×

Ternyata Keputihan Yang Tidak Normal Bisa Menyebabkan Kemandulan Lho!

Bagikan Artikel :

Ternyata Keputihan Abnormal Bisa Menyebabkan Kemandulan Lho

Keputihan normal akan dialami setiap wanita sesuai siklus menstruasinya dengan indikasi berwarna bening tidak berbau dan tidak gatal. Namun keputihan abnormal (tidak normal) akan terlihat perubahan tekstur, warna, bau, rasa gatal dan bisa menunjukkan adanya infeksi vagina yang perlu diwaspadai. Keputihan tidak normal bisa menimbulkan gejala berbeda, seperti cairan keputihan berbau amis atau asam, berwarna kehijauan dan berbusa, putih seperti tepung, dan umumnya gatal.

Related Posts :

    Ada tiga jenis infeksi vagina yang menyebabkan keputihan abnormal, yaitu infeksi bakteri (bacterial vaginosis), Trichomoniasis, dan infeksi jamur (yeast infection). Infeksi vagina akibat keputihan tidak normal tidak boleh dibiarkan karena bisa berpengaruh bagi kesuburan seorang wanita dan membuat wanita sulit mendapatkan kehamilan. Padahal, bagi sebagian pasangan yang sudah menikah, mendapatkan kehamilan tentu akan menjadi hal yang sangat ditunggu.

    Keputihan Abnormal Bisa Menyulitkan Kehamilan

    Keputihan abnormal disebabkan oleh infeksi jamur, virus atau bakteri bisa menyebabkan bakteri atau jamur vagina menjadi tidak seimbang (berlebihan) dan mudah terjadi infeksi, sehingga sperma jadi lebih sulit mencapai rahim. Infeksi bisa mengubah konsistensi cairan serviks. Sehingga akan semakin sulit bagi sperma untuk berenang menuju leher rahim. Itulah yang menyebabkan keputihan abnormal membuat sulit hamil.

    Selain itu kemampuan sperma untuk hidup didalam rahim selama masa menanti/ membuahi sel telur juga menjadi hal penting dalam proses terjadinya kehamilan, oleh karena itu selain dipengaruhi kualitas sperma yang baik pembuahan harus didukung lingkungan rahim yang baik, tanpa adanya keputihan abnormal.

    Cara Mengatasi Keputihan Abnormal

    Pada kasus keputihan yang sudah menahun, disarankan untuk melakukan pemeriksaan laboratorium menggunakan cairan keputihan yang diambil melalui pemeriksaan dalam. Diharapkan dengan mengetahui penyebab pastinya, dapat diberikan terapi yang tepat

    Selain itu disarankan juga melakukan tes papsmear untuk mengetahui apakah ada masalah pada organ reproduksinya atau tidak. Jika memang ditemukan ada ketidaknormalan, maka hal ini tentu bisa segera diatasi.
    Dan, jangan dilupakan bahwa pasangan (suami) juga harus ikut diobati apabila salah seorang sudah didiagnosa terinfeksi. Pengobatan dengan antibiotika harus tuntas.

    Pengaruh Keputihan Abnormal Jika Tidak Diobati

    Apabila keputihan abnormal diabaikan, keputihan abnormal akan sulit disembuhkan. infeksi dapat menjalar kedalam rahim, kemudian ke saluran telur dan sampai di indung telur (ovarium). Infeksi ini dapat mengganggu fungsi pelepasan dan pembuahan sel telur. Karna pembuahan yang ideal terjadi di saluran telur. Jika hal ini terjadi tentu akan mengakibatkan wanita penderita keputihan menjadi susah hamil. bahkan dibeberapa referensi disebutkan wanita yang bertahun-tahun menderita keputihan patologis bisa mengakibatkan kemandulan (infertilitas).

    Penyebab Keputihan Abnormal Yang Tidak Kunjung Sembuh

    Keputihan abnormal yang dialami wanita secara terus menerus bisa terjadi karena adanya masalah pada organ reproduksi seperti terjadinya sumbatan pada saluran indung telur sehingga menyulitkan terjadinya kehamilan. Untuk memastikan terjadi sumbatan pada saluran telur atau tidak, dianjurkan melakukan pemeriksaan Histerosalfingografi (HSG).

    HSG umumnya digunakan untuk memeriksa wanita yang sulit hamil. Dengan prosedur ini, ahli radiologi bisa mengevaluasi bentuk dan struktur rahim, kondisi keterbukaan saluran telur, dan jaringan parut di dalam rahim atau rongga perut.

    Nah untuk mencegah hal ini terjadi, jangan biarkan keputihan yang tidak normal dialami Anda setiap hari. Untuk itu Anda dianjurkan mengonsumsi bersih wanita . Ternyata bersih wanita ini ampuh mengatasi dan mencegah keputihan yang tidak normal.

    bersih wanita
    Untuk konsultasi dan pemesanan klik tombol WhatsApp di bawah ini

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 18, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Ada Kontraksi Tapi Tidak Melahirkan

  • Oleh : Salma Syarifah Latipah
  • 4 tahun, 7 bulan yang lalu

    Selamat pagi mba bidan,

    Saat ini saya tengah mengandung usia kehamilan 8 bulan 1 minggu. Akhir akhir ini saya sering merasa sakit seperti orang yang mau melahirkan, dan kemarin rasa sakitnya sangat kuat seperti kontraksi yang biasanya datang ketika mau lahiran. Tapi kemarin saya cek ke dokter kandungan, katanya hal itu wajar saja dan kemungkinan bayi saya akan lahir sekitar 2-3 minggu lagi. Yang mau saya tanyakan, apakah hal tersebut wajar? Saya takut terjadi apa apa dengan bayi saya. Terimakasih, saya tunggu jawaban Anda.

    Bisakah Setelah Melakukan Kuret Hamil Lagi ?

  • Oleh : Nenk Marsya
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Bu bidan, kakak saya kemarin habis kuret padahal dikehamilannya yang pertama dia melahirkan secara normal dan sekarang baru hamil muda sudah keguguran. Tapi anehnya kakak saya gak kapok bu dan katanya ingin cepat hamil lagi, tapi yang pernah saya denger katanya orang yang sudah melakukan kuret itu susah hamil itu benar gak ya bu bidan ? Terima kasih.

  • Oleh : Nenk Marsya
  • Menstruasi Sakit dan Sulit Hamil

  • Oleh : Rikha Fatimah
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Halo bu bidan, saya wanita yang sudah menikah dan usia pernikahan saya 7 bulan tapi belum juga hamil. Saya juga sering menstruasi sambil merasakan nyeri dibagian perut kadang rasa sakit itu masih bisa saya tahan tapi beberapa kali rasa sakitnya tidak bisa saya tahan lagi dan harus minum obat dari dokter. Jika tidak diminum, saya bisa mual dan muntah setelah minum obat rasanya sakit berkurang. Jadi saya mau tanya bu bidan, apa di dalam alat reproduksi saya ada yang salah ? Mungkin kista atau apa ?

  • Oleh : Rikha Fatimah
  • kehamilan

  • Oleh : Pipit Winartii
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat Pagi dok,

    istri saya haid terakhir tanggal 5 Juni 2018 dan berakhir pada tanggal 16 juni 2018
    kemudian saya melakukan hubungan dengan istri saya terakhir tanggal 25 Juni 2018
    apakah bisa hamil jika saya melakukan hubungan di tanggal tersebut ?

    dikarenakan saya ada tugas diluar kota ?
    saya takut terjadi sesuatu kejadian yang tidak di ingikan oleh istri saya.

    mohon jawabannya Dok,

    salam,

    Mens Tidk lancar

  • Oleh : Sabrina Salsabillah
  • 1 bulan yang lalu

    Saya usia 17 menuju 18 tahun tapi haid tidak lancar hanya keluar seperti keputihan tapi warna merah tidak keluar darah

  • Oleh : Sabrina Salsabillah
  • Tanya Bidan