×

Waspada Trikomoniasis Yang Menyerang Pria Dan Wanita

Bagikan Artikel :

Waspada Trikomoniasis Yang Menyerang Pria Dan Wanita

Seks bebas tanpa pengaman seperti kondom harus dihindari. Hal ini karena semakin banyaknya penderita penyakit menular seksual seperti trikomoniasis. Trikomoniasis adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit bernama Trichomonas vaginalis. Penyakit ini dapat menyerang pria dan wanita yang menular melalui hubungan seksual. Tapi tidak semua jenis hubungan seks bisa menularkan trikomoniasis. Penyakit ini tidak bisa menular dengan seks oral, seks anal, ciuman, dan berbagi pemakaian alat makan, dudukan toilet, atau handuk.

Gejala Trikomoniasis Pada Wanita

a) Perubahan cairan vagina yang kental, encer, berbusa, atau berwarna kekuningan dan kehijauan serta berbau tidak normal

b) Rasa gatal di vagina

c) Nyeri saat buang air kecil atau berhubungan seks.

d) Timbul rasa nyeri dan bengkak di area kewanitaan. Kadang rasa gatal juga muncul di paha bagian dalam

e) Nyeri di bagian bawah perut

Gejala Trikomoniasis Pada Pria

a. Keluarnya cairan abnormal (tidak normal) dari penis

b. Iritasi pada ujung penis

c. Perasaan terbakar saat buang air kecil

d. Frekuensi buang air kecil lebih sering dari biasanya

e. Muncul rasa sakit, bengkak, dan kemerahan di area ujung penis. Rasa sakit ini juga bisa muncul saat buang air kecil atau saat ejakulasi.

Gejala trikomoniasis akan muncul dalam waktu satu bulan sejak seseorang mulai terinfeksi. Namun, sekitar setengah dari pengidap trikomoniasis tidak mengalami gejala apa pun.

Penyebab Trikomoniasis

Trikomoniasis disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis yang biasanya menyebar melalui hubungan seks tanpa kondom atau saling berbagi alat/mainan seks. Masa inkubasi parasit ini tidak diketahui secara pasti, namun umumnya terjadi dalam waktu 5 sampai 28 hari.

Risiko Tertularnya Trikomoniasis Meningkat Jika

1. Berhubungan seks tanpa kondom.

2. Sering berganti-ganti pasangan.

3. Pernah mengalami trikomoniasis sebelumnya.

4. Memiliki riwayat penyakit menular seksual

5. Diagnosis Trikomoniasis

6. Diagnosis trikomoniasis bisa dipastikan dengan memeriksa sampel cairan vagina pada wanita atau urine pada pria di laboraturium. Pemeriksaan ini umumnya memakan waktu selama beberapa hari.

Prosedur Pemeriksaan

Jika anda mengalami gejala-gejala yang sudah disebutkan tadi maka lakukanlah pemeriksaan ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang yaitu rapid antigen test dan nucleic acid amplifcation. Namun keduanya memerlukan biaya yang lebih mahal dibandingkan pemeriksaan cairan secara manual di laboratorium.

Related Posts :

    Pengobatan Trikomoniasis

    Trikomoniasis bisa diatasi secara efektif dengan obat antibiotik jenis metronidazole atau tinidazole. Dokter akan meresepkan kedua obat ini dalam dosis tertentu untuk dikonsumsi selama 5-7 hari. Wanita hamil yang terinfeksi juga boleh minum obat ini. Dalam kondisi tertentu, dokter hanya meresepkan salah satu dari kedua obat itu dalam dosis yang besar.

    Selama masa pengobatan, pasien diminta untuk menghindari hubungan seksual sampai dinyatakan sembuh oleh dokter. Pasien juga wajib menghindari konsumsi alkohol selama 24 jam setelah mengonsumsi metronidazole atau 72 jam setelah mengosumsi tinidazole karena alkohol bisa menyebabkan mual dan muntah.

    Komplikasi Trikomoniasis

    Trikomoniasis bisa menimbulkan komplikasi jika dibiarkan tanpa pengobatan. Seorang ibu hamil yang terkena trikomoniasis bisa menularkan kondisi tersebut pada bayi yang dikandungnya. Selain itu, juga bisa meningkatkan risiko kelahiran prematur dan berat badan bayi kurang. Trikomoniasis pada wanita membuat penderitanya lebih rentan terhadap infeksi virus HIV penyebab AIDS.

    Pencegahan Trikomoniasis

    1. Setia kepada satu pasangan dan tidak berganti-ganti pasangan hubungan seksual.

    2. Gunakan kondom saat berhubungan seksual.

    3. Pastikan alat/mainan seks yang digunakan bersih dan terbungkus kondom. Hindari berbagi alat/mainan seks dengan orang lain.

    4. Jika merasa telah terinfeksi, lebih baik tidak melakukan hubungan seksual dan segera menghubungi dokter untuk menjalani pemeriksaan.

    5. Pasangan juga harus mendapatkan pengobatan, dan dianjurkan untuk tidak melakukan hubungan seksual sebelum Anda dan pasangan selesai menjalani pengobatan, serta tidak lagi menunjukkan gejala.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : December 19, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Makan semangka

  • Oleh : Ummu khalid
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Pada ibu hamil dengan mengkonsumsi semangka baik ndag dokter.

    Olahraga yang tepat dan aman dilakukan oleh ibu hamil

  • Oleh : Tutut Kartikasari
  • 3 tahun, 1 bulan yang lalu

    Saya mau tanya bu bidan, apa boleh ibu hamil mengikuti olahraga? dan sebaiknya olahraga apa yang harus dipilih saat hamil?

  • Oleh : Tutut Kartikasari
  • Program kehamilan

  • Oleh : Claudia anggelina
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Dimana alamat untuk akupuntur kehamilan

    Sering merasa nyeri dan geli

  • Oleh : Dini sulistyorini
  • 1 tahun, 10 bulan yang lalu

    Pagi bu.
    Usia kandungan saya 17minggu. Saya sering merasakan nyeri kadang merasa geli dibagian bawah perut bawah, itu kenapa yah bu?
    Mohon penjelasannya.

    Khitan

  • Oleh : yongstephensen3
  • 1 tahun, 1 bulan yang lalu

    Pantangan makanan setelah sunat

  • Recent Topics

  • Baru-baru ini :

  • Follow Kami Di :

  • Tanya Bidan