×

Wanita Yang Sedang Menstruasi Dianjurkan Memakan Sayur Bayam

Bagikan Artikel :

Wanita Yang Sedang Menstruasi Dianjurkan Memakan Sayur Bayam

Dysmenorhoe memang bikin mood berantakan. Apalagi beberapa wanita yang mengalami dysmenorhoe kadang membuat tidak bisa beraktivitas. Kadang obat pun dipilih sebagai penawar demi keberlangsungan produktivitas.
Nah ternyata dysmenorhoe ini bisa diredakan dengan makanan lho. Salah satunya yaitu dengan mengonsumsi sayur bayam.

Related Posts :

    Kandungan Kalsium Dan Zat Besi Pada Sayur Bayam Mampu Redakan Dysmenorhoe

    Ternyata sayur bayam memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Kandungan kalsium ini dapat membantu mengatur fungi otot dan saraf. Sehingga para peneliti menyebutkan hasil penelitiannya bahwa, rasa nyeri saat haid dapat diatasi dengan banyak mengkonsumsi magnesium. Selain itu sayur bayam juga mengandung zat besi yang beperan dalam mengatasi keluhan saat menstruasi. Saat menstruasi akan banyak darah yang keluar sehingga wanita akan mengalami anemia seperti badan lemas dan pusing. Kebayang kan sayur bayam ini sangat berperan dalam membantu keluhan-keluhan menstruasi Anda.

    Dosis Kalsium Dan Zat Besi Yang Dibutuhkan Saat Menstruasi

    Saat haid, baikya wanita mengonsumsi kalsium sebanya 1000mg, untuk usia 9-18 tahun 1.300mg perhari. Dan tingkat asupan zat besi pada wanita yang rendah risiko PMSnya adalah sekitar 20 mg per hari. Jumlah tersebut lebih tinggi dibanding anjuran zat besi harian bagi wanita usia menjelang menopause, yakni 18 mg per hari.
    Maka dari itu penuhi asupan magnesium dengan mengkonsumsi bayam pada saat haid agar bisa meredakan rasa nyeri yang anda rasakan.

    Makanan Yang Dianjurkan Selain Sayur Bayam

    Selain bayam, Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi pisang, buah berry, susu/yogurt, cokelat, sayuran hijau, ikan, dagin merah, kacang dan biji-bijian. Nah makanan ini terlibat dalam prosduksi serotonin, zat kimia yang menbantu mengatur mood dan mampu meredakan nyeri menstruasi. Hindari beberapa makanan seperti gorengan (tinggi lemak), kafein dan makanan yang pedas yang dapat menambah ketidaknyamanan saat menstruasi.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 4, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Perbedaan diare akibat alergi makanan dan akibat bakteri pada bayi

  • Oleh : Pradita
  • 4 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan saya mau tanya apa sih yang membedakan diare pada bayi akibat alergi makanan dan akibat bakteri. Soalnya saya bingung bayi saya diare dan entah penyebabnya dari apa mohon penjelasannya trims

    Punya saudara kandung ABK

  • Oleh : Samsul Arifin
  • 5 bulan, 2 minggu yang lalu

    Apakah jika memiliki saudara kandung ABK dapat berpeluang memiliki keturunan ABK juga ? Berapa presentase nya dan apa bisa di di hilangkan gen tsb?

  • Oleh : Samsul Arifin
  • Makan dan minum saat proses bersalin, bolehkah?

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    Sore bu bidan.
    Saya saat ini tengah mengandung usia kehamilan tua, dan ini adalah kehamilan kedua saya. Saat persalinan saya yang pertama, saya kurang begitu banyak memiliki tenaga. Kata teman-teman saya, lebih baik pada persalinan kali ini saya ngemil jadi tenaga saya bisa bertambah. Yang mau saya tanyakan, jika saya makan atau ngemil dalam proses tahapan persalinan apakah berbahaya atau tidak? Terimakasih

  • Oleh : Rani Anggraeni
  • Haid sedikit

  • Oleh : Ndah Jumaidah
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assalamualaikum
    Dok saya sudah menikah 7bulan, haid saya selalu teratur siklusnya 22-24 hari, saya terakhir haid tanggal 15 maret dengan volume yang seperty biasanya 6 hari,
    Tapi pas harusnya tanggal 5 april saya haid itu tidak haid hanya kram perut ajah, dan selama semnggu itu saya selalu keputihan encer bening tidak gatal dan tidak berbau, tanggal 12 apr saya kluar darah bercak2 sja hanya 2 jam saya pikir haid tapi kok tidak sebnyak yg biasanya saya tespek negatf .saya periksa ke dokter spog katanya bukan penyakit, trs masuk ke bulan mei saya slalu kputihan encer bening dan tgl 6 mei sya harusnya sy haid cuman kluar bercak kuning, tgl 7 kliar bercak coklat tp sedikit tdk pakai pembalut
    Smpai tgl 8 saya kputihan encer lagi
    Apa itu normal dok .saya tspek ngatf trs

    Membiasakan Anak Bersikap Sopan pada Orang Lain

  • Oleh : ade
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Pagi Bu Bidan saya mau tanya bagaimana cara mengajarkan anak untuk bisa sopan pada orang lain ? baik itu pada orang tua, teman sebayanya atau pada anak yang lebih kecil darinya ?

    Tanya Bidan