkan darah/flek berwarna coklat.

Menstruasi normalnya terjadi setiap 21-35 hari sekali dan berlangsung selama 2-7 hari, serta volume darah yang dikeluarkan rata-rata adalah 40 mililiter.

Penyebab Menstruasi Sedikit (Hypomenorrhea)

Jika menstruasi yang dikeluarkan hanya sedikit atau berupa flek dan pengeluaran hanya 1-2 hari maka hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti:

1. Ketidakseimbangan hormonal

2. Efek samping penggunaan kontrasepsi

3. Stres psikis

4. Aktivitas fisik yang berat

Related Posts :

    5. Olahraga berlebihan

    6. Kenaikan/penurunan berat badan secara drastis

    7. PCOS/sindrom polikistik ovarii

    8. Gangguan hormon tiroid dan sebagainya

    Cara Mengatasi  Hypomenorrhea

    Menstruasi yang sedikit (hypomenorrhea) tidak memerlukan pengobatan khusus. Jika gaya hidup yang menjadi penyebabnya, disarankan untuk mengubah pola hidup Anda, misalnya dengan menghindari stres, olahraga secara wajar, dan atur asupan makanan dengan bijak.

    Menstruasi sedikit akibat pil KB bisa diatasi dengan mengganti ke jenis alat kontrasepsi lain, seperti kondom atau implan. Konsultasikan dengan dokter mengenai alat kontrasepsi apa yang cocok dengan Anda beserta efek sampingnya.

    Bila keluhan yang Anda alami terus berlanjut, atau menstruasi melambat bahkan berhenti, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan agar penyebabnya dapat ditelusuri. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes penunjang apabila diperlukan (seperti USG, tes darah dan sebagainya) untuk memastikan penyebabnya sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan bagi Anda.

    Hal Yang Anda Perlu Anda Lakukan

    1. Beristirahat cukup dan membatasi aktivitas fisik yang berat

    2. Konsumsi makanan yang bergizi seimbang

    3. Mempertahankan berat badan ideal

    4. Hindari diet ketat

    5. Mengelola stres secara bijak

    Selain langkah-langkah tersebut, dianjurkan juga untuk mengonsumsi bersih wanita setiap hari. Bersih wanita ini ampuh mencegah dan mengatasi segala masalah organ reproduksi wanita termasuk Hypomenorrhea dan tentunya mengatur siklus menstruasi menjadi teratur.

    bersih wanita
    Untuk konsultasi dan pemesanan klik tombol WhatsApp di bawah ini

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 3, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Benjolan di payudara

  • Oleh : Farchah Dwiyani
  • 1 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat pagi saya mau tanya adik saya umur 16 tahun ada benjolan kecil dipayudara sebelah kanan benjolan bisa digerakan dan tidak terasa sakit bahaya gak ya

    Masalah vagina

  • Oleh : Anda Ari
  • 1 minggu, 2 hari yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan.
    Saya mau bertanya pada saat saya melakukan olah raga seperti kegel atau peregangan mengangkat kaki ada bunyi sprti bunyi becek dan queefing. Saya sdh mnikah dan berumur 28. Apakah itu tanda penyakit?
    Karena saya merasa vagina saya jga sll becek. Bagaimana mengobatinya bu? Makasiih

    Kuret Akibat Keguguran

  • Oleh : Ramadhan
  • 1 tahun, 12 bulan yang lalu

    Siang Dok. Saya wanita berusia 27 Tahun. Kemarin saya melakukan kuret di Rumasakit. Tetapi kenapa ya, ko setelah kuret ini saya merasakan meriang dan demam walau demam tidak begitu tinggi. Selain itu, saya juga merasakan rasa nyeri pada bagian perut bawah, rasa pegal pegal serta badan yang tiba tiba menjadi lemas. Kira kira ini masalah kesehatan apa ya dok? Apakah mungkin ini terjadi akibat adanya infeksi setelah melakukan kiret? Terus apa yang bisa di lakukan untuk membantu menghilangkan masalah kesehatan ini?

    cara mengatasi alergi dingin

  • Oleh : lusia
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan saya mau bertanya bagaimana cara mengatasi alergi dingin pada anak. Anaks aya berusia 10 tahun dan sering batuk berdahak bahkan sudah 2 minggu. Saya pernah bawa anak saya periksa ke dokter spesialis anak dan katanya batuk yang anak saya derita akibat dari cuaca dingin. mohon penjelasannya apakah anak saya harus bergantung terus pada obat

    Ingin Hamil Setelah Melepas KB

  • Oleh : Cheriesa Maradeka Kusuma
  • 3 tahun, 12 bulan yang lalu

    Siang dok, saya mau bertanya. 2 tahun lalu kami menikah, dan kami belum begitu menginginkan keturunan sehingga memutuskan untuk menggunakan KB. Saya menggunakan KB selama 1 tahun, dan kini sudah tidak menggunakan KB 1 tahun. Pertanyaan nya, kenapa saya tidak bisa hamil juga sampai saat ini, padahal saya sudah melepas KB tersebut 1 tahun yang lalu. Mohon penjelasannya dok

  • Oleh : Cheriesa Maradeka Kusuma
  • Tanya Bidan