×

Waspadai Bahaya Penis Yang Selalu Gatal

Bagikan Artikel :

Waspadai Penis Yang Selalu Gatal

Sebetulnya gatal-gatal pada daerah kelamin lebih rentan terjadi pada pria karena anatomi eksternal di pangkal paha. Hal ini akan lebih berisiko jika terjadi gesekan pada selangkangan dan lingkungan yang lembab.

Organ kelamin memang mudah sekali terjadi gatal karena selangkangan adalah tempat berkembang biak jamur, terutama setelah berkeringat. Jika Anda tidak punya waktu untuk mandi atau membersihkan keringat dan bakteri yang dikeluarkan pori-pori maka akan menciptakan lingkungan yang cocok untuk pertumbuhan jamur. Penis gatal dapat pula disebabkan oleh berbagai hal seperti kudis, pakaian dalam yang terlalu ketat, iritasi karena urine, bahan kandungan dalam sabun mandi, kotoran penis atau smegma, infeksi bakteri, penyakit kulit seperti eksim, psoriasis, dan lichen planus, tingginya kadar gula darah dalam tubuh, reaksi alergi, hingga adanya gesekan pada kulit. Selain itu ada kalanya penis gatal juga menjadi indikasi adanya penyakit menular seksual dan infeksi kandidiasis

Penyebab Gatal Pada Penis Yang Berbahaya

1. Kandidiasis

Gejala kandidiasis pada penis antara lain adalah gatal-gatal, pembengkakan penis, ruam kemerahan, keluarnya cairan kental dari balik kulup, timbul bau atau aroma yang tidak sedap, sakit saat melakukan hubungan seksual dan buang air kecil, serta kesulitan saat menarik kembali kulit kulup penis. Risiko untuk mengalami infeksi seperti ini akan meningkat pada orang-orang yang sering mengenakan pakaian ketat, seperti celana pendek dari bahan lycra atau denim,  obesitas, diabetes tipe 1 dan 2, sedang mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh,  sedang mengonsumsi antibiotik yang membunuh bakteri baik, sedang mengonsumsi kortikosteroid dalam bentuk oral atau pun oles, berhubungan seksual dengan orang yang sedang mengalami infeksi jamur.

2. Infeksi menular seksual

Rasa gatal terkadang juga dapat menjadi gejala dari infeksi menular seksual. Jika disebabkan oleh gonore atau kencing nanah gejala yang muncul antara lain keluarnya cairan warna putih, kuning, atau hijau dari ujung penis, disertai rasa nyeri dan perih saat buang air kecil. Apabila disebabkan oleh klamidia gejalanya yaitu keluarnya cairan putih dari penis dan disertai rasa nyeri. Psifilis dan herpes genital juga bisa terdapat gatal pada penis.

Cara Merawat Penis

1. Cuci penis dengan air hangat dan sabun berbahan ringan tanpa pewangi, terutama pada area kulup pria yang tidak atau belum disunat. Cuci juga bagian dasar penis, zakar, dan anus.

2. Selalu keringkan penis setelah mandi atau buang air kecil. Organ kelamin pria yang lembap lebih berisiko mendatangkan infeksi.

3. Kenakan bawahan dan celana dalam yang tidak terlalu ketat dan mudah menyerap keringat.

4. Ganti celana dalam minimal dua kali dalam sehari.

5. Hindari terlalu lama mengenakan pakaian yang basah. Segera ganti pakaian begitu selesai berolahraga.

6. Konsumsi air minum yang cukup tiap hari minimal 2 liter

7. Hindari membubuhkan bedak atau deodoran pada penis, terutama balita. Serbuk bedak dapat tinggal di balik kulit kulup dan menyebabkan iritasi.

8. Jika Anda ingin melakukan hubungan seksual, pastikan Anda menggunakan kondom atau pengaman, dan hindari perilaku seks berisiko.

9. Untuk mencegah gatal pada alat kelamin, mandi dan mengeringkan tubuh sehabis berolahraga harus dilakukan.

10. Gunakan pakaian katun longgar dan rajin mengganti peralatan olahraga juga disarankan.

Related Posts :

    11. Hindari pakaian non-katun. Terkadang, pakaian sintetis yang menyerap keringat menyebabkan panas dan mempengaruhi pria untuk terkena infeksi.

    Cara Mengatasi Gatal-gatal Pada Penis

    Bersihkan Seluruh Organ reproduksi bagian luar secara perlahan lalu keringkan menggunakan handuk khusus. Usahakan jangan menggaruk penis. Jika gatal tidak kunjung membaik dan  semakin parah segera hubungi dokter spesialis kulit kelamin.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : August 21, 2018

    Pertanyaan Pengunjung :

    Apa Obat Nyeri Tulang Belikat Kanan untuk Ibu Menyusui

  • Oleh : Siti Rohmah
  • 5 tahun, 4 bulan yang lalu

    Selamat pagi,
    Saya seorang ibu menyusui dan saat ini saya sering mengeluh nyeri tulang belikat sebelah kanan ketika mengambil napas dalam-dalam. Dan akhir-akhir ini kebetulan saya juga memiliki masalah pada lambung. Apakah nyeri tulang belikat tersebut disebabkan karena masalah lambung? Dan apa obat yang aman untuk ibu menyusui saat ini?

    Nyeri Sendi kaku dan bengkak saat hamil

  • Oleh : Aryanto Id
  • 5 tahun, 4 bulan yang lalu

    siang dok, tante saya sedang hamil 5 bulan. tapi dia mengeluh karena akhir-akhir ini dia sering sakit sendi dan kaku malah kemarin terjadi bengkak dok, kira-kira tante saya kenapa yah? apakah itu penyakit rematik? bagaimana solusinya ?

    Mens Tidk lancar

  • Oleh : Sabrina Salsabillah
  • 9 bulan yang lalu

    Saya usia 17 menuju 18 tahun tapi haid tidak lancar hanya keluar seperti keputihan tapi warna merah tidak keluar darah

  • Oleh : Sabrina Salsabillah
  • Keputihan

  • Oleh : Lusiana –
  • 11 bulan, 2 minggu yang lalu

    Kal saya udah ngalamin keputihan 2 bln ini kadang berwarna putih kdang kecoklatan tidal berbau dan trasa gata kadang gatal saat kluar slabhnya tidak

  • Oleh : Lusiana –
  • cesar

  • Oleh : Tania
  • 3 tahun, 2 bulan yang lalu

    maaf sebelumnya. saya mau tanya.
    istri saya melahirkan anak pertama dengan operasi cesar. sebab air ketuban sudah pecah pada bukaan 2. dan sekarang sudah hamil yg kedua, kata dokter kemungkinan besar harus di cesar. karena yg pertama cesar dan tidak boleh persalinan dibawa ke bidan karena tidak diperbolehkan suntik pacu. sampai sekarang bekas cesar masih terasa nyeri. padahal sudah 5 tahun. dan dokter menyarankan cesar sebelum waktu kontraksi. dikarenakan posisi bayi sampai minggu ke 37 masih belum turun.
    apakah cara seperti ini baik menurut islam? atau sebaiknya saya tunggu sampai kontraksi, kemudian dibawa kerumah sakit dan tunggu keputusan dari dokter di RS? apakah memang tindakan harus cesar atau normal.
    terimakasih

    Tanya Bidan