Virus Zika Dapat Mempengaruhi Kesuburan Pria

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Kesuburan pria menjadi faktor penting untuk menunjang program kehamilan jika Anda sedang merencanakan untuk mendapatkan buah hati atau bahkan menunda untuk memiliki momongan. Ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi kesuburan baik pria atau wanita. Salah satunya adalah virus zika dapat mempengaruhi kesuburan pria.

    Bidan Online -, Virus zika merupakan keluarga dari Flaviviridae yang ditularkan ke manusia melalui nyamuk. Gejala virus zika yaitu merasakan sakit kepala, ruam di wajah, leher, lengan atas dan bisa menyebar ke telapak tangan dan kaki serta merasa demam dan nyeri di punggung.

    Virus Zika masih mengintai kesehatan manusia dan fokus pencegahan untuk penyebarannya masih pada ibu hamil karena jenis virus yang satu ini bisa menyebabkan janin cacat serta terinfeksi. Masih banyak orang yang belum mengetahui tentang virus yang satu ini dan padahal bahayanya virus zika menyerang pria bisa mengganggu kondisi kesehatan orang yang terserang virus zika.

    Beberapa peneliti menghubungkan virus zika dengan masalah neurologis mulai dari kehilangan penlihatan sementara, depresi, Alzheimer, kelumpuhan yang berisifat sementara dan masalah kognitif lainnya. Pada dasarnya bukannya hanya bisa menyebabkan kondisi kesehatan terganggu tapi juga pada pria jenis virus zika ini bisa mengakibatkan kesuburan pria terganggu.

    Para peneliti sudah melakukan percobaan dengan menyuntikkan virus ke tubuh tikus jantan dan hasilnya dalam kurun waktu tiga minggu, virus bukan hanya menyerang ke testis mereka tapi juga menghancurkan struktur internal dan testis serta menyusut organ hingga 1/10 keukuran normal. Jika struktur dari testis terganggu maka mereka tidak bisa menghasilkan sperma dan testosteron.

    Maka dari itu tikus yang sudah terinfeksi virus zika hanya akan menghasilkan sperma 10 kali lebih sedikit dari pada tingkat rendah testosteron. Jadi bisa disimpulkan virus ini bisa mempengaruhi dan menghambat cara kerja kesuburan pria.

    Walaupun percobaan dilakukan pada tikus jantan tapi bukan berarti hal ini tidak berefek pada menusia, seperti yang dikatakan oleh Michael Diamon. “Sementara studi kami merupakan tikus dan peringan yang belum kita tahu apakah virus zika memiliki dampak yang sama pada pria, itu mungkin menunjukan pria menghadapi testosteron yang rendah dan kadar sperma yang sedikit setelah terinfeksi virus zika.”

    Memang masih membutuhkan waktu lebih lama dan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui persisnya bagaimana virus zika bisa mempengaruhi kesuburan pria yang terjadi pada tikus jantan meskipun belum ada buktinya tapi para pria tetap harus waspada terhadap nyamuk yang membawa virus zika.

    Pengobatan Virus Zika

    Virus zika memang jenis yang sudah ditemukan cukup lama tapi hingga sekarang masih belum ada pengobatan yang pasti untuk menyembuhkan penyakit ini. Sedangkan pengobatan yang dilakukan tim medis ketika si penderita dibawa ke rumah sakit atau dokter hanya difokuskan untuk mengurangi gejala yang dirasakan oleh pasien sehingga pasien akan merasa sedikit baik.

    Pengobatan yang biasa diberikan oleh dokter pada penderita adalah cairan untuk mencegah timbulnya dehidrasi obat pereda sakit, mengurangi demam dan obat untuk meredakan sakit kepala yang dirasakan. Biasanya pasien akan diminta untuk beristirahat cukup dengan memberikan aspirin serta obat peradangan yang diberikan untuk mengindari pasien terkena dengue.

    Meskipun terdengar cukup berat tapi untuk menghindari penyebaran penyakit yang lebih parah maka sebaiknya penderita menjalankan saran yang diberikan oleh dokter.

    Baca Juga :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - November 26, 2016
    Diskusi Dari:
    richamayati

    Selamat siang, saya mau menanyakan perihal menstruasi saya.

    Bulan November saya haid tanggal 18 namun di hari pertama cuman dikit dan itu pun berwarna coklat. Namun pas bulan desember hingga sekarang saya belum haid lagi. Apakah ini merupakan tanda kehamilan atau gejala telat datang bulan? Mengingat pas remaja saya juga pernah tidak haid selama 3 bulan. Mohon jawabannya.

    Dijawab Oleh : richamayati
    Diskusi Dari:
    Khansa Adeline

    Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya istri saya sedang hamil 4 bulan dan di haruskan untuk minum susu oleh dokter. Namun istri saya selalu mengeluhkan rasa mual setelah mengkonsumsi susu, bahkan sekarang istri saya enggan untuk minum susu karena rasa mual yang sangat mengganggu. Apakah ada tips untuk mengatasi masalah istri saya bu bidan. Mohon jawabannya

    Dijawab Oleh : Khansa Adeline
    Diskusi Dari:
    Cherma

    Selamat pagi dok. Dulu sebelum menikah siklus hed saya lancar dan tepat waktu, namun setelah menikah siklusnya tidak teratur dan bahkan sering kali telat datang bulan. Ketika hal ini terjadi, biasanya di sertai dengan kram dibagian bawah perut dan juga sakit. Yang saya mau tanyakan, apakah ini ada hubungannya dengan sering melakukan hubungan seks? dan apakah ini berbahaya atau bahkan merupakan hal yang wajar dirasakan? Terimakasih, ditunggu jawabannya dok 🙂

    Dijawab Oleh : Cherma
    Diskusi Dari:
    Santana jaya

    Assalamualaikum Bu Bidan, saya Melia Rasya. Saya dan suami saya sudah menikah hampir satu tahun dan kami juga belum memiliki anak atau saya bahkan belum mengandung. Saya sudah di cek ke dokter dan hasilnya baik, tapi suami saya tidak mau di cek ke dokter dan setiap kami melakukan hubungan, sperma suami saya kosong bu bidan, apa itu wajar ?

    Dijawab Oleh : Santana jaya
    Diskusi Dari:
    uye (wanita)

    saya hamil menginjak usia 8 bulan. saat sedang tidur posisi miring ke kanan memang tidak nyaman karena janin seperti menolak dan menendang2, bentuk perut pun jadi menggantung. tapi akhir-akhir ini miring ke kiri pun sama jadi kurang nyaman dan menggantung sedikit namun janin tidak menendang2. rasanya lebih enak untuk tidur telentang begitu, padahal kan resikonya buruk ya. tapi janin nampak nyaman juga apabila posisi tidur telentang. tapi saya berganti-ganti posisi saja kadang miring ke kiri kadang telentang. bagaimana ya solusinya?

    Dijawab Oleh : uye (wanita)