×

Tanda Kehamilan Wanita yang Normal dan Sehat

Bagikan Artikel :

Curhat Bidan,- Kehamilan merupakan hal yang sangat diinginkan oleh setiap wanita. Selama kehamilan hingga menjelang persalinan, menjaga kesehatan kehamilan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Kondisi ini erat kaitannya dengan menjaga berat badan ibu hamil, mendapatkan kondisi yang seimbang untuk asupan nutrisi dan olahraga yang teratur khusus untuk ibu hamil.

Mengetahui kehamilan yang sehat dapat diawali dengan mengetahui Tanda Kehamilan Wanita yang Normal dan Sehat, kondisi ibu dan janin selama trimester awal hingga akhir sesuai dengan usia kehamilan dan juga keluhan yang tidak membahayakan ibu dan janin.

Mengetahui 7 Tanda Kehamilan Wanita yang Normal dan Sehat

 

Berikut ini beberapa tanda awal kehamilan yang normal dan sehat yang harus Anda ketahui :

Tekanan Darah dan Gula Darah pada Ibu Hamil

Dua hal ini merupakan parameter yang penting dalam kehamilan yang sehat. Mungkin pada beberapa wanita terdapat sedikit peningkatakn tekanan darah ataupun peningkatan kadar gula, namun hal tersebut bisa dibilang normal. Namun, yang harus diwaspadai adalah perubahan yang drastis pada kedua kondisi tersebut. Pasalnya, kondisi ini dapat memicu preeklampsia yang bisa membuat ibu hamil harus melahirkan dini atau prematur.

Berat Badan Ibu Hamil

Dokter biasanya akan menyarankan untuk menaikkan berat badan 13 hingga 15 kg selama hamil. Namun, jika seorang ibu sudah mengalami kelebihan berat badan, dokter memiliki anjuran tersendiri pada masa kehamilan. Pemeriksaan berat badan secara rutin selama kehamilan sangatlah penting. Berat badan harus tetap stabil, artinya bertambah sesuai dengan usia kehamilan.

Kadar Hormon

Bagi wanita yang memiliki kadar hormon progesteron dan estrogen yang tidak stabil selama kehamilan, atau kedua hormon tersebut sangat rendah, maka dapat berisiko mengalami keguguran yang lebih tinggi. Pada masa kehamilan, hormon progesteron pada wanita dapat mencapai kadar 400 mg. Fungsi hormon ini adalah untuk menjaga ibu hamil dari siklus haid. Sementara itu, hormon estrogen juga memiliki peranan penting, yaitu untuk membentuk jaringan rahim agar dapat menampung janin dalam perut.

Rahim dan Plasenta

Selama berada didalam kandungan, janin sangat bergantung pada kesehatan rahim ibu hamil. Maka dari itu, plasenta yang juga melekat pada rahim harus terpenuhi, sehingga dapat menekan risiko terjadinya pelepasan plasenta yang mengarah pada keguguran.

Pergerakan Janin

Selain memeriksakan ukuran perut, pergerakan janin yang ada didalam kandungan juga biasanya diperiksa oleh dokter. Diantara usia kehamilan minggu ke 6 dan ke 10, biasanya seorang ibu akan merasakan adanya pergerakan janin. Pergerakan seperti ini dianggap sebagai ciri bayi sehat dan juga menerima oksigen cukup.

Related Posts :

    Pertumbuhan Janin

    Selanjutnya adalah ibu hamil harus melakukan pemeriksaan kesehatan kehamilan dengan menggunakan alat kesehatan, salah satunya adalah USG. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tanda-tanda kekurangan oksigen dalam rahim yang dapat berakibat fatal pada janin, terlebih jika fungsi plasenta terganggu dan ibu mengalami masalah kesehatan.

    Perut yang Membesar

    Dokter idealnya akan mengukur perut ibu hamil untuk dapat memantau perkembangan janin yang ada didalam kandungan. Selain itu, dokter juga akan memastikan perkembangan kesehatan calon bayi di dalam perut ibu.

    Nah, bunda itulah beberapa Tanda Kehamilan Wanita yang Normal dan Sehat. Jika Anda merasakan sesuatu yang diyakini dapat mengganggu kehamilan Anda, segera lakukan pemeriksaan ke bidan atau dokter kandungan Anda agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : May 26, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Cara mengatasi PMS

  • Oleh : Nelly Tampubolon
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan, kenapa yah setiap menjelang menstruasi saya jadi mudah marah dan lebih sensitif? bagaimana sih cara mengatasi PMS itu bu bidan? Terimakasih:)

    Pendarahan setelah melakukan hubungan badan

  • Oleh : Reni Ristiani
  • 2 minggu, 6 hari yang lalu
  • Oleh : Reni Ristiani
  • Masalah Pada Vagina

  • Oleh : Jenni
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat siang dok, saya mau bertanya. Saat ini usia pernikahan saya menginjak 2 minggu. Saat saya melakukan hubungan intim dengan suami saya pertama kalinya, tiba tiba saya merasakan gatal di bagian vagina yang tidak tertahankan. Selain itu, dari bagian vagina saya juga keluar cairan putih yang di sertai dengan kepingan putih seperti susu. Selain itu, saya juga sering merasakan gatal, perih dan juga sakit yang begitu dasyat ketika melakukan hubungan. Apakah ini merupakan hal yang serius bagi kesehatan?

    Fases bayu berwarna gelap cenderung kehitaman

  • Oleh : destiana
  • 3 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya ingin konsultasi nih saya punya anak usianya baru 4 bulan ketika buang air besar fasesnya berwarna gelap, mulanya berwarna hijau gelap makin kesini fasesnya cenderung kehitaman. Apakah itu normal bu bidan dan kebetulan anak saya minum sufor sama ASI cuma lebih banyak minum sufor daripada ASI. Mohon jawabannya

    Nyeri Sendi kaku dan bengkak saat hamil

  • Oleh : Aryanto Id
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    siang dok, tante saya sedang hamil 5 bulan. tapi dia mengeluh karena akhir-akhir ini dia sering sakit sendi dan kaku malah kemarin terjadi bengkak dok, kira-kira tante saya kenapa yah? apakah itu penyakit rematik? bagaimana solusinya ?

    Tanya Bidan