×

Wanita Yang Sedang Menstruasi Dianjurkan Memakan Sayur Bayam

Bagikan Artikel :

Wanita Yang Sedang Menstruasi Dianjurkan Memakan Sayur Bayam

Dysmenorhoe memang bikin mood berantakan. Apalagi beberapa wanita yang mengalami dysmenorhoe kadang membuat tidak bisa beraktivitas. Kadang obat pun dipilih sebagai penawar demi keberlangsungan produktivitas.
Nah ternyata dysmenorhoe ini bisa diredakan dengan makanan lho. Salah satunya yaitu dengan mengonsumsi sayur bayam.

Kandungan Kalsium Dan Zat Besi Pada Sayur Bayam Mampu Redakan Dysmenorhoe

Ternyata sayur bayam memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Kandungan kalsium ini dapat membantu mengatur fungi otot dan saraf. Sehingga para peneliti menyebutkan hasil penelitiannya bahwa, rasa nyeri saat haid dapat diatasi dengan banyak mengkonsumsi magnesium. Selain itu sayur bayam juga mengandung zat besi yang beperan dalam mengatasi keluhan saat menstruasi. Saat menstruasi akan banyak darah yang keluar sehingga wanita akan mengalami anemia seperti badan lemas dan pusing. Kebayang kan sayur bayam ini sangat berperan dalam membantu keluhan-keluhan menstruasi Anda.

Dosis Kalsium Dan Zat Besi Yang Dibutuhkan Saat Menstruasi

Saat haid, baikya wanita mengonsumsi kalsium sebanya 1000mg, untuk usia 9-18 tahun 1.300mg perhari. Dan tingkat asupan zat besi pada wanita yang rendah risiko PMSnya adalah sekitar 20 mg per hari. Jumlah tersebut lebih tinggi dibanding anjuran zat besi harian bagi wanita usia menjelang menopause, yakni 18 mg per hari.
Maka dari itu penuhi asupan magnesium dengan mengkonsumsi bayam pada saat haid agar bisa meredakan rasa nyeri yang anda rasakan.

Makanan Yang Dianjurkan Selain Sayur Bayam

Selain bayam, Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi pisang, buah berry, susu/yogurt, cokelat, sayuran hijau, ikan, dagin merah, kacang dan biji-bijian. Nah makanan ini terlibat dalam prosduksi serotonin, zat kimia yang menbantu mengatur mood dan mampu meredakan nyeri menstruasi. Hindari beberapa makanan seperti gorengan (tinggi lemak), kafein dan makanan yang pedas yang dapat menambah ketidaknyamanan saat menstruasi.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 4, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Apakah keguguran dua kali bisa mengalami keguguran yang ketiga kali?

  • Oleh : Hilman Suhilman
  • 4 tahun, 5 bulan yang lalu

    Selamat sore bu bidan , saya mau bertanya apabila sudah mengalami keguguran dua kali dan ingin hamil lagi apa saya akan mengalami keguguran seperti sebelumnya ?

    Kehamilan

  • Oleh : Whana
  • 5 bulan yang lalu

    Assalamualaikum sus, sy mau nanya ni, sy menikah tanggal 25 maret 2020, istri sy terakhir haid itu tanggal 27 april 2020.

    Berapa usia kehamilan istri sy sus.?

  • Oleh : Whana
  • Benjolan di area miss v

  • Oleh : Fina Noermayanti
  • 12 bulan yang lalu

    Terdapat benjolan area miss v , terasa gatal dan sakit.saya tidak tahu apakah itu kutil atau bukan, Itu berbahaya atau tidak? Apakah saya harus pergi ke dokter? Atau ada cara lain untuk mengobatinya?

    Benjolan Bawah Dagu

  • Oleh : Rennym
  • 2 tahun, 6 bulan yang lalu

    Siang dok, saya mau tanya kenapa ya ko di bagian bawah dagu saya ada benjolan yang apabila di pegang, di raba atau tersentuh itu sakit. Apa ada hubungannya dengan sariawan? Soalnya saat ini saya sedang sariawan, mohon penjelasannya dok

    Program Hamil

  • Oleh : Fajar
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Saya sudah menikah kira kira 5 bulanan. Saat ini saya sedang melakukan program hamil. Saya dan suami berharap segera memiliki keturunan. Namun sayang, suami saya merupakan perokok aktif dan sangat susah untuk berhenti merokok. Yang saya mau tanyakan apakah program hamil saya akan terjadi meski sang suami merupakan perokok aktif?

    Tanya Bidan