×

Vagina Kering Dan Longgar Setelah Melahirkan? Begini Cara Atasinya!

Bagikan Artikel :

Vagina Kering Dan Longgar Setelah Melahirkan? Begini Cara Atasinya!

Sebagai seorang istri tentu ingin selalu memberikan pelayanan yang prima termasuk urusan ranjang. Tapi setelah melahirkan, miss v akan mengalami beberapa perubahan seperti vagina kering dan longgar. Pasti setiap istri khawatir keadaan seperti ini membuat suami mencari kepuasan pada wanita lain.
Tidak jarang lho Bun, menemui kasus perselingkuhan yang disebabkan karena kurang puasnya hubungan seksual setelah melahirkan. Nah tenan aja Bun, kali ini Bidan Citra akan share beberapa cara untuk merawat Miss V serta mengencangkan miss setelah meahirkan. Yuk simak di bawah ini!

Tips Merawat Vagina Setelah Melahirkan

  1. Senam kegel terbukti bantu kencangkan otot panggul
    Kondisi vagina setelah melahirkan mungkin tak akan kembali persis dengan bentuk dan ukuran sebelum kehamilan.Namun, latihan-latihan tertentu, seperti halnya senam kegel dapat membantu menguatkan otot-otot dasar panggul.Jadi, lakukanlah untuk membantu mengembalikan vagina mendekati kondisinya yang semula. Dalam melakukan perawatan setelah melahirkan ini, Anda harus mengetahui terlebih dahulu letak otot dasar panggul Anda.Untuk menentukan letak otot dasar panggul, cobalah mengencangkan otot di area vagina seolah sedang menahan laju urine saat buang air kecil. Otot yang menahan urine itulah yang disebut dengan otot dasar panggul. Jika sudah mengetahuinya, ikuti langkah senam kegel berikut:
    a. Pilih posisi yang nyaman untuk melakukan senam kegel. Senam ini umumnya dilakukan dengan posisi berbaring dan kedua lutut ditekuk.
    b. Kencangkan otot-otot dasar panggul selama kurang lebih 5 detik seperti menahan kencing.
    c. Lemaskan kembali otot dasar pangul Anda tersebut kira-kira sekitar 5 detik.
    d. Ulangi langkah ini setidaknya 5 kali berturut-turut.
    Saat melakukan senam kegel, usahakan untuk tidak mengencangkan perut, paha atau bokong Anda. Jangan lupa pula untuk bernapas seperti biasanya. Latihan ini juga dapat mengatasi kesulitan Anda menahan buang air kecil, dan membuat hubungan seks terasa lebih menyenangkan.
  2. Konsumsi makanan yang tinggi estrogen agar vagina tidak kering
    Karena perubahan vagina setelah melahirkan membuat kering dan kesat sehingga hubungan seksual tidak senikmat sebelum hamil maka disarankan untuk mengkonsumi makanan yang tinggi estrogen seperti brokoli, sawi, salada, bayam dan sayuran hijau lainnya.

Nah jika Anda masih merasa tidak nyaman saat hubungan seksual bahkan merasa nyeri dan panas maka sebaiknya segera hubungi dokter untuk ditangani lebih lanjut.

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : October 23, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Nyeri Sendi kaku dan bengkak saat hamil

  • Oleh : Aryanto Id
  • 5 tahun, 5 bulan yang lalu

    siang dok, tante saya sedang hamil 5 bulan. tapi dia mengeluh karena akhir-akhir ini dia sering sakit sendi dan kaku malah kemarin terjadi bengkak dok, kira-kira tante saya kenapa yah? apakah itu penyakit rematik? bagaimana solusinya ?

    Akibat di obat

  • Oleh : Sella Anggraeni
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bun selamat malam dan maaf menganggu waktunya semoga degan iklhas hati menerima curhatan saya, sedikit mau curhat ini bun dulu waktu kandungan umur 4 bulan di obat rencana mau di gugurin ternyata tidak berhasil setelah itu keluar darah kental dari V dan saya sangat kecewa bun sekarang anak saya lahir dengan bobot yang normal seperti biasa biasa apakah obatnya tidak bermasalah terimakasih☹️

  • Oleh : Sella Anggraeni
  • Ada Kontraksi Tapi Tidak Melahirkan

  • Oleh : Salma Syarifah Latipah
  • 5 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat pagi mba bidan,

    Saat ini saya tengah mengandung usia kehamilan 8 bulan 1 minggu. Akhir akhir ini saya sering merasa sakit seperti orang yang mau melahirkan, dan kemarin rasa sakitnya sangat kuat seperti kontraksi yang biasanya datang ketika mau lahiran. Tapi kemarin saya cek ke dokter kandungan, katanya hal itu wajar saja dan kemungkinan bayi saya akan lahir sekitar 2-3 minggu lagi. Yang mau saya tanyakan, apakah hal tersebut wajar? Saya takut terjadi apa apa dengan bayi saya. Terimakasih, saya tunggu jawaban Anda.

    Bisa hamil atau tidak

  • Oleh : Trisna Yunita sari
  • 4 bulan yang lalu

    Selamat malam bu saya mau tanya usia saya 22 tahun saya belum menikah saya mau tanya apakah bisa kehamilan bisa terjadi jika tidak pernah berhubungan badan (intim) makasih 🙏

  • Oleh : Trisna Yunita sari
  • Payudara laki laki besar sebelah

  • Oleh : Muhammad Ramadhan
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Gimana cara mengobati nya ?

  • Oleh : Muhammad Ramadhan
  • Tanya Bidan