×

Tanda – Tanda Wanita Sedang Mengalami Masa Subur

Bagikan Artikel :

Bidan Online – Mengetahui masa subur wanita penting bagi pasangan yang sudah menikah terutama mereka yang ingin segera mendapatkan anak dan menunda kehamilan. Masa subur atau masa ovulasi merupakan suatu kondisi dimana sel telur wanita dilepaskan dari indung telurnya. Dalam keadaan seperti ini seorang wanita dianggap sedang dalam masa subur dan memiliki peluang yang sangat besar untuk terjadinya pembuahan.

Lalu bagaimana mengetahui kita sedang mengalami masa subur ?

Related Posts :

    Masih banyak wanita yang belum mengetahui dirinya sedang dalam masa subur atau tidak, terlebih wanita yang memiliki siklus menstruasinya tidak tentu. Disamping cara mengetahui masa subur wanita dengan menggunakan alat dan rumus perhitungan sebenarnya ada tanda – tanda wanita sedang mengalami masa subur yang bisa Anda rasakan seperti perubahan suhu tubuh hingga kekentalan lendir di daerah organ intim.

    Biasanya masa subur wanita terjadi kurang lebih dalam kurun waktu 3 hari di mulai dari hari ke 12 sampai hari ke 15 dihitung dari hari pertama menstruasi. Berikut tanda – tanda wanita sedang mengalami masa subur :

    • Perubahan Suhu Tubuh

      Umumnya selama masa subur, suhu tubuh wanita mengalami peningkatan atau disebut dengan suhu basal. Suhu basal yang terjadi pada wanita biasanya berbeda – beda namun rata – rata terjadi peningkatan 0,2 derajat celsius.

      Untuk cara mengetahui masa subur dengan suhu tubuh, Anda haru mengukur suhu tubuh Anda dihari biasa dan disaat sebelum haid. Ketika suhu tubuh Anda mengalami peningkatan yang cukup tinggi dalam beberapa hari maka itu masa dimana Anda sedang mengalami masa subur.

    • Nyeri Payudara

      Ini merupakan salah satu perubahan fisik yang umum terjadi pada wanita yang sedang mengalami masa subur. Selama wanita sedang dalam tahap masa subur payudara akan terasa nyeri seperti gejala masa pra-menstruasi. Hanya beberapa wanita yang merasakan hal ini.
    • Lendir Serviks

      Merupakan lendir yang biasa dikeluarkan oleh serviks atau kanker rahim, lendir ini berfungsi sebagai anti infeksi atau pertahanan tubuh. Lendir ini akan semakin meningkat menajdi tebal, lebih jelas, putih dan licin selama masa subur wanita. Lendir serviks hanya keluar dalam jumlah yang sedikit atau tidak sama  sekali, seminggu sebelum dan sesudah masa menstruasi.

      Lendir serviks dihasilkan oleh kelenjar leher rahim wanita bersamaan dengan proses pematangan sel telur dalam indung telur. Fungsi lain dari lendir serviks ini yaitu mengubah kadar keasaman dalam vagina. Ini berarti bila tidak ada lendir serviks maka sperma hanya bertahan beberapa jam saja. Sedangkan jika ada lendir serviks dalam vagina maka sperma akan bertahan selama beberapa hari.

      Disaat kondisi seperti inilah Anda harus memperhatikan dengan jeli produksi lendir kesuburannya bisa ingin segera hamil. Dalam keadaan subur lendir itu memiliki sifat yang elastis maka jika Anda tarikpun tidak akan putus.

      Disaat seperti ini wanita biasanya akan lebih basah karena banyaknya jumlah lendir yang keluar dimasa subur maka Anda harus mengganti pakaian Anda jika sudah merasa tidak nyaman.

    • Perut Terasa Berat

      Biasanya wanita ketika sedang dalam masa haid akan merasa nyeri perut bagian bawah dan tidak nyaman, juga sebelum masa menstruasi beberapa wanita merasakan hal yang sama. Ini merupakan kondisi dimana Anda sedang mengalami masa subur.

    Demikian informasi tentang tanda – tanda wanita yang sedang mengalami masa subur, semoga dapat bermanfaat.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 18, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Keputihan yang tidak kunjung sembuh

  • Oleh : Fitriyan Tng
  • 2 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saya sering mengeluh sama keputihan. Keputihan yang saya alami ini membuat saya menjadi sangat gatal dan berbau tidak sedap. apakah keputihan seperti ini berbahaya? Saya sudah mencoba berbagai obat yang dianjurkan oleh kerabat saya, tapi hasilnya nihil bu bidan. Untuk itu saya minta solusi dari bu bidan bagaimana cara saya mengatasi penyakit keputihan ini? saya takut menjadi parah dan berubah menjadi penyakit serius yang lebih sulit untuk diatasi. Terimakasih bu bidan, ditunggu jawabannya…

  • Oleh : Fitriyan Tng
  • Telat datang bulan tapi tidak hamil

  • Oleh : Riana
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    saya telat satu bulan tidak haid, tapi pas coba testpack hasilnya negatif.. Apakah ini normal?

    Normalkan Merasakan Tegang Di Perut Dalam Kehamilan

  • Oleh : Silvia Rizkiana Sari
  • 4 bulan, 3 minggu yang lalu

    selamat siang ibu bidan, yang saya ingin tanyakan tentang kehamilan saya apakah normal perut terasa seperti kram, tegang dan sakit padahal kehamilan baru masuk trimester pertama dan ini pengalaman pertama saya hamil, apakah ini berbahaya atau tidak ya bu? Ditunggu jawabannya.

    Pusing Dan Sakit Bagian Kepala

  • Oleh : andriani
  • 4 bulan, 3 minggu yang lalu

    Selamat Pagi Bu Dokter ….

    Saya mau tanya, kenapa ya akhir akhir ini saya sering kali merasakan rasa sakit yang begitu hebat dibagian atas, padahal tidak di sertai dengan rasa pusing. Teruskan saya coba untuk memutar bola mata ke bagian atas, dan hasilnya rasa sakit itu terus menyiksa dan begitu sangat terasa. Mohon penjelasannya Dok, terimakasih.

    Keputihan saat hamil apakah berbahaya?

  • Oleh : siti khodijah
  • 2 tahun yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya mau tanya apakah keputihan saat hamil bebahaya bagi janin? Saat ini saya sedang hamil 7 bulan. Pada awal kehamilan saya mengalami keputihan berwarna putih susu yang lmyan banyak, sudah di periksakan ke bidan katanya normal-normal saja. Namun beberapa minggu kemudian keputihan yang keluar berubah warna menjadi kuning dan kehijauan serta gatal. Apakah itu termasuk ciri-ciri keputihan abnormal? Mohon jawabannya.

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan