×

Waspadai Inilah Faktor Penyebab Kecacatan Pada Bayi

Bagikan Artikel :

Bidannya Kita – Masa kehamilan dimana merupakan masa yang sangat membahagiakan bagi setiap pasangan suami dan istri, terlebih bagi pasangan yang baru pertama kali mempunyai anak. Memelihara dan menjaga kesehatan selama masa kehamilan merupakan salah satu hal yang wajib ibu hamil perhatikan. Hal ini dikarenakan kesehatan ibu hamil akan berdampak pada perkemabngan bayi dalam kandungan.

Setiap pasangan suami istri pastinya menginginkan kelahiran bayi yang sehat tanpa memliki kelainaan apapun. Maka dari itu menjaga kesehatan selama masa kehamilan menjadi prioritas utama bagi ibu hamil. Salah satu cara menjaga kesehatan ibu hamil bisa ditempuh mulai dari mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, dengan mengkonsumsi makanan yang sehat maka kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil akan tercukupi. Dan tidak lupa untuk menerapkan pola hidup yang sehat, seperti sering melakukan olahraga khusus bagi wanita hamil.

Faktor Penyebab Kecacatan Pada Bayi

Lantas apa sebenarnya yang menjadi faktor penyebab bayi terlahir cacat, dan Inilah Faktor Penyebab Kecacatan Pada Bayi.

  1. Kekurangan Asam Folat
    Salah satu nutrisi yang akan berperan aktif dalam perkembangan janin dalam kandungan adalah asam folat. Ibu hamil yang kekurangan asam folat akan menyebabkan bayi terlahir cacat, kekurangan berat badan atau mengalami kelahiran prematur. Asam folat sendiri berfungsi untuk membantu dalam menutupi tabung saraf dan juga sumsung tulang belakang. Dan bila kebutuhan akan asam folat ini tidak tercukupi, maka akan mengakibatkan kelainan seperti spina bifida atau kelainan yang terjadi pada tulang belakang, dan juga anencephaly yakni otak yang tidak terbentuk. Maka dari itu ibu hamil harus bisa mencukupi kebutuhan akan asam folat selama masa kehamilan. Asam folat bisa kita peroleh dari makanan misalnya kacang kacangan, buah buahan seperti alpukat dan sayuran seperti brokoli.
  2. Pengaruh Asap Rokok
    Salah satu faktor yang menyebabkan bayi terlahir dengan cacat selanjutnya yaitu disebabkan oleh pengaruh dari asap rokok. Ibu hamil yang memliki kebiasan merokok atau sering terpapar asap rokok atau yang disebut juga dengan perokok pasif, akan sangat beresiko untuk melahirkan bayi yang terlahir cacat. Hal ini dikarenakan roko yang mengandung zat yang berbahaya seperti nikotin dan juga tar yang bisa mengakibatkan perkembangan janin menjadi terhambat. Paparan asap rokok ini akan menimbulkan janin yang terlahir dengan IQ yang rendah, berat badan yang tidak normal, perkembangan otak yang tidak sempurna , keterbelakangan mental, mengalami kerusakan organ dalam, bayi yang kemungkinan akan terlahir prematur bahkan bisa mengakibatkan kematian pada janin. Maka dari itu ibu hamil dilarang untuk merokok ataupun juga terpapar asap rokok dari orang disekitarnya.
  3. Minuman yang beralkohol atau Berkafein
    Minuman yang berkafein atau beralkohol jelas berbahaya bagi kesehatan, terlebih bila dikonsumsi oleh ibu hamil. Kebiasaan ibu hamil yang mengkonsumsi minuman beralkohol pada waktu hamil akan meningkatkan resiko bayi yang terlahir cacat. Minuman yang mengandung alkohol juga akan menimbulkan kerusakan pada organ janin serta akan menghambat perkembangan janin. Selain itu kefein ternyata bisa menyebabkan bayi lahir cacat, perkembangan otak bayi menjadi tidak sempurna sehingga bayi akan terlahir dengan IQ yang rendah dan bayi hiperaktif
  4. Kebiasaan Mengkonsumsi Junk Food
    Bagi wanita yang sedang hamil, sebaiknya meghentikan kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji. Hal ini dikarenakan makanan cepat saji tidak akan baik untuk kesehatan janin dalam kandungan. Junk food mengandung banyak lemak yang tinggi, dan juga cara memasak serta higinitas dari makanan cepat saji tidak terjadi dengan baik. Sehingga bisa membahayakan perkembangan dan juga kesehatan bayi. Dan kebiasaan ini juga secara tidak langsung akan mengakibatkan bayi terlahir cacat serta akan meningkatkan resiko bayi memiliki tingkat IQ yang sangat rendah.
  5. Kekurangan Vitamin D
    Selama masa kehamilan vitamin D sangat diperlukan untuk membantu dalam penyerapan kalsium kedalam tulang, sehingga akan menunjang pembentukan tulang pada bayi. Selain itu juga Vitamin D diperlukan oleh ibu hamil untuk mencegah kelainan pada otak bayi, serta untuk mendukung kemampuan bergerak pada bayi.

Itulah diantaranya faktor yang menyebabkan bayi terlahir cacat, jaga kondisi kesehatan selama masa kehamilan, konsumsilah makanan dan juga minuman yang baik untuk ibu hamil, serta tidak lupa menerapkan pola hidup sehat seperti ritun berolahraga, hal ini perlu untuk dilakukan demi menjaga janin dalam kandung untuk tidak terlahir dengan kelainan.

About : Citra Dewi Amd. Keb

Citra Dewi Amd. Keb

Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Bagikan Artikel :

    Terkahir Di Edit : July 11, 2016

    Pertanyaan Pengunjung :

    Berhubungan saat minum pil plasebo

  • Oleh : Istiana Agustin
  • 3 tahun, 10 bulan yang lalu

    Pagi bu, bu sy mau nnya, semalam sy melakukan hbngan intim, tapi saya sdng mengonsumsi pil kb yang plasebo,
    Seharusny semalam sy minum pil plasebo yang kedua,
    Biasanya sy haid stelah mngonsumsi 3pil plasebo,
    Krn sy takut hamil, jd semalam sy minum pil aktif ny, bukan pil plasebony,
    Apakah sy bisa hamil bu, saat minum pil plasebo dan melakukan hbngan intim mski sy sudh minum pil aktif smlm,
    Trus nnti malam sebaikny sy minum lanjut pil plasebo atau pil aktif ?
    Terima kasih bu sblmnya

    Penting

  • Oleh : Ananda
  • 3 tahun, 11 bulan yang lalu

    Sekitar bulan agustus 2018 saya di haid hanya 2 hari saja yaitu pd tgl 16 dan 17. Perut bagian kanan juga terasa sakit. Setelah diperiksa ternyata usus besar saya bermasalah. Hingga hari ini 15 desember 2018 saya belum juga haid,perut juga membesar dan keras serta ada benjolan yg suka berpindah-pindah bahkan kadang berdenyut. Kira-kira saya kenapa ya ? Saya belum menikah. Ingin periksa lagi tapi ada rasa malu. Mohon di balas. Terimakasih

    Alasan Kenapa Berat Badan Turun Saat Hamil

  • Oleh : Winda
  • 5 tahun, 12 bulan yang lalu

    Selamat siang,
    Saat ini istri saya tengah mengandung dan sering sekali mengalami mual dan muntah. Selain itu, saya lihat berat badannya malah sedikit menurun. Apa ini berbahaya? dan apa yang menjadi penyebab turunnya berat badan istri saya, apa mungkin ada hubungannya dengan gejala mual muntah yang dialami oleh istri saya?

    Cara Untuk Menghilangkan Luka Yang Hitam

  • Oleh : Opik Taufik
  • 6 tahun, 1 bulan yang lalu

    Selamat pagi dok. Saya memiliki bekas luka yang memang cukup hitam dibagian kulit dan susah sekali untuk hilang. Saya mau bertanya, apakah ada cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan masalah kulit hitam ini pada kulit agar seperti warna kulit semula? Jika ada, bagai mana caranya?

  • Oleh : Opik Taufik
  • Benarkah Mengkonsumsi Terong Berpengaruh Pada Penis ?

  • Oleh : Riza
  • 6 tahun, 1 bulan yang lalu

    Assalamualaikum Bu Bidan, saya Hendra Hermawan saya tadi selesai baca artikel tentang kesuburan pria dan disana katanya kalau sering makan terong bakal bikin penis kita jadi lemas itu gimana bu bidan ?

  • Oleh : Riza
  • Tanya Bidan