×

Wanita Bertubuh Mungil Memiliki Vagina Yang Lebih Sempit, Benarkah?

Bagikan Artikel :

Wanita Bertubuh Mungil Memiliki Vagina Yang Lebih Sempit, Benarkah?

Sebagai wanita kita harus mengetahui bahwa vagina memiliki bentuk, ukuran, warna, dan beragam hal lain. Hal ini tergantung dengan ras dan keturunannya.

Ada sebagian besar orang yang mengklaim bahwa ukuran lubang vagina akan lebih sempit pada wanita yang bertubuh mungil. Faktanya, semua vagina memiliki tingkat elastisitas yang mampu renggang dan kembali ke bentuk semula. Bahkan beberapa wanita memiliki tingkat elastis yang tinggi mencapai dua kali ukuran normalnya saat berhubungan seks.

Jika Anda masih percaya wanita yang tubuhnya kecil memiliki vagina lebih kecil dan sempit itu hanya mitos. Wanita yang berada dalam usia produktif, baik bertubuh besar maupun bertubuh mungil, sama-sama memiliki otot vagina yang elastis.. Vagina mampu meregang dan juga kembali ke dalam bentuk semula dengan sangat baik. Begitu juga dengan kemampuan dalam `mencengkeram’ penis pasangannya saat bersenggama.

Bentuk dan Bagian-bagian Vagina

Beberapa wanita memiliki vagina dengan ukuran kecil dan berbentuk oval. Sementara sebagian lain memiliki vagina berbentuk tabung dan lebih besar. Perlu diketahui, organ seksual wanita dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu bagian luar dan bagian dalam.

Bagian luar disebut dengan vulva, terdiri dari klitoris, bibir bagian dalam dan bibir luar vagina. Sedangkan organ seksual bagian dalam termasuk ovarium, rahim, vagina.

Vagina bagian dalam berbentuk seperti tabung dengan panjang sekitar 8 cm dan menjadi 10-12 cm ketika terangsang, tabung ini mengarah ke serviks atau leher rahim. Struktur vagina sendiri sangat elastis dan mudah merenggang untuk menyesuaikan ukuran penis atau bayi pada saat melahirkan. Hal ini dikarenakan dinding vagina memiliki struktur yang serupa dengan lambung.

Vagina Wanita Mungil Mampu Meregang HIngga Dua Kali Ukuran Normal

Cukup banyak wanita dengan ukuran tubuh yang mungil namun memiliki tingkat keelastisan pada vagina yang sangat baik sehingga bisa meregang hingga dua kali ukuran normal saat berhubungan intim. Hal ini berarti, vagina sempit tidak dipengaruhi oleh bentuk tubuh baik besar atau lebih tinggi.

Ukuran Vagina dan Kepuasaan Seksual

Hingga saat ini, belum ada jawaban pasti apakah ukuran vagina dapat berpengaruh kepada kepuasan seksual dan belum banyak penelitian yang dilakukan sehubungan dengan pertanyaan ini.

Jika wanita merasa tidak nyaman pada saat melakukan hubungan seksual, hal tersebut bisa disebabkan oleh vagina yang tidak terlalu dalam, terlalu kencang, atau ada masalah dengan rahim, seperti prolaps uteri atau peranakan turun.

Pada umumnya vagina terasa longgar dan kepuasaan seksual berkurang setelah melahirkan, hal tersebut bisa terjadi karena pada saat melahirkan, ada otot dan jaringan di sekitar vagina yang melemah atau cedera. Perubahan tersebut yang membuat vagina terasa longgar.

Sementara itu, guna mengencangkan kembali otot-otot di sekitar vagina atau otot dasar panggul, Anda dapat melakukan senam otot dasar panggul. Senam otot dasar panggul yang sering disebut sebagai senam kegel, dapat membantu vagina Anda tetap pada bentuknya dan meningkatkan kepuasan saat melakukan hubungan seks.

Senam ini sangat efektif dalam mengencangkan dan menguatkan otot-otot pada bagian tersebut. Latihan otot dasar panggul ini dapat dilakukan selama masa kehamilan dan setelah melahirkan guna mencegah inkontinensia urine atau kesulitan dalam menahan urine.

Aktivitas senam kegel cukup mudah untuk dilakukan dan dapat dilakukan kapan saja. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari tahu di mana letak otot dasar panggul Anda dengan menahan urine pada saat buang air kecil. Jika Anda dapat melakukannya dengan baik, artinya Anda telah menemukan otot yang tepat.

Wanita Bertubuh Mungil Memiliki Struktur Tulang Pelvis Lebih Kecil

Jadi tidak ada hubunganya antara tubuh yang mungil dengan lubang vagina yang sempit. Yang ada, wanita kurus memiliki struktur tulang pelvis (yang berada di panggul) lebih kecil dan ini yang sebenarnya membuat vagina mereka nampak lebih kecil dan sempit. Namun, saat mendapatkan penetrasi saat berhubungan intim, vagina mereka tetap saja bisa

Related Posts :

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 20, 2020

    Pertanyaan Pengunjung :

    Apakah Perlu Bayi di Bedong ?

  • Oleh : Marini Sjola Manoppo
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Assalamu’alaikum bu bidan,
    Saya sedang hamil anak pertama, saya mau tanya dong bu bidan saya apakah bayi baru lahir itu wajib di bedong atau tidak ? ada apa saja manfaat dan bahayanya ? terus batasan untuk membedong bayi kira-kira sampai umur berapa ?
    terima kasih ditunggu balasannya bu bidan

    ragu dengan kehamilan

  • Oleh : cassandralamar9
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    selamat siang ibu bidan, saya mau bertanya tentang tanda-tanda kehamilan yang benar. Saya sudah test kehamilan pake testpack, hasilnya garis merah dua tapi agak samar. apakah test yang saya lakukan ini sudah benar menunjukan kalau saya hamil?

    Lendir bayi

  • Oleh : Neng Atna Julianti
  • 2 tahun yang lalu

    Anak saya umur 4 bulan. Kenapa lendir dari lahir belum hilang sampai sekarang? Kira2 apa penyebabnya? Dan apa benar berlendir tidak akan naik berat badan bayi? Sekarang ini di tambah dengan batuk. Mohon solusi

    Rasa tidak nyaman di area payudara

  • Oleh : Ana Sari
  • 8 bulan yang lalu

    Assalamualaikum dok maaf mengganggu nama sya ana umur 20 th mau tnya dok kenapa ya akhir” ini payudara sya terasa tidak nyaman apalagi saat menggunakan bra dan pada saat sya tidur pada posisi miring itu rasa nya bagian payudara gk nyaman dan terasa sedikit panas di bagian dada dan payudara… 3 bulan nan yg lalu saya juga pernah merasakan gejala ini, tapi saat sya haid gk lama payudara sya baik seperti biasanya tapi kok itu berulang terus ya dok setelah/ sesudah haid tapi terkadang 2 bulan gk ngerasaain itu tapi nnti bakalan ada lagi rasa gk nyaman di payudara nya… Sya sudah pakai bra yg gk terlalu ketat ttp aja gk nyaman tapi pada saat sya gk pakai bra agak lebih baik tapi masih ada rasa panas di dada dan bawah payudara saar tidur.. Kira” apa penyebabnya ya dok mohon bantuan nya dok

    puasa dan berat badan janin

  • Oleh : tickanevianti
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    selamat siang, saya mau tanya sekarang saya memasuki umur kehamilan 30w berdasar hasil USG terakhir berat badan janin saya 1,04 kg apa berat tersebut kurang? dan jika saya berpuasa ramadhan apa di perbolehkan/ tidak karena faktor berat badan janin tersebut

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan