×

Warna, Tekstur, Dan Aroman Air Mani Yang Sehat

Bagikan Artikel :

Warna, Tekstur, Dan Aroman Air Mani Yang Sehat

Semen atau air mani yang sehat bukan dilihat dari teksturnya yang kental saja lho. Ternyata bisa dilihat dari warna dan aromanya. Warna sperma atau air mani yang sehat identtik berwarna putih sedikit kuning atau sedikit abu-abu. Padahal warna sperma cukup beragam dan masing-masing warna bisa menjadi tanda kesehatan dari pria. Selain itu konsistensi air mani sedikit kental sesaat setelah ejakulasi, tetapi akan mencair setelah 20 sampai 30 menit kemudian.

Tanda Sperma Yang Sehat Dilihat Dari Warna

1. Putih kekuning-kuningan

Sperma yang berwarna kekuningan biasanya terjadi pada pria yang sudah semakin lanjut. Kondisi ini cukup normal selama tidak ada gangguan seperti rasa sakit saat ejakulasi terjadi atau saat berhubungan seks.

Selain karena faktor usia, sperma dengan warna ini juga terjadi kalau pria mengonsumsi makanan tinggi sulfur. Agar warna sperma kembali pria disarankan untuk mengurangi bawang bombay, bawang putih, dan brokoli.

2. Putih pekat

Sperma yang keluar juga bisa putih pekat dan kekentalannya tinggi. Pria yang mengalami kondisi ini tidak perlu khawatir karena tidak berbahaya untuk kesehatan. Kondisi sperma jadi pekat terjadi karena ada penumpukan sperma akibat pria jarang ejakulasi.

Related Posts :

    3. Kuning keemasan

    Sperma yang berwarna keemasan atau kuning biasanya terjadi karena ada campuran urine. Pria yang tidak menginginkan spermanya tercampur dengan urine disarankan untuk kencing dahulu sebelum berhubungan badan dengan pasangan.  Saat pria menahan kencing, ada urine yang tersangkut di dekat saluran yang menyemburkan sperma. Saat pria ejakulasi urine jadi ikut keluar dan dua cairan ini tercampur.

    4. Merah atau agak cokelat

    Kalau sperma yang keluar berwarna merah atau agak kecokelatan berarti ada gangguan pada prostat atau saluran kemih. Warna ini muncul akibat perdarahan yang terjadi di dalam organ dan ikut keluar terbawa sperma.

    Sperma Yang Sehat Dilihat Dari Testur dan Volume

    Volume sperma yang dikeluarkan oleh pria saat ejakulasi adalah sekitar 2-5 ml. Cairan sperma yang baik adalah sperma yang kental dan tidak cair. Jika sperma yang keluar kurang dari 1,5 cc maka volume sperma sedikit dan membuat ejakulasi menjadi kering.

    Sperma Yang Sehat Dilihat Dari Aromanya

    Cairan sperma yang normal berbau seperti daun akasia. Jika sperma Anda menjadi berbau amis, maka perlu diwaspadai adanya infeksi pada saluran kencing, prostat atau struktur lain sepanjang saluran kencing.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 18, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Promil

  • Oleh : rosellagrishin3
  • 3 tahun, 7 bulan yang lalu

    Assalamualaikum bu bidan.
    Sy nikah udah 5bulan tapi blom d kasih” momongan apa karna sy setiap abis hubungan sama suami lalu bak sperma ikit kluar ?? Itu Normal ataw gg ya

    Nyeri payudara sebelah kanan

  • Oleh : Nadia Kartika
  • 4 bulan yang lalu

    Ass. Dok saya mau tanya. Payudara saya sebelah kanan suka nyeri kadang nyut nyutan. Kata ahli bedah ini gapapa ga jahat. Tapi sampe sekarang masih sakit. Kenapa yaa. Makasih

    Ejakulasi

  • Oleh : Eddy Ningmabin
  • 1 tahun, 7 bulan yang lalu

    Mba bagaimana memiliki ketahanan dari ejakulasi dini?

    Batuk dan sesak

  • Oleh : Risky nur
  • 2 tahun, 7 bulan yang lalu

    Malem dok, say hamil berusia 1bulan, saya ada asma, tapi semua tes lebih dan ronsen nya bagus semua, tidak menandakan penyakit paru-paru, saat asma mau kambuh pasti selalu batuk terlebih dahulu, pertanyaan saya bahayakah untuk janin saya dok

    posisi tidur hamil menginjak 8 bulan

  • Oleh : uye (wanita)
  • 2 tahun, 1 bulan yang lalu

    saya hamil menginjak usia 8 bulan. saat sedang tidur posisi miring ke kanan memang tidak nyaman karena janin seperti menolak dan menendang2, bentuk perut pun jadi menggantung. tapi akhir-akhir ini miring ke kiri pun sama jadi kurang nyaman dan menggantung sedikit namun janin tidak menendang2. rasanya lebih enak untuk tidur telentang begitu, padahal kan resikonya buruk ya. tapi janin nampak nyaman juga apabila posisi tidur telentang. tapi saya berganti-ganti posisi saja kadang miring ke kiri kadang telentang. bagaimana ya solusinya?

    Tanya Bidan