×

Setiap Kali Menstruasi Hanya Mengeluarkan Flek Saja, Normalkah ?

Bagikan Artikel :

Setiap Kali Menstruasi Hanya Mengalami Flek Saja, Normalkah ?

Gangguan menstruasi dapat menimbulkan stres dan menurunkan kualitas hidup wanita. Sebagian wanita mungkin pernah mengalami menstruasi dengan volume darah sedikit berupa flek coklat dan waktu yang singkat selama 1-2 hari (hypomenorrhea). Hal ini dikarenakan menstruasi diregulasi oleh hormon reproduksi, dan kadar hormon reproduksi dalam tubuh tidak selalu stabil, tergantung kondisi kesehatan dan faktor psikologis.

Related Posts :

    Dalam periode menstruasi dapat timbul pengeluaran flek/darah yang berwarna coklat atau kehitaman. Darah haid yang berwarna kehitaman disebabkan oleh darah haid sudah berusia lebih lama tidak dikeluarkan dari tubuh dengan cepat. Selain itu komposisi darah yang mengandung lebih banyak lendir menyebabkan darah/flek berwarna coklat.

    Menstruasi normalnya terjadi setiap 21-35 hari sekali dan berlangsung selama 2-7 hari, serta volume darah yang dikeluarkan rata-rata adalah 40 mililiter.

    Penyebab Menstruasi Sedikit (Hypomenorrhea)

    Jika menstruasi yang dikeluarkan hanya sedikit atau berupa flek dan pengeluaran hanya 1-2 hari maka hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti:

    1. Ketidakseimbangan hormonal

    2. Efek samping penggunaan kontrasepsi

    3. Stres psikis

    4. Aktivitas fisik yang berat

    5. Olahraga berlebihan

    6. Kenaikan/penurunan berat badan secara drastis

    7. PCOS/sindrom polikistik ovarii

    8. Gangguan hormon tiroid dan sebagainya

    Cara Mengatasi  Hypomenorrhea

    Menstruasi yang sedikit (hypomenorrhea) tidak memerlukan pengobatan khusus. Jika gaya hidup yang menjadi penyebabnya, disarankan untuk mengubah pola hidup Anda, misalnya dengan menghindari stres, olahraga secara wajar, dan atur asupan makanan dengan bijak.

    Menstruasi sedikit akibat pil KB bisa diatasi dengan mengganti ke jenis alat kontrasepsi lain, seperti kondom atau implan. Konsultasikan dengan dokter mengenai alat kontrasepsi apa yang cocok dengan Anda beserta efek sampingnya.

    Bila keluhan yang Anda alami terus berlanjut, atau menstruasi melambat bahkan berhenti, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis kandungan agar penyebabnya dapat ditelusuri. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes penunjang apabila diperlukan (seperti USG, tes darah dan sebagainya) untuk memastikan penyebabnya sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan bagi Anda.

    Hal Yang Anda Perlu Anda Lakukan

    1. Beristirahat cukup dan membatasi aktivitas fisik yang berat

    2. Konsumsi makanan yang bergizi seimbang

    3. Mempertahankan berat badan ideal

    4. Hindari diet ketat

    5. Mengelola stres secara bijak

    Selain langkah-langkah tersebut, dianjurkan juga untuk mengonsumsi bersih wanita setiap hari. Bersih wanita ini ampuh mencegah dan mengatasi segala masalah organ reproduksi wanita termasuk Hypomenorrhea dan tentunya mengatur siklus menstruasi menjadi teratur.

    bersih wanita
    Untuk konsultasi dan pemesanan klik tombol WhatsApp di bawah ini

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 3, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Bayi diberi MPASI sebelum 6 bulan

  • Oleh : Hani fahrunnisa
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Hi Bu Bidan, bayi saya belum berusia 6 bulan tapi sudah terlanjur saya beri MPASI seminggu ini, apa saya harus menghentikan pemberian MPASI atau dilanjutkan saja ?

    Tentang miss v

  • Oleh : Dwi Tini
  • 2 bulan, 1 minggu yang lalu

    Dok saya kemaren habis cukur rambut di miss v terus ga lama itu ada bisul, lama2 udh pecah terus jadi bengkak dan gatal. Gmna cara ngatasinya dok?

  • Oleh : Dwi Tini
  • Haid tidak teratur

  • Oleh : Ria Nuarita
  • 5 bulan, 3 minggu yang lalu

    Selamat mlm dok . Nama sya Ria . Sya sudh brklwrga dan mmpunyai seorng ank. 1 thun lalu sya mngalami k guguran dan curet . Sya slalu cb promil tapi hsil ny slalu kurng memuaskn . Sudh 3 buln ini menstruasi sya tidak tratur . 3 bln lalu sya tlat haid 3 minggu sya cb tespek hsil ny negatif, lalu bsok ny haid. 2bln lalu sya jg tlat haid 15hri dan cb lg tespek hsil ny negatif jg, bsok ny haid . Dan skrng ini sya sudh tlat haid 3 minggu dok, smpe skrng pun sya blm haid. Sya cb tespek bbrp x hsil ny slalu negatif…. tapi akhir” ini sya suka ngrsa mual, pusing, gmpng cpe, ngntuk brlbihn, payudara mulai skit.
    Yg sya mau tnyakn adlh. Knp slma bbrp buln ini bsa sprty ini?? Mohn bantuan ny dok untk mnjawb …
    Trimakasih …

    Mansturbasi.

  • Oleh : Arif Pratama
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat malam ibu dokter. Saya mewakili teman saya ingin bertanya.
    Masalah nya temen saya hampir setiap 2 minggu sekali onani dan itu rutin . Dan dia sudah melakukan onani ini sudah dari 3 tahun yang lalu . Dan sekarang setiap menonton film porno alat kelamin nya ngga ereksi nya ga sekeras yang dulu.
    Pertanyaan nya. : apakah dampak terlalu sering onani dapat menyebabkan penurunan ereksi ?
    Dan adakah cara untuk membuat si alat kelaminya itu keras lagi seperti dulu ?
    Terima kasih dokter . . 🙏🏻

    Tanda kehamilan

  • Oleh : Marya Mariya ulfa
  • 4 bulan, 3 minggu yang lalu

    Kak sya kputihan putih bnget kentel pdal blm mnjalng mau haid

  • Oleh : Marya Mariya ulfa
  • Tanya Bidan