×

Tiup Rahim Bagi Wanita Yang Mengalami Kemandulan Karena Sumbatan Saluran Falopi

Bagikan Artikel :

Tiup Rahim Pada Wanita Yang Mengalami Kemandulan Karena Sumbatan Saluran Falopi

Setiap siklus menstruasi, sel telur akan dilepakan melewati saluran tuba falopi untuk di buahi oleh sel sperma. Tapi saluran falopi ini bisa mengalami sumbatan atau penyempitan. Bila tersumbat, sel telur tak bisa dibuahi sperma atau embrio yang terbentuk tidak dapat masuk ke rahim untuk berkembang. Kondisi ini yang membuat kehamilan sulit terjadi. Dengan kata lain, adanya gangguan pada saluran falopi bisa membuat wanita menghadapi masalah infertilitas/kemandulan.

Tiup Rahim Untuk Mengatasi Sumbatan Saluran Falopi

Hidrotubasi atau yang dikenal dengan istilah tiup rahim merupakan prosedur medis dengan menyuntikan sejumlah cairan hingga berjalan menuju saluran telur yang dapat menjadi metode dignostik dan terapi untuk menilai dan mengukur tekanan untuk mengetahui adanya sumbatan pada saluran telur. Dengan penyuntikan ini juga diharapkan jika ada saluran telur yang tersumbat dapat terbuka.

Hidrotubasi dilakukan untuk menangani infertilitas pada wanita terutama jika disebabkan oleh adanya masalah pada saluran tuba atau pada infertillitas yang tidak bisa dijelaskan. Sebelum dilakukan hidrotubasi perlu dilakukan pencarian masalah yang menyebabkan sulitt hamil dimana penanganan yang diberikan akan dilakukan berdasarkan penyebabnya, jika diduga penyebabnya berasal dari saluran tuba maka akan dilakukan hidrotubasi.

Related Posts :

    Efek Samping Tiup Rahim

    Efek samping dari Tiup Rahim diantaranya seperti nyeri saat prosedur atau hingga 72 jam setelah prosedur dilakukan, infeksi urine, infeksi tempat masuknya kamera, cedera pada pembuluh darah, usus atau kandung kemih.

    Prosedur Tindakan Tiup Rahim

    Tiup rahim ini dilakukan hari ke 9-10 dari hari pertama siklus haid, puasa selama kurang lebih 6 jam sebelum tindakan, BAB dan BAK sebelum dilakukan tindakan, Pasien juga akan diberikan obat pereda nyeri dan penenang jika diperlukan. Abstinensi atau puasa senggama tidak diperlukan tetapi jika merasa ragu boleh untuk tidak berhubungan intim beberapa hari sebelum pemeriksaan dilakukan.

    Cara pemeriksaannya ialah dengan memasukkan cairan yang mengandung antibiotik dengan alat yang disebut hidrotubator, melewati vagina, mulut rahim, leher rahim, rahim hingga saluran telur.

    Kontra Indikasi Dilakukanya Tiup Rahim

    Tiup Rahim Ini Tidak Dilakukan Jika :

    1. Hamil

    2. Menstruasi

    3. Alergi

    4. Peradangan

    5. Pendarahan

    6. Setelah kiret

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 25, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Pemberian Susu Formula

  • Oleh : Princess mikha
  • 10 bulan yang lalu

    Halo Bu Bidan, saya mau tanya, apakah tidak apa-apa jika bayi diberi susu formula untuk beberapa hari saja ? Apa ada efek sampingnya ?

    Tentang mslh alat reproduksi wanita

  • Oleh : Husnul Mubarok
  • 4 bulan, 4 minggu yang lalu

    Istri melahirkan normal akan tetapi pendarahan dan di jahit vaginaya dan pertanyaan ya knpa kalu stlh berhubungan istri sy kesakitan Bu bidan? Apakah bahaya? Trmksh

    Ada Kontraksi Tapi Tidak Melahirkan

  • Oleh : Salma Syarifah Latipah
  • 2 tahun, 10 bulan yang lalu

    Selamat pagi mba bidan,

    Saat ini saya tengah mengandung usia kehamilan 8 bulan 1 minggu. Akhir akhir ini saya sering merasa sakit seperti orang yang mau melahirkan, dan kemarin rasa sakitnya sangat kuat seperti kontraksi yang biasanya datang ketika mau lahiran. Tapi kemarin saya cek ke dokter kandungan, katanya hal itu wajar saja dan kemungkinan bayi saya akan lahir sekitar 2-3 minggu lagi. Yang mau saya tanyakan, apakah hal tersebut wajar? Saya takut terjadi apa apa dengan bayi saya. Terimakasih, saya tunggu jawaban Anda.

    Tentang hubungan seksual

  • Oleh : Teguh Roy
  • 5 bulan, 2 minggu yang lalu

    Saya hubungan seksual 5 kali dengan pacar saya tanpa menggunakan kondom tpi sperma nya keluar di luar itu dapat hamil apa tidak

    bayi usia 2 bulan sudah 4 hari tidak mau pup

  • Oleh : samanthau51
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    bu bidan tolong saya, bagaimana caranya agar bayi saya mau pup? Sudah 4 hari ini dia tidak pup, apa yang salah? bagaimana baiknya?

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan