×

Ternyata Pengeluaran Lendir Dari Kemaluan Bisa Terjadi Pada Pria Juga Lho!

Bagikan Artikel :

Ternyata Pengeluaran Lendir Dari Kemaluan Bisa Terjadi Pada Pria Juga Lho!

Pengeluran lendir dari alat reproduksi identik terjadi pada wanita, tapi tidak menutup kemungkinan pria juga akan mengalami pegeluaran lendir. Hal ini terjadi karena tubuh manusia akan memproduksi lendir secara alami untuk pertahana tubuh, namun beda hal jika pengeluaran lendir terjadi bersama buang air kecil, ini bisa menjadi pertanda dari gangguan dalam tubuh yang mungkin Anda tidak sadari sebelumnya.

Urin yang sehat akan berwarna transparan. Adanya jejak lendir dalam urin dapat memberikan penampilannya yang keruh berawan dan dapat menunjukkan adanya masalah dari sistem ekskresi, kekebalan tubuh, atau sistem reproduksi Anda. Keluar lendir saat kencing juga mungkin menunjukkan suatu penyakit yang mendasarinya.

Related Posts :

    Penyebab Keluarnya Lendir Saat BAK

    1. Gangguan persarafan yang menyebabkan kelemahan otot yang menahan cairan mani sehingga cairan mani keluar tanpa disadari

    2. Ejakuasi retrograde yaitu cairan mani naik dan justru masuk ke kandung kemih.

    3. Uretritis non gonore: peradangan saluran kemih yang bukan karena gonore

    4. Penyakit menular seksual (gonore, trikomoniasis, klamidia)  dapat menyebabkan adanya benang lendir dalam urin. Klamidia membuat warna lendir yang putih keruh sementara gonore membuat cairan lendir kekuningan gelap. Gejala tambahan mencakup urin yang berwarna keruh atau berawan yang berwarna kekuningan tidak normal

    5. Infeksi saluran kencing (ISK)  adalah infeksi umum yang disebabkan oleh bakteri. Saluran kemih terdiri dari berbagai macam organ, mulai dari ginjal, uretra dan ureter, serta kandung kemih. Infeksi saluran kencing oleh bakteri atau patogen lain terjadi ketika organisme asing ini menyusup ke dalam sistem pembuangan urin atau melalui aliran darah. Bakteri dapat measuk melalui uretra dan berkembang biak di kandung kemih, menyebabkan peradangan hingga kemudian meluas ke area lain di mana bakteri akan semakin berlipat ganda.

    6. Irritable Bowel Syndrome (IBS) adalah gangguan pencernaan dengan penyebab yang tidak diketahui, di mana usus Anda tidak dalam kinerja normalnya selama 6 bulan atau lebih. Penyakit ini juga dapat ditandai dengan adanya lendir dalam urin. Lendir saat buang air kecil bisa berasal dari produksi lendir yang berlebihan, yang juga hadir dalam tinja terutama jika seseorang buang air besar dan buang air kecil pada saat yang bersamaan.

    7. Batu ginjal akan mengalami produksi urin berwarna gelap dan berbau sangat busuk yang disertai dengan keluarnya lendir saat kencing. Oleh karena itu, dokter juga akan memeriksa keberadaan batu ginjal atau penyumbatan sistem kemih lain ketika lendir terdeteksi dalam urin. Gangguan hambatan sistem kemih dan batu ginjal juga dapat menyebabkan gejala lain seperti nyeri di panggul dan perut hingga kram ekstrem. Pilihan pengobatan terakhir untuk batu ginjal adalah bedah pengangkatan batu.

    8. Radang usus besar (ulcerative colitis) yaitu berupa kerusakan selaput lendir yang menyebabkan tubuh melipatgandakan produksi lendir oleh selaput lendir usus. Tanda dan gejala penyakit ini cukup spesifik dan termasuk pembengkakan pada selaput usus serta keberadaan ulkus di usus. Borok menyebabkan pasien untuk memiliki diare berdarah. Gejala lain termasuk rasa sakit di bagian perut bawah dan urgensi feses (kebutuhan tak tertahankan dan mendadak untuk BAB).
    Lendir dalam urin adalah hasil dari urin yang bercampur dengan lendir berlebih dari borok anus. Borok juga melepaskan lendir yang kemudian berpindah ke sistem kemih. Lendir ini akhirnya dikeluarkan dari tubuh melalui urin.

    9. Kanker kandung kemih adalah jenis kanker langka yang terjadi akibat pertumbuhan sel tumor ganas atau abnormal di kandung kemih. Kanker kandung kemih menunjukkan adanya lendir dalam urin. Gejala lain dari kanker kandung kemih termasuk darah dalam urin (hematuria) dan nyeri saat buang air kecil.

    Tanda Bahaya Keluarnya Lendir Saat BAK

    Jika Anda selalu mengeluarkan cairan bening ketika kencing atau Anda mengalami keluhan lainnya seperti nyeri BAK, BAK panas, atau nyeri pada testis, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan serangkaian pemeriksana dengan wawancara, pemeriksaan fisik, dan bila perlu penunjang dengan tes urin, tes caiean penis, dan tes darah untuk memastikan penyebabnya. Selanjutnya dokter akan memberikan penanganan yang tepat untuk Anda.

    Cara Perawatan Penis

    1. Bersihkan penis setelah BAK, berhubungan intim, dan masturbasi

    2. Gunakan celana dalam yang nyaman dan tidak ketat

    3. Hindari seks bebas

    4. Istirahat cukup

    5. Hindari stress

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : September 22, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Tanda awal persalinan

  • Oleh : Dewi Dewi diana sari
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assalamualaukum, buk sya mau nanya tadi malam sya keluar cairan bening banyak sampe celana basah kayak ngompol gtu, trus subuh nya sya keluar cairan lagi beserta lendir kental tapi ngak ada darah itu lumayan banyak juga dri yang pertama, apakah itu tanda persalinan atau gimana yah buk?

  • Oleh : Dewi Dewi diana sari
  • Khitan

  • Oleh : yongstephensen3
  • 3 tahun, 3 bulan yang lalu

    Pantangan makanan setelah sunat

    Sering melakukan onani

  • Oleh : Steven Chin
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Saya sering masturbasi apaka itu merbahaya

    Seputar vagina

  • Oleh : Qoyyumul Hikmah
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    “Setelah melahirkan sya sering kentut lewat vagina,tp gak berbau. Dan juga kenapa setelah melahirkan divagina saya kayak ada benjolan gitu. Rasanya juga kadang nyeri .Vagina juga agak kering,trus kalau buang air kecil sering gak tuntas . Dan kalau berhubungan intim nyeri kayak prawan lg gitu.
    Mau konsultasi sma bidan disini,rasa ya malu.
    Apakah berbahaya bu
    Maaf ya bu . Terimakasih

  • Oleh : Qoyyumul Hikmah
  • Bayi saya kalau nyusu pasti mencret BAB

  • Oleh : ALif AL Maun Yoyox
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Siang, dok mau nanya kenapa bayi saya kalo minum sufor langsung BAB apa alergi sufor selama 4bulan anak saya g apa2 usia anak saya skrg 5bln udah dibawa ke puskesmas di ksih zinc&oralit pancet bab trmkch

    Tanya Bidan