×

Waspadai Inilah Faktor Penyebab Kecacatan Pada Bayi

Bagikan Artikel :

Bidannya Kita – Masa kehamilan dimana merupakan masa yang sangat membahagiakan bagi setiap pasangan suami dan istri, terlebih bagi pasangan yang baru pertama kali mempunyai anak. Memelihara dan menjaga kesehatan selama masa kehamilan merupakan salah satu hal yang wajib ibu hamil perhatikan. Hal ini dikarenakan kesehatan ibu hamil akan berdampak pada perkemabngan bayi dalam kandungan.

Setiap pasangan suami istri pastinya menginginkan kelahiran bayi yang sehat tanpa memliki kelainaan apapun. Maka dari itu menjaga kesehatan selama masa kehamilan menjadi prioritas utama bagi ibu hamil. Salah satu cara menjaga kesehatan ibu hamil bisa ditempuh mulai dari mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, dengan mengkonsumsi makanan yang sehat maka kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil akan tercukupi. Dan tidak lupa untuk menerapkan pola hidup yang sehat, seperti sering melakukan olahraga khusus bagi wanita hamil.

Faktor Penyebab Kecacatan Pada Bayi

Related Posts :

    Lantas apa sebenarnya yang menjadi faktor penyebab bayi terlahir cacat, dan Inilah Faktor Penyebab Kecacatan Pada Bayi.

    1. Kekurangan Asam Folat
      Salah satu nutrisi yang akan berperan aktif dalam perkembangan janin dalam kandungan adalah asam folat. Ibu hamil yang kekurangan asam folat akan menyebabkan bayi terlahir cacat, kekurangan berat badan atau mengalami kelahiran prematur. Asam folat sendiri berfungsi untuk membantu dalam menutupi tabung saraf dan juga sumsung tulang belakang. Dan bila kebutuhan akan asam folat ini tidak tercukupi, maka akan mengakibatkan kelainan seperti spina bifida atau kelainan yang terjadi pada tulang belakang, dan juga anencephaly yakni otak yang tidak terbentuk. Maka dari itu ibu hamil harus bisa mencukupi kebutuhan akan asam folat selama masa kehamilan. Asam folat bisa kita peroleh dari makanan misalnya kacang kacangan, buah buahan seperti alpukat dan sayuran seperti brokoli.
    2. Pengaruh Asap Rokok
      Salah satu faktor yang menyebabkan bayi terlahir dengan cacat selanjutnya yaitu disebabkan oleh pengaruh dari asap rokok. Ibu hamil yang memliki kebiasan merokok atau sering terpapar asap rokok atau yang disebut juga dengan perokok pasif, akan sangat beresiko untuk melahirkan bayi yang terlahir cacat. Hal ini dikarenakan roko yang mengandung zat yang berbahaya seperti nikotin dan juga tar yang bisa mengakibatkan perkembangan janin menjadi terhambat. Paparan asap rokok ini akan menimbulkan janin yang terlahir dengan IQ yang rendah, berat badan yang tidak normal, perkembangan otak yang tidak sempurna , keterbelakangan mental, mengalami kerusakan organ dalam, bayi yang kemungkinan akan terlahir prematur bahkan bisa mengakibatkan kematian pada janin. Maka dari itu ibu hamil dilarang untuk merokok ataupun juga terpapar asap rokok dari orang disekitarnya.
    3. Minuman yang beralkohol atau Berkafein
      Minuman yang berkafein atau beralkohol jelas berbahaya bagi kesehatan, terlebih bila dikonsumsi oleh ibu hamil. Kebiasaan ibu hamil yang mengkonsumsi minuman beralkohol pada waktu hamil akan meningkatkan resiko bayi yang terlahir cacat. Minuman yang mengandung alkohol juga akan menimbulkan kerusakan pada organ janin serta akan menghambat perkembangan janin. Selain itu kefein ternyata bisa menyebabkan bayi lahir cacat, perkembangan otak bayi menjadi tidak sempurna sehingga bayi akan terlahir dengan IQ yang rendah dan bayi hiperaktif
    4. Kebiasaan Mengkonsumsi Junk Food
      Bagi wanita yang sedang hamil, sebaiknya meghentikan kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji. Hal ini dikarenakan makanan cepat saji tidak akan baik untuk kesehatan janin dalam kandungan. Junk food mengandung banyak lemak yang tinggi, dan juga cara memasak serta higinitas dari makanan cepat saji tidak terjadi dengan baik. Sehingga bisa membahayakan perkembangan dan juga kesehatan bayi. Dan kebiasaan ini juga secara tidak langsung akan mengakibatkan bayi terlahir cacat serta akan meningkatkan resiko bayi memiliki tingkat IQ yang sangat rendah.
    5. Kekurangan Vitamin D
      Selama masa kehamilan vitamin D sangat diperlukan untuk membantu dalam penyerapan kalsium kedalam tulang, sehingga akan menunjang pembentukan tulang pada bayi. Selain itu juga Vitamin D diperlukan oleh ibu hamil untuk mencegah kelainan pada otak bayi, serta untuk mendukung kemampuan bergerak pada bayi.

    Itulah diantaranya faktor yang menyebabkan bayi terlahir cacat, jaga kondisi kesehatan selama masa kehamilan, konsumsilah makanan dan juga minuman yang baik untuk ibu hamil, serta tidak lupa menerapkan pola hidup sehat seperti ritun berolahraga, hal ini perlu untuk dilakukan demi menjaga janin dalam kandung untuk tidak terlahir dengan kelainan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 11, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Haid tidak lancar

  • Oleh : Naisyabilla Sutarno
  • 2 tahun, 2 bulan yang lalu

    Saya mahasiswi usia 18 tahun. Siklus menstruasi saya tidak lancar, terkadang 4 bulan bahkan lebih tidak menstruasi. Apakah seperti itu normal atau ada gangguan? Saya belum periksa ke dokter. Jika ingin lancar menstruasi itu caranya seperti apa?

    Terimakasih

    Berhubungan sehari setelah menstruasi

  • Oleh : Agus Putra
  • 9 bulan, 1 minggu yang lalu

    Selamat sore buk , saya mau bertanya seputar kehamilan,
    Jadi gini buk,saya mempunyai seorang pacar yang masih perawan,suatu hari saya ingin melakukan hubungan badan dengan pacar saya,kebetulan saya melakukan hubungan badan sehari setelah dia menstruasi(rada – rada masih haid ),jadi pas saya melakukan hubungan badan,saya sebelum sebelumnya itu sering sekali mengeluarkan sperma saya sehari bisa 1 smpek 2 kali,saya keluarin 3 hari berturut turut sebelum melakukan hubungan badan sama pacar saya,pas saat saya berhubungan badan,saya menyentuh vagina pacar saya dan saya merasakan kalau ada cairan yang kluar dari dalam vagina pacar saya,pas saya hirup baunya khas ( lendir ) perempuan,setelah itu saya cuma memasukan kemaluan saya ke vagina pacar saya sampai berbunyi ” krek “,dan itu pun saya cuma memasukannya,setelah itu langsung saya cabut,dan saya mengeluarkan sperma saya di luar vagina pacar saya,
    Pertanyaan saya,apakah dapat mengakibatkan kehamilan ?
    Dan seumpama kalau ada setetes sperma yg msuk kedalan vagina,apa dapat menyebabkan kehamilan pada saat mens/haid?

    Negatif tapi tidak menstruasi

  • Oleh : Sintya Rizka Afriani
  • 9 bulan, 2 minggu yang lalu

    Bulan april saya menstruasi tgl 7 bu, mei tgl 11 dan juni tanggal 9 kemudian mens lagi tgl 22 juni sampai 25 juni
    Tanggal 3 juli saya melakukan hubungan suami istri, dan suami tidak menggunakan konstrasepsi (kondom) karena saya gak pasang IUD atau pil kb atau suntik kb jadi pakainya kondom bu, tp tgl 3 gak pakai kondom sedangkan suami dikeluarkan di dalam setelah 3 jam kemudian saya minum postinor 2 bu, langsung 2 pil sekaligus sesuai anjuran box, kemudian sampai sekarang tgl 5 agustus saya belum menstruasi saya sudah tespack pakai sensitif dan one med hasilnya negatif semua mulai dari 2 minggu stlh berhubungan sampai saya telat 2 minggu hasilnya negatif tapi sampai sekarang belum menstruasi.
    Pertanyaan saya apakah hasil tespek itu benar bahwa negatif, apakah benar postinor dapat mempengaruhi siklus menstruasi?

  • Oleh : Sintya Rizka Afriani
  • Makanan pengganti ibu hamil

  • Oleh : Ramadhan
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Selamat siang bu bidan, saat ini saya sedang hamil 4 bulan dan saya memang termasuk orang yang tidak suka makan sayur bahkan bisa di katakan sebelum hamilpun saya tidak pernah makan sayur. Nah berhubung sekarang saya lagi hamil saya agak khawatir nih takutnya nutrisi saya dan janin tidak tercukupi karena tidak mengkonsumsi sayuran. Apakah ada makanan pengganti sayur untuk ibu hamil yang tidak suka makan sayur?

    Sdh hamil 8 bln blum ada tanda2 memproduksi asi

  • Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu
  • 4 tahun, 6 bulan yang lalu

    Siang bu bidan.. Saya hamil anak pertama.. Usia kehamilan sy jalan 8 bln.. Tapi payudara saya blum ada tanda2 memproduksi asi.. Apa itu normal? Atau berbahaya? Apakah saat nanti melahirkan ada kemungkinan asi bisa keluar?

    Tanya Bidan