Waspadai Inilah Faktor Penyebab Kecacatan Pada Bayi

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Bidannya Kita – Masa kehamilan dimana merupakan masa yang sangat membahagiakan bagi setiap pasangan suami dan istri, terlebih bagi pasangan yang baru pertama kali mempunyai anak. Memelihara dan menjaga kesehatan selama masa kehamilan merupakan salah satu hal yang wajib ibu hamil perhatikan. Hal ini dikarenakan kesehatan ibu hamil akan berdampak pada perkemabngan bayi dalam kandungan.

    Setiap pasangan suami istri pastinya menginginkan kelahiran bayi yang sehat tanpa memliki kelainaan apapun. Maka dari itu menjaga kesehatan selama masa kehamilan menjadi prioritas utama bagi ibu hamil. Salah satu cara menjaga kesehatan ibu hamil bisa ditempuh mulai dari mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, dengan mengkonsumsi makanan yang sehat maka kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil akan tercukupi. Dan tidak lupa untuk menerapkan pola hidup yang sehat, seperti sering melakukan olahraga khusus bagi wanita hamil.

    Faktor Penyebab Kecacatan Pada Bayi

    Lantas apa sebenarnya yang menjadi faktor penyebab bayi terlahir cacat, dan Inilah Faktor Penyebab Kecacatan Pada Bayi.

    1. Kekurangan Asam Folat
      Salah satu nutrisi yang akan berperan aktif dalam perkembangan janin dalam kandungan adalah asam folat. Ibu hamil yang kekurangan asam folat akan menyebabkan bayi terlahir cacat, kekurangan berat badan atau mengalami kelahiran prematur. Asam folat sendiri berfungsi untuk membantu dalam menutupi tabung saraf dan juga sumsung tulang belakang. Dan bila kebutuhan akan asam folat ini tidak tercukupi, maka akan mengakibatkan kelainan seperti spina bifida atau kelainan yang terjadi pada tulang belakang, dan juga anencephaly yakni otak yang tidak terbentuk. Maka dari itu ibu hamil harus bisa mencukupi kebutuhan akan asam folat selama masa kehamilan. Asam folat bisa kita peroleh dari makanan misalnya kacang kacangan, buah buahan seperti alpukat dan sayuran seperti brokoli.
    2. Pengaruh Asap Rokok
      Salah satu faktor yang menyebabkan bayi terlahir dengan cacat selanjutnya yaitu disebabkan oleh pengaruh dari asap rokok. Ibu hamil yang memliki kebiasan merokok atau sering terpapar asap rokok atau yang disebut juga dengan perokok pasif, akan sangat beresiko untuk melahirkan bayi yang terlahir cacat. Hal ini dikarenakan roko yang mengandung zat yang berbahaya seperti nikotin dan juga tar yang bisa mengakibatkan perkembangan janin menjadi terhambat. Paparan asap rokok ini akan menimbulkan janin yang terlahir dengan IQ yang rendah, berat badan yang tidak normal, perkembangan otak yang tidak sempurna , keterbelakangan mental, mengalami kerusakan organ dalam, bayi yang kemungkinan akan terlahir prematur bahkan bisa mengakibatkan kematian pada janin. Maka dari itu ibu hamil dilarang untuk merokok ataupun juga terpapar asap rokok dari orang disekitarnya.
    3. Minuman yang beralkohol atau Berkafein
      Minuman yang berkafein atau beralkohol jelas berbahaya bagi kesehatan, terlebih bila dikonsumsi oleh ibu hamil. Kebiasaan ibu hamil yang mengkonsumsi minuman beralkohol pada waktu hamil akan meningkatkan resiko bayi yang terlahir cacat. Minuman yang mengandung alkohol juga akan menimbulkan kerusakan pada organ janin serta akan menghambat perkembangan janin. Selain itu kefein ternyata bisa menyebabkan bayi lahir cacat, perkembangan otak bayi menjadi tidak sempurna sehingga bayi akan terlahir dengan IQ yang rendah dan bayi hiperaktif
    4. Kebiasaan Mengkonsumsi Junk Food
      Bagi wanita yang sedang hamil, sebaiknya meghentikan kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji. Hal ini dikarenakan makanan cepat saji tidak akan baik untuk kesehatan janin dalam kandungan. Junk food mengandung banyak lemak yang tinggi, dan juga cara memasak serta higinitas dari makanan cepat saji tidak terjadi dengan baik. Sehingga bisa membahayakan perkembangan dan juga kesehatan bayi. Dan kebiasaan ini juga secara tidak langsung akan mengakibatkan bayi terlahir cacat serta akan meningkatkan resiko bayi memiliki tingkat IQ yang sangat rendah.
    5. Kekurangan Vitamin D
      Selama masa kehamilan vitamin D sangat diperlukan untuk membantu dalam penyerapan kalsium kedalam tulang, sehingga akan menunjang pembentukan tulang pada bayi. Selain itu juga Vitamin D diperlukan oleh ibu hamil untuk mencegah kelainan pada otak bayi, serta untuk mendukung kemampuan bergerak pada bayi.

    Itulah diantaranya faktor yang menyebabkan bayi terlahir cacat, jaga kondisi kesehatan selama masa kehamilan, konsumsilah makanan dan juga minuman yang baik untuk ibu hamil, serta tidak lupa menerapkan pola hidup sehat seperti ritun berolahraga, hal ini perlu untuk dilakukan demi menjaga janin dalam kandung untuk tidak terlahir dengan kelainan.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - July 11, 2016
    Diskusi Dari:
    Reny Anggra

    Selamat malem ..dok kenapa yah gigi anak saya tumbuhnya gak beraturan ..ada di bawah 1gigi lalu di atas udah nampak 1gigi yg keluar tapi ketiga gigi yg di atas nampak mau tumbuh tapu tidak beraturan ..dok saya khawatir kalau gigi anak saya tumbuh tidak rata..kira2 apa penyebab dan penanganan apa supaya anak syya giginya tumbub dengan rapih

    Dijawab Oleh : Reny Anggra
    Diskusi Dari:
    Santana jaya

    Selamat malam. Saya riza dari bandung. Mau menanyakan jika asi yang d bekukan didalam freezer yang menggunakan botol kaca kemudian ketika d cairkan dan botol kaca pecah tiba tiba. Apakah Asi yang masih membeku tersebut bisa d manfaatkan atau d buang saja padahal pantat botol kaca sudah pecah. Mohon informasinya karena banyak ibu2 beranggapan sayang ketika asi d buang padahal saya berfikirnya bahwa itu bahaya karena takut ada pecahan kaca. rizausman5@gmail.com

    Dijawab Oleh : Santana jaya
    Diskusi Dari:
    tickanevianti

    selamat siang, saya mau tanya sekarang saya memasuki umur kehamilan 30w berdasar hasil USG terakhir berat badan janin saya 1,04 kg apa berat tersebut kurang? dan jika saya berpuasa ramadhan apa di perbolehkan/ tidak karena faktor berat badan janin tersebut

    Dijawab Oleh : tickanevianti
    Diskusi Dari:
    Adel1418ia

    kisaran biaya yang harus dikeluarkan untuk melahirkan di bidan dan syarat yang diperlukan apa saja untuk tahun 2017?

    Dijawab Oleh : Adel1418ia
    Diskusi Dari:
    Atha

    Pagi dok, saya mau bertanya, 3 bulan yang lalu saya melakukan operasi pengangkatan penyakit tumor payudara. Saat ini sudah 2 hari saya sering kali merasakan nyeri dibagian dada yang bisa datang secara tiba tiba. Biasanya saat bergerak saya merasakan sakit dan menghambat aktivitas saya. Saya mau bertanya, apa yang menyebabkan hal ini terjadi? apakah mungkin ini efek samping dari operasi tersebut?

    Dijawab Oleh : Atha