×

Vitamin D Memiliki Banyak Manfaat Untuk Wanita Menopause

Bagikan Artikel :

Vitamin D Memiliki Banyak Manfaat Untuk Wanita Menopause

Wanita yang tidak lagi mengalami menstruasi disebut menopause. Nah pada wanita menopause maka akan mengalami perubahan pada tubuhnya termasuk mengalami berbagai gangguan kesehatan tertentu. Untuk menjaga kesehatan tubuh, Anda perlu mengonsumsi makanan yang bergizi serta bernutrisi. Termasuk asupan vitamin D yang dipercaya dapat mengurangi gejala akibat estrogen yang terus berkurang. Berikut penjelasan mengenai manfaat vitamin D untuk wanita yang telah menopause.

Manfaat Vitamin D Untuk Wanita Menopause

  1. Menurunkan risiko
    Ketidakseimbangan hormon pada sebelum dan setelah menopause juga mengakibatkan kadar gula darah dalam tubuh naik turun.
    Apabila tidak bisa terkontrol dengan baik, hal ini yang memicu terjadinya diabetes saat Anda menopause. Tak hanya itu saja, tingkat vitamin D yang rendah juga mengakibatkan penurunan pelepasan insulin dalam tubuh. Ternyata, vitamin D juga mempunyai manfaat untuk menurunkan kadar gula darah penderita diabetes tipe 2 termasuk untuk wanita menopause. Vitamin D dipercaya dapat membantu mencegah diabetes seperti meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin, yaitu hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur kadar gula darah.
  2. Menjaga kesehatan tulang
    Anda perlu mengetahui bahwa tubuh hanya dapat menyerap kalsium sebagai komponen utama tulang apabila di dalam tubuh terdapat vitamin D. Rutin mengonsumsi vitamin D membantu penyerapan kalsium dan pembentukan tulang pada wanita menopause. Lalu, vitamin D juga dapat membantu mengurangi risiko patah tulang belakang, pengapuran tulang (osteoporosis), serta kelemahan otot dan tulang (osteomalasia).
  3. Mencegah kanker payudara
    Kanker payudara menjadi salah satu masalah kesehatan wanita, termasuk ketika Anda memasuki fase menopause. Sebenarnya, menopause tidak meningkatkan risiko kanker payudara. Namun, bertambahnya usia serta kadar hormon estrogen dalam tubuh Anda bisa menjadi salah satu pemicunya. Cara mencegah peningkatan risiko kanker payudara untuk wanita menopause salah satunya dengan mengonsumsi vitamin D. Vitamin D berperan dalam mengontrol pertumbuhan sel payudara normal dan mungkin dapat menghentikan pertumbuhan sel kanker payudara. Ada pula sifat anti karsinogenik yang akan melawan zat-zat penyebab penyakit kanker dalam vitamin D. Kondisi ini juga bergantung dari varian dalam gen reseptor vitamin D yang mengatur bagaimana sel dalam tubuh Anda menyerap vitamin. Gen reseptor inilah yang memengaruhi kemampuan vitamin D untuk mencegah atau membuat kanker jadi tidak terlalu parah.
  4. Menjaga kesehatan organ intim
    Gejala atau tanda menopause juga dapat memengaruhi keadaan organ intim wanita, yaitu vagina. Sebagian masalah yang biasanya dialami adalah vagina kering, gatal-gatal, hingga iritasi. Ini sebenarnya normal terjadi, mengingat saat menopause, kadar estrogen yang melumasi dan menjaga elastisitas otot vagina menurun. Akibatnya, hal ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, termasuk dalam kegiatan seksual serta kenyamanan Anda dalam beraktivitas. Kabar baiknya, vitamin D juga bermanfaat mengatasi masalah yang memengaruhi organ intim untuk wanita menopause. Vitamin D dapat membantu meningkatkan pertumbuhan sel epitel vagina yang akan mengurangi gejala gatal-gatal dan iritasi, terutama untuk wanita menopause. Fungsi lainnya, vitamin D juga membantu mengatasi masalah vagina kering dan menjaga keseimbangan pH vagina yang nantinya bisa mencegah masalah seperti bacterial vaginosis.
  5. Meningkatkan suasana hati
    Selain memengaruhi kondisi vagina, menopause juga dapat memengaruhi suasana hati Anda karena perubahan hormon dalam tubuh. Bahkan, tidak menutup kemungkinan menopause dapat memicu depresi, mudah tersinggung, hingga kelelahan berkepanjangan. Maka dari itu, Anda perlu melakukan sesuatu untuk megatasi hal tersebut. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi vitamin D. Vitamin D juga berperan penting dalam mengatur emosi dan meningkatkan suasana hati.

Sumber Vitamin D

  1. minyak ikan kod,
  2. ikan sarden,
  3. ikan tuna,
  4. ikan salmon,
  5. daging,
  6. susu,
  7. jamur,

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 27, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    kb

  • Oleh : astri novianti
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    dok kalau pingin ganti kb iud ke kb suntik 3bulan sekali gak apa” ta dok

  • Oleh : astri novianti
  • Setelah melahirkan caesar

  • Oleh : Dwi Mulyono
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Kenapa setelah istri saya habis melahirkan caesar setiap BAB keluar darah mohon penjelasanya

    Ngilu sendi dan sekitar vagina

  • Oleh : willianbyrnes6
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat pagi bu bidan saya ingin bertanya saat ini saya sering merasakan ngilu di persendian juga di area sekita vagina. Gejala tersebut muncul setelah sebulan lalu saya melahirkan, apakah ini berbahaya? dan saya minta saran cara untuk mengatasinya. Terimakasih sebelumnya

    Menstruasi

  • Oleh : Adhy Putra Lautan
  • 5 tahun yang lalu

    Selamat Malam,dok saya mau tanya tentang mentruasi saya.
    Awalnya saya sekitar dua bulan tidak haid,lalu baru bulan ini haid,tapi dari tanggal 13 sampai dengan tgl 23 hari ini darah haid saya masih keluar,berbahaya atau tidak ya dok?
    Terima kasih.

    Puting susu pria

  • Oleh : Terima Harapan Zai
  • 1 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat sore ibu bidan?
    Saya Terima harapan zai dari pulau Nias.
    Izin, langsung saja, saya berusia 18 tahun dan saya mempunyai suatu kelainan di bagian payudara saya di mana payudara saya membesar dan puting susu saya menonjol kedepan seperti layaknya puting susu remaja putri.
    Jadi saya ingin bertanya bu, apakah penyebab dari pada penyakit tersebut?
    Apakah ada kemungkinan untuk bisa di sembuhkan? Hal apa saja yang perlu saya lakukan untuk mengatasinya?

    Demikian bu…

    Tanya Bidan