×

Wanita Haid Tidak Dianjurkan Minum Kopi, Ini Lho Alasannya!

Bagikan Artikel :

Wanita Haid Tidak Dianjurkan Minum Kopi, Ini Lho Alasannya!

Kopi adalah salah satu minuman favorit banyak orang termasuk anak muda. Beberapa kedai kopi menjamur di berbagai wilayah di tanah air dan menjadi tempat nongkrongnya anak muda termasuk wanita. Namun pernahkah mendengar soal larangan minum kopi terlalu banyak saat haid? Anjuran tersebut ternyata bukannya tanpa alasan alias tidak mengada-ada, lho!

Related Posts :

    Kebanyakan minum kopi saat haid pada dasarnya tak baik buat kondisi tubuh wanita yang hendak atau sedang datang bulan. Ingin tahu lebih lengkap soal bahaya minum kopi saat haid? Baca penjelasan di bawah ini ya!

    Bahaya Minum Kopi saat Haid

    1. Membuat Nyeri Semakin Parah
      Sepertinya sudah jadi rahasia umum, ya, bahwa nyeri perut bawah akan dirasakan oleh wanita yang sedang datang bulan. Ketika Anda minum kopi saat haid, ternyata itu justru membuat nyeri haid bertambah parah. Ini karena kafein menyebabkan pembuluh darah menyempit. Akibatnya, aliran darah ke organ reproduksi, dalam hal ini rahim, semakin sedikit dan ujung-ujungnya membuat nyeri semakin parah.
    2. Membuat Asam Lambung Meningkat
      Selain rasa nyeri di perut bawah, sebagian wanita juga mengalami kembung atau begah saat haid. Hal itu bukan disebabkan oleh kebanyakan makan, tetapi akibat perubahan hormonal. Perubahan hormonal pada akhirnya menimbulkan gangguan pencernaan sehingga perut bisa dipenuhi gas. Apabila Anda banyak minum kopi, otomatis asam lambung akan meningkat. Itu sama saja Anda memberikan tambahan gas di dalam perut dan kondisi perut semakin tidak nyaman.
    3. Menambah Rasa Cemas
      Lagi-lagi karena perubahan hormonal, kondisi emosional wanita yang hendak dan sedang haid berubah tak stabil. Kaum hawa bisa mendadak cemas berlebih, sensitif, mudah menangis, bahkan marah-marah karena sesuatu yang kecil. Kebanyakan minum kopi saat haid pada akhirnya akan meningkatkan rasa cemas itu sendiri dan membuat jantung berdebar lebih cepat. Kondisi dada kiri yang tidak nyaman akan menambahkan pikiran Anda. Tak menutup kemungkinan Anda jadi berpikir bahwa punya masalah jantung, padahal itu karena kopi yang diminum.
    4. Membuat Anda insomnia dan kurang istirahat
      Isitarahat cukup adalah kunci penting meredakan gejala PMS dan nyeri haid. Sayangnya, jika Anda tetap minum kopi saat haid, efek stimulan kopi yang bikin Anda lebih waspada dan “melek” bisa membuat Anda sulit tidur nyenyak alias insomnia. Pada gilirannya, insomnia bisa memperburuk keluhan Anda.

    Benarkah Kopi Bisa Mengurangi Darah Haid Yang Keluar?

    Jumlah darah haid itu sendiri murni dipengaruhi oleh faktor hormonal, bukan dari efek minum kopi. Normalnya jumlah darah haid yang keluar itu berkisar 40-80 cc per hari. Mungkin saja pas keluar di pembalut tidak banyak, tetapi pas kita buang air kecil, darah haid bisa saja ikut keluar bersamaan, jadi kesannya sedikit.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : June 25, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Mengenai menstruasi

  • Oleh : Marina Marina
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat siang bu ..
    Saya mau tanya ..
    Tanggal 28-29 itu harusnya saya haid tapi ini belum juga haid kenapa ya ? Tapi ciri2 mau haid sudah ada .. jerawat timbul ada,payudara sakit ada,dan perut juga terasa tidak enak ..
    Kenapa ya bu? Apa saya telat saja? Atau ada masalah lain? Dan cara agar cepat haid gimana?

  • Oleh : Marina Marina
  • Keputihan

  • Oleh : Rismawati Sr
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Dok.. Nama Saya Rismawati Umur 20 Tahun, Saya Keputihan Mulai Bulan 8 Thn Kemarin Dok, sampai Sekarang Belum Sembuh, Padahal Udah minum BanyaK Obat, Jamu, udah pake Daun Sirih juga tapi gak ada perubahan, Keputihan Saya Gatal, Bau Amis, warnanya agak kuning, Terus Kental, kalau berhubungan Nyeri, Panas, terus ada benjolan juga Dok.. Mohon Solusinya Dok, Soalnya Saya Belum Punya Anak, Saya Udah Nikah 1 tahun Lebih….

    Bayi Berkeringat Saat Udara Dingin

  • Oleh : erin dianawati
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Halo Bu Bidan,
    Saya ingin bertanya, anak saya usia 8 bulan ketika tidur malam hari sering berkeringat padahal udaranya dingin. Apa ada masalah dengan anak saya saya ? Terimakasih sebelumnya

    Anak Reterdasi Mental

  • Oleh : Ocha Odang
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Untuk anak terkena reterdasi mental sekolahnya di SLB?

  • Oleh : Ocha Odang
  • Kuret tgl 2 juni 2022

  • Oleh : Apri Yanti
  • 5 bulan, 2 minggu yang lalu

    Bu, saya mau tanya ko lepas kuret tgl segitu saya masih mengalami keluar darah cukup byk ya. Itu normal atau tidak bu?

  • Oleh : Apri Yanti
  • Tanya Bidan