10 Tanda Hamil Kosong – Penyebab dan Perawatan

Share Dan Tag Teman Kamu Di :

  • Curhat Bidan – Pernahkah Bunda mendengar tentang kehamilan kosong ? kehamilan kosong merupakan jenis masalah yang berbeda dengan hamil anggur atau hamil diluar kandungan. Peluang terjadinya hamil anggur dan hamil kosong sama sekali tidak pernah diduga. Kehamilan kosong bisa terjadi pada semua ibu dan seringkali menyebabkan rasa kecewa yang besar karena seperti kehamilan palsu. Anembrionik itulah sebutan kehamilan kosong dalam istilah medis. Kehamilan kosong akan terjadi ketika Bunda sudah memasuki trimester pertama dan menemukan ciri kehamilan bermasalah. Bahkan banyak Bunda yang tidak mengetahui kehamilan atau tidak tahu jika Bunda sedang hamil. Dikarenakan janin tidak berkembang dalam kehamilan kosong biasanya dokter akan memberi tahu bahwa Bunda mengalami tanda keguguran.

    Tahukah Bunda Apa itu Kehamilan Kosong ?

    Kehamilan kosong yaitu sebuah proses kehamilan yang terjadi ketika sebuah sel telur yang telah dibuahi oleh sel sperma dan menempek di dinding rahim, akan tetapi embrio tersebut tidak berkembang. Sel yang sudah dibuahi akan membentuk kantung kehamilan tetapi embrio sama sekali tidak terbentuk / janin tidak berkembang. Proses kehamilan kosong sama dengan kehamilan normal dan menimbulkan tanda kehamilan. Ketika plasenta terbentuk dan terus tumbuh tetapi tidak memiliki embrio maka tubuh Bunda juga akan mengalami perubahan seperti kenaikan HCG. Oleh karena itu berbagai tanda kehamilan pada tahap awal kehamilan belum tentu menjadi metode yang sesuai terkecuali telah dilakukan USG kehamilan pada trimester pertama.

    Apa penyebab Kehamilan Kosong ?

    • Penyebab kehamilan kosong sebenarnya yaitu sebuah tanda ketika tubuh Bunda  mengenali ada bagian kromosom yang tidak dikenal atau tidak normal berkembang pada janin dan secara alami tubuh Bunda merespon dengan tidak melanjutkan proses perkembangan janin. Oleh karena itu tubuh akan menolak kromosom yang tidak normal dan bahkan tidak akan mampu berkembang menjadi janin yang sehat.
    • Penyebab awal kehamilan kosong terjadi ketika adanya sel yang membelah secara tidak sempurna yang diakibatkan kualitas sel sperma dan sel telur yang buruk. Kehamilan kosong juga sangat dipengaruhi oleh faktor genetik dari suami dan istri.

    Tanda – tanda Kehamilan Kosong

    Berikut ini beberapa tanda – tanda kehamilan kosong dari tahap ke tahap, diantaranya sebagai berikut :

    1. Terlambatnya Menstruasi

      Pada awal kehamilan kosong Bunda juga akan mengalami masalah keterlambatan datang bulan yang menjadi tanda kehamilan. Sangatlah mirip dengan tanda kehamilan normal minggu pertama. Pada prosesnya memanglah kehamilan kosong melewati proses sel telur yang dibuahi sel sperma.

    2. Tes Urine Positif

      Pada saat melakukan tes kehamilan dengan menggunakan urine, tingkat HCG dalam urine tinggi. Hal inilah yang menunjukan tes kehamilan menunjukan garis dua seperti Bunda benar hamil. ketika pada tahap awal kehamilan kosong sel telur yang dibuahi oleh sel sperma juga menempel pada dinding rahim. Pada tahap ini akan menunjukan jika tubuh Bunda bersiap untuk menyambut perkembangan janin. Kadar HCG dalam urine / darah tinggi seperti hamil normal / nyata tetapi belum tentu kadar HCG tinggi pada saat dilakukan tes darah saat hamil.

    3. Perut Terasa Kembung

      Perut terasa kembung dan tidak nyaman menjadi gejala yang sering dialami pada kehamilan kosong. Perut kembung menjadi tanda bahwa rahim siap untuk menyambut embrio dari sel telur yang sudah dibuahi oleh sperma. Gejala seperti ini juga terjadi pada tanda hamil. Pertanda ini juga dianggap karena perkembangan embrio telah menekan saluran kencing. Sebagian Bunda juga akan merasakan perut kembung yang parah, sulit makan, dan terasa gas terjebak dalam perut. Tanda ini akan membuat Bunda malas untuk bergerak dan tubuh berasa lebih lemah.

    4. Sakit Dada

      Dada sesak seperti tekanan yang kuat bisa menjadi pertanda kehamilan kosong. Hal ini sering dianggal Bunda yang sedang hamil segabai kelelahan yang berat karena ibu hamil akan mudah lelah. Sakit pada dada berhubungan dengan tingkat oksigen yang rendah dalm tubuh Bunda dan reaksi akibat proses pembuahan dari sel telur dan sel sperma tetapi sebenarnya gagal untuk berkembang. Hal ini termasuk reaksi alami tubuh yang sulit menjadi gejala apakah termasuk tanda kehamilan kosong.

    5. Morning Sickness

      Bunda yang mengalami kehamilan kosong juga akan merasakan morning sickness yang parah sama seperti Bunda yang sedang hamil akan merasakan mual, muntah, tidak nafsu makan, ngidam makanan tertentu dan tubuh yang lemah. Penyebab morning sickness terjadi akibat kenaikan progesteron tinggi dalam tubuh, hal inilah yang menjadi perbedaan mual hamil / maag yang membuat Bunda terkena kehamilan kosong tidak peka.Morning sickness akan tetap terasa ketika embrio dalam dinding rahim tidak terbentuk / embrio tidak berkembang sempurna.

    6. Sakit Kepala

      Penyebab sering pusing ketika hamil yaitu akibat tingginya tingkat HCG dan persiapan tubuh dakam produksi prosterogen tetap akan terasa. Sering sakit kepala akan terjadi ketika awal kehamilan sampai selesai trimester ketiga. Beberapa Bunda sering menganggap hal tersebut akibat tubuh yang bersiap untuk menyambut bayi, perubaha hormon dan kelehan. Pada kehamilan kosong akan menyebabkan rasa sakit kepala yang lebih berat dibandingkan dengan kehamilan nyata.

    7. Terdapat Kantung Ketuban

      Pada saat pemeriksaan dokter dengan USG maka kantung ketuban tetap akan terbentuk seperti kehamilan normal. Hal ini juga sering membuat dokter melewatkan untuk membetihau kehamilan kosong pada pasien. Pada pemeriksaan USG minggu ke 7, kantung ketuban akan terbentuk sempurna dan sama sekali tidak ada embrio yang berkembang. Apabila dokter tahu dengan hasil pemeriksaan biasanya dokter akan memberitahu dan memberi saran untuk menghadapi hamil kosong.

    8. Perasaan Janin dalam Rahim

      Bunda yang sedang hamil memang memiliki insting atau perasaan yang sangat kuat. Termasuk ketika merasa hamil dan sudah merasakan berbagai tanda yang nyata. Bunda akan tetap merasakan ada janin dalam rahim dan perkembangan janin yang baik. Meskipun sebenarnya mungkin saja embrio yang sudah menempel pada dinding rahim sudah tidak berkembang. Pada tahap awal ini Bunda sama sekali tidak merasa janggal dan tetap menganggap dirinya hamil.

    9. Kram pada Perut Bawah

      Rasa sakit pada bagian perut bawah yang mirip seperti kram serng dialami Bunda yang sedang hamil yang memasuki trimester pertama. Kram pada perut bisa disebabkan karena perubahan janin yang mulai menebal dan bersiap untuk menyambut embrio. Pada kehamilan kosong sel telur benar menempel pada dinding rahim, kemudian akan menekan rahim sehingga sering menyebabkan rasa nyeri / kram pada perut bagian bawah. Kram harus diwaspadai karena kehamilan kosong sering menyebabkan kram disertai dengan bercak coklat atau merah dari vagina.

    10. Pendarahan Berat

      Setelah Bunda melewati kram perut bawah yang berat disertai dengan flek bercak darah saat hamil muda, maka Bunda bisa mengalami pendarahan. Tidak ada waktu yang pasti kapan pendarahan akan terjadi, bahkan Bunda sering menganggap pendarahan tersebut adalah menstruasi. Beberapa kehamilan kosong juga sering tidak disertai dengan berbagai tanda yang berat. Sehingga Bunda sering menganggapnya sebagai menstruasi yang tidak teratur atau terlambat. Namun ketika pendarahan menjadi berat dan lama maka itu bukan tanda menstruasi sebab bisa jadi tanda-tanda keguguran. Bunda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Pendarahan berat ini juga sering menjadi tanda kehamilan ektopik.

    Perawatan Kehamilan Kosong

    • Kehamilan kosong tidak membutuhkan perawatan yang rumit. Secara alami tubuh Bunda akan memberi reaksi yang bagus. Setelah mengalami pendarahan seperti kegguran dan lebih mirip dengan menstruasi yang berat maka rahim Bunda sebenarnya sudah bersih. Hal ini merupakan mekanisme alami dari tubuh Bunda untuk mengusir jaringan dan sel yang tidak diterima oleh rahim.
    • Apabila Bunda melakukan pemerikasaan USG dan telah mendapat diagnosis kehamilan kosong, maka Bunda tidak perlu melakukan apapun. Bunda hanya perlu menunggu apakah akan merasakan tanda pendarahan. Jika dalam beberapa hari / minggu tidak ada pendarahan maka Bunda harus kembali melakukan konsultasi dengan dokter.
    • Apabila tidak ada proses pendarahan setelah hamil kosong maka dokter akan memberikan obat untuk pembersih rahim. Obat jenis misoprostol isa membatu rahim untuk kontraksi dan membersihkan kantung kehamilan yang berisi embrio yang tidak berkembang.
    • Tindakan kuret atau bedah biasanya tidak akan dilakukan oleh dokter untuk mengatasi kehamilan kosong. Akan tetapi proses kuret / bedah untuk menganbil kantun janin bisa dilakikan jika Bunda dan dokter sepakat untuk memeriksa jaringan tersebut. Hal ini penting supaya mengetahui penyebab keguguran.

    Kehamilan kosong akan terdeteksi saat usia kehamilan mencapai 7 / 8 minggu. Dokter bisa melakukan USG untuk melihat apakan sel telur yang sudah dibuahi oleh sel sperma berkembnag menjadi embrio. Pasa saat usia kehamilan 5 – 6 minggu biasanya baru terbentuk kantung kehamilan, jadi akan sulit untuk melihat kehamilan kosong. Apabila dari hasil USG menunjukan kantung janin sudah berukuran 25 mm dan belum ditemukan embrio, maka kemungkinan hal tersebut adalah hamil kosong.

    About : Citra Dewi Amd. Keb

    Citra Dewi Amd. Keb

    Bidan Citra Dewi Am.Keb merupakan alumnus Stikes Jenderal Achmad Yani Cimahi angkatan 2016 yang lahir pada 15 juni 1995. Aktif sebagai Interactive Medical Advisor di www.curhatbidan.com. Bagi saya menjadi seorang bidan adalah pekerjaan mulia yang memberikan pelayanan dengan hati nurani. Bidan berperan dalam luang lingkup kesehatan dasar masyarakat. Mulai dari bayi, remaja, pasangan usia subur sampai lanjut usia. Saya berharap mampu memberikan pelayanan kesehatan keluarga anda.

    Untuk konsultasi via WhatsApp klik disini :

  • Citra Dewi Amd.Keb - November 16, 2016
    Diskusi Dari:
    Day

    Persalinan pertama saya mengalami gangguan medis yang mengharuskan saya operasi caesar, dan yang mau saya tanyakan adakah resiko bagi saya yang sebelumnya melakukan operasi caesar, dan lantas dikehamilan kedua saya ingin memlih jalan persalinan normal ? Mohon penjelasannya bu bidan

    Dijawab Oleh : Day
    Diskusi Dari:
    Hilman Suhilman

    Pagi bu bidan, nama saya Saddam usia 26 tahun dan saya sudah menikah hampir dua tahun tapi belum memiliki anak. Setelah diperiksa, menurut dokter saya mengidap penyakit azoospermia karena leukosit tinggi. Saya masih mengkonsumsi obat dari dokter tapi ada cara lain kah bu bidan yang lebih alami ? Terima kasih mohon dijawab bu bidan.

    Dijawab Oleh : Hilman Suhilman

    Siang bu bidan.. Saya hamil anak pertama.. Usia kehamilan sy jalan 8 bln.. Tapi payudara saya blum ada tanda2 memproduksi asi.. Apa itu normal? Atau berbahaya? Apakah saat nanti melahirkan ada kemungkinan asi bisa keluar?

    Dijawab Oleh : Sabilillah Anjani Cintakamoesllu
    Diskusi Dari:
    Lusi

    Selamat sore buk,,
    saya mau tanya seputar kehamilan pasca operasi kehamilan ektopik di saluran tuba….pada bulan maret saya mengalami kehamilan ektopik,umur janin sudah 2 bulan,kemudian dokter menyarankan agar saya melakukan operasi karena KE sudah hampir pecah…jadi saya dan suami memutuskan untuk melakukan operasi pada bulan maret lalu…dokter menyarankan pasca operasi 3 bulan untuk melakukan hidrotubasi…tapi saya belum melakukannya meskipun sekarang sudah 3 bulan pasca operasi…yang ingin saya tanyakan,apakah saya bisa langsung program hamil aja tanpa hidrotubasi???mengingat keadaan keuangan dan rasa ketakutan saya terhadap efek samping dari hidrotubasi…mohon pencerahannya

    Dijawab Oleh : Lusi
    Diskusi Dari:
    Theresia Tina

    Selamat siang bu bidan, maaf mau bertanya mengenai susah makan yang saya alami saat ini. Kenapa ya bawaan mau makan itu susah, rasanya mual dan mau muntah. Hal itu tidak terjadi hanya satu kali, melainkan sering. Saat ini usia kandungan saat menginjak 3 bulan.

    Bagaimana langkah yang sebaiknya saya lakukan bu bidan ?? saya takut bayi dalam kandungan saya tidak mendapatkan nutrisi yang baik. Mohon saran dan jawabannya bu

    Dijawab Oleh : Theresia Tina