×

Waspada Apabila Air Mani Berwarna Kuning

Bagikan Artikel :

Waspada Apabila Air Mani Berwarna Kuning

Normalnya air mani/cairan yang mengandung sel sperma biasanya berwarna putih atau abu-abu keputihan. Namun, adakalanya air mani yang berwarna kuning. Hal ini terjadi karena beberapa penyebab yang mendasari. Mulai dari masalah kesehatan yang tidak berbahaya hingga kronis.

Penyebab Keluarnya Air Mani Warna Kuning Pada Pria

1. Tercampur air kencing

Air mani warna kuning bisa disebabkan karena tercampur dengan air kencing atau urine. Terkadang, air kencing bisa tertinggal di dalam uretra. Uretra sendiri adalah tabung yang membawa air mani (yang mengandung sperma) dan air kencing keluar dari tubuh Anda, yaitu melalui penis.

Bila hal ini terjadi, urine dan air mani bisa tercampur saat air mani keluar dari penis Anda. Campuran urin dan air mani bisa membuat air mani Anda terlihat kuning. Hal ini juga bisa disebakan oleh beberapa penyebab seperti infeksi saluran kemih atau pembesaran prostat, yang juga dikenal sebagai benign prostatic hyperplasia (BPH).

2. Terkena jaundice

Jaundice adalah suatu kondisi kesehatan yang disebabkan oleh keadaan lain, seperti penyakit yang menyebabkan pemecahan hemoglobin yang berlebihan. Biasanya kondisi yang sering disebut sebagai penyakit kuning. Jaundice ini memengaruhi warna bagian putih mata dan kulit yang akan berwarna kekuningan. Nah, dalam kasus tertentu, kondisi ini juga bisa memengaruhi warna air mani Anda.

3. Leukocytospermia

Related Posts :

    Leukocytospermia merupakan salah satu kondisi yang ditandai dengan tingginya jumlah sel darah putih dalam air mani. Leukocytospermia, yang mana juga bisa disebut sebagai pyospermia, dapat menyebabkan keluarnya air mani warna kuning. Kondisi ini bisa melemahkan dan merusak kualitas sperma. Jika sudah cukup serius bahkan bisa menyebabkan ketidaksuburan.

    4. Infeksi prostat

    Infeksi lain yang membuat air mani keluar dengan warna kuning adalah infeksi pada prostat. Infeksi ini menyebabkan adanya urine yang keluar karena kontrol kandung kemih tidak bisa berjalan dengan sempurna saat pria melakukan seks.

    Tanda dari infeksi prostat ini adalah rasa sakit saat pria melakukan ejakulasi atau melakukan penetrasi. Urine agak bergelembung-gelembung, Rasa sakit di tulang belakang dan perut bagian bawah.

    5. Penyakit menular seksual

    Penyakit menular seksual menyebabkan kondisi ini kalau susah sangat parah. Secara khusus penyakit yang menyebabkan kondisi ini terdiri dari herpes, gonore, dan klamidia.

    6. Gaya hidup

    Gaya hidup juga menjadi penyumbang munculnya warna kuning pada air mani. Pria yang selalu minum minuman alkohol, obat-obatan terlarang dan rokok menjadi penyebab sperma berwarna kuning.

    Cara Mengobatinya Air Mani Yang Kuning

    Kalau Anda memiliki air mani yang berwarna kuning dan tidak berubah setelah 1-2 minggu. Segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Air mani bisa menjadi tanda kalau organ seksual yang Anda miliki sedang mengalami masalah. Selain warna kuning yang tidak berubah, kalau Anda merasakan sakit di penis, impotensi, demam, dan ada darah di air manis, segera ke dokter.

    Saat melakukan pemeriksaan, dokter akan mencari tahu dulu apa yang menyebabkan warna kuning dari air mani. Misal karena leukocytospermia, dokter akan memberikan obat seperti antibiotik. Selanjutnya kalau disebabkan oleh infeksi penyakit menular seksual, penyebabnya harus disembuhkan terlebih dahulu. Dan biasanya Anda dianjurkan untuk tidak melakukan hubungan seksual hingga sembuh. Hal ini dikhawatirkan infeksi atau virus bisa menular ke pasangan seksualnya.

    Hal-hal Yang Perlu Anda Lakukan

    1. Jika Anda mengonsumsi alkohol/rokok/obat-obatan terlarang sebaiknya segera hentikan

    2. Tahan diri untuk hubungan seks selama masa penyembuhan

    3. Hindari makanan atau minuman yang mengandung bahan penguning

    4. Konsumsi air putih yang banyak untuk menetralkan warna air mani yang keluar.

    Dan jangan lupa untuk mengonsumsi QNC. QNC ini mengatasi segala masalah kesehatan organ reproduksi pria terutama sperma yang berwarna kuning. Selain itu, QNC juga bisa menambah kebugaran. Tentu sebagai pria Anda ingin dong terlihat bugar dan sensual.

    qnc jelly gamat
    Untuk konsultasi dan pemesanan klik tombol WhatsApp di bawah ini

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : January 4, 2019

    Pertanyaan Pengunjung :

    Mens Tidk lancar

  • Oleh : Sabrina Salsabillah
  • 10 bulan, 1 minggu yang lalu

    Saya usia 17 menuju 18 tahun tapi haid tidak lancar hanya keluar seperti keputihan tapi warna merah tidak keluar darah

  • Oleh : Sabrina Salsabillah
  • Bolehkan ibu hamil facial?

  • Oleh : jerrigibson293
  • 4 tahun, 9 bulan yang lalu

    Selamat siang ibu bidan saya mau tanya saat ini saya sedang hamil 5 bulan amankah jika melakukan facial wajah dan menggunakan obat jerawat? mohon jawabannya

    benjolan

  • Oleh : jessica kheai
  • 1 tahun, 8 bulan yang lalu

    Selamat sore ibu bidan,, saya ibu rumah tangga usia 32 thn. Payudara sebelah kiri ada benjolan yg bs pindah pindah jika ditekan, dan kelenjar getah bening bawah ketiak membesar dan keduanya tdk kunjung hilang kurun waktu 1 thn belakang ini. Tdk terasa sakit at keluhan lainnya. Apa itu tanda2 dr kanker payudara? Terima ksh

    Sakit perut saat hamil berbahaya kah?

  • Oleh : Tika
  • 5 tahun yang lalu

    Selamat pagi bu bidan, saya mau bertanya akhir-akhir ini saya sering mengalami sakit perut oh ya saya sedang hamil 7 bulan apakah hal ini normal atau berbahaya. Mohon jawabannya

    Saya hamil tapi sakit saat kencing

  • Oleh : Amel Sapiteri
  • 1 tahun, 2 bulan yang lalu

    Dok saya mau nanya ,saya kecing terus ,tapi kencing nya sedikit ,disaat saya mau kencing ,saya tidak tahan ,jadi saya kencing ditisu ,ternyata setelah kencing warna kencing nya merah dan berdarah ,itu kenapa ya dok?

    Tanya Bidan