×

Wanita Yang Terlahir Tanpa Vagina

Bagikan Artikel :

Wanita Yang Terlahir Tanpa Vagina

Terlahir tanpa Rahim memang adalah kasus yang nyata tapi langka. Selain terlahir tanpa rahm, yang jauh lebih langka adalah terlahir tanpa vagina. Sedikit membingungkkan tapi ini benar-benar terjadi.

Salah satu tanda tidak memiliki vagina adalah belum pernah mengalami menstruasi padahal masa remajanya sudah terlewat dan sering kram perut yang terasa hebat. Untuk lebih akurat yaitu dilakukan USG oleh dokter kandungan.

Nama medis dari tidak memiliki vagina adalah sindrom Mayer-Rokitansky-Küster-Hauser (MRKH), sebuah kondisi yang jarang terjadi dan hanya mempengaruhi sekitar 1 dari 4.500 bayi perempuan yang baru lahir. Menurut National Institutes of Health, kondisi ini terjadi ketika selama masa perkembangan embrio, organ reproduksi perempuan tidak berkembang dengan baik.

Akibatnya, rahim dan vagina tidak terbentuk atau sama sekali tidak berkembang. Dalam beberapa kasus, kondisi ini bisa diobati tanpa melakukan operasi. Penderita akan menggunakan dilator untuk membuat atau memperlebar vagina yang sudah ada. Dilator vagina adalah semacam tabung plastik yang dirancang khusus untuk meregangkan dan memperlebar sejumlah jaringan vagina yang ada. Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.

Related Posts :

    Apakah Bisa Disembuhkan ?

    Sebetulnya kondisi ini juga bisa diobati dengan operasi pembuatan vagina atau vaginaplasty. Pada kasus Moats, langkah selanjutnya adalah melakukan bedah rekonstruktif dengan perkiraan biaya 15.000 dollar AS atau sekitar Rp 200 juta yang belum termasuk asuransi. Karena operasi ini termasuk kategori operasi kosmetik atau sebuah penentuan jender.

    Apakah Sindrom Mayer Rokitansky Kuster Hauser Bisa Berhubungan Intim?

    Agar bisa melakukan hubungan initim, pasien yang mengalami MRKH harus menjalani beberapa operasi untuk membuat saluran vagina. Tim dokter pun membuat lubang vagina mengenakan lapisan kulit dari tubuh pasien sendiri.

    Apakah MRKH Bisa Memiliiki Keturunan?

    Jika pasien MRKH memiliki ovarium dan sel terlur yang sehat maka ia tetnap bisa memiliki seorang anak. Tapi jika tidak memiliki ovarium maka tidak akan bisa memiliki anak. Nah untuk kasus ini sebaiknya untuk program hamil dilakukan program bayi tabun untuk menyelamatkan ibu dan bayinya.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 19, 2021

    Pertanyaan Pengunjung :

    Kb

  • Oleh : Erna Wati
  • 4 bulan, 2 minggu yang lalu

    Saya kb 3 bulan setelah kb 1 bulan saya haid ,udah hmpir 1 minggu haid nya belum brhenti” apakah bahaya ?

  • Oleh : Erna Wati
  • Mens berkepanjangan

  • Oleh : Wiwin Anand
  • 2 tahun, 8 bulan yang lalu

    Mf bu saya sudah menikah 4 thn tapi blum dpat keturunan.. saya klo mens berhentinya lama hampir sebulan kadang sebulan lebih.. mens kaya gini udah 7 tahunan

    manfaat berenang bagi ibu hamil?

  • Oleh : wkjchu56042488
  • 4 tahun, 10 bulan yang lalu

    bu bidan, saya ingin tau apa saja manfaat berenang bagi ibu hamil, itu saja ya bu 🙂

    Benjolan di payudara

  • Oleh : Nabilagilsa Nabilagilsa
  • 1 tahun, 4 bulan yang lalu

    Hai dok… Mau nanya nih knapa di payudara sebelah kiri saya ada benjolan ya tapi gak sakit padahal saya masih umur 18 tahun
    Mohon di jawab ya dok trimakasih.

  • Oleh : Nabilagilsa Nabilagilsa
  • Ibu hamil

  • Oleh : henrylizotte
  • 4 tahun, 3 bulan yang lalu

    Bagaimana mengatasi stres saat hamil

    Tanya Bidan